TipsReview

Perbedaan Antara Hardsub dan Softsub Lebih Bagus Mana?

Memiliki fungsi yang sama nyatanya tak membuat perbedaan antara hardsub dan softsub bisa menghilang begitu saja karena perbedaan tersebut sangat jelas terlihat dari segi penggunaan nya, manfaat dan sebagainya.

Penting untuk kita mengetahui keduanya, agar kita lebih mudah untuk memilih jenis subtitle yang mana yang hendak digunakan saat kita akan menonton film yang menggunakan bahasa asing nantinya.

Untuk penjelasan yang lebih jelas lagi tentang perbedaan antara hardsub dan softsub, kamu bisa baca rangkuman penjelasannya dibawah ini.

Apa Perbedaan Antara Hardsub Dan Softsub?

perbedaan antara hardsub dan softsub
perbedaan antara hardsub dan softsub

Pada dasarnya, mencari tau perbedaan antara hardsub dan softsub tidaklah sulit. Pasalnya, perbedaan antara keduanya sudah bisa kita ketahui dengan jelas dari pengertian dan kegunaanya saja.

Berikut kami hadirkan rangkuman perbedaan antara hardsub dan softsub dengan pemahaman yang lebih menarik:

1. Hardsub

Hardsub merupakan jenis subtitle yang sudah ada atau tergabung pada sebuah film dimana keduanya sudah menyatu menjadi satu dan hardsub tersebut tidak dapat dihilangkan begitu saja.

Oleh sebab itu, kita akan melihat beberapa variasi bahasa pada film tersebut nantinya. Lantas bagaimana jika kita ingin menambahkan subtitle dari luar pada film yang sudah memiliki hardsub karena tidak menemukan variasi bahasa yang kita inginkan?

Salah satu solusi yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut hanyalah dengan memotong atau cropping bagian frame yang menjadi tempat munculnya hardsub pada video tersebut.

Nah, setelah frame tersebut berhasil di potong maka hardsub yang ada tidak akan terlihat dan kita bisa menambahkan subtitle lainnya dari luar.

Jika kalian bingung cara memotong fram video tersebut kalian bisa menggunakan aplikasi video crop, smart video crop dan lainnya.

Selain itu, hardsub juga merupakan kategori subtitle yang memiliki efek warna, huruf, dan transisi yang banyak terdapat pada sebuah lirik lagu atau video karaoke dan itu tidak dimiliki oleh softsub.

Baca Juga :  6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

2. Softsub

Berbeda dengan hardsub, softsub merupakan jenis subtitle yang tersedia di luar video atau film yang hendak kalian tonton. Biasanya softsub memiliki format tersendiri dan format tersebutlah yang nantinya akan kalian masukkan ke dalam film tersebut sampai menampilkan sebuah terjemahan bahasa.

Banyak orang yang saat ini lebih memilih untuk menggunakan softsub dibandingkan dengan hardsub. Keinginan tersebut didasari oleh kemudahan yang diberikan oleh softsub dimana itu terlihat dari mudahnya seseorang untuk menemukan dan mengedit softsub dari luar sesuai keinginan mereka.

Tak hanya itu, softsub sendiri juga memiliki tipe atau jenis yang tidak dimiliki oleh hardsub dimana jenis tersebut dibagi menjadi internal sub dan eksternal sub.

Internal sub merupakan tipe softsub yang menyatu langsung dengan videonya melalui proses penggabungan menggunakan software seperti MKVMerge dan software lainnya.

Sedangkan untuk eksternal sub, eksternal sub merupakan tipe subtitle yang sering ditemukan pada sebuah situs yang khusus menyediakan berbagai macam subtitle dimana tipe softsub ini biasanya bisa digunakan menjadi penerjemah bahasa dalam sebuah film secara bebas tanpa harus menyesuaikan jenis file terhadap video yang hendak kamu tonton.

Nah, dikarenakan softsub telah terpisah dari frame video maka kamu dapat memisahkan keduanya dengan mudah saat tidak ingin menggunakannya.

Caranya hanya dengan memilih menu pengaturan pada aplikasi menonton yang kamu gunakan, lalu pilih opsi subtitle, kemudian klik opsi disable dan subtitle telah di nonaktifkan.

Dari beberapa penjelasan diatas tentunya kamu sudah mengetahui lebih detail mengenai perbedaan antara hardsub dan softsub bukan? nah untuk mengulas lebih jauh tentang keduanya, kamu bisa melihat keuntungan dan kerugian dari penggunaan hardsub atau softsub dibawah ini.

Keuntungan Pakai Hardsub Dan Softsub

keuntungan pakai hardsub atau softsub
keuntungan pakai hardsub atau softsub

Setelah mengetahui perbedaan antara hardsub dan softsub kamu merasa harus menggunakan file terjemahan memang tak ada salahnya.

Namun ada baiknya kita mengetahui apa keuntungan dari masing-masing tipe terjemahan agar kamu bisa lebih bijak dalam memilih jenis mana yang harus kamu gunakan.

1. Hardsub

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan file tipe hardsub :

  • Kamu tak perlu download file subtitle secara terpisah karena sudah ada dalam video yang kamu mau putar
  • Subtitle sudah tampil secara otomatis sehingga tidak perlu kamu edit lagi
  • File hardsub bisa tampil pada berbagai aplikasi pemutar video dan perangkat apapun
Baca Juga :  12 Alasan Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Ada Jaringan Internet

2. Softsub

perbedaan antara hardsub dan softsub juga bisa kamu ketahui dari keunggulan jenis file softsub seperti berikut ini:

  • Menjadikan kualitas video tetap terjaga karena menggunakan file softsub tak memungkinkan adanya proses input subtitle ke dalam video
  • Kamu bisa melakukan editing pada teks terjemahan jika ada arti yang kamu rasa tidak sesuai
  • File softsub yang kamu gunakan bisa disembunyikan, di atur ukurannya, warnanya, kecepatan dan fontnya dan masih banyak lagi

Kekurangan Pakai Hardsub Dan Softsub

kekurangan pakai hardsub dan softsub
kekurangan pakai hardsub dan softsub

Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan hardsub maupun softsub terkait kerugian yang akan kamu terima dari penggunaan keduanya.

