ReviewRagam

4 Perbedaan Celana Jeans dan Levis Yang Perlu Diketahui! Terbaru 2024

Pernah mendengar celana jeans dan levis? Lalu apa perbedaan celana jeans dan levis? Beberapa orang menganggap bahwa celana jeans dan levis itu adalah sama karena memang jika dilihat sekilas kedua celana tersebut sama saja.

Perbedaan Celana Jeans dan Levis
Perbedaan Celana Jeans dan Levis

Ya memang terlihat sama, namun tahukah kamu bahwa celana jeans dan levis itu memiliki beberapa perbedaan yang orang-orang belum sadari. Baiklah, artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan celana jeans dan levis secara detail, simak hingga selesai.

Mengenal Celana Jeans Dan Levis

Sebelum membahas lebih jauh perbedaan celana jeans dan levis, pertama sekali kamu harus mengenal celana jeans dan levis dulu agar nanti kamu lebih mengerti dalam membedakannya. Simak penjelasannya!

Celana Jeans

Celana jeans adalah kategori umum yang yang mencangkup berbagai merk dan jenis celana yang terbuat dari bahan denim. Denim itu sendiri merupakan jenis kain yang tebal yang berasal dari serat katun yang ditenun dengan pola khusus sehingga mempunyai karakteristik khas.

Denim digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai jenis pakaian dan celana terutama celana jeans. Denim ini memiliki kelebihan seperti ketahanan, kekuatan, dan daya tahan, sehingga dibuat menjadi bahan dasar pembuatan celana jeans.

Celana Levis

Berbicara tentang celana levis, perlu diketahui bahwasanya celana levis ini juga sebenarnya adalah termasuk ke kategori celana jeans hanya diberi “merk Levis”. Loh, berarti celana levis itu celana jeans dong?? Yaps, bisa dibilang celana levis itu adalah termasuk ke dalam kategori jeans.

Baca Juga :  16 Menu Masakan Seminggu 100 Ribu, Menu Hemat Akhir Bulan!

Levis itu hanyalah merk dagang dari celana jeans yang sudah diproduksi oleh satu pabrik tertentu, namun meskipun masuk ke dalam kategori celana jeans, celana levis ini memiliki perbedaan dengan celana-celana jeans lainnya seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Perbedaan Celana Jeans dan Levis

Meskipun termasuk ke dalam kategori yang sama yaitu celana jeans namun diantara keduanya memiliki perbedaan bisa dibilang serupa tapi tak sama. Simak penjelasan detail tentang perbedaan celana jeans dan levis berikut ini hingga selesai.

Perbedaan Celana Jeans Dan Levis Dari Tampilan Celana

Sebenarnya jika dilihat dari tampilan celananya maka terlihat jelas perbedaan celana jeans dan levis. Celana jeans tidak memiliki nama brand atau merk yang dijahitkan di pinggang celana, jika pun ada maka merk atau brand tersebut adalah merk dari produksi lain.

Perbedaan Celana Jeans Dan Levis

Sedang celana levis selalu ada nama brand atau merk yang dijahitkan dibagian pinggang celana dan biasanya berwarna coklat dan tentunya akan bertuliskan “Levi Strauss & Co” dan itulah yang menjadi ciri khas celana levis. Merk “Levi Strauss & Co” itu sendiri diambil dari nama orang yang memproduksi celana tersebut.

Perbedaan Celana Jeans Dan Levis Dari Warna Dan Corak

Perbedaan celana jeans dan levis juga bisa dilihat dari warna dan coraknya. Celana jeans pada umumnya baik itu merk apapun akan dominan berwarna biru atau kebiruan, sedangkan celana levis itu warnanya dominan ke arah abu-abu atau putih keabuan.

Dari coraknya bisa dilihat bahwa celana levis memiliki corak yang khas dimana terdapat seperti jahitan berwarna oranye pada saku belakang dan merek dagang “batang pohon” yang tersemat di saku. Sedangkan pada pada celana jeans lain tidak ditemukan yang seperti itu.

