Harga

Info Harga Spooring Balancing Terbaru 2023

Harga Spooring Balancing 2023 – Melakukan perawatan pada kendaraan kesayangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena bila tidak dirawat dengan benar, bisa saja mobil kamu akan cepat mengalami kerusakan. Salah satu perawatan terbaik yaitu Spooring dan Balancing pada kaki mobil.

Kenyamanan kemudi atau steering tergantung pada pemeriksaan dan penyetelan roda-roda saat melakukan perawatan rutin. Spooring dan Balancing menjadi hal yang sangat penting dalam memberikan kenyamanan dan keamanan saat kamu berkendara. Kali ini Mocipay akan membahas tentang Harga Spooring Balancing.

Artikel menarik lainnya: Info Harga Kartu Timezone 2023 : Syarat dan Jenis Powercard

Apa Itu Spooring dan Balancing?

Apa Itu Spooring dan Balancing

Berdasarkan urutan cara kerjanya, Balancing akan dilakukan setelah dilakukan Spooring terlebih dahulu pada ban mobil. Spooring merupakan proses penyeimbangan atau penyelarasan roda-roda mobil. Proses Spooring ini meliputi beberapa bagian diantaranya camber, caster, toe angle, dan turning radius. 

Mobil yang bannya sudah dilakukan Spooring biasanya akan terasa lebih ringan dan juga lebih mudah untuk dibelokkan. Mobil yang digunakan untuk waktu yang lama, apalagi jika sering dibawa bepergian jauh, biasanya akan mengalami perubahan posisi pada keempat roda.

Untuk menghindari perubahan posisi, maka harus dilakukan Spooring agar keempat roda terebut kembali lurus seperti sevelumnya. Selain itu Spooring berfungsi pula untuk mengurangi keausan pada ball joint roda. Biasanya, kedua roda depan yang pertama akan diluruskan karena roda depan menjadi bagian yang lebih mudah mengalami perubahan sudut akibat pemakaian.

Kapan harus melakukan Spooring?

  • Ban mobil perlu dilakukan Spooring secara rutin. Selain melakukan dengan rutin, ketika ban mobil yang terlihat ada benjolan juga wajib melakukan SpooringTandanya suspensi mengalami masalah yang terjadi pada salah satu ban atau bahkan seluruhnya.
  • Spooring juga perlu dilakukan ketika ban mobil terlihat tidak sejajar ketika mobil dalam posisi diam. Kamu bisa memperhatikannya saat mobil diparkir, apakah roda miring atau roda depan terlihat tidak lurus dengan roda belakang.
  • Ketika kamu sedang mengendarai mobil di jalan yang mulus dan setir terasa bergetar, maka hal itu dapat menjadi tanda bahwa ban harus dilakukan Spooring 
  • Ban aus atau botak juga menjadi salah satu ciri roda perlu dilakukan Spooring. Ban yang aus atau botak ini tidak akan bekerja maksimal meskipun pada jalanan yang lurus.
  • Komponen kaki-kaki bagian depan rusak.

Balancing adalah proses menyeimbangkan massa atau beban berat ban dan velg agar putaran roda menjadi lurus. Perlu kamu ketahui, ketika roda berputar dan mengenai permukaan jalan, roda akan menyalurkan gaya dan torsi pada sumbunya.

Jadi, Balancing memastikan agar beban yang diterima oleh setiap ban dan velg terdistribusi dengan baik dan merata. Beban yang terdistribusi dengan rata akan membuat ban menggelinding sempurna dan juga keausan pada ban akan merata.

Berkendara menjadi nyaman dan ban juga lebih awet. Apalagi harga Balancing ban mobil juga tergolong murah, jadi bukan harga yang tinggi dibandingkan dengan hasil yang didapatkan.

Proses Balancing adalah dengan dengan meletakkan tambahan beban berupa besi atau timah kecil pada bagian velg mobil. Besi atau timah ini dipasang pafa bagian luar atau bagian dalam velg. Tujuannya agar beban setiap ban menjadi seimbang.

