Tutorial

8 Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen

Tak jarang orang ingin tahu mengenai tips cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen. Pada dasarnya, menerapkan cara ini terbilang cukup mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri di perangkat ponsel Anda. Namun agar cara tersebut berhasil dilakukan, maka sebaiknya Anda simak terlebih dahulu penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen?

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen
Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen

Hampir sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia, termasuk Anda sendiri pastinya sudah sangat mengenal dengan aplikasi pesan instan bernama Telegram, bukan? Ya, aplikasi yang dibuat oleh Pavel Durov ini belakangan tengah naik daun dan sudah diunduh sebanyak 25 juta lebih oleh para pengguna.

Diketahui, Telegram merupakan salah satu aplikasi layanan pengiriman pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bisa dinikmati secara gratis oleh para penggunanya. Salah satu hal menarik yang bisa Anda temukan dari Telegram satu ini, yakni bisa digunakan oleh semua kalangan pengguna di perangkat ponsel pintar maupun perangkat PC sekalipun.

Lewat aplikasi ini, para pengguna bisa dengan mudah mengirimkan pesan dan berbagi file mulai dari stiker, foto, video, audio dan berbagai tipe format file lainnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Sebelum kita mengulas lebih lanjut seputar bagaimana cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen, sebaiknya Anda kenali dulu beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram di tabel penjelasan berikut ini.

Kelebihan Aplikasi Telegram Kekurangan Aplikasi Telegram
Menawarkan ukuran pengiriman file yang maksimal, sehingga memudahkan bagi pengguna mengirimkan file berupa film, serial maupun video dengan ukuran besar. Pengguna Telegram tidak bisa melakukan update status ke pengguna lain.
Menyediakan pilihan dalam mengirimkan berkas file dengan ukuran asli / sudah dikompresi. Tidak menyediakan fitur grup video call.
Pengguna bisa mengakses aplikasi dengan mudah untuk saling berkomunikasi dengan pengguna lain. Memiliki obrolan yang lebih banyak dari grup yang diikuti.
Penggunaan hashtag di Telegram, memungkinkan pengguna untuk menemukan file ataupun chat yang tenggelam. Pengguna tidak bisa melakukan enkripsi, dikarenakan aplikasi Telegram tidak adanya fitur open source.
Menawarkan fitur channel dan bot untuk memudahkan komunikasi dengan banyak anggota. Tidak memiliki fitur story seperti kebanyakan aplikasi lain seperti WhatsApp, Line dan lain-lain.
Memudahkan pengguna dalam menemukan grup dengan jumlah anggota yang banyak. Mudah Diretas
Aplikasi Telegram menawarkan kapasitas memori penyimpanan yang besar berbasis cloud. Ukuran File Besar
Memiliki fitur cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen bagi para pengguna. Video Player Kurang Bagus
Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Pulsa yang Salah Kirim

Terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, aplikasi Telegram ini menawarkan fitur unggulan bagi para pengguna, yakni fitur mengembalikan chat yang sudah terhapus. Penggunaan fitur unggulan satu ini, tentunya bisa Anda gunakan dengan mudah. Adapun untuk tata cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen sendiri, bisa Anda lihat di penjelasan berikut ini.

1. Menggunakan Fitur Undo Delete Telegram

Menggunakan Fitur Undo Delete Telegram
Menggunakan Fitur Undo Delete Telegram

Salah satu tips cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen yang bisa Anda lakukan pertama kali, yakni dengan menggunakan fitur undo delete Telegram. Perlu Anda ketahui, bahwa fitur ini sangat berguna apabila Anda sudah menghapus percakapan di Telegram dalam waktu lima detik terakhir.

