Tips

7 Rekomendasi Jasa Transfer Uang Terbaik 2022

Inklusi keuangan atau pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia mengenai industri keuangan hingga saat ini masih tergolong rendah.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada tahun 2019 lalu saja, dari semua penduduk Indonesia hanya 60% usia dewasa yang memiliki rekening bank.

Dengan kondisi seperti ini tentunya tak heran rasanya bila kini ada jasa transfer uang tanpa rekening bank yang masih dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Perkembangan tersebut tentunya dapat membawa peluang besar bagi para pelaku bisnis jasa transfer bank yang ada saat ini. Selain transfer antara rekening bank, setidaknya masih ada empat jenis jasa transfer uang yang masih diperlukan oleh masyarakat.

Jasa Transfer Uang Terbaik
Jasa Transfer Uang Terbaik

Selain transfer uang antar rekening bank, terdapat juga jenis pengiriman yang dilakukan dari rekening bank ke penerima tapi dalam bentuk uang tunai.

Lalu ada juga transfer uang tunai ke rekening bank penerima. Terakhir adalah transfer uang dari tunai ke saldo e-money dan e-wallet. Semua hal tentu sudah bisa dilakukan dengan mudah sekarang.

Apa Itu Jasa Transfer Uang?

Apa Itu Jasa Transfer Uang
Apa Itu Jasa Transfer Uang

Jasa transfer uang adalah suatu layanan pengiriman uang tunai yang dilakukan secara real time melalui agen dari pengirim (tanpa harus memiliki rekening) kepada penerima uang yang sudah memiliki rekening bank sebagai tujuan transfer dana.

Setiap transaksi pengiriman uang nantinya akan dikenai biaya tambahan sebagai biaya admin setelah Anda menggunakan jasa ini.

Umumnya banyak orang merasa kesulitan untuk mengirim uang kepada saudara di kampung. Namun tak perlu khawatir lagi karena kini sudah ada jasa yang menawarkan layanan pengiriman uang tanpa harus memiliki rekening.

Hal ini tentunya akan membuat proses pengiriman dana dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan pastinya praktis.

Jenis-Jenis Jasa Transfer Uang

Di era modern seperti sekarang ini penggunaan uang elektronik (e-money) dan dompet digital (e-wallet) semakin banyak.

Hal ini tentunya membuat jasa transfer dana semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat semakin mengutamakan sistem belanja online dan melakukan pembayaran secara digital untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

Lantas, apa saja jenis-jenis jasa transfer yang ada saat ini? Simak informasinya di bawah ini.

  • Transfer Antar Rekening Bank

Transfer uang antar rekening bank saat ini paling banyak dilakukan oleh masyarakat secara umum. Selain bisa dilakukan melalui ATM, kantor cabang bank terdekat,

Saat ini proses transfer dana ke rekening bank yang sama atau berbeda dapat dilakukan dengan mudah dengan adanya layanan internet banking, mobile banking, dan juga SMS Banking.

Teknologi tentunya telah membuat proses transfer uang kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa perlu merasa khawatir.

  • Transfer dari pengirim tanpa rekening bank ke penerima dengan rekening bank

Jenis transfer ini tentu saja bisa Anda lakukan dengan mudah melalui kantor cabang bank terdekat.

Anda juga bisa melakukan transfer tunai ke rekening bank melalui mesin ATM yang menerima setoran tunai agar bisa lebih mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, jumlah ATM setor tunai dan kantor cabang bank yang ada saat ini jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Hal ini tentunya sangat menyulitkan para penduduk yang jauh dari pusat kota. Sebab biasanya ATM dan kantor cabang bank hanya tersedia di pusat-pusat kota saja.

  • Transfer dari pengirim tanpa rekening bank ke penerima tanpa rekening bank

Saat ini dua orang yang tidak punya rekening bank pun tetap bisa melakukan proses transfer uang.

