Review

8 Perbedaan Cushion Dan Foundation, Wajib Diketahui Sebelum Menggunakan

Perbedaan Cushion Dan Foundation dapat dilihat dari kemasan dan tingkat ketahanannya. Dimana Cushion hadir dengan kemasan yang lebih ringan dalam bentuk copact sementara foundation dalam kemasan botol dalam berbagai ukuran.

Cushion umumnya memberikan coverage yang lebih ringan dengan hasil yang lebih natural dengan menutupi ketidaksempurnaan, sementara foundation memiliki coverage yang lebih berat dengan hasil akhir yang lebih tahan lama.

Sekilas Tentang Cushion dan Foundation

Cushion adalah produk makeup yang terdiri dari tinted moinsturizer yang dikemas dalam wadah compact yang ringkas, dilengkapi dengan spons aplikator.

Teksturnya ringan dan formulanya cair, memberikan converage yang ringan dengan hasil akhir yang dewy atau berkilau. Biasanya cushion ini mengandung SPF dan cocok untuk tampilan natural sehari-hari.

Sedangkan Foundation adalah produk makeup untuk meratakan warna kulit dan menutupi keidak sempurnaan dengan coverage yang bervariasi mulai dari yang ringan hingga tingkat paling tinggi. Tersedia dalam berbagai tekstur dan formula, termasuk cair, krim, stick, dan bedak.

Foundation dapat menyediakan banyak shade atau varian warna, sehingga pengguna lebih mudah menyesuaikan dengan tone kulit sesuai dengan yang diinginkan.

Perbedaan Cushion Dan Foundation

Perbedaan Cushion Dan Foundation
Perbedaan Cushion Dan Foundation

Beragam perbedaan cushion dan foundation yang bisa diketahui, mulai dari kesasan, tekstur, Coverage. dan Finishing atau hasil akhir. Berikut deskripsi penjelasan dari masing-masing perbedaan cushion dan foundation tersebut yang wajib diketahui sebelum menggunakannya.

1. Kemasan dan Aplikator

Kemasan dan aplikator adalah salah satu perbedaan cushion dan foundation. Dimana Cushion biasanya hadir dalam kemasan yang lebih ringkas, seringkali berbentuk compact yang dilengkapi dengan cermin di dalamnya sehingga mudah dibawa kemana saja.

Selain itu cushion dilengkapi dengan spons aplikator yang terintegrasi dalam kemasannya, Aplikator ini dirancang khusus untuk mengambil produk dengan tepat dan menyebarkannya secara merata ke seluruh wajah, memberikan hasil apliksai yang lebih mudah dan cepat.

Baca Juga :  5 Efek Samping Salep Pelicin Wajah Barbie Beauty

Sementara Foundation umumnya hadir dalam kemasan botol dalam berbagai ukuran dan bentuk. Penggunaan foundation biasanya melibarkan penggunaan jari, kuas makeup, atau spons makeup terpisah untuk mengaplikasi produk ke wajah.

Meskipun ada beberapa foundation yang dilengkapi dengan pompa atau aplikator khusus, namun ini tidak seumum cushion yang dilengkapi dengan spons.

2. Tekstur dan Formula

Perbedaan cushion dan foundation bisa dilihat dari segi tekstur dan formula yang terkandung dari kedua produk tersebut.

Cushion

Tekstur Cushion
Tekstur Cushion

Cushion cenderung memiliki tekstur yang lebih ringan dan formula yang lebih cair dibandingkan foundation. Tekstur ringan cushion membuatnya mudah diaplikasikan dan meresap ke dalam kulit dengan cepat. Memberikan hasil akhir yang lebih natural dan terasa ringan.

Formula cushion yang lebih mudah untuk di blend dan dibaurkan ke dalam kulit, sehingga cocok untuk pengguna sehari-hari atau untuk tampilan makeup yang ringan. Cushion juga seringkali mengandung bahan-bahan yang memberikan kelembapan ekstra, sehingga cocok untuk jenis kulit ringan dan normal.

