Promo Top Up Game Termurah😍
Tips

5 Penyebab Bulu Anjing Rontok Dan Cara Mengatasinya

Hi dog lovers, hari ini kita akan membahas apa sebenarnya penyebab bulu anjing rontok dan cara mengatasinya tanpa perlu ke dokter hewan.

Memang permasalahan seputar hewan peliharaan tidak ada habisnya khususnya pada hewan yang memiliki bulu contohnya anjing. Salah satu masalah yang sering terjadi pada anjing ialah bulu yang rontok. Nah permasalahan itu sebenarnya muncul dari berbagai faktor, penasaran apa saja? yuk baca yuk…..

Penyebab bulu anjing rontok

Penyebab bulu anjing rontok dan cara mengatasinya
nasional.tempo.co

Anjing merupakan salah satu hewan yang super aktif dan lucu. Setiap kelucuan nya akan membuat siapapun yang melihat mereka pasti akan langsung menyukai mereka. Dibalik kelucuan dan ke aktifan mereka ternyata anjing termasuk hewan yang cukup sensitif loh sobat. Apalagi jika dikaitkan dengan area di sekitar tubuh mereka seperti bulu dan indra mereka.

Biasanya bulu anjing sangat rawan mengalami kerontokan sama hal nya seperti bulu kuncing. Penyebab bulu anjing rontok bisa muncul dari berbagai aspek ataupun faktor. Diantaranya:

1. Makanan

makanan anjing perawat bulu
merekbagus.com

Faktor pertama yang jadi penyebab bulu anjing rontok ialah makanan. Makanan yang dimaksud ialah makanan yang tidak memiliki ingredients atau bahan-bahan yang cukup untuk menutrisi pertumbuhan anjing dan tidak memiliki vitamin yang cukup untuk merawat serta menjaga bulu anjing agar tidak rontok.

Biasanya makanan yang tidak cocok dengan tubuh anjing akan menimbulkan reaksi seperti gatal-gatal, bulu rontok dan anjing bisa saja muntah-muntah ya sobat. Jadi penyebab bulu anjing rontok karena makanan perlu diperhatikan secara ekstra ya sobat.

2. Alergi

Faktor kedua yang menjadi penyebab bulu anjing rontok ialah alergi. Faktor pemicu terbesar anjing bisa terkena alergi adalah lingkungan. Lingkungan yang kotor atau tidak bersih biasanya akan memunculkan parasit seperti kutu atau tungau dan bakteri lainnya.

Biasanya anjing yang terkena parasit akan menunjukkan reaksi menggaruk bagian tubuh, menjilati bagian tubuh, lemas dan malas makan. Jika parasit sudah hinggap maka akan semakin berbahaya untuk kondisi anjing sehingga perlu diperhatikan ya dog lovers.

3. Infeksi

Faktor ketiga penyebab bulu anjing rontok adalah infeksi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya luka pada tubuh anjing seperti gigitan kutu atau parasit lainnya. Jadi bisa menimbulkan goresan kecil yang lama-lama akan semakin tersebar di tubuh anjing jika tidak segera diobati.

oleh karena itu, anjing yang memiliki luka sebaiknya segera di obati ya dog lovers karena jika tidak segera ditangani maka luka di tubuh anjing bisa menjadi infeksi dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi penyebab bulu anjing rontok.

4. Penyakit cushing

Penyakit cushing adalah penyakit yang timbul akibat tingginya kadar hormon kortisol di dalam tubuh anjing. Penyakit cushing ini bisa disebut juga sebagai penyakit kulit. Penyakit cushing ini disebabkan oleh faktor stres pada hewan.

Biasanya ciri-ciri anjing yang terkenal penyakit ini ialah memiliki aktivitas buang air kecil dan besar terlalu sering, perut buncit, selalu ter engah-engah dan bulu rontok dengan jumlah yang sangat banyak. Penyebab bulu anjing rontok ini juga menular ya sobat jadi kamu harus berhati-hati dalam penanganannya.

5. Genetik

Bulu anjing rontok karena faktor genetik
id.gofreedownload.net

Faktor genetik sebenarnya sangat memungkinkan sebagai penyebab bulu anjing rontok ya sobat. Mengapa? karena ada beberapa jenis anjing yang tergolong ras seperti whippet, chihuahua, bulldog memang akan mengalami kerontokan karena faktor bawaan atau genetik.

Biasanya kerontokan ini berada di area punggung, dada atau leher. Jadi sobat di rumah tidak perlu khawatir jika anjing ras kalian mengalami kerontokan bulu ya.

