TipsTutorial

12 Alasan Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet menjadi salah satu pertanyaan besar yang sampai saat ini dilontarkan oleh para pengguna provider kartu Telkomsel.

Terjadinya gangguan jaringan internet kartu Telkomsel disebabkan oleh dua versi, yang pertama dari provider itu sendiri dan yang kedua dari kesalahan pada penggunaan kartu.

Menyelesaikan permasalahan kartu Telkomsel tidak bisa internet bukanlah hal yang sulit, asalkan penyebab kenapa kartu telkomsel tidak ada jaringan internet itu bukan karena adanya gangguan jaringan dari provider itu sendiri,

Apabila hal tersebut terjadi, hal yang bisa kamu lakukan yaitu hanya menunggu hingga pihak Telkomsel memperbaikinya. Namun jika penyebab kenapa kartu telkomsel tidak ada jaringan internet hal lain, kamu bisa simak informasi penjelasan dibawah ini!

Mengapa Kartu Telkomsel Membutuhkan Jaringan Internet?

Kartu Telkomsel merupakan jenis kartu SIM yang digunakan untuk mengakses jaringan seluler Telkomsel. Lalu kamu bertanya mengapa kartu Telkomsel membutuhkan jaringan Internet?

Kartu Telkomsel membutuhkan jarinagan internet karena layanan seluler yang ditawarkan oleh Telkomsel, seperti internet, mengandalkan jaringan internet yang berfungsi dengan baik.

Mengapa Kartu Telkomsel Membutuhkan Jaringan Internet
Mengapa Kartu Telkomsel Membutuhkan Jaringan Internet

Saat kartu Telkomsel terhubung ke jaringan internet, maka pengguna dapat mengakses berbagai layanan yang membutuhkan jaringan internet, seperti :

  • Browsing web.
  • Streaming video.
  • Mengirim dan menerima email.
  • Dan menggunakan applikasi seluler lainnya.

Jadi apabila jaringan internet pada kartu Telkomsel mengalami gangguan, maka setiap pengguna tidak akan bisa mengakses atau membuka layanan yang membutuhkan koneksi internet. Jika kamu sedang mengalami kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet, simak ulsannya dibawah ini.

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

Penyebab kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan intenet yang sering sekali kita temukan yaitu adanya gangguan jaringan yang disebabkan oleh provider kartu Telkomsel itu sendiri.

Baca Juga :  10 Cara Memisahkan Grup Dan Chat Pribadi Di Whatsapp Tanpa Aplikasi

Jika permasalahannya datang dari kartu Telkomsel, hal yang bisa kamu lakukan hanya menunggu hingga provider tersebut memperbaiki layanan nya kembali.

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet
Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

Namun, saat ini ada beberapa penyebab lain kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet yang paling umum dan dapat kamu ketahui, yakni diantaranya :

  • Koneksi Internet Lemah
  • Gangguan Jaringan
  • Kondisi Kartu SIM Rusak
  • Perangkat yang Tidak Kompatibel
  • Batas Kuota
  • Pengaturan APN yang Salah

Kehabisan paket data atau pulsa ketika melakukan browsing internet? Yuk, lakukan isi ulang pulsa atau paket data di aplikasi Mocipay dengan harga termurah dan ppromo potongan harga lainnya.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

Secara umum, untuk mengatasi kartu Telkomsel tidak ada jaringan yang paling umum yaitu dengan memastikan bahwa jaringan kartu Telkomsel yang digunakan saat ini sedang lancar atau tidak bermasalah.

Apabila kartu Telkomsel yang digunakan tidak memiliki jaringan internet bahkan hingga memunculkan simbol (X) maka dapat dipastikan terjadi masalah pada kartu atau perangkat yang diguanakan saat ini.

Setelah mengetahui penyebab dari kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet, maka saat ini kamu harus mengeretahui bagaimana cara mengatasi kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet.

1. Periksa Koneksi Internet

Melakukan browsing namun tiba-tiba terjadi loading yang terus menerus, penyebabnya adalah masalah koneksi / jaringan yang kurang lancar sehingga menghambat segala aktivitas kamu diperangkat tersebut.

Oleh sebab itu kamu bisa menggunakan 2 metode untuk memastikan apakah koneksi internet yang kamu gunakan berjalan dengan baik atau buruk.

    • Fast.com – Cek kecepatan koneksi internet kamu melalui situs website fast.com dengan melihat indikator kualitas jaringan berwarna merah dan hijau.
Cek Koneksi Internet
Cek Koneksi Internet
    • Membuka Aplikasi Lainnya – Memastikan aplikasi lain, seperti youtube terbuka lancar atau malah buffering saat memutar video.

Perlu diketahui bahwa kualitas jaringan yang buruk akan menyebabkan browsing kurang responsif atau loading terus menerus.

2. Periksa Kuota Internet

Kehabisan kuota menjadi motif dari kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet yang paling sering terjadi. Seperti yang kita ketahui jika kuota pada kartu Telkomsel yang sedang digunakan habis, maka segala aktivitas yang memerlukan kuota tidak dapat diakses.

Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Cek Kuota Internet Telkomsel
Cek Kuota Internet Telkomsel

Untuk memastikan apakah kesalahan tersebut terjadi karena kuota internet Telkomsel kamu habis, sebaiknya cek kuota internet Telkomsel kamu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Panggilan di perangkat.
  • Ketik *888# lalu tekan ikon Call.
  • Tulis angka sesuai dengan menu cek pulsa dan kuota
  • Tulis angka yang mengarahkan ke menu cek kuota.
  • Pilih Cek Kuota Internet.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi berupa sisa kuota Telkomsel yang dimiliki.

