Promo Top Up Game Termurah😍
Tutorial

7 Alasan Kenapa HP Di Cas Malah Berkurang

Tahukah kamu alasan kenapa HP di cas malah berkurang? Mengisi baterai merupakan aktifitas yang dilakukan seorang pengguna setiap hari agar handphone bisa dipergunakan kembali dengan daya yang cukup.

Namun persoalan daya baterai handhone tidak bertambah saat mengisi sudah sering kita jumpai, bahkan pengisian ini berdampak pada daya semula dimana baterai semakin berkurang. Tahukah kamu penyebab kenapa HP di cas malah berkurang ini? jika belum, simak penjelasan dibawah!

Kenapa HP Di Cas Malah Berkurang?

Setiap orang pastinya mangharapkan baterai bertambah setelah mengisi daya, karna itu sangat menyedihkan jika baterai tidak bertambah disaat kamu sudah mengisi baterai dalam waktu yang tidak sebentar.

Sebetulnya banyak sekali penyebab kenapa HP di cas malah berkurang, bisa saja bersumber dari daya listrik, adapter dan charger yang kamu gunakan. Di sisi lain sangat perlu memeriksa kondisi handphone dimana kerusakan ini bisa karena sistem dan baterai.

Untuk menjawab rasa penasaran anda, berikut kami sajikan alasan kenapa HP di cas malah berkurang:

HP Terlalu Panas

Salah satu penyebab baterai di cas daya semakin berkurang karena HP terlalu panas. Biasanya HP yang melakukan pekerjaan berat lebih rentan mengalami hal berikut. Bermain game merupakan salah satu pekerjaan berat yang sering kali membuat HP semakin panas.

Pekerjaan berat tidak selalu hanya berkaitan dengan waktu penggunaan setiap hari, hal ini bisa terjadi karena handphone bekerja keras mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang aktif di latar belakang.

Lihat juga Penyebab dan Solusi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Tidak Menggunakan Kabel Cas Yang Original

HP yang terlalu panas dan diiringi penggunaan kabel charger yang tidak original salah satu alasan kenapa hp di cas malah berkurang.

Alasan kenapa HP di cas malah berkurang
Sumber: galajabar.pikiran-rakyat.com

Charger palsu memungkinkan HP mengalami overheating, disamping itu kesehatan baterai akan dipertaruhkan karena proses pengisian daya lebih lebih lambat daripada charger original dan berpotensi membuat baterai berkurang walau sudah di cas.

Adanya Aplikasi yang Menguras Baterai

Keberadaan aplikasi yang menguras baterai salah satu alasan kenapa HP di cas malah berkurang.

Seperti yang kami sebutkan aplikasi memiliki pengaruh terhadap pada kesehatan baterai. Daftar-daftar aplikasi yang aktif digunakan di latar belakang yang paling sering membuat baterai menipis.

Namun permalasahan baterai berkurang saat mengisi daya bisa saja dari aplikasi legal yang tidak jelas asal usulnya. Pernahkah kamu mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas? jika iya, ini merupakan alasan kenapa HP di cas malah berkurang, sejatinya gunakan aplikasi yang diunduh dari google play store maupun app store.

Kerusakan Port Pengisian Daya

Alasan kenapa HP di cas malah berkurang
Alasan kenapa HP di cas malah berkurang – Sumber: fulusnesia.com

Salah satu penyebab kenapa HP di cas malah berkurang karena kerusakan port pengisian daya. Port USB merupakan komponen utama ketika mengisi daya, jadi kerusakan yang terjadi besar pengaruhnya pada baterai ponsel.

Tak hanya kerusakan, kotoran pada port juga menghambat pengisian daya terlebih disaat kamu menggoperasikan HP saat mengisi daya yang mengakibatkan baterai semakin berkurang.

Baterai HP Rusak

Setelah pot USB, kerusakan pada baterai juga salah satu penyebab kenapa HP di cas malah berkurang.

Salah satu ciri-ciri baterai yang sudah rusak dilihat dari persentase pemakaiannya, baterai yang tidak fungsional akan lebih cepat habis dari biasanya. Kerusakan inipun bervariasi bisa saja karena charger, HP digunakan ketika mengisi daya dan usia baterai.

Jadi jika baterai semakin berkurang walau sudah mengisi daya bisa saja diakibatkan baterai ponsel yang tidak cakap lagi digunakan.