Gejala Awal Bulu Rontok Pada Anjing

gejala awal bulu anjing rontok
halodoc.com

Setelah membaca penyebab bulu anjing rontok sebelumnya maka sebaiknya sobat dirumah juga melihat tanda-tanda atau gejala awal bulu rontok pada anjing. Nah, inilah deretan gejala awal bulu rontok pada anjing:

  1. Anjing tidak berhenti menggaruk
  2. Mulai terjadi kerontokan bulu di area mata dan kepala
  3. Adanya luka di area punggung, kaki dan leher
  4. Kulit menjadi kemerahan
  5. Terjadi pendarahan di area luka
  6. Badan anjing mulai mengeluarkan bau yang tak sedap
  7. Kulit berubah warna menjadi kehitaman atau gelap
  8. Anjing mulai lemas dan tidak memiliki semangat untuk bermain
  9. Selera makan anjing mulai berkurang
  10. Bulu mulai menipis secara perlahan

Artikel menarik lainnya: 6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

Cara Mengatasi Bulu Anjing Rontok

Penanganan untuk bulu anjing yang sering rontok tentu sangat di perlukan ya sobat. Agar kamu tau penanganannya jika kamu memiliki anjing yang bulunya rontok tanpa harus pergi ke dokter hewan.

Jadi selain mengetahui penyebab bulu anjing rontok, kamu juga bisa tau cara mengatasinya

  • Membersihkan lingkungan tempat tinggal anjing

Cara pertama ialah membersihkan lingkungan sekitar anjing. Bisa saja penyebab bulu anjing rontok ialah lingkungan nya yang kurang bersih.

Jadi mulai lah dengan mencuci kandang anjing, mengganti toilet anjing dengan yang baru, berikan air minum yang bersih dan pastikan anjing memiliki pakaian yang bersih juga jika anjing memang memakai pakaian sebelumnya.

  • Mengganti makanan

Cara kedua ialah mengganti makanan anjing. Seperti pembahasan sebelumnya, penyebab bulu anjing rontok bisa berasal dari makanan anjing yang tidak cocok bagi tubuh anjing.

Jadi jika kamu menemukan hal ini maka sebaiknya kamu mencari makanan yang bisa mengatasi kerontokan pada bulu anjing dan memiliki komposisi atau ingredients yang bagus untuk tubuh anjing.

  • Memberikan obat-obatan

Jika anjing mengalami kerontokan bulu akibat gigitan kutu atau parasit maka sebaiknya kamu memberikan obat-obatan seperti salep dan obat tetes untuk kulit anjing.

Kamu bisa membeli obat-obatan ini di pet shop tanpa harus menggunakan resep dokter. Jadi buat kamu yang tidak memiliki biaya maka bisa mencoba cara ketiga ini.

  • Memberikan vitamin

Penyebab bulu anjing rontok bisa saja terjadi karena anjing kekurangan vitamin. Sehingga cara memberikan vitamin yang cukup bagi anjing adalah solusi penyembuhan untuk bulu anjing yang rontok ya.

Sementara vitamin yang sangat dianjurkan untuk mengatasi bulu anjing yang rontok ialah vitamin A dan E. Jadi silahkan sobat dirumah mencari makanan atau cemilan kucing yang mengandung vitamin A dan E ya.

  • Sisir bulu secara rutin

Cara berikutnya ialah menyisir bulu anjing secara rutin. Banyak orang ber pendapat bahwa cara ini semakin mengurangi bulu anjing padahal sebenarnya tidak ya dog lovers. Alasannya karena bulu yang disisir ialah bulu mati atau bulu yang seharusnya rontok dari badan anjing. Sehingga nantinya akan digantikan dengan bulu-bulu yang baru.

  • Mandikan secara rutin

Anjing yang kotor dan bau tentunya bisa menjadi penyebab bulu anjing rontok. Nah, mandi secara rutin akan membuat bulu anjing yang seharusnya rontok akan jatuh dengan sendirinya.

Namun dog lovers perlu mengingat bahwa jangan pernah memandikan anjing terlalu sering cukup 1 kali dalam seminggu karena hal ini bisa menyebabkan bulu anjing menjadi rontok.

Baca artikel sebelumnya : 10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Penutup

Penyebab Bulu Anjing Rontok Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Bulu Anjing Rontok Dan Cara Mengatasinya

Sekian informasi seputar penyebab bulu anjing rontok hingga cara penanganannya. Semoga bermanfaat buat para dog lovers di rumah. Terimakasih

Back to top button