1. Hardsub

Sebenarnya ada beberapa resiko dari penggunaan hardsub yang sudah terpasang pada sebuah film, antara lain:

  • Ukuran dan pengaturan hardsub tidak mudah disesuaikan seperti file terpisah (softsub)
  • File hardsub tidak bisa kamu hilangkan atau sembunyikan
  • Jika ada ketidaksesuaian speed subtitle dengan film maka kamu tak bisa menyesuaikan atau mengubahnya
  • Kualitas video bisa menurun apabila kamu memaksakan untuk mengubah atau mengedit file hardsub yang ada

2. Softsub

Dari kerugian penggunaan hardsub, kita akan beranjak ke beberapa kerugian yang akan kamu terima saat menggunakan file softsub sebagai alat terjemahan pada sebuah video:

  • Kamu wajib melakukan import subtitle setiap kali ingin memutar sebuah video
  • Kamu harus melakukan download subtitle secara terpisah setiap kali kamu ingin memutar video
  • File softsub yang kamu dapatkan tak selalu bisa sesuai dengan video yang ingin kamu putar

Itulah sekilas perbedaan antara hardsub dan softsub jika dilihat dari kerugian serta keuntungan penggunaannya.

Tips Menggunakan File Hardsub Dan Softsub

tips penggunaan hardsub dan softsub
tips penggunaan hardsub dan softsub

Jika melalui penjelasan perbedaan antara hardsub dan softsub kamu memutuskan untuk menggunakan hardsub maka ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat sedang menonton video yang sudah ada hardsubnya :

  • Pastikan kamu memilih video dengan kualitas video yang cukup tinggi untuk menghindari adanya resiko penurunan kualitas gambar
  • Jika ingin melakukan pemasangan subtitle pada video karena file hardsub tidak sesuai maka pastikan dahulu bahwa file yang akan kamu proses sudah sesuai dari segi speed dan keselarasan bahasanya
  • Gunakan software injector subtitle yang sesuai contohnya aegisub atau virtualdub
Baca Juga :  Rekomendasi Distributor Bibit Parfum Terlengkap di Indonesia

Sedangkan jika kamu lebih memilih untuk menggunakan file softsub maka kamu juga perlu perhatikan beberapa hal penting terkait penggunaannya dibawah ini :

  • Pastikan file subtitle yang akan kamu gunakan sudah benar-benar sesuai dan akurat dari segi kecepatan dan bahasa terjemahan yang ditampilkan
  • Ada baiknya kamu menyesuaikan ukuran dan warna saat hendak menggunakannya agar aktivitas menonton bisa berlangsung lebih baik
  • Gunakan software pemutar video yang mendukung adanya penggunaan softsub di dalamnya
  • Pastikan penempatan subtitle tidak mengganggu tampilan video karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu banyak

Jika melalui tips penggunaan file softsub kamu ingin langsung melakukan penggabungan file subtitle ke dalam sebuah video maka kamu bisa melakukannya dengan satu cara.

Caranya mudah saja dimana kamu bisa menggunakan aplikasi pemutar video yang menyediakan fitur penggabungan video langsung di dalamnya seperti aplikasi VLC media player.

Selain mudah, penggunaan aplikasi VLC media player juga bisa kamu dapatkan secara gratis melalui ruang unduhan playstore.

Penutup

Perbedaan Antara Hardsub dan Softsub
Perbedaan Antara Hardsub dan Softsub
Hardsub Softsub
Pada hardsub, teks subtitle (terjemahan atau keterangan) telah menjadi bagian permanen dari video. Pada softsub, teks subtitle disimpan secara terpisah dari video dalam format file teks khusus seperti .srt, .sub, atau .ass.
Mudah diakses oleh pemirsa karena tidak perlu pengaturan tambahan. Ketika video diputar, pemutar media atau perangkat yang mendukung softsub akan mengambil file subtitle ini dan menampilkannya di atas video.
Cocok untuk video yang akan di sebarluaskan dan dilihat oleh banyak orang tanpa perlu memikirkan kompatibilitas perangkat atau pemutar video. Pemirsa dapat mengontrol tampilan subtitle, seperti mengubah ukuran, warna, atau bahkan menonaktifkannya sepenuhnya.
Teks subtitle sulit atau tidak mungkin diubah. Teks subtitle juga dapat diganti dengan mudah jika diperlukan tanpa harus mengedit video aslinya.
Tidak cocok untuk situasi di mana pemirsa memerlukan opsi untuk menonaktifkan subtitle atau menyesuaikan tampilannya. Pemirsa perlu memiliki file subtitle yang sesuai dan pemutar media yang mendukung softsub untuk menampilkan subtitle dengan benar.

Dari penjelasan seputar perbedaan antara hardsub dan softsub kita bisa melihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan pada proses penggunaannya.

Lantas apakah kamu sudah memutuskan file sub yang mana yang akan kamu gunakan? semoga penjelasan perbedaan antara hardsub dan softsub bisa membantu kamu untuk menentukan satu pilihan terbaik ya.

Back to top button