Perbedaan Celana Jeans Dan Levis Dari Kualitas

Perbedaan celana jeans dan levis berikutnya adalah dari segi kualitas yang ditawarkan, beberapa celana jeans pada umumnya diproduksi merujuk pada celana denim secara umum dengan campuran bahan sintetis yang lebih kaku, termasuk merek-merek lain yang mungkin memiliki standar kualitas yang bervariasi.

Sedangkan celana levis diproduksi dengan bahan denim berkualitas tinggi dengan campuran bahan serat kapas asli yang tidak menyebabkan kaku dan proses produksi yang teliti dan menekankan pada detail seperti jahitan yang kuat, pemilihan kain yang berkualitas, dan ketahanan terhadap pemakaian yang intensif.

Baca Juga :  20 Pilihan Motor Paling Ringan Dan Pendek Terlengkap, Matic, Manual, dan Moge!

Perbedaan Celana Jeans Dan Levis Dari Intensitas Pemakaian

Intensitas pemakaian juga menjadi perbedaan celana jeans dan levis, karena pada celana jeans pada umumnya cenderung cepat memudar, luntur dan kaku sehingga membuat celana jeans pada umumnya tidak bisa dipakai tahan lama.

Beda dengan celana levis lebih kuat dan tidak kaku serta tidak luntur, sehingga walaupun dipakai sering dan dicuci berkali-kali warna akan tetap seperti awal tidak akan memudar secepat celana jeans memudar.

Cara Mengenali Levis Palsu

Levis dikenal sebagai salah satu merk celana jeans yang terbaik sehingga tidak heran jika banyak orang yang selalu memncari jenis celana ini, namun berhati-hatilah saat memberi levis karena bisa jadi ada tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab memalsukannya.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara mengenali levis palsu, simak dengan baik agar tidak salah beli dan berujung penyesalan:

1. Mengecek Label Merah Dibagian Kantong Belakang

Sudah tidak asing lagi karena pada umumnya levis memiliki label merah dibagian kantong belakang celana tersebut yang bertuliskan merk dari celana tersebut yaitu levis, maka pastikan label itu ada dengan cara:

Cari Label Levis Merah Di Kantung Kanan Belakang Celana

Label merah ini ada di hampir semua celana Levi’s dan menjadi ikon khas merek ini di seluruh dunia. Mengecek label ini merupakan langkah pertama bagus untuk memastikan keaslian celana jin Levi’s.

Sumber Gambar: WIkiHow

Namun, beberapa celana asli Levi’s, terutama yang berbeda gaya, dapat memiliki label dengan warna berbeda, seperti hijau, kuning, atau putih.

Mengecek Jahitan Di Sekeliling Label

Sumber Gambar: WIkiHow

Levis memiliki jahitan yang rapi dan konsisten terutama dibagian kantong dan lebel, jadi jika jahitannya berantakan atau seperti di utak atik maka kemungkinan besar celana itu adalah palsu.

Lihat Huruf E Besar (The Big E) Pada Label

Huruf E besar di Levi’s hanya ada pada celana jin yang diproduksi sebelum tahun 1971. Kalau disebutkan bahwa celana dibuat setelah tahun 1971 dan memiliki ciri huruf E besar, kecil kemungkinan celana tersebut palsu.

Sumber Gambar: WIkiHow

Di sebutkan bahwa 1 dalam setiap 100 pasang Levi’s hanya akan memiliki tulisan “registered mark” alih-alih logo Levi’s. Hal ini disebabkan produsen harus mengganti pita di mesin dan menjahit label yang tidak memiliki tulisan Levi’s.

