Ragam

Jenius Gangguan Hari Ini? Berikut 7 Penyebab dan Cara mengatasinya!

Anda terkena dampak dari Jenius gangguan hari ini? Kondisi ini membuat kegiatan transaksi anda terhambat? Sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir!

Karena melalui panduan kami dalam artikel ini, kamu pasti dapat menangani masalah terkait Jenius yang sedang mengalami gangguan dengan mudah dan praktis.

Mengenal Jenius

Mengenai Jenius
Mengenai Jenius

Jenius (Inovasi Digital Banking) adalah sebuah aplikasi yang merupakan layanan perbankan dari BTPN, yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengatur keuangan, menabung dan bertransaksi melalui smartphone dengan aman, mudah dan cerdas.

Terdapat banyak hal yang bisa dinikmati dari aplikasi jenius. Beberapa diantaranya seperti: dapat membuka tabungan lewat HP tanpa perlu ke bank, dapat mengatur keuangan dengan $Cashtag, Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, eCard, dan lain-lain. Berikut kami jelaskan dengan lebih lengkap:

  • Fitur Utama Jenius- Inovasi Digital Banking

Fitur Jenius Keterangan singkat
Pembukaan rekening digital Memungkinkan pengguna membuka rekening Bank secara online, tanpa perlu mengunjungi cabang Bank.
Send it/ Transfer Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang ke rekening lain.
Pay me/ Pembayaran Memudahkan pengguna untuk meminta pembayaran dari orang lain dengan mengirimkan notifikasi permintaan melalui aplikasi.
Split Bill Merupakan fitur yang memudahkan pembagian tagihan secara adil diantara teman atau keluarga setelah acara atau suatu kegiatan tertentu.
M-Card, E-Card dan X-Card M-card merupakan kartu debit fisik yang digunakan untuk bertransaksi di ATM.
E-card adalah kartu debit virtual untuk transaksi online yang lebih aman.
X-card yaitu kartu tambahan yang dapat diatur limitnya sesuai kebutuhan.
In & Out Fitur yang menyajikan riwayat transaksi secara terperinci, yang memudahkan pengguna untuk melihat pemasukan dan pengeluaran mereka.
Maxi saver Fitur yang merupakan deposito berjangka yang menawarkan bunga kompetitif dengan pilihan waktu yang fleksibel.
Dream saver Fitur yang memungkinkan penggguna untuk menabung secara rutin sesuai dengan target yang ditentukan.
Flexi cash Merupakan fitur layanan pinjaman online dengan limit kredit yang bisa digunakan kapan saja.
Baca Juga :  13 Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Penyebab Jenius Gangguan Hari ini

Mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab Jenius gangguan hari ini, tentu akan memudahkan anda dalam mencari solusi yang tepat! Oleh karena itu, berikut kami akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi penyebab Jenius gangguan hari ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sedang Maintenance

Penyebab pertama jenius gangguan hari ini, sekaligus yang paling umum terjadi adalah karena sedang maintenance atau pemeliharaan rutin jaringan.

Perlu diketahui, Jenius sebagai salah satu layanan perbankan kerap melakukan maintenance yang bertujuan untuk melakukan perbaikan atau pun pembaharuan pada sistem, agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman penggunaan yang memuaskan.

Hanya saja selama maintenance berlangsung, beberapa atau bahkan semua layanan mandiri akan dibekukan sementara.

  • Masalah pada Aplikasi

Penyebab Jenius gangguan hari ini
Penyebab Jenius gangguan hari ini

Penyebab selanjutnya Jenius gangguan hari ini adalah karena adanya masalah pada aplikasi Jenius yang digunakan, misalnya seperti aplikasi yang sudah kadaluwarsa.

Penting sekali untuk diketahui bahwa aplikasi yang kedaluwarsa dapat memicu berbagai masalah pada aplikasi, termasuk bug, error atau yang lainnya, yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi secara keseluruhan.

  • Masalah Koneksi Internet

Masalah koneksi internet juga dapat menjadi salah satu penyebab Jenius gangguan hari ini. Perlu diketahui bahwa penggunaan aplikasi Jenius ini bergantung pada koneksi internet yang stabil.

Sehingga ketika jaringan internet bermasalah dalam perangkat yang digunakan, maka aplikasi Jenius juga tidak akan bisa bekerja atau tidak dapat dioperasikan secara optimal.

  • Server Overload

Penyebab berikutnya yang membuat Jenius gangguan hari ini kemungkinannya adalah karena masalah server yang overload.

Baca Juga :  10 Distributor Pabx Nec Termurah dan Terlengkap Di Indonesia

Banyaknya akses oleh pengguna aplikasi Jenius pada waktu yang bersamaan dapat menyebabkan aplikasi menjadi error. Hal ini menyebabkan pada beberapa pengguna, aplikasi Jenius menjadi bermasalah.

  • Terdapat Masalah pada Akun Jenius

Penyebab Jenius gangguan hari ini
Penyebab Jenius gangguan hari ini

Tak jarang juga terjadi masalah terkait Jenius gangguan hari ini, karena adanya masalah pada akun pengguna seperti akun dibatasi, dibekukan atau bahkan terblokir.

