Tips

Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA Lewat BRImo? Ini 10 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sampai saat ini Kenapa Tidak Bisa Top Up DANAa Lewat Brimo masih menjadi permasalahan yang besar karena hal tersebut membuat banyak orang terkendala dalam melakukan transaksi.

Secara umum, tidak bisa melakukan top up Dana lewat Brimo disebabkan oleh dua faktor yaitu user atau aplikasi itu sendiri.

Sebenarnya untuk mengatasi tidak bisa top up ini cukup mudah, kecuali faktor penyebabnya bukan karena gangguan atau maintenance aplikasi BRImo.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya terkait kendala dalam melakukan top up Dana lewat BRImo ini, kamu bisa ikuti ulasan pada artikel ini sampai selesai.

Apakah Bisa Top Up DANA Lewat Brimo

Top Up Dana Lewat Brimo
Top Up Dana Lewat Brimo

Demi memenuhi kebutuhan pelanggannya kini BRI memberikan kemudahan, dimana setiap pengguna bank BRI bisa melakukan top up DANA lewat aplikasi BRImo.

Layanan ini disediakan pada pengguna tanpa batas waktu, artinya setiap pengguna yang memiliki aplikasi BRImo dapat melakukan top up Dana kapan saja dan dimana saja.

Bagi kamu yang ingin melakukan top up Dana lewat Brimo, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Silahkan buka aplikasi Brimo kamu
  • Lanjutkan dengan memasukkan Username dan Password Brimo.
  • Pilih menu Dompet Digital.
  • Klik opsi Top Up Baru.
  • Pilih Dompet Digital Dana.
  • Masukkan nomor Dana untuk melakukan top up.
  • Masukkan Nominal saldo yang akan di top up ke Dana.
  • Kemudian klik Top Ip dan masukkan PIN Brimo kamu.

Kenapa Tidak Bisa Top Up Dana Lewat Brimo

Kenapa Tidak Bisa Top Up Dana Lewat Brimo
Kenapa Tidak Bisa Top Up Dana Lewat Brimo

Belakanangan ini banyak pengguna yang mengeluh akibat tidak bisanya top up Dana lewat Brimo. Sebenarnya ini bukan menjadi hal yang biasa lagi, pasalnya ini sudah sangat terjadi.

Meskipun demikian, masih ada beberapa orang yang belum memahami kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo. Jadi bagi kamu yang ingin tahu apa saja penyebabnya, langsung saja simak informasi penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga :  12 Ide OOTD Ala Wanita Korea, Bikin Penampilanmu Semakin Fresh

1. Koneksi Internet Lemah

Faktor penyebab yang paling umum terjadi kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo yaitu koneksi internet yang buruk atau lemah.

Seperti yang diketahui bahwa proses top up melalui aplikasi Brimo memerlukan koneksi internet yang stabil dan kuat untuk mengirim data transaksi secara akurat  dan menghubungkan ke server pembayaran.

Koneksi Internet Lemah
Koneksi Internet Lemah

Sehingga koneksi yang lemah atau tidak stabil dapat menyebabkan gangguan dalam proses transaksi dan mengakibatkan kesalahan atau kegagalan saat mencoba melakukan top up melalalui Brimo.

Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan lancar sebelum mencoba melakukan transaksi seperti top up Dana. Kamu juga bisa mengganti jaringan yang sedang kamu gunakan saat ini ke jaringan WIFI jika tersedia.

2. Gangguan Teknis Aplikasi

Gangguan teknis pada aplikasi Brimo kemungkinan bisa menjadi penyebab kenapa kamu tidak bisa melakukan top up DANA. Umumnya, gangguan teknis ini mencakup masalah pada server aplikasi, pembaruan perangkat lunak yang belum diinstal, atau masalah lain yang dapat mengganggu fungsi normal aplikasi.

Jika ada gangguan teknis pada Brimo, hal ini dapat menghalangi kemampuan kamu untuk melakukan transaksi termasuk top up DANA.

Apabila kamu menemukan situasi seperti ini, kamu hanya perlu menunggu hingga masalah teknis ini diselesaikan oleh pihak pengembang atau penyedia layanan apalikasi tersebut.

3. Saldo Tidak Mencukupi

Penyebab umum lainnya yang menjadi faktor kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo yaitu saldo BRI yang ada ditabungan kamu saat ini tidak mencukupi untuk melakukan top up DANA.

Karena proses top up memerlukan dana yang cukup di rekening bank agar transaksi yang sedang berjalan dapat di proses. Oleh sebab itu, jika saldo tidak mencukupi untuk melakukan top up sesuai dengan jumlah yang telah dipilih, maka transaksi yang telah dibuat akann ditolak oleh sistem.

Jadi pastikan kamu memiliki saldo yang cukup sebeum mencoba melakukan top up melalui Brimo untuk menghindari masalah ini bisa terjadi.

Baca Juga :  Berapa Lama Proses Verifikasi Shopeepay? Ini Jawabannya

4. Server Dana atau Brimo Sedang Maintenance

Server Dana atau Brimo Sedang Maintenance
Server Dana atau Brimo Sedang Maintenance

Jika server Dana atau Brimo sedang menjali pemeliharaan atau maintenance, maka hal ini dapat menghalangi proses transaksi kamu, termasuk melakukan top up DANA di aplikasi BRImo.

Sehingga selama periode maintenance kemungkinan tidak tersedia atau mengalami keterbatasan dalam menerima maupun melakukan transaksi.

Karena hal ini dapat mengakibatkan kesulitan atau kegagalan saat mencoba melakuan top up Dana. Jadi ketika kamu melakukan top up DANA selama proses pemeliharan maka transaksi akan gagal dan hal inilah yang menjadi faktor penyebab kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo.

