Tutorial

5 Cara Mengetahui Berat Badan Tanpa Timbangan dengan Mudah

Cara mengetahui berat badan tanpa timbangan, apakah ada? merupakan pertanyaan yang sering kali terdengar dari banyak orang, terutama dari mereka yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Dalam artikel ini akan mengulas tentang sejumlah cara mengetahui berat badan tanpa timbangan. Temukan cara mudah dan praktis untuk mengukur berat badan tanpa harus bergantung pada timbangan!

Apakah berat badan bisa diketahui tanpa timbangan?

Tentu bisa! Meski hasilnya memang tidak seakurat jika kamu menggunakan timbangan, namun beberapa metode pengukuran berat badan tanpa menggunakan timbangan cukup membantu kamu untuk mengetahui perubahan yang terjadi dari postur tubuh kamu.

Cara Mengetahui Berat Badan tanpa Timbangan

Nah, langsung saja kami tampilkan, ini dia sejumlah cara mengetahui berat badan tanpa timbangan yang patut kamu coba!

  • Gunakan meter ukur

Cara Mengetahui Berat Badan tanpa Timbangan
Sumber: kabartangsel.com

Cara mengetahui berat badan tanpa timbangan yang pertama dapat kamu lakukan dengan menggunakan meter ukur yang biasanya digunakan oleh penjahit. Ukurlah beberapa bagian dari tubuh anda mulai dari lengan, pergelangan tangan, lingkar dada, lingkar pinggang dan perut, paha, serta betis.

Lakukan pengukuran secara rutin perminggu ataupun perbulan. Anda bisa membuat catatan khusus untuk menulis hasil pengukuran dalam setiap periode pengukuran.

  • Buat foto perbandingan

Dengan membuat foto perbandingan dari waktu ke waktu, anda dapat melihat perubahan visual yang terjadi pada postur tubuh anda. Namun perlu untuk diingat bahwa anda harus mengambil foto di tempat yang sama dengan jarak pengambilan foto yang sama setiap foto. Karena jarak pengambilan foto jelas akan berpengaruh terhadap hasil yang ditampilkan!

  • Kenakan kembali pakaian lama

Cara Mengetahui Berat Badan tanpa Timbangan
Sumber: akamaized.net

Mengenakan kembali pakaian lama juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengetahui berat badan tanpa timbangan. Cobalah kenakan kembali pakaian anda (baju dan celana) yang dulunya terasa sempit.

Baca Juga :  2 Cara Menghapus Riwayat Tontonan Di FB Sekaligus

Jika bisa dengan muat dan nyaman digunakan kembali, maka itu artinya berat badan anda sudah berhasil menurun. Apalagi jika terasa menjadi longgar maka itu sudah mengindikasikan bahwa berat badan anda telah berkurang banyak!

  • Evaluasi perasaan fisik

Cara mengetahui berat badan tanpa timbangan yang berikutnya yaitu lewat evaluasi perasaan fisik. Apabila anda merasa tubuh anda lebih ringan, maka itu mengindikasikan bahwa anda telah kehilangan berat badan. Sebaliknya, jika tubuh anda terasa lebih berat dan kurang aktif, bisa jadi berat badan anda mungkin justru malah bertambah.

  • Gunakan aplikasi pelacak berat badan

Bagian terakhir dari cara mengetahui berat badan tanpa timbangan yaitu dengan menggunakan aplikasi pelacak berat badan. Ada beberapa aplikasi penimbang berat badan terbaik yang telah banyak digunakan, diantaranya adalah seperti:

  1. WeightFit
  2. Kalkulator BMI
  3. Smart Measure
  4. Distance Meter
  5. Weight Track Assistant

Kekurangan dari Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan

Sebelum mencoba sejumlah cara mengetahui berat badan tanpa timbangan diatas, perlu bagi anda untuk mempertimbangkan beberapa kekurangan dari mengukur berat badan tanpa timbangan, yaitu:

  • Hasil tidak akurat (Tidak menyediakan angka pasti)

Hasil yang anda peroleh ketika mengukur berat badan tanpa timbangan tentu tidak akan seakurat jika anda menggunakan timbangan. Dengan menggukan timbangan, anda dapat melihat dengan jelas angka dari berat badan anda sehingga perubahan kecil sekalipun dapat diketahui.

Berbeda dengan jika tanpa timbangan, anda hanya bisa menerka-nerka atau memberikan perkiraan kasar pada setiap perubahan yang anda peroleh dari hasil pengukuran yag anda lakukan.

  • Bersifat Subyektivitas

Dari beberapa cara mengetahui berat badan tanpa timbangan yang telah kami sebutkan, dua diantaranya adalah “membuat foto pertimbangan dan mengenakan pakaian lama”

Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki KTP yang Buram dan Tips Merawatnya Dengan Benar

Sayangnya, metode ini bersifat subjektif dan dapat dipengaruhi oleh persepsi individu yang dapat menghasilkan penilaian yang kurang objektif.