Tidak hanya untuk membuat ban mobil menjadi seimbang, Balancing juga memiliki manfaat lainnya seperti berikut ini:

  1. Memperpanjang umur ban kendaraan. Ban yang sering dirawat, baik dilakukan Spooring maupun Balancing secara rutin, akan membuat ban menjadi lebih awet. Usia pakai ban yang lebih lama ini tentu saja bisa menekan pengeluaran untuk mengganti ban sebelum waktunya.
  2. Meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Seperti pada pembahasan sebelumnya, merawat ban mobil tentu saja dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Nah, salah satu cara untuk metawat ban dan meningkatkan keselamat berkendara adalah dengan melakukan Balancing.
  3. BBM tidak boros. Ban mobil yang bisa bekerja seharusnya akan meningkatkan performa mobil. Kinerja mobil juga menjadi lebih ringan. Dampak tidak hanya akan terasa dari segi kenyamanan, tetapi juga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.
  4. Dapat mengurangi biaya perbaikan pada mobil. Ban yang bermasalah juga bisa berdampak pada komponen-komponen lainnya. Misalnya, ketika melewati jalanan berlubang, akibat ban yang bermasalah maka setir dan suspensi juga akan cepat rusak. Oleh sebab itu, ban berfungsi mengurangi dampak kerusakan tersebut. Sistem suspensi juga tidak akan mengalami benturan yang keras. Kalau setir dan sistem suspensi rusak, tentu saja biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan mobil akan semakin banyak.
  5. Lebih nyaman ketika berkendara. Hal yang bisa dirasakan ketika ban mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya adalah mobil bisa saja bergeser sendiri ke kanan atau ke kiri. Padahal, kemudi dalam posisi lurus. Berkendara pun menjadi lebih melelahkan dan tentunya berbahaya bagi keselamatan.

Harga Spooring Balancing

Harga Spooring Dan Balancing
Harga Spooring Balancing

Harga Spooring Balancing sangat bervariasi, tergantung pada daerah dan bengkel yang menyediakan jasanya. Tidak semua daerah menyediakan jasa Spooring dan Balancing karena memang harus disesuaikan pada alat yang digunakan.

Kalau kamu ingin melakukan Spooring dan Balancing, maka kamu harus mencari bengkel yang menyediakan alat yang lengkap supaya hasilnya tidak mengecewakan. Kamu juga jangan sampai terlena dengan harga murah yang ditawarkan, karena belum tentu hasilnya maksimal.

Sebelum melakukan Spooring dan Balancing, sebaiknya terlebih dahulu kamu mencari tau harga Spooring Balancing supaya kamu memiliki sedikit gambaran berapa harga yang akan kamu keluarkan. Jadi kalaupun kamu menemukan harga jasa yang terlalu mahal, kamu sudah bisa menentukan apakah kamu mau ambil atau tidak.

Selain bengkel dan daerah, mengenai harga Spooring Balancing juga sangat tergantung pada model atau merk mobil. Untuk Balancing, biasanya bengkel mematok harga Rp10 ribu sampai Rp30 ribuan per roda, sedangkan tarif Spooring untuk mobil-mobil jenis Toyota Yaris, Honda Jazz, Toyota Avanza, dan Kijang Innova berkisar Rp150 ribu sampai Rp175 ribu per roda.

Sementara itu, harga Spooring untuk kendaraan Toyota Alphard, Mitsubishi Pajero, atau Mitsubishi Outlander berkisar Rp200 ribuan per roda. Itulah beberapa harga Spooring Balancing.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang harga Spooring Balancing pada artikel kali. Kamu harus memperhatikan setiap kendaraan yang kamu gunakan untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Untuk itu, kamu harus melakukan servis secara rutin.

Salah satu servis tersebut adalah Spooring dan Balancing yang menjadi penting untuk kamu mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan membawa manfaat untuk kamu, terutama yang sedang mencari tau tentang harga Spooring Balancing.

Back to top button