Tutorial

5 Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang adalah langkah penting yang harus diketahui terutama jika sedang memerlukan kode tersebut untuk mengakses berbagai akun online dan layanan lainnya.

Kode verifikasi merupakan sebuah deretan angka penting yang banyak dibutuhkan untuk membuat atau masuk ke sebuah aplikasi. Mulai dari aplikasi media sosial, marketplace, atau jika terjadi lupa kata sandi pada saat login.

Secara umum, kode verifikasi ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan nomor telepon terlebih jika kamu menautkan nomor telepon tersebut sebagai autentikasi dua faktor.

Oleh karena itu, usahakan selalu menjaga nomor handphone yang dimiliki agar selalu aktif dan bisa digunakan untuk mendapatkan kode verifikasi/ OTP.

Apa Itu Kode Verifikasi?

Apa Itu Kode Verifikasi
Apa Itu Kode Verifikasi

Kode verifikasi merupakan sebuah deretan angka yang berfungsi sebagai alat keamanan dalam berbagai proses online. Kode ini dirancang untuk memastikan identitas dan akses yang sah.

Secara umum, kode verifikasi ini dikirimkan melalui pesan teks, email, atau aplikasi khusus seperti OTP (One Time Password).

Keunggulan utama kode verifikasi/ OTP adalah sifatnya yang sementara dan hanya dapat digunakan sekali. Artinya, setiap kode memiliki masa berlaku yang terbatas dan harus dimanfaatkan dalam jangka waktu tertentu.

  • Kode verifikasi sering digunakan dalam proses otentikasi pengguna, seperti login ke akun online atau melakukan transaksi keuangan yang sensitif.
  • Kode verifikasi juga melindungi akun dari ancaman keamanan, seperti akses tidak sah atau pencurian identitas.
  • Keberhasilan kode verifikasi terletak pada kecepatan pengiriman, kerahasiaan, serta tingkat keamanan yang tinggi.

Dengan demikian, kode verifikasi atau OTP memainkan peran krusial dalam melindungi keamanan online dan menjaga privasi akun kamu dalam dunia digital yang semakin terhubung.

Manfaat Kode Verifikasi

Mengapa kode verifikasi atau OTP sifatnya rahasia adalah karena sifatnya yang digunakan untuk menjaga keamanan akun beserta data diri yang dimiliki.

Sampai sekarang ini, kode verifikasi sangat rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak kemungkinan buruk yang akan terjadi jika kode OTP ini tidak bisa kamu dapatkan karena nomor telepon yang sudah hilang.

Salah satu manfaat dari kode verifikasi adalah menjaga keamanan data yang dimiliki agar terhindari dari tindakan pembajakan akun atau penipuan yang mengatasnamakan akun pengguna.

Baca Juga :  6 Cara Mengganti Username Shopee 2024, Ini Syaratnya!

Apakah Kode Verifikasi bisa Didapatkan Jika Nomor Hilang?

Untuk menjawab pertanyaan dan mengurangi rasa khawatir kalian, maka kali ini saya akan menjawab pertanyaan ini sesuai dengan pengalaman yang saya alami.

Sekarang ini kebanyakan aplikasi sudah menyediakan kode verifikasi atau OTP untuk menjaga keamanan akun yang dimiliki agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.

Namun sudah banyak opsi yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan akun tersebut, mulai dari menautkan nomor telepon, email, dan Whatsapp.

Ketika opsi tersebut kamu tautkan secara keseluruhan, maka akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kode verifikasi atau OTP meskipun nomor yang telah ditautkan sudah hilang.

Hal tersebut dikarenakan kamu bisa mendapatkan kode verifikasi melalui opsi email yang telah ditautkan pada akun yang dimiliki.

Lalu bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang? Perhatikan informasi penjelasan dibawah ini.

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa opsi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kode verifikasi meskipun nomor yang telah ditautkan sudah hilang.

Hal ini dilakukan agar pengguna bisa masuk ke akun yang dimiliki melalui beberapa opsi yang telah disediakan dan menghindari terjadinya indikasi pembajakan.

Apabila kamu ingin mengetahui cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang atau sudah mati, silahkan perhatikan informasi dibawah ini.

1. Melalui Email Terkait

Jika ada permasalahan pada nomor handphone yang dimiliki dan ingin masuk ke akun yang memerlukan kode verifikasi/ OTP, maka mengetahui cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang merupakan solusi terbaik.

Cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang pertama yang bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan gmail yang terkait sebelumnya.

Mendapatkan Kode Verifikasi Melalui Email Terkait
Mendapatkan Kode Verifikasi Melalui Email Terkait

Namun untuk menggunakan opsi ini, pastikan kamu sudah menautkan gmail pada akun yang akan kamu akses.