Dengan menerapkan cara ini, dipastikan pesan yang Anda hapus bisa dipulihkan kembali dengan mudah. Untuk menggunakan fitur undo delete Telegram sendiri, Anda bisa melakukannya dengan cara yang cukup simple. Dimana untuk langkah-langkah yang bisa Anda lakukan disini, yakni sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan Anda buka aplikasi Telegram yang terpasang di perangkat ponsel Anda.
  • Kemudian, buka teks / pesan yang ingin Anda hapus.
  • Selanjutnya, Anda tinggal mengetuk bagian obrolan dan tahan sampai Anda nantinya melihat opsi “Hapus”.
  • Anda tinggal pilih opsi “Hapus” di bagian prompt untuk membiarkan percakapan di pesan tersebut hilang.
  • Nantinya, Anda akan menemukan opsi “Undo” dan tinggal klik saja untuk mengambil perpesanan yang Anda hapus tersebut.

2. Mengekspor Data Telegram

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen berikutnya, bisa Anda lakukan dengan mengekspor data dari aplikasi Telegram itu sendiri. Namun yang perlu Anda ketahui adalah, cara ini hanya berlaku jika Anda menggunakan Telegram di perangkat desktop.

Untuk memulihkan pesan yang terhapus di Telegram lewat ekspor data Telegram, Anda bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut ini.

  • Buka aplikasi Telegram yang sudah terinstal di perangkat desktop
  • Setelah itu, tekan pada garis tiga di aplikasi tersebut dan klik menu “Setting” yang muncul.
  • Jika sudah muncul kotak dialog, silahkan Anda pilih opsi “Advanced” dan klik pilihan “Export Telegram Data”.
  • Anda tinggal memilih mana chat yang akan dipulihkan, dan lanjutkan dengan menekan opsi “Export”.
  • Kemudian, Anda tekan menu “Allow” dan tunggu balasan kotak dialog dengan tanda “Accepted”.
  • Selanjutnya, Anda tinggal melanjutkan pada menu “Export Data” dan klik opsi ‘Show My Data’.
  • Pada perangkat desktop Anda, nantinya akan muncul data unduhan bernama export_result, yang menandakan jika pesan yang terhapus berhasil dipulihkan.
Baca Juga :  5 Cara Mengubah Kuota Game Axis Menjadi Kuota Utama

Baca Juga: 10 Fakta tentang Julianto Eka Putra: Terdakwa Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Belasan Siswi

3. Memanfaatkan Fitur Pencadangan Pesan

Fitur pencadangan pesan, umumnya juga termasuk dalam cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen yang bisa Anda lakukan.

Layanan ini, umumnya sudah disediakan oleh pihak Telegram untuk dicoba bagi para pengguna perangkat Android. Langkah-langkah melakukan pemulihan pesan dengan fitur pencadangan pesan, yakni sebagai berikut.

  • Tips pertama, silahkan Anda cari cadangan pesan Telegram di perangkat ponsel Anda.
  • Jika sudah, Anda tinggal mengklik di bagian opsi “Pulihkan Chat”.
  • Berikutnya, Anda hanya perlu menekan file / berkas yang isinya berupa chat Telegram yang sudah terhapus.
  • Kemudian, Anda tinggal ketuk opsi “Memulihkan Pesan Telegram” dan tunggu sampai proses pemulihan pesan berhasil dilakukan.

4. Menggunakan Folder Cache Android

Apabila Anda ingin mencoba cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen lainnya, Anda bisa menggunakan folder cache Android.

Hal ini dikarenakan, ada banyak sekali aplikasi di perangkat yang secara tidak langsung sudah menyimpan konten cache. Adapun untuk tata caranya, Anda bisa menerapkan beberapa langkah mudah di bawah ini.

  • Pertama-tama, Anda silahkan masuk ke aplikasi pengelola file.
  • Setelah itu, Anda pastikan untuk memilih menu “Android” dan pilih opsi “Data”.
  • Kemudian Anda tinggal mengklik bagian “org.telegram.messenger”.
  • Langkah berikutnya, Anda tinggal menekan bagian menu “Cache”.
  • Apabila sudah selesai, maka Anda tinggal cek dan langsung saja salin file berkasnya ke folder lainnya untuk memulihkan pesan yang terhapus di aplikasi Telegram.

5. Menggunakan Manager Berkas

Menggunakan Manager Berkas
Menggunakan Manager Berkas

Tips cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen yang lainnya, Anda bisa dengan memanfaatkan manager berkas.

