Tutorial

6 Cara Menghapus Data di Aplikasi Pinjaman Online

Penggunaan aplikasi pinjaman online memang terkadang bisa bikin kamu jengkel, untuk itu mari selesaikan cara menghapus data di aplikasi pinjaman online sebelum kamu memutuskan untuk tidak menggunakan semua aplikasinya lagi.

Ada beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab dari penghapusan aplikasi pinjaman online yang ada di ponsel kamu. Jadi untuk itu, jangan terburu-buru untuk langsung melakukan aksi uninstall aplikasi melainkan tolak izin akses aplikasi pinjaman online tersebut terlebih dahulu.

Kemudian hapus data pribadi kamu yang tersimpan di dalamnya agar kamu tidak mengalami kerugian suatu saat nanti.

Lebih jelasnya, cara menghapus data di aplikasi pinjaman online dapat kamu baca di halaman ini.

Apakah data di aplikasi pinjol bisa di hapus?

cara terbaik menghapus data pinjol sebelum disalah gunakan
cara terbaik menghapus data pinjol sebelum disalah gunakan

Pertanyaan seputar apakah data di aplikasi pinjaman online bisa di hapus atau tidak memang sering sekali muncul di pencarian terkait penggunaan aplikasi pinjaman online saat ini.

Munculnya pertanyaan tersebut tak lain dikarenakan banyak para pengguna aplikasi pinjaman online yang semakin merasa bahwa aplikasi-aplikasi tersebut sedikit mengganggu keuangan mereka ditambah lagi sampai saat ini aplikasi pinjaman online sudah mulai tumbuh subur dan semakin banyak setiap hari.

Disisi lain, penyebab para peminjam ingin menghapus seluruh aplikasi tersebut dikarenakan mereka merasa terganggu atas cara penagihan pembayaran yang mungkin dilakukan dengan cara yang kurang beretika baik melalui Whatsapp, SMS dan panggilan telepon biasa.

Bahkan ada beberapa aplikasi pinjol yang sampai mengintip semua nomor ponsel yang tersimpan pada smartphone setiap penggunanya.

Nah, jika sebelumnya kamu pernah merasakan hal demikian atau sampai pernah mengalami hal yang lebih buruk dari itu seperti disuruh melunasi hutang dengan cara yang bar-bar oleh debt colector pinjaman online, bunga pinjaman bisa berubah atau naik seketika dan sebagainya.

Maka kami sarankan agar kamu menghentikan penggunaan semua aplikasi pinjaman online yang ada di ponsel  kamu saat ini. Namun sebelum melakukan tindakan uninstall aplikasi ada baiknya kamu mengikuti langkah demi langkah cara menghapus data di aplikasi pinjaman online berikut ini.

Agar data yang tersimpan di dalam aplikasi pinjaman online yang ingin kamu hapus tidak di salah gunakan di kemudian hari.

Cara menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online

Cara menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online
Cara menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online

Mengingat banyaknya akses data yang diminta oleh setiap aplikasi pinjaman online yang ada di ponsel kita seperti kontak, lokasi, akses foto dan sebagainya pasti sebagian dari kitapun berpikir bahwa hampir seluruh privasi yang ada di ponsel kita akan kita serahkan begitu saja.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

Lantas apakah hal tersebut bisa mendatangkan kerugian bagi kita? jawabannya tentu bisa sobat. Oleh sebab itu, sampai saat ini tak sedikit dari pengguna yang menyarankan cara menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online sebelum melakukan cara menghapus data di aplikasi pinjaman online.

Dengan tujuan agar data kontak atau data pribadi yang kita berikan sebelumnya bisa terputus dan aplikasi pinjol tidak lagi bisa lagi mengintip lokasi, nomor kontak serta data lain yang ada di ponsel kita.

Berikut cara menghapus izin akses data aplikasi pinjaman online dari ponsel :

  1. Awali tahapan dengan masuk ke menu setelan atau setting yang ada di ponsel pintarmu
  2. Kemudian, gulir ke bawah dan klik menu aplikasi atau semua aplikasi
  3. Lalu pilih opsi kelola aplikasi dan klik salah satu aplikasi pinjaman online yang hendak diubah izin aksesnya
  4. Berikutnya, cari menu perizinan aplikasi dan klik satu persatu akses perizinan yang ada
  5. Setelah itu matikan semua izin aplikasi tersebut
  6. Aplikasi pinjol tidak bisa lagi mengakses seluruh data dari ponsel kamu.