Penyebab akun dibatasi ataupun terblokir bisa karena adanya indikasi tindakan mencurigakan, salah memasukkan password Jenius secara berulang-ulang hingga mencapai batas maksimal memasukkan password, bolak-balik keluar masuk aplikasi, transaksi yang tidak wajar, dan yang lainnya.

  • Cache Menumpuk di Aplikasi Jenius

Selanjutnya, penyebab Jenius gangguan hari ini bisa juga karena penumpukan cache pada aplikasi Jenius. Pada dasarnya, cache sebenarnya berfungsi untuk menyimpan riwayat aktivitas sehingga mengirit waktu memuat ketika aplikasi digunakan kembali untuk melakukan tugas yang sama.

Namun seiring berjalannya waktu, cache aplikasi akan bertambah banyak dan jika tidak segera dihapus, maka akan terjadi penumpukan. Nah, penumpukan inilah yang kadang-kadang menyebabkan aplikasi Jenius bermasalah.

  • Masalah Perangkat

Penyebab terakhir Jenius mengalami gangguan hari ini adalah karena adanya masalah pada perangkat yang digunakan.

Masalah pada perangkat disini biasanya disebabkan karena sistem operasi yang telah kadaluarsa sehingga kerap mengalami bug, yang dapat berimbas pada beberapa aplikasi yang terpasang dalam perangkat. Selain itu, ruang penyimpanan dan sampah dalam perangkat juga dapat mempengaruhi.

Cara Mengatasi Jenius Gangguan Hari ini

Cara Mengatasi Jenius Gangguan Hari ini
Cara Mengatasi Jenius Gangguan Hari ini

Setelah mengetahui penyebab Jenius mengalami gangguan hari ini, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan, bagaimana cara mengatasi masalah Jenius gangguan hari ini melalui langkah yang sederhana dan mudah dipahami.

Penyebab Jenius Gangguan Hari ini Cara Mengatasi
Maintenance Tunggu hingga maintenance selesai dilakukan. Lakukan login secara berkala untuk memeriksa apakah sistem sudah pulih kembali.

Selain itu, anda juga bisa memantau server Jenius melalui website resmi atau akun media sosial Jenius.

Jika dalam keadaan mendesak, silahkan hubungi tim layanan pelanggan Jenius melalui call center 1500365 atau lewat Email jenius-help@btpn.com

Masalah pada aplikasi Jika masalahnya terdapat pada aplikasi Jenius yang sudah kadaluarsa, maka cara mengatasinya sangat mudah!

Anda cukup mengupdate aplikasi Jenius anda melalui penyedia aplikasi dalam ponsel anda. Jika masalahnya masih tetap berlanjut, maka alternatif terakhir adalah menghapus dan memasang kembali aplikasi Jenius dalam perangkat yang digunakan.

Server overload Cara mengatasi Jenius gangguan hari ini karena server overload dapat kamu lakukan yakni dengan merefresh aplikasi, login ulang aplikasi, atau restart ponsel anda. Beberapa tindakan ini kadang-kadang dapat menangani permasalahan seperti ini.
Masalah koneksi internet Upaya menangani gangguan Jenius karena masalah koneksi internet yakni dengan memeriksa ketersediaan kuota internet. Pastikan juga sinyal dalam ponsel anda stabil. Jika memungkinkan, cobalah menggunakan alternatif jaringan lain seperti WiFi.
Adanya masalah pada akun Jenius Pastikan apakah akun Jenius anda bermasalah. Hubungi tim layanan pelanggan Jenius melalui call center 1500365 atau lewat Email jenius-help@btpn.com untuk mendapatkan solusi dan membantu memulihkan kembali akun anda.
Penumpukan cache Hapuslah cache yang telah menumpuk pada aplikasi Jenius anda. Caranya sangat mudah. Anda bisa mengikuti langkahnya berikut ini:

  1. Tekan dan tahan beberapa saat ikon aplikasi Jenius, hingga muncul beberapa opsi menu.
  2. Pilih opsi ‘Info apl’
  3. Klik Hapus data
  4. Lalu pilih opsi ‘Bersihkan Cache’
  5. Jika sudah, loginlah kembali ke aplikasi Livin Mandiri anda
Masalah perangkat Cobalah perbarui sistem operasi dalam perangkat anda. Pastikan ruang penyimpanan masih tersisa minimal 20%, serta yang terakhir adalah pastikan perangkat anda bersih dari sampah file yang dapat menurunkan kinerja perangkat!

Apabila beberapa upaya diatas tidak ada satu pun yang dapat membantu, maka solusi terakhir yang dapat kami sarankan adalah mengunjungi cabang layanan Jenius terdekat ditempat mu. Sampaikanlah kendala anda pada petugas yang anda jumpai disana. Mereka akan membantu anda untuk menemukan solusi terbaik!

Akhir Kata

Jenius Gangguan Hari Ini
Jenius Gangguan Hari Ini?

Berbagai hal dapat memicu layanan Jenius mengalami gangguan. Oleh karena itu, sebagai pengguna Jenius, sangatlah penting untuk memiliki pemahaman akan penyebab dan cara mengatasi gangguan Jenius. Kami berharap semoga panduan yang kami berikan dalam artikel ini dapat membantu, selamat mencoba!

Back to top button