Review

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0: Cek Disini Mana Yang Terbaik

Saat hendak ingin membeli Flashdisk, Card Reader maupun kabel data kita wajib tahu apa Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0. Untuk itu simaklah penjelasannya pada artikel ini.

Pasalnya, USB yang paling sering digunakan adalah saat ini adalah USB 2·0 dan 3·0. Masing-masing USB sangat cocok untuk kebutuhan koneksi yang berbeda.

Secara umum, USB memiliki fungsi yaitu untuk menghantarkan suatu data, mengisi daya, koneksi, media penyimpanan ataupun menyatukan kedua perangkat elektronik agar dapat berjalan sebagai mana mestinya.

Lewat artikel kali ini, Mocipay akan berbagi informasi tentang perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 yang wajib untuk kamu ketahui sebelum membelinya.

Sekilas Singkat Tentang USB

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0: Cek Disini Mana Yang Terbaik
Sekilas Singkat Tentang USB

Sebelum mengenal lebih dalam perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0, alangkah baiknya mengenal sekilas tentang USB. USB atau Universal Serial Bus adalah sebuah standar koneksi yang sering digunakan untuk menghubngkan perangkat elektronik seperti, komputer, laptop, smartphone dan perangkat lainnya dengan berbagai jenis pariferal seperti keyboard, printer, mouser, flashdisk dan banyak lagi.

USB sendiri memiliki banyak varian jenis, termasuk USB 1·0, USB 2·0, USB 3·0, USB 3·1 dan USB 3·2, yang masing-masing memiliki kecepatan transfer data yang berbeda-beda.

USB juga mendukung daya listrik yang memungkinkan pengisian daya pada perangkat dan penggunaan pariferal tanpa perlu sumber daya eksternal. Hal ini yang membuat USB menjadi salah satu standar koneksi yang paling umum dan sering digunakan di seluruh dunia.

Jenis-jenis USB (Universal Serial Bus)

Sebelum membahas lebih lanjut apa saja perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0, mari kita simak lebih dulu apa saja jenis-jenis USB (Universal Serial Bus).

Berdasarkan rangkuman informasi yang Team Mocipay dapatkan dari halaman humbel.id, Ada 8 jenis-jenis USB yang wajib kamu ketahui untuk kebutuhanmu. Simak diantaranya berikut ini.

Baca Juga :  35+ Distributor Telur Ayam Terdekat Di Semua Kota Di Indonesia

USB Type A

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0: Cek Disini Mana Yang Terbaik
USB Type A

USB Type A adalah salah satu jenis konektor USB yang paling umum digunakan dan banyak ditemukan di banyak perangkat elektronik seperti komputer, laptop, keyboard, charger, mouse dan banyak perangkat lainnya.

USB Type A sampai saat ini telah sampai pada versi 3·0, yaitu USB dengan transfer data tercepat. USB A versi 3·0 lebih sering dikenal dengan nama USB 3·0 dan biasanya pada portnya berwarna biru, sementara untuk versi mininya adalah Micro Type-A dan Mini Type-A.

Walaupun sudah banyak versi dengan kecepatan yang lebih cepat, namun versi USB Type A merupakan yang paling populer yaitu Type AUSB 2·0, yang sampai saat ini masih banyak dijumpai pada perangkat komputer.

USB 1·0

USB 1·0 yang sudah ada sejak Januari 1996. Kecepatan data transfernya ada di rata-rata 1.5 Mbit/s (Low-Bandwith) dan 12 Mbit/s (Full Bandwith). Namun, belum bisa diperpanjang atau dihubungkan ke Hub USB.

USB 2·0

USB 2·0 dirilis pada April 2000 dengan menambahkan Bandwith kecepatan hingga 480 Mbit/s (60 MB/s), sehingga disebut sebagai ‘Hi-Speed‘.

USB 3·0

USB 3·0 pada umumnya memiliki plastik berwarna biru didalamnya. USB ini banyak dijumpai pada perangkat seperti Hard Disk (HDD), Western Digital dan Buffalo, namun kecepatan transfernya hanyak 100 MB/detik.

Namun, USB 3·0 pada perangkat SSD (Solid State Drive) jauh lebih cepat dengan 250 MB/detik.

USB Type B

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0: Cek Disini Mana Yang Terbaik
USB Type B

USB Type B ini juga biasanya memiliki konektor yang sama seperti Type A, yakni sama-sama memiliki bentuk persegi panjang. Namun,untuk portnya sendiri memiliki 2 varian ukuran yaitu, Standart, Mini, Macro dengan versi 2·0.

USB Type C

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0: Cek Disini Mana Yang Terbaik
USB Type C

Kita pasti sudah pernah mendengan USB dengan Type C yang banyak dijumpai pada kabel Charger sebagai penghantar tegangan supply atau arus listrik ke ponsel hingga 20V (100W) dan 5A.

Hebatnya lagi USB Type C ini mampu menghantarkan tegangan supply Bi-directional power yakni 2 arah. Hal inilah yang membuat USB jenis ini banyak digunakan pada perangkat Smartphone maupun Notebook.

Mini USB

Mini USB adalah konektor standart yang banyak dijumpai pada perangkat-perangkat mobile. Jika dibandingkan dengan USB Reguler, Mini USB jauh lebih kecil dan digunakan pada perangkat kecil seperti Smartphone ataupun kamera digital. Namun sampain saat ini Mini USB sudah ditunggalkan dan sudah beralih ke Micro USB.