Jika cara diatas hanya bisa dilakukan untuk menghapus data kontak yang ada di ponsel agar tidak terhubung dengan database aplikasi pinjol maka ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk benar-benar menghapus data pribadi kalian dari database mereka seperti cara menghapus data di aplikasi pinjaman online selanjutnya.

Cara menghapus data di aplikasi pinjaman online

cara menghapus data di aplikasi pinjaman online
cara menghapus data di aplikasi pinjaman online

Apabila sebelumnya kamu telah berusaha menghapus data pribadi yang pernah kamu gunakan pada saat pendaftaran aplikasi pinjaman online sebelumnya namun tetap tidak berhasil maka silahkan kamu coba kembali menggunakan cara menghapus data di aplikasi pinjaman online di bawah ini.

Karena tahapan cara menghapus data di aplikasi pinjaman online yang telah kami berikan dijamin bisa membuat kamu terbebas dari seluruh ikatan atau kesepakatan yang pernah ada diantara kamu dan aplikasi pinjaman online tersebut.

Inilah 6 tahapan cara menghapus data di aplikasi pinjaman online terbaik yang bisa kalian lakukan :

  • Lunasi tagihan yang masih belum terbayarkan terlebih dahulu. Cara menghapus data di aplikasi pinjaman online akan berhasil, apabila pihak aplikasi yang kamu gunakan telah memastikan bahwa tidak ada riwayat hutang yang belum terbayarkan. Nah, agar seluruh data yang ada bisa dihapus dengan mudah, lebih baik pastikan riwayat pinjaman kamu di awal dan lunasi jika masih ada hutang yang terlewatkan atau belum terbayarkan. kamu harus menyelesaikan segala riwayat
  • Menghubungi customer service aplikasi pinjaman online. Cara menghapus data di aplikasi pinjaman online bisa kamu selesaikan dengan menghubungi cs dari semua aplikasi pinjaman online yang ingin di hapus datanya dan nomor yang bisa kamu hubungi pasti sudah tersedia di masing-masing aplikasi terkait.
  • Menghapus seluruh data aplikasi di ponsel. Melakukan format data aplikasi di ponsel terkadang bisa jadi cara menghapus data di aplikasi pinjaman online lo sobat. Langkah pengerjaannya dapat kamu lakukan pada menu setting telepon, kemudian klik aplikasi dan pilih hapus cache atau data pada menu opsi yang tertera disana.
  • Mengganti nomor SIM card. Penggantian nomor sebenarnya bisa kamu jadikan sebagai opsi berikutnya untuk cara menghapus data di aplikasi pinjaman online sebab jika nomor kamu berubah maka secara otomatis seluruh akses seperti informasi data ponsel yang sempat terhubung dengan aplikasi pinjaman online terkait pasti akan ikut terputus.
  • Reset ponsel kamu. Cara menghapus data di aplikasi pinjaman online tercepat dari semua cara yang ada mungkin hanya ada pada tindakan reset ponsel ini. Mengapa? karena cukup mengembalikan ponsel ke setelan pabrik maka seluruh data beserta aplikasi yang ada di ponsel kamu akan ikut tersapu bersih dalam hitungan menit saja.
  • Mengajukan permohonan ke OJK.¬†Apabila seluruh cara menghapus data di aplikasi pinjaman online sebelumnya tidak berhasil maka kesempatan terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan data yang ada dari aplikasi-aplikasi yang bersangkutan ialah dengan melaporkan hal ini kepada pihak yang lebih memiliki wewenang seperti OJK dengan isi pengaduan yakni penyalahgunaan data pribadi. Namun perlu diingat bahwa cara ini tidak selalu mendapatkan respon dengan cepat sehingga perlu kesabaran untuk itu.

Seluruh cara menghapus data di aplikasi pinjaman online tersebut bisa kamu lakukan jika memang seluruh notifikasi yang hadir sudah sangat mengganggu kamu ya sobat karena seluruh data yang telah terhapus tak lagi dapat membuat pihak pinjol dapat mengirimkan pesan atau notifikasi untuk kamu.