3. Restart Perangkat Ponsel

Mematikan dan menyalakan kembali perangkat dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan koneksi internet pada kartu Telkomsel, seperti tidak bisa terhubung ke jaringan internet atau kecepatan internet yang lambat.

Restart Perangkat
Restart Perangkat

Berikut panduannya :

  • Tekan tombol power beberapa saat hingga muncul beberapa pilihan menu.
  • Pilih opsi menu Restart.
  • Tunggu hingga perangkat ponsel hidup kembali.

Tindakan ini sangat penting dilakukan untuk membantu mereset koneksi perangkat yang sedang digunakan ke jaringan internet, sehingga dapat memperbaharui masalah koneksi.

4. Pastikan Peletakan Kartu SIM Telkomsel

Cara mengatasi kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet selanjutnya yaitu dengan memindahkan kartu Telkomsel ke SIM lain.

Jika kartu SIM tidak terbaca, maka kamu tidak akan bisa menggunakan layanan jaringan seluler yang di tawarkan oleh operator seluler seperti Telkomsel.

Untuk memastikan bahwa masalah tersebut tidak terjadi karena kartu SIM, ada beberap hal yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinnya, seperti :

  • Membersihkan kartu SIM.
  • Memastikan kartu SIM terpasang dengan benar.
  • Memeriksa slot SIM pada perangkat.
  • Memindahkan kartu Telkomsel ke slot SIM lain.

Cara mengatasi kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet selanjutnya yaitu dengan berpindah tempat atau lokasi ketempat yang memiliki jaringan internet kuat.

5. Berpindah Lokasi

Jadi apabila kamu mengakses jaringan internet di suatu gedung, maka dapat dipastikan sinyal seluler akan sulit di jangkau perangkat ponsel yang sedang kamu gunakan.

Bukan hanya itu saja, jika kamu berada di lokasi yang terpencil dengan koneksi jaringan yang sangat lemah maka hal tersebut bisa menjadi dampak kartu Telkomsel kamu tidak memiliki jaringan internet.

Selain dari berpindah lokasi untuk mengatasi kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet, kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat dalam beberapa detik kemudian menghidupkannya kembali.

Baca Juga :  Sunscreen Wardah SPF 30 Untuk Umur Berapa! Ini Faktanya

6. Periksa Pengaturan APN

Apabila masih memiliki kuota Telkomsel, namun jaringan internet yang digunakan tidak muncul bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh setting an APN Telkomsel kamu bermasalah.

APN atau biasa disebut sebagai Access Poin Name merupakan konfigurasi gate away agar sebuah perangkat bisa terhubung ke internet melalui jaringan seluler tertentu.

Untuk memeriksa APN Telkomsel, memerlukan sedikit teknis. Dimana kamu harus membuka pengaturan di menu Setting untuk mengatur ulang kembali profil APN yang bisa saja berubah tanpa disengaja.

Langkah Pertama – Setting APN Telkomsel 4G

  • Buka menu Setting > Network & Internet > Mobile Network > Access Point Names pada perangkat ponsel Android kamu. Untuk pengguna iPhone pilih opsi menu Settings > Cellular > Cellular Data Network.
  • Jika untuk pengguna HP Android 4G dan iPhone, klik Setting APN Telkomsel 4 seperti langkah-langkah dibawah ini.
Format  Settingan APN Telkomsel 4G
Name Telkomsel 4G
APN Internet
Proxy Not Set
Port Not Set
Username Not Set
Password Not Set
Server Not Set
MMSC Not Set
MMS Proxy Not Set
MMS Port Not Set
MCC 510
MNC 10
Authentication Type Not Set
APN type Default
Apn protocol Ipv4
APN roaming protocol impv4
Enable/disable APN APN Enabled
Bearer Unspecified
MVNO type None

Langkah Kedua – Setting APN Telkomsel 3G

Apabila perangkat yang kamu gunakan saat ini masih mendukung konektivitas 3G, kamu bisa juga mencoba setting APN Telkomsel 3G dengan langkah-langkah dibawah ini.

Format Settingan APN Telkomsel 3G
Name Telkomsel
APN telkomsel
Proxy Not Set
Port Not Set
Username wap
Password wap123
Server Not Set
MMSC Not Set
MMS Proxy Not Set
MMS Port Not Set
MCC 510
MNC 10
Authentication Type PAP
APN type default, supl
APN protocol Ipv4
APN roaming protocol Ipv4
Enable/disable APN APN Enabled
Bearer Unspecified
MVNO type None
MVNO value Not Set

Artikel Menarik Lainnya : 5 Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Telkomsel Karena Tidak Isi Pulsa

Kesimpulan

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet?
Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet?

Sekarang kamu telah menemukan jawaban kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet dan cara mengatasinya dengan beberapa panduan lengkap yang saat ini bisa kamu coba.

Apabila permasalahan tersebut terjadi karena settingan APN Telkomsel kamu bermasalah, maka sebaiknya atur ulang settingan APN Telkomsel kamu berdasarkan koneksivitas perangkat Handphone yang digunakan saat ini melalui langkah-langkah diatas.

Semoga informasi kenapa kartu Telkomsel tidak ada jaringan internet ini bermanfaat dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba

Back to top button