Foundation

Tekstur Foundation
Tekstur Foundation

Sementara Foundation hadir dari berbagai macam tekstur dan formula, mulai dari yang cari hingga yang kental, Beberapa foundation memiliki tekstur yang lebih kental dan dapat memberikan coverage yang lebih tinggi, sementara yang lain memiliki tekstur yang lebih ringan.

Formulanya juga dirancang untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak, kering, atau kombinasi, dengan tambahan manfaat seperti kontrol minyak atau perlindungan dari sinar matahari.

3. Coverage

Coverage merujuk pada kemampuan produk cushion atau foundation untuk menutupi noda bekas jerawat atau meratakan warna kulit yang tidak merata, ini termasuk perbedaan cushion atau foundation.

Cushion umumnya memberikan coverage yang lebih ringan dengan hasil yang lebih natural dengan menutupi ketidaksempurnaan ringan seperti kemerahan atau pori-pori kecil. Namun kemungkinan tidak untuk menutupi noda bekas jerawat yang lebih besar.

Sementara foundation dapat memberikan berbagai tingkat coverage, mulai dari ringan hingga penuh. Beberapa foundation memiliki coverage yang lebih berat.

Ini membuat foundation menjadi pilihan yang lebih cocok untuk mereka yang menginginkan hasil yang lebih rata dan menutupi ketidaksempurnaan yang lebih besar atau warna kulit yang tidak merata.

4. Finishing atau Hasil Akhir

Finishing atau Hasil Akhir Cushion dan Foundatin
Finishing atau Hasil Akhir Cushion dan Foundatin

Perbedaan Cushion dan Foundation juga dapat dilihat dari hasil akhirnya atau setelah kosmetik tersebut sudah diaplikasikan ke wajah.

Baca Juga :  9 Kelebihan dan Kekurangan Wardah Renew You Anti Aging yang Wajib Anda Ketahui

Cushion biasanya akan memberikan hasil akhir yang lebih natural dan dewy (berkilau), terutama karena formulanya yang ringan dan mengandung bahan-bahan yang memberikan kelembapan ekstra. Hasil akhir cushion dapat memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan bercahaya.

Disisi lain, foundation dapat memberikan berbagai hasil akhir, termasuk matte, dewy, atau satin. Beberapa foundation juga diracancang khusus untuk memberikan tampilan yang lebih tahan lama.

Ada juga foundation yang memberikan hasil akhir yang berkilau atau satin, yang memberikan tampilan kulit berkilau dan terlihat lebih sehat. Jadi perbedaan cushion dan foundation memiliki hasil akhir atau finishing yang perlu dipertimbangkan sesuai kebutuhan.

5. Kandungan SPF

beberap kosmetik wajah seperti bedak biasanya dilengkapi dengan SPF, ini juga termasuk perbedaan Cushion dan Foundation yang wajib diperhatikan sesuai kebutuhan wajah.

Banyak cushion memiliki kandungan SPF (Sun Protection Factor) yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan SPF dalam cushion bertujuan untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Sementara itu tidak semua foundation memiliki kandungan SPF. Meskipun beberapa foundation mungkin mengandung SPF, namun hal ini tidak selalu menjadi standar jual.

Penggunaan foundation tanpa kandungan SPF mungkin memerlukan penggunaan produk pelindung matahari tambahan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang akan merusak kulit.

6. Raplikasi

Biasanya Cushion lebih mudah untuk di reaplikasi diatas makeup yang sudah ada, karena kemasannya yang ringkas dan aplikator yang terintegrasi. Kamu dapat menyentuh bagian-bagian wajah yang memerlukan penyegaran tanpa perlu membawa banyak peralatan atau produk tambahan.

Sedangkan reaplikasi foundation memerlukan teknik khusus dengan tambahan produk penyegaran. Jika menggunakan foundation yang berbasis cair, kamu mungkin perlu membawa kuas makeup atau spons untuk membaurkan produk.

Hal tersebut akan membuat waktu dan peralatan tambahan yang tidak selalu praktis dibawa kemana-mana. Perbedaan cushion dan foundation ini dari segi raplikasi tergantung ukuran dari masing-masing produk.

