Tutorial

Cara Top Up OVO Di Indomaret Melalui 10+ Urutan Langkah Mudah dan Praktis!

Sebagai salah satu pengguna OVO, penting untuk mengetahui cara top up OVO di Indomaret sebagai langkah utama untuk dapat menikmati berbagai kemudahan pembayaran digital melalui merchant OVO.

Top up saldo e-wallet OVO memiliki berbagai metode yang dapat dipilih sesuai keinginan, salah satunya yakni dapat dilakukan lewat Indomaret. Namun masih banyak orang yang bingung terkait dengan cara top up OVO di Indomaret.

Oleh karena itu, kami membuat artikel ini yang secara khusus akan membahas tentang cara top up OVO di Indomaret melalui langkah-langkah yang mudah dan sederhana.

Sekilas tentang OVO

OVO adalah sebuah platform e-wallet yang dapat digunakan sebagai penyimpanan uang dan pembayaran digital. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk dapat bertransaksi dengan mudah dan praktis, seperti fitur transfer, pembelian, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

OVO diciptakan sebagai alat yang dapat menggantikan uang konvensional dalam berbagai kebutuhan terkait. Aplikasi OVO tersedia dan bisa didapatkan secara gratis melalui Play Store maupun App Store.

Apakah Bisa Top Up OVO di Indomaret?

Sebelum lanjut ke cara top up OVO di Indomaret, tentunya anda perlu memastikan terlebih dahulu, apakah benar bisa top up OVO di Indomaret.

Nah, jawabannya adalah ‘Ya, top up OVO dapat dilakukan dengan mudah di berbagai Indomaret yang tersebar luas di Indonesia’ Hal ini akan membantu pengguna untuk mengisi saldo OVO dengan cepat dan praktis, sehingga dapat menikmati kemudahan transaksi lewat e-wallet OVO.

Cara Top Up OVO di Indomaret

Berikut kami tampilkan cara top up OVO di Indomaret melalui sejumlah urutan langkah yang mudah dan sederhana:

  1. Silahkan masuk ke aplikasi OVO anda.
  2. Klik menu ‘Top Up‘ pada halaman utama.
    Cara Top Up OVO di Indomaret
    Cara Top Up OVO di Indomaret
  3. Pilih ‘Indomaret‘ pada beberapa opsi metode Top Up.
    Cara Top Up OVO di Indomaret
  4. Masukkan nominal Top Up yang diinginkan
  5. Kemudian tekan tombol ‘Lanjut
  6. Detail Transaksi anda akan ditampilkan dilayar. Jika sudah benar, silahkan klik ‘Konfirmasi
    Cara Top Up OVO di Indomaret
  7. Maka kode top up yang terdiri dari 10 digit angka akan muncul
    Cara Top Up OVO di Indomaret
    Cara Top Up OVO di Indomaret
  8. Selanjutnya kunjungi Indomaret terdekat
  9. Sampaikan kepada kasir Indomaret untuk melakukan Top Up ke merchant OVO
  10. Berikan kode Top Up yang sebelumnya sudah anda terima di aplikasi OVO
  11. Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal top up yang anda masukkan sebelumnya
  12. Tunggu dalam beberapa saat, kasir akan memproses permintaan anda.
  13. Apabila top berhasil, kasir akan memberikan struk atau bukti transaksi top up
  14. Selesai. Silahkan cek apakah saldo OVO anda sudah ditambahkan sesuai nominal yang anda isi.
Baca Juga :  8 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Lama

Apakah Top Up OVO via Indomaret Dikenakan Biaya?

Setelah melihat cara top up OVO di Indomaret, mungkin kamu akan bertanya juga terkait dengan biaya top up OVO di Indomaret.

Apakah top up OVO via Indomaret akan dikenakan biaya? Ya, top up OVO di Indomaret akan dikenakan biaya admin sebesar Rp1.500 yang secara otomatis akan ditambahkan ke nominal top up yang dimasukkan. Oleh karena itu, anda tidak perlu membayar biaya lain selain yang tertera pada jumlah pembayaran yang ditampilkan di bawah kode top up.