Cara ini, bisa menjadi pilihan lain untuk Anda dalam memulihkan pesan yang terhapus di aplikasi Telegram. Jika Anda sendiri masih bingung dalam memahaminya, maka bisa menyimak beberapa langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, yakni klik opsi “Manager Berkas Android”.
  • Jika sudah, maka Anda tinggal memilih menu “Tempat Penyimpanan Internal Android”.
  • Kemudian Anda tinggal klik Telegram dan pilih opsi “Pendataan”.
  • Setelah itu, Anda tinggal cari saja pesan yang ingin disalin.
  • Lalu Anda salin seluruh pesan dari aplikasi Telegram ke folder di perangkat ponsel.
  • Terakhir, Anda tinggal memberi saja nama di folder tersebut.

6. Mencari di Pesan Tersimpan

Sebagai informasi penting untuk Anda, bahwa Telegram sendiri termasuk aplikasi yang sudah memiliki fitur penyimpanan cloud. Kemunculan fitur ini, tentunya bisa Anda jadikan cara terbaik dalam memulihkan pesan terhapus di Telegram.

Baca Juga :  3 Cara Mengganti Baju dengan Jas Online Tanpa Aplikasi

Mengenai tata cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen dengan fitur ini, bisa Anda simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengembalikan chat Telegram yang dihapus, yakni masuk terlebih dahulu di aplikasi Telegram tersebut.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik bagian titik tiga dan tekan menu “Pesan Tersimpan”.
  • Apabila sudah selesai, Anda hanya perlu masuk ke fitur pencarian yang terdapat di bagian atasnya.
  • Langkah berikutnya, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
  • Jika sudah, maka Anda hanya perlu mencari dan menemukan hasil pesan yang ingin dipulihkan saja.

7. Lewat Penyimpanan Media Telepon

Jika keenam cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen di atas hanya berlaku pada pesan teks saja, maka lain halnya dengan cara mengembalikan chat Telegram dengan cara ini. Yang mana, cara memulihkan pesan Telegram ini berlaku untuk pesan bergambar yang memang tidak sengaja terhapus.

Terkait langkah-langkah dalam mengembalikan pesan bergambar yang terhapus di Telegram, Anda bisa melakukan cara sederhana berikut ini.

  • Pertama-tama, Anda perlu membuka penyimpanan pada bagian menu setting perangkat ponsel yang digunakan.
  • Kemudian, Anda tinggal cari dan pilih folder dengan nama Telegram.
  • Setelah itu, Anda tinggal membuka folder yang sudah ditemukan tersebut.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih folder dengan nama Telegram
  • Nantinya, di beberapa file gambar yang terunduh akan muncul di dalamnya.
  • Bahkan jika ada media gambar yang dibutuhkan, maka Anda dapat pindah pada folder lain.
  • Pesan bergambar yang terhapus di aplikasi Telegram, nantinya bisa kembali dipulihkan dengan mudah.

8. Menghubungi Tim dari Dukungan Telegram

Menghubungi Tim dari Dukungan Telegram
Menghubungi Tim dari Dukungan Telegram

Terakhir, Anda bisa menerapkan cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen dengan menghubungi tim dari dukungan Telegram. Dimana, cara ini bisa menjadi opsi paling terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan pesan yang terhapus secara permanen di aplikasi perpesanan instan tersebut.

Dalam hal ini, pihak dukungan Telegram nantinya akan mencoba membantu Anda dalam memecahkan kendala yang dihadapi para penggunanya. Tidak terkecuali, jika pengguna ingin mengetahui cara memulihkan pesan maupun konten yang sudah terhapus secara permanen di Telegram itu sendiri.

Meskipun tersedia selama 24 jam, namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari tahu lebih dulu informasi mengenai pertanyaan dan jawaban di bagian FAQ Telegram. Sehingga, masalah mengenai aplikasi Telegram tersebut nantinya bisa terselesaikan dengan baik.

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen
Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus Permanen

Demikianlah tadi informasi mengenai beberapa tips cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen dengan mudah. Adapun dari kedelapan cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih salah satu cara yang dinilai paling mudah untuk di praktikkan sendiri di perangkat yang digunakan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button