Ragam

Contoh Rekening Koran BCA 2024: Biaya dan Cara Print Nya

Contoh Rekening Koran BCA 2024 sangat penting untuk anda ketahui agar nantinya anda bisa membedakan mana rekening koran BCA yang asli dan palsu mengingat maraknya kasus penipuan yang berdasar dengan rekening koran BCA online saat ini.

Setiap pengguna rekening bank, biasanya hanya akan menggunakan rekening koran tidak lain dengan tujuan ingin melihat data setoran, penarikan, transfer, pembayaran dan informasi mengenai transaksi lain yang pernah terjadi pada rekening tersebut.

Sedangkan untuk cara mendapatkan rekening koran setiap bank juga mudah termasuk bank BCA karena ternyata rekening koran BCA bisa di print atau di cetak secara online. Penasaran seperti apa contoh rekening koran BCA jika di cetak secara online maupun offline? simak semua penjelasannya di halaman ini.

Apa Itu Rekening Koran BCA?

sekilas tentang rekening koran BCA
sekilas tentang rekening koran BCA

Sebelum anda melihat beberapa contoh rekening koran BCA yang asli. Penting untuk anda mengetahui apa sebenarnya yang di maksud dengan rekening koran BCA dan beberapa bagiannya.

Secara umum rekening koran merupakan sebuah ringkasan berbentuk data atau daftar transaksi keuangan yang terjadi pada suatu rekening bank BCA untuk jangka waktu tertentu.

Biasanya untuk setiap pengguna bank BCA selalu di anjurkan agar mencetak rekening koran ini untuk setiap bulannya dimana nantinya rekening koran akan berisikan informasi mengenai jumlah setoran, penarikan tunai, transfer, pembayaran melalui bank dan transaksi lainnya yang di lakukan melalui rekening tersebut.

Rekening koran selalu dicetak dan digunakan oleh setiap nasabah karena rekening koran memberikan gambaran yang lengkap dan sangat rinci terkait aktivitas keuangan suatu rekening bank.

Disana anda juga akan menemukan kolom tanggal transaksi, deskripsi transaksi, jenis transaksi, jumlah uang yang masuk dan keluar termasuk saldo akhir setelah anda melakukan satu jenis transaksi.

Sedangkan untuk tujuan utama dari di cetaknya rekening koran ini tidak lain hanya untuk memberikan kontrol yang lebih baik terhadap rincian keuangan anda dimana anda dapat melacak dan memeriksa semua transaksi yang terjadi, memastikan pemasukan serta pengeluaran tersusun telah sesuai termasuk saldo rekening anda.

Sehingga akan berdampak pada tampilan catatan keuangan anda sendiri yang lebih rapi. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan rekening koran BCA seperti melalui bank dengan mengeluarkan cetakan fisiknya.

Namun anda perlu tetap melihat seperti apa contoh rekening koran BCA yang asli dan palsu agar bisa memastikan bawah rekening koran yang anda terima adalah asli.

Atau dengan cara yang lebih praktis yakni secara online melalui aplikasi perbankan seluler bahkan ada beberapa bank juga yang menyediakan pilihan pengiriman rekening bank koran melalui email.

Untuk memperkecil timbulnya dampak dari kesalahan atau penyalahgunaan rekening bank, memantau kondisi keuangan anda secara berkala perlu anda terapkan melalui riwayat rekening koran yang anda miliki.

Lantas jika anda seorang pengguna bank BCA maka anda bisa mendapatkan rekening koran BCA 3 bulan terakhir dengan cara yang mudah tanpa dengan cara yang mudah tanpa harus pergi ke bank terdekat untuk dapat mencetaknya.