Pentingnya hapus data di pinjol

pentingnya hapus data di aplikasi pinjaman online
pentingnya hapus data di aplikasi pinjaman online

Banyak diantara kita pasti pernah bertanya, apakah menghapus data pribadi dari database pinjol sangatlah penting dan wajib dilakukan semua pengguna yang pernah melakukan pinjaman secara online?

Pasalnya, tak sedikit orang pernah melakukan hal tersebut namun masa bodoh dengan data-data pribadi mereka yang tersimpan di aplikasi terkait sehingga aksi uninstall aplikasi pinjol bisa mereka lakukan begitu saja tanpa adanya tindakan yang pasti seperti cara menghapus data di aplikasi pinjaman online dan sebagainya.

Lantas apakah menghapus data di pinjol memang penting dilakukan? jawabannya sangat penting sobat mengapa? karena jika data pribadi yang terdaftar di pinjol tidak segera kamu hapus maka kamu akan menerima pesan masuk beserta notifikasi dari mereka setiap saat dan itu pasti akan sangat mengganggu jika suatu saat kamu tidak menggunakan aplikasi pinjol lagi.

Bagi perusahaan pinjol sendiri pengisian data pribadi pada masing-masing aplikasi tentu sangat berguna untuk mendapatkan nasabah yang lebih banyak lagi.

Nah, walaupun tidak semua nasabah yang terdaftar masih dalam keadaan aktif menggunakan aplikasi, melakukan pinjaman online dan sebagainya termasuk kamu. Aplikasi terkait pasti akan selalu mengirimkan tawaran peminjaman online yang lebih banyak melalui SMS, whatsapp dan aplikasi sosial media lainnya.

Terlebih lagi jika kamu memiliki riwayat pinjaman online yang belum terlunasi atau masih dalam status sedang berjalan. Pasti mereka akan mengirimkan notifikasi dengan jumlah yang sangat banyak bak seseorang yang sedang meneror kamu.

Untuk alasan tersebutlah, kamu di wajibkan untuk menghapus data di pinjol jika memang tidak lagi menggunakan atau membutuhkannya.

Rekomendasi aplikasi pinjaman online terbaik

Apabila saat ini kamu sedang mencari aplikasi pinjaman online legal, bertanggung jawab dan terpercaya maka kamu layak baca rekomendasi aplikasi pinjaman online terbaik yang telah kami hadirkan berikut ini.

Selain terpercaya, aplikasi pinjaman online berikut juga menawarkan limit dengan jumlah yang mendukung buat kamu yang memang sedang mencari limit pinjaman besar.

Namun kami sarankan agar kamu menggunakan ponsel dengan spesifikasi yang mendukung agar penggunaan aplikasi-aplikasi pinjaman online berikut tidak mengalami kendala saat kamu sedang menggunakannya.

Tanpa perlu berlama-lama, berikut 10 aplikasi pinjaman online yang resmi dan telah diawasi oleh pihak OJK saat ini:

  1. Kredit pintar
  2. Akulaku
  3. Easycash
  4. Cairin
  5. PinjamDuit
  6. AdaKami
  7. Kredito
  8. Kredivo
  9. Pinjam Yuk
  10. DanaRupiah

Penutup

Cara Menghapus Data Di Aplikasi Pinjaman Online
Cara Menghapus Data Di Aplikasi Pinjaman Online

Cara menghapus data di aplikasi pinjaman online memang sekilas terlihat sangat mudah karena bisa lakukan oleh siapa saja tanpa perlu bantuan orang lain.

Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa cara menghapus data di aplikasi pinjaman online tidak selalu bisa diandalkan untuk benar-benar menghapus data pribadi kamu dari semua perusahaan pinjaman online yang pernah kamu gunakan.

Untuk itu pilihlah aplikasi pinjaman online yang berintegritas, bertanggung jawab dan tentunya legal agar data pribadi kamu tetap aman dan tidak di salah gunakan untuk hal-hal yang bisa mendatangkan kerugian untuk kamu.

Selengkapnya
Back to top button