Promo Top Up Game Termurahūüėć
Aplikasi

Lebih Murah Shopee atau Tokopedia? Ini Kelebihan Tokopedia Dibanding Shopee

Membicarakan tentang kelebihan Tokopedia dibanding shopee masih menjadi salah satu perbincangan panas dikalangan orang-orang pecinta belanja online, mengingat keduanya merupakan platform belanja online yang mampu bersaing karena sama-sama populer serta memiliki banyak pengguna.

Sebagai salah seorang penikmat belanja online anda tentu sudah kenal dengan platform belanja online shopee dan tokopedia. Membicarakan kedua jenis marketplace ini, memunculkan berbagai argument yang berbeda-beda dari setiap orang yang merupakan user dari aplikasi marketplace tersebut.

Sebagian orang dari daftar pengguna Tokopedia berargument bahwa Tokopedia lebih bagus dari Shopee, demikian juga sebaliknya. Lantas taukah kamu sebenarnya apa sih kelebihan Tokopedia dibanding shopee? jika belum, maka silahkan ikuti artikel ini!

Sekilas mengenai Tokopedia dan Shopee

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai kelebihan Tokopedia dan Shopee, tentu kamu perlu terlebih dahulu mengenali deskripsi antara Tokopedia dan Shopee. Oke, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas, ini dia penjelasan mengenai Tokopedia dan Shopee.

  • Tokopedia

Sumber: www.tagar.id

Tokopedia merupakan salah satu wadah belanja online yang memungkinkan setiap pebisnis untuk dapat mengolah dan menjalankan bisnis mereka dengan mudah serta menciptakan pengalaman berbelanja yang mudah, menyenangkan, dan aman bagi para pembeli.

Platform digital belanja online ini pertama sekali diluncurkan pada Agustus, 2009 dan terus mengalami kemajuan setiap tahunnya bahkan sampai saat ini Tokopedia menjadi salah satu marketplace yang paling disenangi dan banyak dikunjungi oleh para pemburu produk online.

Background yang didesain dengan pilihan warna hijau merupakan ciri khas dari logo Tokopedia ini sendiri. Sebagian orang-orang yang membagikan pengalamannya dalam menggunakan Tokopedia mengatakan bahwa desain warna hijau ini membuat mereka sebagai pengguna merasa lebih fresh dan nyaman walau berseluncur untuk waktu yang lama dalam aplikasi Tokopedia.

  • Shopee

Source: deo.shopeemobile.com

Sama seperti Tokopedia, Shopee merupakan salah satu bentuk marketplace yang bisa orang-orang gunakan sebagai ajang untuk mencari cuan dengan menjalankan peran sebagai penjual atau sebaliknya shopee sebagai wadah untuk berbelanja, membeli berbagai produk secara online.

Tokopedia terbit 6 tahun lebih awal dari pada shopee, yang artinya Shopee berdiri pada tahun 2015. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura yang sampai saat menjadi negara dimana kantor pusat Shopee berada.

Menariknya shopee ini adalah menyediakan berbagai pernak pernik kebutuhan sehari-hari dengan harga murah meriah dan bisa di dapatkan tanpa adanya beban biaya ongkir jika pengorderan dilakukan pada saat ada event tertentu, seperti event birthday sale, hari raya, dan lain-lain.

Perbandingan fitur yang dimiliki oleh Tokopedia VS Shopee

Kelebihan Tokopedia dibanding shopee
Sumber: fokusgame.com/ kelebihan Tokopedia dibanding Shopee

Untuk mengetahui kelebihan Tokopedia dibanding shopee tentu kita harus mengetahui perbandingan antara keduanya yang dinilai dari berbagai fitur yang dimiliki masing-masing.

Nah, untuk itu berikut ini kami tampilkan beberapa perbandingan fitur antara Tokopedia dan Shopee. Jika kamu dilema dalam menentukan marketplace mana yang lebih menguntungkan diantara dua jenis platform belanja yang paling hits ini, maka kamu bisa memperhatikan penjelasan dibawah ini dengan teliti.