Biasanya ketika akan memasukkan kode verifikasi pada aplikasi tertentu akan menanyakan terlebih dahulu pada pengguna, kode verifikasi atau OTP dikirim melalui SMS/ Telepon, melalui Whatsapp, atau lewat Email.

Ketika posisi nomor kamu saat ini sudah tidak aktif karena hilang, maka kamu bisa memilih mengirim kode OTP melalui Gmail atau email.

2. Mengguanakan Aplikasi Sonetel

Mendapatkan kode Verifikasi Melalui Aplikasi Sonetel
Mendapatkan kode Verifikasi Melalui Aplikasi Sonetel

Ternyata cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang telah tersedia di Play Store.

Sonetel hadir sebagai aplikasi yang akan membantu kamu untuk mendapatkan kode verifikasi atau OTP meskipun nomor hp yang tertaut pada akun sudah hilang.

Aplikasi ini juga sangat efektif untuk digunakan, pasalnya untuk melakukan cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang melalui Sonetel sangat mudah.

  • Install atau Unduh aplikasi Sonetel.
  • Pasang aplikasi tersebut.
  • Masuk ke menu Sonetel dan buka nomor virtual SON.
  • Pilih opsi Terima SMS untuk mendapatkan SMS asli dari Indonesia.
  • Masukkan nomor baru untuk mendapatkan kode verifikasi dan klik Coba.
  • Setelah itu, masuk ke menu profil untuk mendaftar.
  • Masukkan kode OTP PIN.
  • Kode Verifikasi/ OTP akan kamu terima melalui SMS dengan nomor yang telah hilang.
Baca Juga :  2 Cara Hutang Pulsa Indosat 100 Ribu Terbaru 2024

3. Lewat Aplikasi TextPlus SMS+Panggilan Call

Mendapatkan kode Verifikasi Melalui Aplikasi TextPlus SMS+Panggilan Call
Mendapatkan kode Verifikasi Melalui Aplikasi TextPlus SMS+Panggilan Call

Rekomendasi aplikasi lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang yaitu dengan aplikasi TextPlus SMS+Panggilan Call.

Namun untuk mendapatkan kode OTP melalui aplikasi ini, kamu harus membuat nomor palsu kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Setelah semua langkah selesai dilakukan, TextPlus SMS+Panggilan Call akan memberikan kode verifikasi di dalam halaman aplikasinya meskipun nomor hp yang dimiliki sudah hilang.

Akan tetapi pastikan setiap langkah yang telah ditunjukkan dilakukan dengan benar, karena banyak orang yang gagal mendapatkan kode OTP akibat beberapa langkah yang dilakukan salah.

4. Aplikasi Free Text + Call

Mendapatkan kode Verifikasi Melalui Aplikasi Free Text + Call 
Mendapatkan kode Verifikasi Melalui Aplikasi Free Text + Call

Cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi Free Text + Call.

Aplikasi ini desain khusus untuk membantu setiap penggunanya agar bisa login ke Whatsapp dengan nomor handphone yang sudah hilang.

Untuk mengakses aplikasi ini cukup mudah, langsung saja ikuti langkah-langkah cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang berikut ini.

  • Unduh aplikasi Free Text + Call dan daftarkan akun kamu.
  • Izinkan akses aplikasi.
  • Klik get custom number untuk memasukkan nomor baru.
  • Akan muncul pop up pemberitahuan bahwa nomor yang kamu custom berhasil.
  • Setelah itu, klik Not Now.
  • Klik tiga garis dipojok kanan atas dan masuk ke menu Setting.
  • Klik Contact.
  • Nomor baru telah berhasil terpasang untuk melakukan verifikasi ke nomor Whatsapp.
  • Cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang berhasil diatasi.

5. Melalui Gerai Provider

Melalui Gerai Provider
Melalui Gerai Provider

Ketika cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang diatas tidak dapat mengatasi permasalahan yang sedang kamu dapatkan, maka alternatif terakhir yaitu dengan mengaktifkan kembali nomor yang hilang di gerai provider yang kamu miliki.

Misalnya saja jika kartu yang hilang adalah kartu Telkomsel, jadi kamu harus mendatangi gerai atau outlet dari Indosat agar kode verifikasi bisa segera didapatkan.

Untuk mengaktifkan kartu yang telah hilang di grapari cukup mudah, hanya dengan menyampaikan tujuan kamu ke petugas dan alasan mengapa kamu perlu mengaktifkan nomor tersebut kembali.

Namun perlu dicatat, biasanya petugas akan meminta dokumen data diri kamu seperti KTP beserta catatan nomor hp yang telah hilang. Hal ini bertujuan untuk memvalidasi kembali apakah kartu tersebut milik kamu.