5. Virtual Account Code BRI belum dibuat di Aplikasi Dana

Virtual Account Code BRI belum dibuat di Aplikasi Dana
Virtual Account Code BRI belum dibuat di Aplikasi Dana

Faktor penyebab lain kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo yang masih banyak belum diketahui oleh pengguna DANA maupun BRImo yaitu VA Code BRI belum dibuat di aplikasi DANA.

Biasanya hal ini terjadi karena nomor telepon yang digunakan untuk melakukan top up Dana di aplikasi BRImo belum terdaftar.

Berikut cara membuat Vrtual Account Kode BRI setelah mendaftarkan akun yang bisa kamu coba.

  • Buka aplikasi DANA.
  • Klik menu Top Up/ Isi Saldo, lalu pilih Bank BRI.
  • VA kode BRI akan otomatis ter-generate.
  • Terakhir, lakukan top up kembali di aplikasi BRImo.

6. Nomor Handphone Akun Dana Salah

Kesalahan dalam mencatumkan nomor telepon DANA bisa menyebabkan kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo. Namun perlu diketahui, kesalahan dalam memasukkan nomor DANA juga tidak menghalami transaksi dan justru saldo yang di top up masuk ke akun pengguna yang tercantum.

Oleh karena itu, pastikan nomor DANA yang telah kamu masukkan atau berikan sudah tercatat dengan benar dengan melihat nomor dibagian profil aplikasi DANA.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Top Up Dana Lewat Brimo

Setelah mengetahui masalah kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo, tentu kamu ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi masalah tidak bisa top up DANA lewat Brimo yang bisa kamu coba, yakni diantaranya :

1.  Menunggu Hingga Server BRImo Selesai di Perbaiki

Jika masalah yang terjadi akibat gangguan server atau maintenance aplikasi BRimo, maka hal yang dapat kamu lakukan yaitu hanya menunggu hingga proses pemeliharaan pada aplikasi tersebut berakhir.

Biasanya proses perbaikan ini tidak berlangsung lama karena BRImo sendiri selalu memberikan pelayanan terbaik baik pada penggunanya.

Baca Juga :  Jadwal FYP TikTok 2024 Terbaru Hari Ini Agar Mudah FYP

Agar kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo tidak terjadi lagi, sebaiknya selama proses maintenance, hapus cache aplikasi DANA dan BRImo, kemudian lanjutkan dengan mengupdate kedua aplikasi tersebut jika belum diperbaharui.

2. Periksa Informasi Akun dan Pembayaran

Memeriksa informasi akun dan pembayaran juga termasuk cara untuk mengatasi masalah ketika kamu tidak bisa melakukan top up DANA melalui aplikasi BRImo.

Terkadang kesalahan dalam memasukkan nomor akun BRImo atau rincian kartu pembayaran dapat mengakibatkan transaksi ditolak atau tidak berhasil.

Karena memastikan bahwa kamu telah memasukkan informasi yang benar atau lengkap terkait nomor DANA adalah langkah penting untuk memastikan kelancaran proses top up.

Jadi ketika terdapat kesalahan pada informasi tersebut, mengoreksi atau mengubahnya seseuai dengan yang seharusnya dapat membantu mengatasi terjadinya kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo.

3. Top Up DANA Via ATM BRI

Jika sudah mencoba semua alternatif cara megatasi kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo diatas namun transaksi masih belum bisa diproses, kamu bisa memilih top up Dana via ATM BRI.

Langkahnya cukup mudah, kunjungi gerai ATM terdekat dengan membawa kartu ATM dan lakukan top up DANA dengan cara dibawah ini.

  • Masukkan kartu ke mesin ATM lalu input 6 digit PIN ATM BRI kamu.
  • Pilih opsi Bahasa Indonesia.
  • Lalu pilih menu Transaksi Lain dan klik BRIVA.
  • Masukkan kode BRIVA untuk aplikasi DANA di 88810 beserta nomor DANA kamu. Contohnya 88810-081265237899.
  • Masukkan nominal top up saldo DANA.
  • Klik Ya dan tunggu hingga proses transaksi berhasil.

4. Menghubungi Call Center BRI

Menghubungi Call Center BRI
Menghubungi Call Center BRI

Seperti yang telah dijelasakan sebelumnya pada penyebab kenapa tidak bisa top up Dana lewat Brimo yaitu nomor Dana tidak ditemukan di BRImo atau VA Code BRI belum dibuat di aplikasi DANA.

Hal ini sangat sering terjadi meskipun nomor Dana dan Virtual Account Code BRI sudah terdaftar dan VA sudah dibuat.

Sebagai alternatif satu-satunya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghubungi CS BRI lewat beberapa cara berikut ini.

  • Call Center : 14017/1500 017
  • Email : callbri@bri.co.id
  • Whatsapp : 08121214017
  • FB Messenger : BANK BRI

Postingan Menarik Lainnya : Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Melalui BRImo Terbaru 

Kesimpulan

Kenapa Tidak Bisa Top Up Dana Lewat Brimo?
Kenapa Tidak Bisa Top Up Dana Lewat Brimo?

Kenapa tidak bisa top up Dana lewat BRImo yang paling sering terjadi dan hanya bisa meminta bantuan CS BRI yaitu nomor Dana tidak ditemukan. Jika keterangan ini tercatat pada aplikasi, maka hal yang dapat kamu lakukan menghubungi kontak diatas.

Selain itu, pastikan koneksi internet kamu kamu lancara dan stabil ketika melakukan top up DANA agar tidak terjadi kendala pada proses penyelesaian transaksi.

Semoga informasi kenapa tidak bisa melakukan top up Dana lewat BRImo ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button