  • Tidak dapat mendeteksi perubahan kecil

Dengan menggunakan meter ukur, membuat perbandingan foto, atau mengenakan pakaian lama saja tidak akan mampu mendeteksi perubahan kecil pada postur tubuh anda. Berbeda dengan timbangan yang dapat memberikan anda informasi sekecil apapun perubahan yang terjadi.

  • Perasaan tidak puas

Dengan menebak-nebak saja perubahan yang terjadi pada postur tubuh anda tentu akan memunculkan perasaan tidak puas karena tidak dapat memastikan apakah berat badan anda berhasil turun atau justru naik serta berapa detail angka perubahannya.

Tips Menjaga Berat Badan Ideal

Tips Menjaga Berat Badan Ideal
Sumber: momsurvivalguide.com

Sedang menjalankan program menurunkan berat badan? Yuk, ketahuilah beberapa tips menjaga berat badan ideal berikut ini:

  • Atur pola makan dengan baik

Yang pertama, mulailah dengan menjaga mengatur pola makan dengan baik. Bagaimana caranya menjaga pola makan yang tepat? Perhatikan berikut ini:

  1. Makan pada jam teratur, hindari makan terlalu malam (paling lama jam 08.00 WIB).
  2. Kurangi porsi makan secara bertahap, namun harus tetap rutin makan 2-3 kali sehari.
  3. Perbanyak mengomsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  4. Kurangi komsumsi makanan yang berminyak dan mengandung lemak jahat seperti gorengan, kulit hewan dan lain-lain.
  5. Hindari ngemil yang tidak sehat
  6. Kurangi makanan yang banyak mengandung garam
  • Jaga pola tidur

Pola tidur yang teratur tentu akan berpengaruh terhadap berat badan ideal anda. Tidurlah pada jam yang teratur setiap harinya. Hindari begadang karena dapat menghambat hormon yang mengontrol rasa lapar yang membuat nafsu makan anda meningkat di malam hari sehingga berat badan tidak terkontrol dengan baik.

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu anda untuk mencapai berat badan yang ideal. Minumlah minimal 2 liter sehari agar zat-zat sisa atau racun dari dalam tubuh anda dapat lebih mudah dikeluarkan. Zat racun apabila tidak dikeluarkan akan menyebabkan penumpukan lemak jahat yang berpotensi terhadap naiknya berat badan.

  • Rutin berolahraga

Berolahraga secara rutin merupakan cara paling efektif untuk membakar lemak jahat dalam tubuh dan menjadikan tubuh anda lebih sehat.  dapat dilakukan di dalam maupun diluar ruangan. Di dalam ruangan misalnya seperti: Gym, Zumba, dan yang lainnya. Sedangkan diluar ruangan, misalnya seperti jogging.

  • Gunakan produk penurun berat badan

Tips terakhir untuk mencapai berat badan ideal adalah dengan mengkonsumsi produk penurun berat badan. Ada beberapa minuman penurun berat badan, diantaranya adalah seperti: Flimty, Herbalife, Slim & Fit, Dailywell, FibreFirst dan Flimfit.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Kuota Gratis AXIS Tanpa Pulsa 2024

Berapa Berat Badan Ideal?

Terdapat cara efektif untuk mengetahui apakah berat badan kamu sudah dapat dikatakan ideal. Cara yang dimaksud yaitu dengan menggunakan metode BMI (Body Mass Index). BMI dihitung dengan rumus sebagai berikut:

Cara Mengetahui Berat Badan Ideal
Cara Mengetahui Berat Badan Ideal

Jika hasilnya:

  • Kurang dari 18.5 ⇒ Kurang berat badan
  • 18.6 – 24.9 ⇒ Normal (berat badan ideal)
  • 25.0 – 29.9 ⇒ Kelebihan berat badan
  • 30.0 atau lebih ⇒ Obesitas

Contoh perhitungannya dapat kamu lihat berikut ini:

Misalnya berat badan kamu 58 Kg, dengan tinggi badan 150 cm (1.5m)

Maka perhitungannya adalah ⇒ 58/ 1,5= 58/ 2,25 = 25,7

Hasilnya adalah 25, 7. Dari ketentuan rumus seperti yang kami tampilkan diatas maka, hasil yang menunjukkan pada angka 25,7 ini tergolong kelebihan berat badan. Nah, untuk mengecek apakah berat badan kamu berada di angka normal (ideal), kamu bisa mengikuti langkah pada contoh diatas.

Akhir Kata

Cara Mengetahui Berat Badan Tanpa Timbangan
Cara Mengetahui Berat Badan Tanpa Timbangan

Memahami bagaimana cara mengetahui berat badan tanpa timbangan akan memungkinkan anda mengetahui perubahan yang terjadi pada postur tubuh anda. Namun perlu diingat bahwa, metode ini hanya dapat memberikan anda gambaran kasar tentang berat badan anda. Untuk hasil yang lebih akurat masih harus tetap menggunakan timbangan!

Back to top button