Tutorial

10+ Cara Mengatasi Sinyal Tri Hilang Terbaru 2024

Sinyal Tri kamu hilang? Gak usah khawatir guys! Yuk intip penyebab beserta cara mengatasi sinyal Tri hilang dalam artikel ini.

Tak sedikit pengguna Tri yang sering mengalami masalah terkait sinyal Tri hilang. Kondisi ini tentu saja akan sangat menjengkelkan bukan? karena untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain melalui telepon seluler, tentu saja akan bergantung pada sinyal.

Selain itu, kendala pada sinyal yang hilang juga akan membuat aktivitas dalam menjelajah dunia internet menjadi terganggu. Namun sekarang anda tidak perlu cemas lagi ya sobat, karena dalam artikel ini kami akan mengulas beberapa penyebab dan cara mengatasi sinyal Tri hilang. Silahkan disimak dengan seksama!

Sekilas tentang Tri

Sumber: statik.tempo.co

Dilansir dari Wikipedia Tri (yang lebih akrab di kenal dengan simbol angka 3) ini adalah sebuah produk telekomunikasi seluler berbasis  GSM yang dikeluarkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison.

Jaringan telekomunikasi Tri ini diluncurkan pada tahun 2007, hingga sampai saat ini jaringan Tri sudah menyebar ke berbagai kota-kota besar di Indonesia walaupun tidak semerata seperti jaringan Telkomsel yang sudah menjangkau sampai ke pelosok-pelosok daerah.

Kenapa Sinyal Tri Hilang?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi sinyal Tri hilang, hal pertama yang perlu untuk kamu pahami terlebih dahulu tentu saja adalah penyebab dari kenapa sinyal Tri hilang. Berikut ini kami tampilkan beberapa penyebab dari kenapa sinyal Tri hilang yang dibagi ke dalam 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Supaya lebih jelas untuk kamu pahami, langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Faktor Internal
Mode pesawat aktif Mengaktifkan mode pesawat bisa berakibat pada hilangnya jaringan atau sinyal pada HP. Selain menghilangkan jaringan pada HP, mode pesawat ini juga akan secara otomatis mematikan beberapa fitur lainnya seperti GPS, WiFi, dan bluetooth. Lantas, apakah kegunaan dari mode pesawat? Kegunaannya adalah agar anda tetap bisa menggunakan HP saat sedang berada dalam pesawat tanpa mengganggu sistem di pesawat tersebut.
Alat penangkap sinyal rusak Hilangnya sinyal Tri di HP bisa juga diakibatkan oleh rusaknya komponen penangkap sinyal pada HP. Kondisi ini biasanya dipicu oleh berbagai faktor seperti faktor umur HP yang sudah tua, serangan virus, atau keadaan HP yang pernah atau baru saja mengalami terjatuh atau terbentur.
Cache dan sampah menumpuk Cache merupakan sebuah tools pada HP yang berfungsi untuk menyimpan riwayat aktivitas atau data sementara dalam HP, yang akan berguna untuk mempercepat loading sistem aplikasi ataupun website. Namun, lama kelamaan ruang penyimpanan cache ini bisa menumpuk dan akan mempengaruhi beberapa fungsi dan fitur, termasuk salah satunya yaitu pengaruh pada jaringan sinyal HP.
Faktor Eksternal
Kondisi fisik kartu SIM rusak Sinyal pada HP tentu saja akan hilang jika kondisi fisik kartu SIM anda rusak. Kondisi ini biasanya ditandai pada kuningan kartu sim yang rusak, lecet, patah, dll. Pemicu paling besar yang menjadi penyebabnya adalah usia kartu SIM yang sudah sangat tua.
Sedang perbaikan sistem Penyebab sinyal Tri hilang yang berikutnya disebabkan oleh adanya maintenance atau pemeliharaan sistem pada jaringan telekomunikasi Tri. Aktivitas ini memang akan mengakibatkan sinyal Tri menghilang sementara waktu sampai perbaikan selesai dilakukan oleh tim yang bertugas.
Masa aktif kartu telah hangus Kondisi kartu yang expired atau masa aktifnya telah habis akan menghilangkan sinyal pada HP. Penyebab dari masalah ini tentu saja dikarenakan oleh anda yang tidak segera melakukan isi ulang pulsa sampai masa tenggang kartu habis.
Faktor lokasi yang lemah sinyal Berbeda dengan Telkomsel, jaringan Telekomunikasi Tri merupakan salah satu layanan jaringan yang jangkauannya belum merata di berbagai kawasan atau daerah di Indonesia. Oleh karena itu, ketika anda bepergian ke suatu tempat dan mendapati HP anda yang kehilangan sinyal, kemungkinan besar disebabkan oleh tidak tersedianya jaringan Tri di tempat tersebut
Kesalahan pada pengaturan jaringan Penyebab sinyal Tri hilang yang terakhir adalah terletak pada pengaturan jaringan yang salah. Misalnya, apabila anda mengatur mode jaringan hanya pada jaringan 4G saja maka pada saat anda berada dalam daerah yang tidak mendukung jaringan tersebut otomatis sinyal anda akan hilang.
Baca Juga :  3 Cara Nelpon Gratis Indosat Ke Semua Operator 2024

Cara Mengatasi Sinyal Tri Hilang

Cara Mengatasi sinyal Tri hilang
Cara Mengatasi sinyal Tri hilang

Nah, anda telah mengetahui beberapa penyebab dari kenapa sinyal Tri hilang. Pada pembahasan berikutnya, disini kami akan mengulas bagian yang paling kamu telah nanti-nantikan yaitu cara mengatasi sinyal Tri hilang.