Pengiriman uang tunai jenis ini biasanya dapat Anda lakukan menggunakan wessel pos dan juga berbagai jasa atau layanan transfer uang lainnya.

Proses pengiriman jenis ini juga bisa dilakukan menggunakan layanan atau fitur yang telah disediakan oleh berbagai perusahaan teknologi keuangan yang bergerak di jasa pembayaran atau transaksi keuangan.

Untuk layanan ini, salah satu hal yang Anda butuhkan adalah nomor telepon tujuan.

  • Transfer tunai ke e-money dan e-wallet

Jenis jasa yang satu ini juga mulai banyak dibutuhkan seiring dengan semakin banyaknya transaksi yang mewajibkan penggunaan e-money atau e-wallet dalam proses transaksinya.

Contohnya seperti tarif tol dan transportasi umum yang saat ini sudah tidak memberlakukan pembayaran tunai.

Walaupun sedikit berbeda, proses top up e-wallet dan e-money seperti Aplikasi Mocipay ini pada dasarnya adalah proses transfer uang. Namun, dana tersebut akan dikirimkan kepada akun e-wallet dan e-money dari masing-masing pengguna.

Tips Memilih Jasa atau Layanan Transfer Uang yang Aman

Jasa transfer uang adalah layanan yang penting dan harus dipilih dengan selektif. Hal tersebut dikarenakan jasa ini harus bisa menyampaikan dana kepada penerima dengan amanah.

Oleh sebabnya Anda tidak boleh memilih jasa transfer secara sembarangan agar tidak terjadi masalah.

Simak beberapa tips memilih layanan transfer dana yang aman hanya untuk Anda!

  • Keamanan yang Terpenting

Memilih layanan transfer dana memang tak boleh dilakukan secara asal-asalan karena faktor keamanan masih menjadi hal utama yang harus diperhatikan.

Oleh sebabnya, jangan sungkan untuk selalu melakukan riset, browsing, atau bahkan mencari tahu terlebih dahulu bagaimana track record dari jasa transfer dana yang akan Anda gunakan.

Jika kemudian ditemukan banyak keluhan pada jasa tersebut, maka lebih baik Anda mengubah pilihan dan mencari jasa yang lebih terpercaya.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak penyedia jasa transfer dana yang dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif.

  • Pilih Jasa yang Kredibel

Akan lebih baik bila Anda memilih layanan transfer uang dari perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi. Selain sudah melakukan kerja sama langsung dengan perbankan,

Anda juga bisa memilih layanan transfer dengan pengalaman panjang. Selain alasan teknologi yang sudah mendukung proses transfer jadi lebih mudah, biasanya layanan dengan kredibilitas tinggi juga memiliki sistem aduan yang lebih baik.

Hal ini tentu akan membantu Anda ketika terjadi masalah dalam proses pengiriman dana. Saat terjadi masalah, solusi yang diberikan oleh jasa yang sudah berpengalaman tersebut bisa menjadi lebih cepat.

  • Pilih Jasa yang Melayani Secara Real Time

Seharusnya dengan adanya perkembangan teknologi yang ada saat ini, transfer uang tentunya tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kini para penerima bisa mendapatkan uang secara real time.

Jadi, pastikan jasa transfer uang yang Anda pilih melayani secara real time. Dengan begitu yang yang Anda transfer bisa sampai ke tangan penerima dalam hitungan detik. Menarik bukan?

Layanan real time dari jasa transfer dana seperti ini tentunya sangat menguntungkan dan akan membuat proses pengiriman dana jauh lebih mudah untuk dilakukan oleh semua kalangan tanpa harus menunggu lama.

  • Pastikan Mendapatkan Bukti Transfer Resmi

Setelah melakukan transfer uang, Anda tentunya harus memastikan bahwa bukti transfer yang diterima resmi. Simpan baik-baik bukti transfer uang yang Anda dapatkan dari layanan transfer uang.