Ada beberapa bagian penting yang wajib anda ketahui pada sebuah rekening koran seperti berikut ini:

Bagian Deskripsi Singkat
Nama dan Nomor Rekening Bagian ini mencantumkan informasi pribadi Anda seperti nama dan nomor rekening. Ini memastikan bahwa rekening koran adalah milik Anda.
Periode Waktu Bagian ini mencantumkan rentang waktu yang ditutupi oleh rekening koran tersebut, biasanya satu bulan.
Saldo Awal Saldo rekening Anda di awal periode.
Detail Transaksi Bagian ini mencantumkan setiap transaksi yang terjadi dalam periode tersebut, termasuk tanggal, deskripsi (seperti penarikan, transfer, atau deposit), dan jumlah uang yang masuk atau keluar.
Saldo Akhir Saldo rekening Anda di akhir periode, setelah semua transaksi dicatat.
Catatan dan Biaya Beberapa rekening koran juga mencantumkan catatan atau biaya tambahan, seperti biaya layanan bank, bunga, atau denda.
Baca Juga :  5 Manfaat Makan Tempe Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Fungsi Rekening Koran BCA

contoh rekening koran BCA 2023 asli
contoh rekening koran BCA asli

Terkait fungsi rekening koran BCA nyantanya masih sama saja dengan fungsi rekening koran dari beberapa bank lainnya.

Tidak hanya sebatas untuk mengecek mutasi rekening bank saja, berikut fungsi lain dari penggunaan rekening koran BCA :

1. Sebagai alat untuk mengajukan visa

Apakah anda tau bahwa sebenarnya rekening koran BCA dapat digunakan sebagai alat untuk mengajukan visa? Seperti yang kita tau bahwa visa merupakan dokumen penting yang umumnya berisi izin untuk masuk atau berpergian ke luar negara.

Dimana dengan adanya visa siapa saja bisa melakukan liburan bahkan dinas kerja ke luar negeri setiap saat. Saat hendak mengajukan proses pembuatan visa, seseorang biasanya harus dapat membuktikan bahwa dia mempunyai cukup dana sehingga tidak akan terlantar di negara tujuannya.

Lantas untuk membuat sebuah visa, persyaratan yang harus terpenuhi antara lain menyertakan berbagai dokumen penting yang dinilai bisa memberikan informasi yang akurat terkait kondisi finansial seorang yang ingin mendapatkan visa tersebut.

Beberapa dokumen penting tersebut misalnya seperti surat pemberitahuan (SPT) pajak penghasilan (PPH), slip gaji, daftar riwayat transaksi rekening selama 3 sampai 6 bulan terakhir yang terlihat melalui rekening koran BCA dan surat pajak bumi bangunan (PBB).

Nah, untuk itulah bukti fisik maupun non fisik rekening koran BCA sangat dibutuhkan sobat.

2. Sebagai bukti hukum

Selain sebagai alat untuk mengajukan visa, rekening koran BCA juga sangat di butuhkan sebagai bukti hukum yang kuat.

Dimaksudkan sebagai bukti hukum ialah rekening koran bank dapat digunakan sebagai bukti saat anda ingin melakukan komplain terhadap sebuah transaksi seperti pembelian barang, penjualan barang dan sebagainya.

Rekening koran dapat anda jadikan bukti jika sewaktu-waktu anda melakukan sebuah transaksi untuk membeli barang secara online dengan cara transfer sejumlah uang namun penjual barang tersebut merasa tidak pernah menerima transferan tersebut

Maka anda bisa menggunakan rekening koran BCA atau rekening koran bank lain sebagai bukti bahwasanya uang yang telah anda transfer ternyata sudah sukses dan diterima oleh pemilik toko karena catatan yang ada di rekening koran dapat membuktikan riwayat transfer terakhir anda.

Begitupun sebaliknya, apabila anda menjual sejumlah produk dan seorang pembeli berkata telah transfer sejumlah uang kepada anda namun pada kenyataannya tidak ada maka anda bisa melakukan cara yang sama untuk membuktikan kebenarannya.

3. Memberikan informasi aktivitas akun

Seperti pembahasan sebelumnya, rekening koran BCA umumnya akan memberitahukan anda sebagai pemilik rekning tentang berapa banyak uang yang anda punya di rekening bank anda dari awal hingga saat ini.

Termasuk informasi terkait berapa banyak uang yang anda simpan dan berapa banyak pula yang telah anda keluarkan. Serta rekening koran juga akan menyebutkan jenis bunga apapun yang telah di kreditkan ke akun rekening anda baik dalam bentuk bisnis maupun perorangan.

4. Untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan di rekening BCA

Jika sebelumnya anda melihat bahwa rekening koran BCA dapat memberikan informasi terkait berapa uang yang anda simpan di rekening bank anda maka rekening koran BCA juga akan berfungsi untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang telah anda selesaikan melalui rekening bank tersebut.

Pada dokumen ini anda akan menemukan semua nominal pengeluaran anda apalagi jika anda menggunakan cek, kartu debit atau kartu kredit sebagai metode pembayaran nya.

Tidak hanya itu, rekening koran BCA juga akan menampilkan tujuan pengeluaran ke mana dan jika anda ingin membuat sejumlah anggaran tetapi masih tidak tau berapa banyak uang yang akan di alokasikan untuk setiap bagiannya nantinya.

Nah, data dari laporan rekening koran BCA anda seperti yang ada pada contoh rekening koran BCA yang telah kami berikan akan sangat membantu untuk digunakan sebagai data acuan perhitungan dana yang tepat.

5. Audit keuangan perusahaan

Sekedar informasi bahwa rekening koran BCA masih bisa kamu gunakan untuk beberapa kepentingan yang berkaitan dengan audit keuangan perusahaan.

Baca Juga :  Ssstiktok Mp3: Download Video TikTok dan Ubah Menjadi MP3

Dikatakan audit keuangan perusahaan dikarenakan bagi beberapa perusahaan rekening koran sangatlah penting untuk melakukan rekap daftar keuangan baik transaksi masuk dan keluar. Sehingga apabila ada suatu hal yang berjalan tidak wajar pada rekening perusahaan maka hal ini dapat segera di proses nantinya.

Dengan adanya rekening koran, perusahaan atau bisnis yang sedang anda jalankan akan lebih mudah dalam melakukan pencocokan transaksi keuangan anda dengan transaksi bank.

Pencocokan ini biasanya lebih baik di lakukan setiap akhir periode oleh seorang akuntan perusahaan dengan pihak bank.

6. Sebagai alat untuk mengajukan pinjaman

Untuk mengajukan pinjaman dana ke beberapa unit peminjaman online maupun offline ternyata bukanlah suatu cara yang mudah sebab seorang peminjam wajib menyertakan dokumen-dokumen penting agar pinjaman yang di ajukan dapat di setujui dengan cepat.

Salah satu syarat yang di berikan ialah peminjam wajib menyertakan dokumen rekening bank yang sah dengan nama pribadi orang yang bersangkutan.

Jadi untuk itu anda perlu mencetak rekening koran BCA yang anda miliki dan apabila anda belum pernah melihat seperti apa contoh rekening koran BCA  asli.

Silahkan anda melihatnya pada sederet contoh rekening koran BCA asli dan palus hanya di halaman ini.

7. Untuk rekonsiliasi akun nasabah

Rekonsiliasi sebuah rekening bank merupakan salah satu proses pencocokan atau penyesuaian data rekening berdasarkan informasi catatan transaksi atau saldo antara catatan menurut nasabah dan pihak bank.

Pada proses rekonsiliasi ini biasanya rekening koran bank sangatlah di perlukan karena lewat fisik rekening tersebut pihak bank dan nasabah akan dapat mencocokkan riwayat transaksi yang pernah terjadi pada rekening yang sedang anda gunakan.

8. Sebagai bukti kepemilikan dana

Fungsi terakhir dari rekening koran BCA ialah sebagai bukti kepemilikan dana yang tersimpan di atm BCA anda. Dimana jika nantinya anda ingin melakukan aktivitas apapun yang berkaitan dengan penggunaan kartu atm termasuk juga kartu kredit BCA anda.

Maka anda wajib memberikan bukti kepemilikan dana yang anda miliki dengan menunjukkan sejumlah saldo yang ada pada rekeningnya. Lampirkan rekening koran yang sah sebagai dokumen yang di butuhkan jika ada permintaan terkait bukti fisik riwayat transaksi rekening anda.