Artikel menarik untuk kamu Cara Mengatasi Baterai Kembung dan Cepat Habis

Tegangan Sumber Listrik Tidak Sesuai

Tegangan listrik ternyata berpengaruh pada kesehatan baterai, karena itu penitng melihat aliran listrik sebelum mengisi daya. Aliran listrik yang tidak sesuai dengan baterai menimbulkan gangguan-gangguan dan mengakibatkan baterai berkurang padahal sudah mengisi daya.

Adapter Charger HP Tidak Sesuai

Adapter charger yang tidak sesuai salah satu penyebab kenapa HP di cas malah berkurang. Adapter merupakan penghubung antar listrik dan USB charger, jadi apabila komponen ini tidak seusai maupun rusak besar pengaruhnya daya tidak bertambah dan malah mengurangi baterai.

Cara Mengatasi Daya Baterai Tidak Bertambah Saat Dicharger

Nah, setelah mengetahui alasan kenapa HP di cas malah berkurang, sekarang silahkan periksa kerusakan handphone dan faktor eksternal yang mengakibatkan baterai berkurang.

Cara mengatasi daya berkurang saat cas HP

Masalah diatas sebenarnya cukup mudah diatasi, beberapa faktor bisa kamu atasi sendiri seperti kerusakan pada adpter dan tegangan listrik yang tidak sesuai, sisanya percayakan perbaikan pada ahlinya jika memang masalah ada pada komponen HP.

Berikut kami sajikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan mengatasi baterai HP tidak bertambah saat di charger:

  • Dinginkan HP

Jika handphone panas kamu bisa dinginkan dulu dengan beberapa cara, seperti menyimpan handphone pada ruangan sejuk dan minimalisir penggunaanya. Cara ini bisa kamu gunakan sebelum mengisi daya, karena perangkat yang terlalu panas tidak menerima banyak daya atau menolak pengisian daya.

Menonaktifkan data seluler salah satu cara yang bisa kamu gunakan agar aplikasi berjalan terhentikan sementara, ada juga alat pendingin seperti gamepad dan water cooling yang membantu mendinginkan HP lebih cepat.

  • Gunakan Kabel Charger Original

Seperti yang sudah dipaparkan, salah satu penyebab kenapa HP di cas malah berkurang karena alat pengisian tidak sesuai dengan ponsel.

Walaupun harga charger original bisa dua kali lipat dari charger palsu banyak manfaat yang kamu dapat ketika menggunakanya, seperti baterai ponsel tidak akan berkurang saat di cas, pengisian lebih cepat dan baterai lebih awet.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Jelas Asal Usulnya

Jika masalahnya dari aplikasi yang tidak resmi, kamu bisa hapus pemakaian sekarang juga. Aplikasi yang tidak jelas asal usulnya membahayakan ponsel dan data-data pengguna, aplikasi seperti ini biasanya disusupi malware yang merugikan ponsel.

Pada google play store maupun app store ada jutaan aplikasi yang bisa kamu guankan, jadi temukan aplikasi yang memiliki fungsi yang sama agar kamu terhindar dari baterai berkurang saat mengisi daya.

  • Ganti Adapter dan Periksa Tegangan Listrik

Dengan mengganti adpter kamu juga meminimalisir kerusakan saat charger ponsel. Banyak jenis adapter yang dijual di pasaran, sebaik-baiknya itu gunakan adapter bawaan handphone jadi tidak perlu sangsi barang original dan sebaliknya.

Disamping itu gunakan aliran listrik yang stabil dan cocok pada performa baterai handphone, dengan demikian pengisian baterai lebih cepat.

Periksa dan Ganti Baterai

Cara mengatasi daya berkurang saat cherger HP

Karena baterai salah satu alasan kenapa HP di cas baterai malah berkurang, jadi jangan ragu mengganti baterai demi kenyamanan penggunaan handphone.

Usia pakai baterai merupakan salah satu penyebab kerusakan ini, kamu bisa berpacu pada usia ponsel untuk mengetahui masa pakai sebuah baterai. Jika ingin mengganti, segera bawa kepada ahlinya, nanti mereka akan melepas baterai tanam milikmu lalu mengganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Alasan Kenapa HP Di Cas Malah Berkurang
Alasan Kenapa HP Di Cas Malah Berkurang

Baterai handphone merupakan komponen yang mendukung aktivitas smartphone, jelas saja baterai yang tidak terisi dan berkurang pastinya menimbulkan rasa kesal pengguna.

Semoga melalui penjelasan kenapa HP di cas malah berkurang diatas membantu pembaca mengkaji hal-hal  apa saja yang menyebabkan pengurangan daya saat mengisi baterai tersebut. Itulah informasi yang bisa Mocipay bagikan, semoga bermanfaat!

Back to top button