Pasalnya, bukti tersebut harus disimpan hingga uang yang dikirimkan sampai ke tangan penerima dengan tepat.

Bukti transfer akan dijadikan sebagai alat bukti ampun apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu setiap orang yang mengirimkan uang menggunakan layanan transfer harus disimpan baik-baik.

Pilihan Jasa Transfer Uang Tunai Terbaik

Ada beberapa layanan transfer uang yang bisa Anda gunakan di Indonesia. Layanan transfer tentunya sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih belum memiliki rekening bank.

Di era modern seperti sekarang ini semua orang tentunya bisa mengirimkan uang tanpa harus memiliki rekening.

Akan tetapi, pastikan Anda memilih jasa transfer dana terbaik dan bisa dipercaya. Apa saja nama-nama layanan tersebut? Simak ragam pilihannya di bawah ini:

  • Delima dari Telkom Indonesia

Delima adalah singkatan dari Delivery Money Access yang bisa digunakan untuk mengirimkan dana. Jasa transfer uang satu ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan uang ke dalam negeri ataupun mancanegara tanpa memerlukan rekening bank.

Hanya saja untuk mendapatkan layanan ini, Anda wajib datang ke Plasa Telkom atau rekanan Delima untuk mengirimkan uang.

Pastikan juga Anda membawa identitas diri berupa KTP, Paspor, ataupun SIM untuk melakukan pengiriman uang. Kemudian, isi formulir yang telah tersedia.

Pastikan Anda tidak lupa untuk mencantumkan nomor telepon baik pengirim ataupun penerima untuk notifikasi SMS. Pengisian formulir pastinya harus dilakukan dengan benar agar tidak ada kekeliruan.

  • Wessel Pos

    Wessel Pos
    Wessel Pos

Wesel Pos adalah jasa transfer yang paling lama di Indonesia dan telah lama dipercaya oleh banyak kalangan.

Jasa pengiriman dana ini sudah ada sejak dulu dan dimanfaatkan untuk mengirimkan dana. Untuk memanfaatkan jasa transfer dari PT Pos Indonesia ini, Anda perlu mengunjungi kantor pos terdekat.

Anda juga bisa mengirimkan dana dengan memilih layanan Western Union. Pastikan datang lebih awal agar tidak terlalu lama mengantre di Kantor Pos.

Saat ini Wessel Pos masih bisa memberikan banyak kemudahan dalam pengiriman uang. Tak heran jika hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan jasa tersebut.

  • Minimarket

    Minimarket
    Minimarket

Apabila Plasa Telkom ataupun Kantor Pos masih terlalu jauh, Anda tentunya bisa melakukan transfer uang melalui minimarket terdekat.

Namun biasanya, jasa pengiriman uang yang disediakan di minimarket biasanya top up saldo e-money dan e-wallet.

Saat penggunaan uang elektronik dan dompet digital sudah semakin marak. Oleh sebab itu Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan banyak kemudahan.

Cara Memulai Bisnis Jasa Transfer Dana

Untuk dapat memulai bisnis jasa transfer uang, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening tabungan bank terlebih dahulu.

Atau, Anda juga bisa ikut serta pada kemitraan perusahaan tertentu yang menawarkan layanan transfer uang. Hal ini tentu saja akan memungkinkan Anda bisa membuka bisnis jasa layanan transfer dana dengan mudah tanpa perlu merasa khawatir ataupun bingung lagi.

Saat ini banyak layanan keuangan seperti bank yang membuka kemitraan layanan transfer dana. Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda untuk memulai jasa transfer dana sekarang juga.

Pastikan Anda sudah mempelajari apa saja keuntungan dan kekurangan bisnis jasa transfer untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih agar bisnis dapat berjalan lebih lancar. Dapatkan juga berbagai manfaat dari membuka bisnis ini!

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 4.5 / 5. Jumlah Penilaian: 727

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button