Anda tidak perlu khawatir ketika sinyal Tri anda mendadak hilang, karena berikut ini kami tampilkan beberapa cara mengatasi sinyal Tri hilang:

Penyebab Cara Mengatasi
Kondisi fisik kartu rusak Lakukan pengecekan pada SIM Card anda, apakah terdapat kerusakan atau tidak. Namun jika ternyata sepertinya tidak ada masalah dengan fisik kartu SIM, coba anda cek posisi pemasangannya, pastikan kartu SIM dipasang dengan benar supaya bisa terbaca oleh sistem HP.
Pemeliharaan sistem Tunggu sampai perbaikan selesai. Jika pemeliharaan sistem telah siap, maka jaringan akan kembali normal seperti biasa.
Mode pesawat aktif Matikan mode pesawat anda jika sebelumnya mode pesawat dalam keadaan aktif.
Alat penangkap sinyal rusak Jika masalahnya terdapat pada perangkat hardware, maka solusi satu-satunya adalah membawa ponsel ke tukang servis/ orang yang lebih berpengalaman dibidangnya
Cache dan sampah menumpuk Lakukan pembersihan pada cache dan sampah yang sudah menumpuk pada ponsel anda
Kesalahan pada pengaturan jaringan Buka pengaturan HP anda > lalu klik pada menu “kartu SIM dan jaringan seluler” Ganti mode jaringan menjadi “pilih jaringan secara otomatis” dan juga type jaringan prioritas ke prioritas LTE. Dengan demikian, sinyal HP anda akan otomatis berubah menyesuaikan pada jaringan yang tersedia.
Kondisi kartu telah expired Aktifkan kembali kartu Tri anda dengan mengunjungi gerai Tri (3 store) terdekat dengan lokasi anda berada.
Faktor lokasi yang lemah sinyal Jika kamu berada di lokasi yang sama sekali tidak mendukung jaringan Tri maka tidak akan ada solusi selain mengganti jaringan. Namun jika kondisi sinyalnya muncul tenggelam, artinya masih ada kemungkinan untuk anda mendapatkan sinyal yang lebih bagus dengan pergi ke tempat yang lebih tinggi.
Baca Juga :  7 Cara Mengunci Folder Di Laptop Dengan Cepat

Cara mengatasi sinyal Tri hilang lainnya

Selain beberapa cara mengatasi sinyal Tri hilang yang telah kami tampilkan diatas, berikut ini ada juga beberapa cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan kembali sinyal Tri anda, apabila beberapa cara diatas tidak berhasil. Beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Restart HP

Restart HP merupakan sebuah proses memulai ulang perangkat dengan cara mematikan kemudian menyalakan kembali ponsel. Proses ini akan merefresh kondisi HP anda, sehingga beberapa kendala seperti kinerja HP yang lemot, sinyal lemah, dll akan teratasi.

  • Setting APN Tri

Cara Mengatasi sinyal Tri hilang/ shobatasmo.com

Hilangnya sinyal Tri kamu bisa jadi disebabkan oleh pengaturan APN yang tidak sesuai atau bahkan mungkin memang belum diatur sama sekali. APN (Access Point Name) sendiri berfungsi sebagai penghubung perangkat dengan operator penyedia jaringan. Cara setting APN Tri adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan di HP anda
  2. Tap pada nirkabel dan jaringan
  3. Lalu klik jaringan seluler
  4. Kemudian klik pada APN/ nama titik akses
  5. Maka akan muncul APN default di kartu tri
  6. Klik “Tambah” untuk mengatur APN 3 yang baru
  • Manfaatkan mode pesawat

Meski mode pesawat bisa menghilangkan jaringan pada HP. Namun ternyata, fitur airplane mode ini dapat juga kita manfaatkan untuk mengoptimalkan sinyal Tri di ponsel kita. Caranya yaitu dengan menghidupkan mode pesawat untuk beberapa saat, lalu mematikannya kembali. Cara ini dapat berfungsi untuk me-refresh jaringan anda supaya kembali normal.

  • Reset Ponsel

Cara Mengatasi sinyal Tri hilang/ www.bursahpsamsung.com

Cara mengatasi sinyal Tri hilang yang berikutnya adalah dengan melakukan reset pada ponsel. Mereset artinya mengembalikan ke pengaturan pabrik atau ke kondisi saat perangkat pertama kali digunakan. Cara ini biasanya sukses mengatasi berbagai masalah pada ponsel termasuk kendala pada sinyal yang hilang. Namun, jika anda ingin melakukan reset pada ponsel, pastikan anda telah mencadangkan data-data penting anda terlebih dahulu ke penyimpanan awan seperti google drive, Terabox, dll.

  • Gunakan aplikasi penguat sinyal

Rekomendasi cara mengatasi sinyal Tri hilang yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Aplikasi ini akan sangat membantu anda, terutama ketika anda sedang berada di kawasan yang lemah sinyal. Adapun beberapa aplikasi penguat sinyal adalah seperti:

  1. Opensignal
  2. Connection Stabilizer Booster
  3. Network Signal Refresher
  4. Signal Guard
  5. Net Optimizer
Baca Juga :  Pulsa Berkurang Sendiri? Berikut 12 Cara Mengatasi Pulsa Tersedot Telkomsel

Akhir Kata

Cara Mengatasi Sinyal Tri Hilang
Cara Mengatasi Sinyal Tri Hilang

Sebagai salah satu pelanggan Tri memang akan sangat menyebalkan jika mendapati sinyal kartu Tri yang sering menghilang. Namun dengan adanya artikel ini yang membahas tentang “cara mengatasi sinyal Tri hilang” kami selaku penulis berharap agar melalui artikel ini anda dapat menemukan titik terang dan dapat memecahkan masalah pada sinyal anda.

Back to top button