Tips

11 Penyebab Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka, Lengkap Dengan Solusinya

Saat DANA mengalami gangguan tidak bisa dibuka, pastinya banyak pertanyaan yang muncul mengenai Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka. Hal seperti ini memang sering terjadi pada aplikasi DANA sehingga membuat pengguna kebingungan dan kewalahan saat mengalami kondisi seperti ini.

Sebagai salah satu ewallet yang banyak digunakan, DANA menjadi aplikasi yang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Dengan menggunakan aplikasi DANA, pengguna bisa melakukan transaksi dengan mudah. Baik itu melakukan pembayaran tagihan, Top Up, bahkan kirim uang ke semua rekening tanpa biaya admin.

Hal ini tentu membuat pengguna dimudahkan karena dengan hanya menggunakan aplikasi DANA, semua transaksi bisa dilakukan secara online tanpa repot datang ke Bank atau ATM terutama jika tidak memiliki rekening Bank.

Tetapi walaupun banyak kemudahan yang diberikan aplikasi DANA, tidak bisa dipungkiri bahwa DANA juga bisa mengalami gangguan yang dimana DANA tidak bisa dibuka. Untuk itu, artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka. Simak penjelasannya!

Apa itu DANA?

Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka
Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka

 

Walaupun aplikasi DANA sudah banyak digunakan, tak jarang pula masih ada orang yang tidak mengetahui apa itu DANA. DANA adalah aplikasi dompet digital (ewallet) yang bisa digunakan dalam melakukan transaksi secara online.

Sama halnya dengan rekening, DANA juga bisa melakukan transaksi seperti pembayaran tagihan listrik, PDAM, Kirim Uang, Isi Pulsa, dan banyak transaksi lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang memiliki rekening Bank karena banyaknya syarat yang diperlukan untuk daftar rekening Bank. Tetapi, untuk aplikasi DANA sudah banyak pengguna yang menggunakannya karena dinilai lebih efisien dan mudah digunakan.

Bagaimana Cara Membuat Akun DANA?

Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka1
Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka

 

Karena kemudahan yang diberikan oleh aplikasi DANA, banyak pengguna yang ingin menggunakan aplikasi DANA. Jika Kamu tidak mengetahui bagaimana cara membuat akun DANA, berikut ini beberapa langkah-langkah yang dapat Kamu coba :

  1. Download aplikasi DANA di smartphone Kamu.
  2. Buka Aplikasi DANA yang telah selesai di download.
  3. Masukkan nomor Hp yang akan digunakan sebagai ID DANA.
  4. Kemudian, Masukkan Kode OTP yang telah dikirimkan ke nomor Hp yang telah didaftarkan sebagai ID DANA.
  5. Isi nama lengkap sesuai dengan identitas KTP.
  6. Setelah itu, buat PIN DANA 6 digit untuk konfirmasi akun DANA.
  7. Akun DANA telah berhasil dibuat.
  8. Selesai!
Baca Juga :  Cara Menggunakan Aplikasi Zenly Untuk Lacak Lokasi Seseorang

Baca Juga : 20+ Cara Dapat Uang 500rb Sehari Dari Aplikasi DANA Terbaru 

Cara di atas merupakan beberapa langkah-langkah untuk membuat akun DANA. Jika Kamu ingin mendapatkan fitur lebih untuk mendapatkan berbagai kemudahan di aplikasi DANA, Kamu bisa verifikasi akun DANA dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka aplikasi DANA di smartphone Kamu.
  2. Klik menu Profil pada aplikasi DANA.
  3. Pilih Verifikasi Akun Anda dan klik Upgrade Sekarang.
  4. Lakukan verifikasi wajah dan unggah foto KTP.
  5. Masukkan NIK yang tertera pada KTP.
  6. Tunggu hingga proses verifikasi selesai.
  7. Akun DANA telah berhasil di upgrade ke Premium.
  8. Selesai!

Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka3
Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka / Sumber : belajarbersamayudha.com

 

Aplikasi DANA menjadi salah satu ewallet yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Pasalnya, aplikasi ini memberikan banyak kemudahan yang bisa membantu pengguna untuk melakukan transaksi dengan mudah.

Hal inilah yang membuat ketika aplikasi DANA tidak bisa dibuka, banyak pengguna yang merasa kebingungan bahkan kesal karena tidak bisa melakukan transaksi. Tetapi, dalam hal ini pengguna wajib tahu apa yang menjadi penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka.

