Harga

Informasi Harga Pasir Bangunan 1 Truk Terbaru 2023

Informasi Harga Pasir Bangunan 1 Truk Terbaru 2023 – Salah satu komponen penting di dalam membangun sebuah rumah atau gedung ialah pasir karena semua aktivitas pengerjaan pembangunan membutuhkan peranan pasir di dalamnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih pasir dengan kualitas bagus agar kita dapat mempersiapkan anggaran yang tepat nantinya.

Dipasaran ada berbagai jenis pasir dengan harga yang bervariasi. Untuk lebih jelasnya, berikut harga pasir bangunan 1 truk beserta dengan jenisnya.

Pasir Dan Manfaatnya

pasir beton
sumber : rajastore.id

Pasir merupakan material yang terdiri dari partikel batuan dan mineral yang berbentuk halus dan bisa di katakan lebih halus dari pada kerikil.

Pada umumnya orang menggunakan pasir sebagai bahan bangunan yang banyak di pergunakan sebagai bahan perekat semen dan beberapa manfaat seperti berikut ini :

  • Digunakan sebagai bahan adukan untuk lantai, pemasangan pondasi, pemasangan dinding bata, plester dinding dan lain-lain
  • Digunakan sebagai perekat keramik lantai maupun dinding
  • Menjadi bahan dalam pembuatan beton bangunan
  • Untuk melekatkan batu bata yang satu dengan yang lainnya

Jenis Pasir Bangunan Di Indonesia

jenis pasir bangunan
Beberapa jenis pasir bangunan

Di Indonesia pasir masih memiliki jenis atau variasi. Nah biasanya nama dari pasir-pasir tersebut diambil dari tempat asal nya. Misalnya pasir hitam vulkanik dinamakan vulkanik karena berasal dari galian tanah gunung merapi dan lainnya.

Setiap jenis pasir ini memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda-beda untuk itu sebelum menuju ke inti harga pasir bangunan 1 truk mari simak penjelasannya di bawah ini untuk menghindari kesalahan dalam memilih jenis pasir bangunan nantinya

List Harga Berikutnya : Info Harga Spandek Pasir Per Lembar Ukuran 1 Meter Sampai 6 Meter

1. Pasir Beton

Jenis pasir pertama ialah pasir beton. Pasir beton merupakan pasir yang berwarna hitam pekat yang sangat halus.

Sedangkan tekstur dari pasir beton ini ialah tidak menggumpal dan langsung terurai apabila di aplikasikan langsung dengan bahan campuran lainnya seperti semen.

Lalu, pasir beton sangat cocok di buat sebagai material campuran untuk plester dinding, adukan pondasi hingga adukan pemasangan bata.

2. Pasir Sungai

Sesuai dengan namanya, pasir sungai merupakan pasir yang sering kita jumpai pada pinggiran sungai. Biasanya orang sering menggunakan pasir sungai sebagai campuran apabila tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli pasir jenis lainnya.

Namun walaupun begitu, pasir sungai terkenal dengan daya serap dan kelembapan yang tinggi sehingga dapat dipastikan bahwa kualitas pasir ini tidak kalah dengan jenis pasir lainnya.

3. Pasir Merah

Berbeda dari jenis pasir sebelumnya, pasir merah merupakan pasir dengan warna merah dan memiliki tekstur yang sedikit kasar dari pasir biasanya.

Selain itu, apabila kalian menggenggam pasir merah ini maka pasir ini akan membentuk sebuah tumpukan dan menggumpal di tangan.

Pasir merah ini biasanya digunakan sebagai material pengecoran sama seperti pasir lainnya dan kalian bisa menemukan pasir ini di daerah Sukabumi atau Cianjur.

4. Pasir Vulkanik

Jenis pasir berikutnya ialah pasir vulkanik. Pasir ke empat ini merupakan pasir yang berasal dari tepian gunung merapi sehingga dinamakan pasir vulkanik.

Pada saat aktivitas gunung merapi sedang tinggi maka kalian bisa melihat bahwa banyak tumpukan pasir ini di pinggiran gunung tersebut.

Pasir vulkanik ini juga memiliki warna hitam pekat dengan tekstur menyerupai tanah dan terdapat sedikit bebatuan yang berbentuk halus di dalamnya namun masih tidak menggumpal ya.

Selain ke 3 jenis pasir diatas pasir vulkanik bisa kalian gunakan sebagai bahan campuran pengecoran walaupun pasir ini masih sulit untuk di dapatkan.

5. Pasir Pasang

Pasir pasang merupakan pasir yang hampir sama dengan pasir beton jika di lihat dari segi warna dan teksturnya. Namun masih terdapat perbedaan diantara keduanya dimana pasir pasang memiliki tingkat kehalusan yang lebih tinggi dibandingkan pasir beton.

Dan karena teksturnya yang sangat halus, pasir ini bisa menggumpal apabila kamu menekan atau menempelkannya di tangan.