7. Shade dan Formulasi

Salah satu kelebihan foundation adalah memiliki banyak pilihan shade warna yang tentunya lebih mudah disesuaikan dengan warna kulit. Formulasi foundation juga bervariasi lebih luas dengan berbagai jenis, seperti cair, stick, krim, dan matte.

Baca Juga :  8 Perbedaan Wardah White Secret dan Wardah Renew You

Sementara itu pilihan warna cushion cenderung terbatas sehingga pengguna perlu lebih detail untuk menyesuaikannya.

Perbedaan cushion dan foundation jika dilihat dari warna cushion hanya mewakili tone kulit seperti putih, pink, kuning langsat, dan sawo matang dengan formulasi yang cenderung lebih seragam. Hal ini karena cushion ditujukan untuk memberikan coverage yang lebih ringan dan hasil yang lebih natural.

Rekomendasi Cushion dan Foundation Terbaik Membuat Kulit Glowing

Setelah mengetahui masing-masing perbedaan cushion dan foundation diatas, kemungkinan kamu juga ingin membeli salah satu dari produk tersebut berikut beberapa rekomendasi cushion dan foundation terbaik, terlaris yang akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan glowing sepanjang hari.

Cushion untuk tipe kulit berminyak, kering dan kombinasi :

  • SKINTIFIC Cover All Perfect Air Cushion High Coverage harga sekitar Rp159.000
  • Instaperfect Skincover Air Cushion harga sekitar Rp145.000
  • MAKE OVER Powerstay Mate Cover Cushion harga sekitar Rp170.000
  • SOMETHINC HOOMAN Breathable UV Cushion harga sekitar Rp94.167
  • Luxcrime 2nd Skin Luminous harga sekitar Rp179.000
  • Wardah Colorfit Perfect Glow Cushion harga sekitar Rp81.100
  • PIXY Make It Glow Dewy Cushion harga sekitar Rp109.800
  • Hanasui Serum Cushion harga sekitar Rp79.523
  • Maybelline Fit Me Matte+Poreless harga sekitar Rp225.000
  • BIOAQUA x SUNISA Bedak Cushion Waterproff harga sekitar Rp48.500 – Rp169.999

Rekomendasi Foundation terbaik untuk tipe kulit berminyak, sensitif, dan kering

  • MAKE OVER POWERSTAY 24H Weightless Liquid Foundation harga sekitar Rp141.750 – Rp160.650
  • maybelline Fit Me Matte+Poreless Liquid Foundation harga sekitar Rp99.900 – Rp171.900
  • L’Oreal Paris Infallible 32 Hr Matte Cover Liquid Foundation harga sekitar Rp143.000
  • Wardah Lightening Liquid Foundation harga sekitar Rp47.600
  • SKINTIFIC All Day Perfect serum Foundation harga sekitar Rp185.000
  • YOU Cloud Blurring Skin Tint Liquid Foundation harga sekitar Rp93.500 – Rp103.275
  • PIXY Stay Last Serum Foundation harga sekitar harga sekitar Rp60.000
  • Instaperfect Skinfocus Cover Foundation harga sekitar Rp199.000
  • ESQA Flawless Powder Foundation harga sekitar Rp89.000 – Rp99.000
  • FOCALLURE Full Coverage Oil-Control Fluid Foundation harga sekitar Rp43.000

Artikel Menarik Lainnya : 6 Cara Menentukan Shade Cushion Somethinc yang Tepat Sesuai Warna Kulit

Akhir Kata

Perbedaan Cushion Dan Foundation
Perbedaan Cushion Dan Foundation

Nah, sudah tahu perbedaan Cushion dan Foundation dari segi kemasan hingga penggunaannya? Itulah beberapa perbedaan yang wajib kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu produk tersebut. Pililah tergantung pada presensi dan kebutuhan, dimana cushion lebih cocok untuk tampilan ringan dan natural, sementara foundationlebih cocok untuk coverage yang lebih tinggi dan pilihan shade yang lebih banyak.

Back to top button