Bagaimana Cara Mengatasi Penipuan Kode OTP?

Jika sudah menemukan jawaban dari cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang, pastikan kamu melindungi akun dengan mengetahui beberapa cara mengatasi penipuan kode OTP.

Belakangan ini penipuan sudah sangat marak, sehingga kamu harus berhati-hati dan pastikan selalu melindungi akun dengan tidak memberikan kode verifikasi terhadap orang lain.

Adapun beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi penipuan kode verifikasi/ OTP adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  6 Cara Simpan Video Tiktok Tanpa Nama Dengan Mudah

Abaikan SMS Jika Sedang Tidak Melakukan Transaksi

Mengingat kode OTP bersifat on time, maka kode verifkasi hanya akan dikirim ketika kamu sedang melakukan kegiatan transaksi saat itu juga dan kode tersebut memiliki batas waktu hingga beberapa menit.

Jadi apabila kamu sedang tidak meelakukan pembelian atau login ke akun tertentu, sebaiknya untuk mengabaikan kode verifkasi tersebut demi keamanan yang akan di dapatkan.

Hindari Memberikan Kode OTP Kepada Orang Lain

Mengingat kode OTP sifatnya sangat rahasia, jadi jangan pernah memberikan kode tersebut pada orang lain.

Karena ketika orang lain menggunakan kode OTP yang telah kamu berikan, dapat dipastikan keamanan salah satu akun kamu sedang tidak terjaga.

Untuk itu, agar hal yang tidak diinginkan bisa terjadi dan kamu cuman terhindar dari tindakan peretasan akun, hindari memberikan kode verifikasi kepada pihak manapun.

Jangan Klik Link atau Tautan yang Dikirimkan

Saat ini banyak sekali penipu yang meminta kode OTP dalam bentuk link atau tautan dan kebanyakan orang tidak menyadari tindakan yang telah dilakukan akan berdampak buruk.

Jadi, apabila ada nomor yang tidak dikenali mengirimkan sebuah link atau tautan ke nomor telepon kamu, sebaiknya untuk tidak klik link tersebut atau menghapus pesan yang telah dikirim secara langsung.

Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor
Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk melindungi akun pemiliknya dari tindakan peretasan, yaitu autentikasi dua faktor (two-factor authentication).

Hal ini bertujuan untuk menambah tingkat keamanan ketika terjadi tindakan atau hal-hal yang tidak diinginkan seperti hacker atau peretasan.

Postingan Menarik Lainnya : 7 Cara Mendapatkan Kode 6 Digit WA Untuk Verifikasi Anti Gagal

Akhir Kata

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang
Cara Mendapatkan Kode Verifikasi Jika Nomor Hilang
Cara Keterangan
Hubungi Operator Seluler Anda Jika Anda masih memiliki akses ke nomor lama Anda, tetapi ponsel Anda hilang atau rusak, Anda dapat menghubungi operator seluler Anda.
Gunakan Nomor Darurat Beberapa layanan, seperti WhatsApp, Telegram, atau Facebook, memiliki opsi untuk menerima kode verifikasi melalui panggilan suara ke nomor darurat yang Anda daftarkan sebelumnya.
Cari Opsi “Lupa Kata Sandi” Jika Anda mencoba mengakses akun online seperti email atau media sosial, seringkali ada opsi “Lupa kata sandi” yang memungkinkan Anda mengatur ulang kata sandi
Hubungi Dukungan Pelanggan Jika Anda tidak dapat menggunakan opsi-opsi di atas, coba hubungi dukungan pelanggan layanan yang Anda coba akses (misalnya, akun media sosial atau email Anda).
Verifikasi Identitas Anda Beberapa layanan mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi identitas tambahan atau menjawab pertanyaan keamanan
Gunakan Nomor yang Baru Jika Anda telah mengganti nomor ponsel Anda dan tidak dapat mengakses nomor lama, pastikan untuk memperbarui nomor yang terkait dengan akun Anda
Waspadai Penipuan Selalu berhati-hati terhadap pesan atau panggilan yang mencurigakan yang meminta Anda memberikan kode verifikasi kepada pihak yang tidak dikenal.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang yang bisa kamu coba. Pilih lah salah satu cara yang paling efisien dan mudah dilakukan.

Pastikan kamu menggunakan aplikasi yang tepat untuk mendapatkan kode OTP ketika nomor yang kamu miliki sudah hilang. Karena saat ini banyak aplikasi tidak sesuai dengan fungsinya dan justru akan merusak keamanan akun pribadi kamu.

Semoga informasi cara mendapatkan kode verifikasi jika nomor hilang ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button