Baca Juga :  Review Daviena Skincare: Jenis, Kandungan dan Keunggulan

2. Perhatikan Bagian Pinggang Levis

Selain mengecek label merah di kantong belakang celana, kamu juga harus memperhatikan bagian pinggang levis karena levis yang asli memiliki karakteristik dan tanda tersendiri, caranya adalah berikut ini:

Carilah Tampal Kulit Berkualitas Tinggi Di Bagian Belakang Pinggang Celana

Anda juga bisa menguji keaslian celana lewat tampal kulit ini dan akan konsisten untuk sebagian besar jin Levis namun, walaupun konten sebagian celana dapat berbeda, semuanya akan memiliki karakteristik yang sama.

Sumber Gambar: WIkiHow

Warna tampal kulit sama untuk semua Levis. Tampal tidak boleh terlalu pucat, atau terlalu gelap, dan label tidak memudar saat dicuci.

Cek Segala Kesalahan Di Desain Tampal

Model/gaya, panggul dan ukuran kaki celana Levis asli selalu dicetak dengan tinta hitam. Hal ini disebabkan produsen membuat label stok terlebih dahulu, lalu detailnya dicetak kemudian ke masing-masing celana. Kalau tulisan di label tidak pas di tengah, atau ada salah eja, kemungkinan besar celana tersebut palsu.

Sumber Gambar: WIkiHow

Desain tampal dapat bervariasi seiring waktu sehingga kalau Anda membandingkan tampal di satu Levis dengan Levi’s lainnya, pastikan keduanya berasal dari periode waktu produksi yang sama.

Rasakan Tekstur Dan Kehalusan Tampal

Bahan tampal asli akan memiliki sedikit tekstur dan terasa halus dan aus. Bahan ini seharusnya tidak terasa terlampau halus, atau terlalu keras.

Sumber Gambar: WIkiHow

Banyak produsen palsu yang menggunakan kulit murah atau bahan pengganti. Kalau tampal sepertinya tertutupi, atau terasa seperti plastik, kemungkinan besar celana tersebut palsu.

3. Periksa Secara Detail Secara Keseluruhan Celana

Kamu juga harus periksa dengan benar-benar detail keseluruhan celna lavis tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

Cek Detail Dan Tanda Di Kancing Atas

Kancing atas di semua celana Levi’s adalah kancing tembaga atau perak berkualitas tinggi yang tidak akan memudar atau mengusang seiring waktu. Meskipun desain kancing telah berubah seiring waktu, kancing asli selalu memiliki tulisan “LEVI STRAUSS & CO” di bagian depannya.

Sumber Gambar: WIkiHow

Ada pula angka 3-4 digit (kode) yang dicap di bagian belakang kancing atas. Angka-angka ini bisa dicocokkan dengan angka di label petunjuk perawatan pada bagian dalam jin.

Kalau Anda tidak menemukan angka ini, kemungkinan besar Levis tersebut palsu. Namun, pada model modern, angka kode biasanya berupa 3-4 digit, dan bervariasi pada celana vintage Levis.

Cek Kualitas Celana Secara Keseluruhan

Sumber Gambar: WIkiHow
Levis memiliki standar kontrol kualitas yang sangat tinggi. Kalau di celana ada salah jahit atau cacat logam, kemungkinan Levis tersebut palsu, atau perlu dikembalikan ke Levis untuk diperiksa.

Pastikan Keliling Mencantumkan Semua Detail Dengan Inisial Perusahaan

Sumber Gambar: WIkiHow
Keliling pada kedua sisi dalam dan luar celana seharusnya bertuliskan ‘LS & CO. S.F.’. Tulisan tersebut merupakan singkatan dari Levi Strauss and Co. San Francisco. Kalau tulisan ini polos dan bervariasi, kemungkinan celana terkait palsu.

Penutup

Perbedaan Celana Jeans dan Levis
Perbedaan Celana Jeans dan Levis

Sesuai penjelasan yang sudah dipaparkan diatas semoga kamu bisa mengerti bahwasanya perbedaan celana jeans dan levis itu hanya berada di nama kategori celana dan merk dagang celana itu. Levis adalah merk dagang dari salah satu jenis celana jeans. See you<3

Back to top button