Top UP OVO di Indomaret Gagal: Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Setelah mengikuti cara top up OVO di Indomaret seperti yang telah kami tampilkan sebelumnya, ternyata top up anda gagal? Jangan langsung khawatir, berikut kami jelaskan beberapa penyebab top OVO via Indomaret gagal lengkap dengan cara mengatasinya!

1. Kode top up telah kadaluwarsa

Penyebab yang pertama adalah karena kode top up telah kadaluwarsa. Perlu diketahui bahwa kode top up yang diterima pada aplikasi OVO memiliki batas masa berlaku, biasanya selama 24 jam. Oleh karena itu, pastikan anda tidak melewati batas waktu yang tertera pada halaman kode top up.

Cara mengatasi kendala gagal top up karena kode pembayaran telah kadaluwarsa adalah dengan mengulang kembali langkah dari cara top up OVO di Indomaret agar mendapatkan kode top up yang baru.

2. Akun OVO belum di Upgrade

Akun OVO yang belum diupgrade juga dapat menjadi salah satu penyebab gagal top up OVO dilakukan. OVO terbagi ke dalam 2 jenis akun, yakni “OVO Club dan OVO Premier” OVO Club merupakan versi OVO sebelum di upgrade sedangkan OVO Premier merupakan jenis akun OVO setelah di upgrade.

Baca Juga :  9 Cara Top Up Genshin Impact Murah Pakai Pulsa, Codashop dan Unipin

Perbedaan dari kedua jenis akun ini adalah, OVO Club hanya bisa menyimpan nominal saldo sebesar Rp 2.000.000 sedangkan OVO Premier dapat menyimpan nominal saldo hingga Rp20.000.000.

Nah, jika anda masih menggunakan jenis akun OVO Club dan memasukkan nominal top up lebih dari 2 juta, maka sudah pasti transaksi top up anda akan gagal! Maka dari itu cara mengatasinya yakni dengan mengupgrade akun OVO basic/ Club ke Premier.

3. Jumlah saldo masuk telah mencapai limit bulanan

Masih berkaitan dengan jenis akun OVO yang digunakan oleh pengguna. Penyebab gagal top up OVO yang berikutnya adalah jumlah saldo masuk telah mencapai limit bulanan.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya akun Ovo Club memiliki limit saldo sebesar Rp2 juta saja, sedangkan akun Premier bisa menyimpan saldo masuk hingga 20 juta perbulan.

Nah, untuk anda pengguna akun premier akan gagal top up OVO, jika dalam satu bulan tersebut jumlah saldo yang anda isi sudah mencapai angka 2 juta. Demikian juga untuk pengguna akun premier bisa juga mengalami gagal top up, jika dalam sebulan tersebut saldo yang masuk ke akun OVO anda sudah mencapai 20 juta.

4. Pemeliharaan sistem OVO

Sama seperti layanan pada aplikasi lainnya, OVO juga melakukan pemeliharaan sistem secara rutin untuk meningkatkan kualitas maupun fitur dalam aplikasi yang mereka kembangkan.

Namun, sayangnya selama pemeliharaan ini berlangsung, fungsi dari semua fitur yang ada dalam aplikasi OVO, termasuk fitur Top Up akan dihentikan untuk sementara waktu hingga pemerliharaan selesai.

Satu-satunya cara mengatasi untuk masalah demikian yakni dengan menunggu hingga pemeliharaan sistem selesai dilakukan. Silahkan coba kembali langkah mentop up OVO secara berkala. Atau jika top up OVO diperlukan dalam keadaan mendesak, anda bisa coba hubungi call center OVO (1500 696) untuk menanyakan kapan OVO kembali pulih.

5. Masalah jaringan

Penyebab berikutnya yang menyebabkan cara top up OVO di Indomaret gagal dilakukan adalah karena adanya masalah jaringan. OVO merupakan salah satu e-wallet yang penggunaannya bergantung pada koneksi internet.

Nah, ketika jaringan anda tidak stabil atau mungkin kuota internet anda tidak tersedia, maka tentu saja fitur-fitur dalam aplikasi termasuk fitur Top Up tidak akan dapat dijalankan.