Biasanya penggunaan pasir pasang tidak bisa di campurkan secara langsung dengan semen atau material lainnya karena pasir pasang merupakan material penambah kehalusan pada campuran pasir beton dengan semen sehingga cocok di buat untuk plesteran dinding.

6. Pasir Elod

Jika sebelumnya pasir pasang merupakan pasir dengan tekstur terhalus dibandingkan dengan pasir beton maka pasir elod merupakan pasir yang lebih halus lagi dibandingkan dengan kedua jenis pasir yakni pasir beton dan pasir pasang.

Dikarenakan teksturnya yang sangat halus, pasir ini tidak cocok di jadikan material pada proses pengecoran melainkan hanya sebagai material pembuatan batako saja.

7. Pasir Hitam

Pasir hitam merupakan pasir yang berwarna hitam namun tidak pekat sepekat pasir vulkanik dan biasanya ditemukan pada tepian sungai atau lautan.

Umumnya, pasir hitam ini memiliki tekstur yang sangat kasar dan lebih lembab di bandingkan dengan pasir vulkanik. Lalu pada pasir hitam juga masih terdapat kerikil kecil berwarna putih dan coklat.

Tak hanya itu, pasir hitam juga merupakan pasir yang berasal dari aktivitas vulkanik yang terbawa dari hulu ke hilir atau pantai-pantai terdekat dengan gunung vulkanik.

Sehingga pasir ini tidak bisa dikatakan sebagai pasir sungai maupun vulkanik jika di lihat dari keberadaannya.

8. Pasir Putih

Jenis pasir di deretan terakhir ialah pasir putih. Pasir putih merupakan pasir berwarna putih halus yang umumnya berada di pinggiran pantai.

Selain menghiasi keindahan pantai, pasir ini juga bisa digunakan sebagai campuran plester dinding dan bisa digunakan sebagai perekat keramik dikarenakan teksturnya yang halus dan mudah untuk di aplikasikan.

Namun perlu kita ketahui bahwa tidak semua pasir pantai berwarna putih jadi cara mendapatkan pasir jenis ini bisa kalian lakukan dengan pemesanan online atau pabrik pasir menggunakan daftar harga pasir bangunan 1 truk di bawah ini.

Harga Pasir Bangunan 1 Truk Lengkap Dengan Jenisnya

harga pasir bangunan 1 truk
sumber : bukalapak.com

List harga pasir bangunan 1 truk berikut diambil dari berbagai sumber aplikasi penjualan online dan tidak jauh berbeda dengan harga pasir bangunan 1 truk di pasaran.

Harga pasir bangunan 1 truk berikut ini hanya dalam ukuran truk dengan muatan besar khusus pengangkutan pasir dan batu ya jadi tidak bisa diberi kesamaan dengan harga pasir bangunan untuk ukuran pick up, colt di esel dan jenis truk kecil lainnya.

Nama Jumlah Harga (Rp)
Pasir Hitam 1 Truk Rp. 1.750.000
Pasir Beton 1 Truk Rp. 5.500.000
Pasir Merah 1 Truk Rp. 2.500.000
Pasir Sungai 1 Truk Rp. 2.100.000
Pasir Elod 1 Truk Rp. 2.160.000
Pasir Pasang 1 Truk Rp. 2.000.000
Pasir Vulkanik 1  Truk Rp. 2.850.000
Pasir Putih 1 Truk Rp. 3.000.000

Itu dia harga pasir bangunan 1 truk yang sangat singkat dimana harga pasir tersebut hanya berkisar Rp. 1.750.000 sampai Rp. 3.000.000 saja dengan 8 jenis varian pasir di Indonesia.

Ciri-Ciri Pasir Yang Bagus

Jenis dan harga pasir bangunan 1 truk belum menjadi hal terpenting dalam pembangunan rumah karena kalian juga wajib tau pasir yang bagus sebagai material yang cocok dalam sebuah proses pembangunan.

Karena alasan tersebut, kami menghadirkan ciri-ciri pasir yang bagus dan cocok di campurkan pada proses pengecoran nantinya

  1. Pilihlah pasir yang tidak mudah hancur pada saat di campurkan dengan material lain yang berbahan dasar magnesium sulfat
  2. Pilihlah pasir dengan indeks yang keras dengan butiran yang cukup kasar
  3. Pilihlah pasir yang tidak terlalu banyak memiliki kandungan organik di dalamnya
  4. Pilihlah pasir dengan tekstur butir yang mudah menyusur
  5. Pasir laut tidak boleh di aplikasikan langsung dengan dinding melainkan harus dicampurkan dengan semen sebelumnya.

Melalui harga pasir bangunan 1 truk, sampai dengan ciri-ciri pasir yang bagus maka kalian sudah dapat menentukan jenis pasir yang hendak kalian beli.

Kesimpulan

Ada banyak jenis pasir lainnya selain 8 jenis pasir diatas, namun artikel hari ini hanya khusus membahas seputar harga pasir bangunan 1 truk beserta jenisnya saja. Semoga artikel harga pasir bangunan 1 truk ini dapat menjadi referensi yang baik untuk sobat di rumah dan terimakasih

Back to top button