Untuk itu, berikut ini beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka, diantaranya :

1. Tidak Ada Koneksi Internet

Salah satu penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka adalah karena tidak ada koneksi internet. Untuk dapat mengakses DANA, pengguna harus memiliki koneksi internet yang stabil karena DANA hanya bisa diakses jika koneksi internet lancar dan stabil.

2. Penyimpanan Hp Sudah Penuh

Saat penyimpanan Hp sudah penuh, akan membuat aplikasi DANA menjadi tidak respon bahkan bisa menjadi penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka. Hal ini memang bisa terjadi mengingat Hp memiliki penyimpanan yang telah ditetapkan. Jadi, jika penyimpanan sudah penuh, maka akan membuat beberapa aplikasi menjadi tidak bisa berjalan dengan baik.

3. File Chace Aplikasi Menumpuk

Tidak banyak pengguna yang tahu bahwa file cache aplikasi menumpuk dapat menjadi penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka. Saat file sampah aplikasi tidak dibersihkan, akan membuat kinerja aplikasi menjadi lambat bahkan tidak bisa dibuka. Hal inilah yang membuat aplikasi DANA menjadi tidak bisa dibuka.

4. Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka bisa karena pengguna masih menggunakan aplikasi versi lama. Saat pengguna menggunakan aplikasi versi lama, akan membuat aplikasi lebih lambat dari versi terbaru. Hal inilah terkadang yang membuat aplikasi DANA menjadi tidak respon dan tidak bisa dibuka.

Baca Juga :  Lupa Username dan Password BRI? Ini 5 Solusi untuk Mengatasinya

5. DANA sedang gangguan atau error

Tidak semua aplikasi selalu berjalan dengan baik. Ada kalanya aplikasi mengalami gangguan atau error. Saat DANA tidak bisa dibuka, bisa jadi karena DANA sedang gangguan atau error pada sistemnya.

6. Akun DANA Dibekukan

Saat akun DANA dibekukan, pengguna tidak akan bisa membuka atau mengakses aplikasi DANA. Hal ini memang sudah menjadi ketentuan dari pihak DANA agar pengguna mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan pihak DANA.

Adapun alasan pihak DANA membekukan akun adalah karena pengguna terdeteksi melakukan transaksi yang tidak wajar atau pernah melakukan transaksi secara terus menerus sehingga hal tersebut terdeteksi menjadi spam dan membuat akun menjadi dibekukan.

Cara Mengatasi Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka

Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka2
Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka / Sumber : Bankir.id

 

Setelah mengetahui penyebab kenapa DANA tidak bisa dibuka, tentunya Kamu pasti juga ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi kenapa DANA tidak bisa dibuka. Untuk dapat menggunakan aplikasi DANA tanpa adanya gangguan, pastikan Kamu mengetahui cara mengatasi kenapa DANA tidak bisa dibuka di bawah ini :

  • Pastikan Koneksi Internet Stabil

Cara mengatasi kenapa DANA tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan memastikan koneksi internet stabil. Karena internet merupakan hal yang terpenting pada saat ingin menggunakan aplikasi DANA. Koneksi internet yang stabil akan mempengaruhi kinerja aplikasi DANA.

  • Hapus Cache Aplikasi Yang Menumpuk

Sampah aplikasi yang menumpuk akan membuat aplikasi menjadi lebih lambat bahkan aplikasi menjadi tidak respon. Agar aplikasi DANA dapat berjalan dengan baik, pengguna bisa menghapus cache aplikasi yang menumpuk agar aplikasi dapat kembali merespon dengan baik.

  • Update Aplikasi DANA Ke Versi Terbaru

Menggunakan aplikasi versi terbaru merupakan kewajiban setiap pengguna. Mengapa? Karena penggunaan aplikasi versi terbaru akan membuat kinerja aplikasi berjalan dengan baik. Selain itu, pengguna akan mendapatkan beberapa fitur terbaru yang telah diperbarui oleh aplikasi DANA.

  • Tunggu Hingga Gangguan atau Error Selesai

Gangguan atau error memang sering terjadi pada saat menggunakan suatu aplikasi, termasuk DANA. Untuk itu, pengguna bisa menunggu hingga gangguan atau error selesai agar dapat menggunakan kembali aplikasi DANA.