Baca Juga :  2 Cara Membuat Font Centang Biru Instagram dan Emojinya

Oleh karena itu, pastikan kuota internet anda tersedia dengan sinyal yang juga mendukung. Atau jika memungkinkan, silahkan ganti koneksi jaringan ke penggunaan WiFi.

6. Akun Pengguna bermasalah

Selanjutnya ada juga penyebab saldo OVO gagal di top up karena terdapat masalah pada akun pengguna, misalnya seperti akun dibatasi, diblokir, atau dibekukan sementara. Masalah ini biasanya muncul karena adanya suatu indikasi yang mencurigakan pada akun pengguna.

Cara mengatasinya yakni dengan menghubungi pihak layanan OVO melalui call center 1500 696 atau dapat juga lewat email cs@ovo.id untuk memastikan apakah benar akun anda sedang bermasalah.

Dan jika benar sedang bermasalah, maka pulihkanlah terlebih dahulu akun anda melalui langkah yang diarahkan oleh CS. Setelah berhasil, maka anda sudah bisa mencoba kembali langkah dari cara top up OVO di Indomaret.

7. Masalah pada aplikasi OVO

Penyebab terakhir OVO gagal di top up adalah karena adanya masalah pada aplikasi OVO yang digunakan oleh pengguna. Masalah yang dimaksud disini bisa karena cache telah menumpuk atau bisa juga karena aplikasi telah kadaluwarsa.

Terdapat beberapa opsi langkah mengatasi untuk kendala seperti ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
Hapus cache aplikasi OVO, refresh atau muat ulang halaman, tutup dan buka kembali aplikasi OVO, keluarkan akun OVO anda lalu loginkan ulang kembali, dan yang terakhir adalah mengupdate aplikasi OVO melalui penyedia aplikasi dalam perangkat yang digunakan.

Cara Top Up OVO Selain melalui Indomaret

Selain membagikan cara top up OVO di Indomaret dalam artikel ini kami juga akan memberi tau anda mengenai beberapa cara lain untuk top up OVO selain di Indomaret.

  • Lewat Sea Bank

Berikut langkah-langkah dalam cara top up OVO lewat Sea Bank:

  1. Buka Sea bank anda, pastikan saldo mencukupi untuk melakukan top up OVO
  2. Pada halaman utama, pilihlah menu ‘Top up E-Wallet’
  3. Pilih OVO, masukkan nomor HP anda yang terdaftar di OVO
  4. Selanjutnya, pilih atau masukkan nominal top up (minimal Rp10000)
  5. Tekan Lanjut dan konfirmasi transaksi anda
  6. Pada langkah terakhir, masukkan PIN Sea Bank anda. Apabila berhasil, bukti transaksi akan muncul di layar.
  • Melalui Mobile Banking

Langkah-langkah untuk top up OVO lewat mobile banking bisa anda perhatikan dibawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi Mobile Banking anda
  2. Pilih menu ‘Dompet Digital’ pada halaman beranda aplikasi
  3. Klik ‘Top Up Baru’
  4. Pilih Dompet Digital OVO dan masukkan nomor tujuan atau nomor HP yang terdaftar di OVO
  5. Masukkan nominal top sesuai kebutuhan
  6. Klik tombol ‘Top Up’
  7. Kemudian konfirmasi dengan memasukkan PIN Mobile Banking. Apabila transaksi berhasil, bukti transaksi akan muncul dilayar.

Akhir Kata

Cara Top Up OVO Di Indomaret
Cara Top Up OVO Di Indomaret

Dengan mengetahui cara top up OVO di Indomaret, pengguna dapat memastikan saldo OVO mereka selalui mencukupi untuk berbagai kebutuhan transaksi sehari-hari seperti pembelian pulsa dan paket, pembayaran tagihan, transfer atau yang lainnya.

Melalui proses yang cepat dan mudah serta ketersediaan cabang Indomaret yang melimpah, sekarang anda tidak perlu lagi bingung untuk mengisi saldo OVO melalui Indomaret.

Back to top button