Supaya lebih mudah untuk kamu pahami, maka kami akan menampilkan perbandingan fiturnya dalam bentuk tabel

Fitur Jenis Marketplace
Tokopedia Shopee
Menyediakan fitur sorot dan filter yang bisa memungkinkan pengguna untuk mencari suatu produk sesuai dengan kategori yang diinginkan mulai dari harga, lokasi, pengiriman, pembayaran, dll Ya Ya
Terdapat fitur yang menyediakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan para pengguna dalam berbelanja Ya Ya
Adanya biaya layanan pada saat melakukan pengiriman barang oleh penjual maupun pembelian barang Tidak Ya
Terdapat berbagai game/ kuis yang memberikan hadiah berupa voucher/ cashback Ya Ya
(lebih banyak dibanding Tokopedia)
Menyediakan dompet yang merupakan fitur bawaan dari aplikasi sendiri, yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran dan mendapatkan banyak keuntungan Tidak
(harus disambungkan ke Gopay)
Ya
(yaitu Shopeepay)
Menyediakan berbagai voucher gratis ongkir dan cashback Ya 
(namun terbatas dan sekali pakai untuk 1 voucher)
Ya
(voucher gratis ongkir di update setiap hari dengan minimal belanja 30rb diluar event, minimal belanja 0 rupiah jika ada event seperti birthday sale )
Terdapat fitur Pay Later yang memungkin anda sebagai pembeli dapat melakukan pembelian hari ini dan bayar bulan depan Ya
(namun harus terhubung ke Gopay)
Ya
(memliki fitur sendiri yaitu SPayLater)
Bisa melakukan berbagai transaksi seperti transfer dan top up berbagai produk-produk digital Ya
(namun dikenakan biaya yaitu sebesar Rp 2.500 dengan minimal transfer Rp 10.000)
Ya
(Bebas biaya admin dengan minimal transfer Rp 50.000 dengan limit transfer sampai 10x per bulan
Bisa berbelanja produk makanan dengan mudah Ya
(namun peminatnya lebih sedikit dibandingkan peminat gofood di shopee)
Ya

Kelebihan Tokopedia dibanding Shopee

Setelah anda membaca beberapa perbandingan fitur antara Tokopedia dan Shopee yang ditampilkan diatas, tentunya anda sudah bisa melihat dimana kira-kira sisi kelebihan Tokopedia dibanding Shopee.

Dari penjelasan dalam tabel diatas maka dapat disimpulkan bahwa:

“kelebihan Tokopedia dibanding Shopee terletak pada Biaya Layanan. Dimana Tokopedia memberikan kebebasan dalam penjualan maupun pembelian barang tanpa membebankan biaya layanan. Berbeda dengan Shopee yang meminta biaya layanan ketika anda melakukan pengiriman barang kepada pembeli ataupun ketika anda sebagai pembeli melakukan order barang”

Lebih baik pilih Tokopedia atau Shopee?

Kelebihan Tokopedia dibanding Shopee

Setelah mengetahui kelebihan Tokopedia dibanding shopee, mungkin anda berpikir lebih baik pilih Tokopedia atau Shopee? Menurut kami sebagai penulis artikel ini, keduanya merupakan forum marketplace yang sama-sama bagus, handal, dan terpercaya.

Sejatinya segala sesuatu diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Walau Tokopedia memberikan keuntungan dengan membebaskan biaya layanan bagi penjual maupun pembeli, namun shopee juga memiliki fitur lainnya yang porsinya lebih menguntungkan dibanding Tokopedia atau bahkan yang tidak dimiliki oleh Tokopedia sama sekali.

Dengan demikian, terkait dilema anda yang bingung memilih antara Tokopedia atau shopee, maka kami mengatakan bahwa hal itu tergantung anda sendiri! Pilihlah mana yang lebih nyaman dan menguntungkan untuk anda gunakan.

Simpulan dari kelebihan Tokopedia dibanding shopee

Kelebihan Tokopedia Dibanding Shopee
Kelebihan Tokopedia Dibanding Shopee

Di era yang kian hari semakin canggih dan selalu berinovasi untuk selalu melakukan pembaruan/ update tentunya akan semakin memudahkan anda dalam melakukan berbagai aktivitas termasuk dalam hal berbelanja. Anda tidak lagi harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi ke pusat perbelanjaan untuk mendapatkan produk/ barang impian anda.

Berbagai aplikasi belanja online dapat anda gunakan dengan mudah untuk mendapatkan pesanan barang hanya dengan tab-tab pada SmartPhone milik anda. Mengingat Tokopedia dan Shopee merupakan marketplace yang paling banyak menarik hati masyarakat Indonesia, mungkin menempatkan anda pada posisi bingung mau pilih yang mana. Oleh karena itu, kami selaku penulis artikel ini berharap semoga penjelasan terkait kelebihan Tokopedia dibanding Shopee yang telah kami paparkan dapat membantu.

Back to top button