  • Hubungi Customer Service DANA

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan tetapi masih belum bisa membuka aplikasi DANA, pengguna dapat menghubungi customer service DANA untuk melaporkan kendala yang dihadapi.  Nantinya CS akan membantu menangani dan memberikan penjelasan mengenai keluhan yang telah pengguna sampaikan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi DANA

Saat pengguna menggunakan aplikasi DANA, pengguna akan mendapatkan banyak manfaat dan beberapa keuntungan seperti di bawah ini :

Baca Juga :  6 Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak yang Wajib Anda Ketahui!

Artikel Menarik Lainnya : Cara Dapat Saldo DANA 100 Ribu Gratis Tercepat Langsung Cair

Keuntungan Keterangan
Tidak Perlu Bawa Uang Tunai Di aplikasi DANA, pengguna bisa menyimpan saldo dan pengguna bisa lebih hemat ketika berpergian. Selain itu, pengguna juga bisa membuat akun DANA sebagai tabungan karena DANA tidak memiliki biaya admin perbulannya sehingga saldo tidak akan terpotong walaupun tidak digunakan.
Top Up Saldo Minimum Rp 10000 Dengan menggunakan aplikasi DANA, pengguna bisa melakukan Top Up saldo DANA dengan minimum Rp 10000. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi pengguna karena DANA memberikan minimum Top Up yang murah.
Menyediakan Beragam Transaksi Pengguna bisa melakukan pembayaran transaksi seperti tagihan Air, Listrik, Iuran BPJS, Pembelian Pulsa, dan banyak transaksi lainnya.
Mendapatkan 10 kali gratis biaya tarik saldo Salah satu keuntungan yang akan didapatkan pengguna adalah mendapatkan 10 kali gratis biaya tarik saldo. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi khawatir saldo dipotong saat melakukan kirim uang ke rekening yang berbeda.

Berapa Lama Akun DANA Dibekukan Sementara?

Ketika akun DANA dibekukan sementara, pengguna tidak bisa mengakses akun DANA. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna saat ingin melakukan transaksi di aplikasi DANA. Untuk itu, pengguna wajib tahu berapa lama akun DANA dibekukan sementara agar bisa kembali menggunakan aplikasi DANA.

Akun DANA yang dibekukan sementara akan diaktifkan kembali oleh pihak DANA dalam kurun waktu mulai 1 jam hingga 15-30 hari sejak diterimanya pemberitahuan mengenai akun DANA telah dibekukan sementara yang dikirimkan melalui email yang terhubung pada aplikasi DANA.

Untuk itu, pengguna bisa cek secara berkala akun DANA untuk mengetahui apakah akun DANA telah diaktifkan kembali atau masih dibekukan oleh pihak DANA.

Apakah Saldo Yang Ada di DANA Bisa Hangus?

Pertanyaan yang sering muncul saat pengguna mengaktifkan akun DANA adalah apakah saldo yang ada di DANA bisa hangus? Pertanyaan seperti ini memang menjadi hal yang wajar untuk dipertanyakan pengguna, karena pastinya setiap pengguna memiliki kekhawatiran dan tidak ingin saldo yang dimiliki hangus begitu saja.

Tetapi dalam hal ini pengguna tidak perlu khawatir karena jika akun DANA masih dalam keadaan aktif maka saldo tidak akan hangus. Tetapi sebaliknya, jika pengguna melakukan penghapusan akun DANA maka saldo akan dianggap hangus pada saat pengguna melakukan penghapusan akun DANA.

Akhir Kata

Penyebab Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka
Penyebab Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka

Menggunakan aplikasi DANA bisa memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai transaksi. Karena kemudahan inilah banyak pengguna yang memilih menggunakan aplikasi DANA dibandingkan dengan membuka rekening Bank.

Selain itu, DANA memberikan 10 kali gratis biaya admin dalam melakukan kirim uang ke semua jenis rekening Bank. Tentunya ini akan menguntungkan pengguna karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan pada saat melakukan transaksi ke rekening lain.

Tetapi walaupun DANA memiliki beragam kemudahan, tak jarang pula aplikasi dompet digital satu ini mengalami gangguan seperti DANA tidak bisa dibuka. Hal ini yang membuat pengguna merasa kebingungan bahkan kesal karena tidak bisa mengakses akun DANA.

Untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka, Kamu bisa membaca penjelasan di atas karena sudah diberikan penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka.

Demikianlah informasi mengenai Kenapa DANA Tidak Bisa Dibuka. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button