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Story WA Kita Dibisukan Orang Lain

Micro USB

Seperti yang kita ketahui bahwa Micro USB banyak dijumpai pada charger smartphone kita. Sebagai informasi tambahan, hanyak pihak Apple yang tidak menggunakan USB tipe ini.

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0

Setelah melihat dan mengetahui jenis-jenis USB diatas. USB yang telah beredar di pasaran dan yang paling banyak digunakan adalah USB 2·0 dan USB 3·0.

Lantas, apa yang mendasari perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 tersebut? Nah, berikut adalah tabel tentang Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0.

Keterangan USB 2.0 USB 3.0
Konektor Memiliki 4 kabel konektor yang mendukung half duplex Memiliki 9 kabel konektor, sehingga bandwith-nya jauh lebih besar dan mendukung komunikasi dua arah
Kecepatan Transfer Data 480 Mbps (60 MBps) Dapat mencapai hingga 4,8 Gbps (600MBps)
Power Management 500 mA (4.4V 2.5W) 900 mA (4V 4.5W)
Efisiensi Kurang efisien Jauh lebih efisien jika dibandingkan USB 2·0
Warna Bagian warna pada port USB 2·0 berwarna hitam dan putih. Bagian warna pada port USB 3·0 berwarna biru.
Kompatibilitas Mampu bekerja dengan port USB 3·0 Mampu bekerja dengan port USB 2·0, namun kecepatan maksimalnya berkurang, yakni mengikuti kecepatan maksimal USB 2·0
Harga Harga USB 2·0 lebih murah jika dibandingkan dengan USB 3·0 Harga USB 3·0 jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan USB 2.0

Konektor

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 yang pertama terletak pada Konektor-nya. USB 2·0 hanya memiliki 4 kabel konektor, sedangkan USB 3·0 memiliki 9 kabel konektor.

Kecepatan Transfer Data

Jika melihat dari pernyataan diatas, perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0. USB 3·0 tentu jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan USB 2·0 yang hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan maksimal 480 Mbps (60 MBps).

Baca Juga :  Paket Gigamax Bisa Digunakan Untuk Apa Saja? Simak Keuntungan dan Kegunaannya

Sedangan USB 3·0 mampu mentransfer data dengan kecepatan hingga 4,8 Gbps (600MBps), 10 kali ebih cepat dari USB 2·0.

Namun, kecepatan transfer data diatas masih tergantung pada device atau perangkat dan tipe BUS yang digunakan.

Untuk itu, mari kita lihat lagi perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0  berdasarkan tipe BUS berikut ini:

Tipe Bus Max Transfer rate Kecepatan Transfer Data USB 2·0 Kecepatan Transfer Data USB 3·0
PCIe 1.0a 2.5 Gbps 480 Mbps 2.5 Gbps
PCIe 2.0/2.1 5 Gbps 480 Mbps 4.8 Gbps
PCIe 3.0 8 Gbps 480 Mbps 4.8 Gbps
ExpressCard 1.0 2.5 Gbps 480 Mbps 2.5 Gbps
ExpressCard 2.0 5 Gbps 480 Mbps 4.8 Gbps

Warna Port

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 berikutnya adalah berdasarkan warna port-nya. Warna port untuk USB 2·0 berwarna hitam atau putih, sedangkan untuk USB 3·0 berwarna biru.

Metode Transfer

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 selanjutnya yaitu pada metode transfernya. USB 2·0 hanya mendukung half duplex (transfer data 1 arah), sedangkan USB 3·0 melakukan transfer 2 arah (full duplex) karena memiliki 5 kabel konektor.

Efisiensi

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 juga ada pada efisiensi manajemen daya. USB 2·0 memberikan daya 500 mA, sedangkan USB 3·0 bisa melayani hingga 900 mA.

Kompatibilitas

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 juga berdasarkan kompatibilitas. USB 2·0 mampu bekerja dengan port USB 3·0, sedangkan USB 3·0 mampu bekerja dengan port USB 2·0, namun kecepatan maksimalnya berkurang, yakni mengikuti kecepatan maksimal USB 2·0

Harga USB

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 yang terakhir juga dipengaruhi oleh faktor harga-nya. USB 2·0 umumnya lebih murah daripada USB 3·0,. Ini karena teknologi USB 2·0 sudah lebih lama ada dan produksinya lebih masif, sementara USB 3·0 masih relatif baru.

Kesimpulan

Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0
Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0

Itulah beberapa Perbedaan Usb 2·0 Dan 3·0 yang wajib untuk diketahui jika hendak membelinya. USB 2·0 dan USB 3·0 adalah dua generasi yang berbeda dalam evolusi teknologi USB. USB 3·0 menawarkan kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi, kemampuan kompatibilitas mundur dan daya listrik yang besar jika dibandingkan dari USB 2·0.

Namun jika menimbang dari perbedaan USB 2·0 dan 3·0 diatas, USB 2·0 masih relevan dan ekonomis untuk perangkat yang tidak memerlukan kecepatan tinggi.

Dalam hal memilih diantara keduanya, pertimbangkanlah untuk kebutuhan kamu dan jenis perangkat yang akan kamu hubungkan.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button