Syarat Cetak Rekening Koran BCA

syarat untuk cetak rekening koran BCA
syarat untuk cetak rekening koran BCA

Cetak rekening koran BCA setiap bulannya memang merupakan hak setiap nasabah bank BCA. Akan tetapi ada baiknya jika anda rutin untuk melakukan pencetakan rekening koran bank BCA anda agar nantinya anda bisa memastikan bahwa semua uang yang anda simpan dan anda gunakan ternyata sesuai.

Sehingga nantinya tidak ada kekeliruan antara anda dengan pihak bank atau sebaliknya. Nah sebagai seorang nasabah bank BCA yang ingin melakukan cetak rekening koran BCA baik secara langsung melalui bank BCA maupun online.

Anda perlu melengkapi beberapa syarat agar dapat mendapatkan rekening koran BCA berdasarkan rekening pribadi anda. Beberapa diantaranya ialah :

  1. Membawa buku tabungan asli dan diberikan ke pada pihak customer service bank BCA jika anda ingin mencetak dokumen fisik rekening koran BCA anda di unit bank BCA terdekat.
  2. Selanjutnya, anda wajib menunjukkan kartu kredit BCA yang menjadi salah satu bukti kepemilikan rekening yang sah pada bank tersebut.
  3. Pastikan anda datang ke kantor cabang BCA dengan membawa kartu KTP anda karena petugas bank akan mencocokkan identitas buku tabungan anda dengan KTP yang anda miliki nantinya.

Biaya Cetak Rekening Koran BCA

Selain syarat, anda juga akan di bebankan sejumlah biaya untuk cetak rekening koran BCA nantinya. Apakah anda sudah tau berapa biaya yang akan diberikan kepada anda?

Sampai saat ini, bank BCA hanya memberikan biaya cetak rekening koran BCA berdasarkan dari seberapa banyak lembar rekening koran yang anda butuhkan.

Adapun setiap lembar rekening koran BCA di beri harga biaya cetak sebesar Rp.2.500 saja dan apabila rekening koran dari tabungan BCA anda ternyata sudah mencapai 5 lembar maka silahkan kamu membayar sebesar Rp.12.500.

Cara Print (Cetak) Rekening Koran BCA

Cara print atau cetak rekening koran BCA ternyata sangatlah mudah. Seperti anda bisa melakukan caranya hanya dengan 2 metode saja yakni datang ke cabang BCA terdekat atau melalui aplikasi klik BCA.

Baca Juga :  4 Cara Cek Resi Baraka Sarana Tama Dengan Mudah dan Akurat

Untuk langkah-langkahnya telah kami uraikan pada beberapa tahapan berikut ini:

1. Melalui kantor cabang bank BCA

Cara print rekening koran BCA terbaik dan paling aman yang bisa anda lakukan saat ini yakni melalui kantor cabang bank BCA terdekat dari lokasi anda.

Anda bisa langsung datang kesana dengan membawa beberapa dokumen persyaratan untuk bisa melihat rincian transaksi pada rekening BCA milikmu sesuai dengan penjelasan pada syarat cetak rekening koran BCA yang telah kami uraikan sebelumnya dan anda juga bisa melihat contoh rekening koran BCA yang asli disana.

Adapun langkah-langkah print rekening koran melalui kantor cabang bank BCA terdekat ialah seperti :

  • Pergi ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa KTP, kartu ATM serta buku tabungan anda
  • Jangan lupa untuk mengambil nomor antrian untuk menuju ke customer service BCA
  • Silahkan tunggu sampai nomor antrian anda di panggil
  • Setelah anda dipanggil sampaikan bahwa anda ingin print rekening koran anda kepada customer service
  • Kemudian berikan semua persyaratan yang diminta oleh CS
  • Jika sudah lakukan pembayaran untuk setiap lembar rekening koran BCA anda
  • Terima fisik rekening koran yang telah dicetak

2. Lewat website klikBCA

Print rekening koran melalui bank BCA terdekat memang masih menjadi metode yang tepat dan aman untuk anda.

Akan tetapi masih ada opsi lain jika anda tidak memiliki waktu untuk pergi kesana yakni melalui situs klikBCA yang tentunya sudah resmi karena dikeluarkan langsung oleh pihak BCA hanya untuk memudahkan setiap nasabah dalam semua urusan perbankan terhadap bank BCA dimanapun dan kapanpun.

Hanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, anda sudah bisa mendapatkan rekening koran kartu BCA anda lewat klik BCA sebelum melihat seperti apa contoh rekening koran BCA yang asli nantinya:

  • Langkah pertama silahkan masuk ke web klikbca.com pada menu browser ponsel maupun komputer anda
  • Kemudian lakukan login akun menggunakan akun individu maupun bisnis BCA anda
  • Setelah itu pergi ke menu e-statement dan pilih jenis rekening BCA anda
  • Lalu tentukan periode rekening koran yang ingin anda cetak nantinya
  • Tekan unduh apabila riwayat transaksinya telah muncul
  • Simpan file dan cetak dalam format PDF apabila anda menginginkannya

Sekian cara cetak atau print rekening koran BCA yang bisa kamu lakukan kapan saja. Selanjutnya anda harus melihat beberapa contoh rekening koran BCA agar nantinya anda dapat membedakan seperti apa fisik rekening koran BCA yang asli dan palsu.

Contoh Rekening Koran BCA 2024

Setiap nasabah bank seharusnya memang perlu mengetahui seperti apa gambaran fisik dari rekening koran yang mereka miliki seperti beberapa contoh rekening koran BCA berikut ini.

Sebenarnya contoh rekening koran BCA bisa anda dapatkan dengan mudah misalnya langsung bertanya pada pihak bank atau melakukan pencarian secara online.

Contoh rekening koran BCA yang benar dan asli ialah sudah terdapat log bank BCA serta informasi pribadi dari nasabah yang bersangkutan di dalamnya.

Agar bisa mendapatkan gambaran dari Contoh rekening koran BCA yang asli sebaiknya anda download rekening koran BCA melalui akun klikBCA yang anda miliki sebelumnya.

Dari menu rekening koran tersebut, anda akan melihat banyak informasi Contoh rekening koran BCA yang asli dalam periode tertentu tujuannya agar anda terhindari dari tindak penipuan yang marak terjadi saat ini.

Terkait gambar contoh rekening koran BCA yang asli ialah sebagai berikut.

contoh rekening koran BCA 2023 yang asli
contoh rekening koran BCA yang asli

Sedangkan untuk contoh rekening koran BCA yang palsu bisa anda lihat di bawah :

contoh rekening koran BCA 2023 yang palsu
contoh rekening koran BCA yang palsu

Terlihat dari contoh rekening koran BCA yang palsu bahwa rekening tersebut tidak menampilkan informasi kantor, alamat, logo maupun kontak bank BCA yang resmi.

Tidak hanya itu, di dalam rekening juga tidak terdapat informasi pemilik rekening sehingga keaslian rekening koran tentu wajib di pertanyakan.

Selain itu, pada contoh rekening koran BCA yang palsu juga sudah terlihat sebuah editan pada bagian debit, kredit atapun nominal saldonya sehingga jika dihitung nominal nya sudah tidak sesuai lagi. Informasi tanggal yang ada juga sudah terbilang acak atau tidak berurut

Padahal contoh rekening koran BCA yang asli dari BCA sudah sesuai berdasarkan waktu transaksi dari yang terlama hingga ke paling baru.

Penutup

Contoh Rekening Koran BCA
Contoh Rekening Koran BCA


Dalam kondisi tertentu, anda memang perlu untuk mengetahui seperti apa contoh rekening koran BCA yang palsu dan asli agar anda bisa terhindar dari segala bentuk modus penipuan dari beberapa jenis transaksi online saat ini.

Oleh sebab itu, ketika anda sudah mengetahuinya pastinya semua akan lebih aman bahkan lewat informasi diatas kini anda pun dapat mengetahui lebih banyak terkait apa itu rekening koran BCA.

Sekian penjelasan dari topik contoh rekening koran BCA. Semoga semakin menambah wawasan anda dan terima kasih.

Back to top button