12 Menu Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Menu Makanan yang tahan lama tanpa kulkas wajib diketahui untuk kamu yang memiliki jadwal padat sehari-hari.

Perihal seperti ini biasanya terjadi pada anak kos-kosan yang sibuk dengan jam kerja atau jadwal kuliah. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada pasangan yang sudah berumah tangga.

Pada kondisi tertentu yang memungkinkan kamu tidak bisa memasak juga sering terjadi seperti hujan seharian atau kejadian lainnya. Maka untuk memenuhi kebutuhan lambung kamu harus menyediakan stok makanan yang tahan lama tanpa kulkas.

Menu Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Memasak makanan setiap hari kadang kala membuat kebanyakan Moms di rumah capek dan boros waktu, begitu juga dengan pekerja lainnya seperti anak kos-kos an. Dengan demikian solusi untuk menghemat waktu dalam urusan menu makanan sehari-hari kamu bisa lihat daftar makanan yang tahan lama tanpa kulkas dibawa ini.

Dendeng

Dendeng/stik sapi adalah makanan yang kaya akan sumber protein dan rendah lemak yang dapat disimpan dengan mudah setelah dikemas rapi. Dendeng yang tahan lama tentunya dendeng yang kering, tidak seperti dendeng basah. Kamu dapat membeli Dendeng di toko kelontong maupun di toko belanja online.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang wajib ada di dalam daftar stok makanan di rumah. Pasalnya kacang-kacangan merupakan makanan kering yang cukup bertahan lama kesegarannya.

kacang-kacangan yang bisa kamu stok seperti kacang mente, kenari, almond, dan pecan. Makanan yang tahan lama tanpa kulkas berikut dapat kamu simpan dengan wadah tertutup atau terbungkus rapi. Walaupun kacang-kacangan ini cukup awet kamu juga harus memperhatikan masa kadaluarsanya yah sobat.

Sereal

Sereal merupakan makanan yang tahan lama tanpa kulkas wajib distok. Tidak hanya enak, sereal sangat mudah disajikan baik menjadi cemilan ataupun menjadi sarapan di pagi hari dengan campuran susu.

Jenis sereal yang bisa kamu stok sebagai bahan persediaan makanan yang tahan lama tanpa kulkas yaitu Energen sereal, Gowel Instant sereal, Milo sereal cup, Nestle’s koko krunch, honey stars, dan berbagai merek sereal lainnya.

Biskuit Gandum

Biskuit gandum salah satu jenis makanan ringan yang cepat mengenyangkan. Makanan yang tahan lama tanpa kulkas ini sangat cocok menjadi persediaan makanan darurat. Pasalnya biskuit gandum mampu bertahan/ layak dikonsumsi hingga 6 bulan jika kemasan masih dalam keadaan tertutup.

Buah Kering

Buah-buahan kering seperti apricot, kismis, dan craisin adalah strategi yang bagus untuk memberikan gizi yang sehat bagi tubuh dengan proses yang praktis. Buah-buahan ini bisa kamu nikmati sembari bersantai atau mengerjakan projek.

Ikan dan Daging kalengan

Ikan dan daging kalengan dapat dibeli diberbagai supermarket dan platform belanja online seperti shopee  sebagai persediaan makanan yang tahan lama tanpa kulkas dalam jangka panjang.

Ikan kalengan yang dapat kamu nikmati seperti tuna/salmon kalengan dengan sumber protein, mineral, vitamin, dan asam lemak omega 3 yang baik bagi tubuh. Selain jenis ikan kamu juga dapat menyetok jenis daging kalengan seperti Ham kalengan. Namun untuk mengkonsumsi makanan kalengan juga tidak bagus terlalu sering yah sobat.

Rendang

Jenis makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini termasuk olahan makanan yang tahan lama tanpa kulkas.  Terbuat dari bahan utama daging dengan campuran bumbu rempah dan santan.

Memasak rendang membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 7 sampai 8 jam hingga air yang ada pada rendang menyerap semua. Maka tidak heran jika orang memasak rendang selalu dengan porsi yang besar. Selain enak, masakan ini bisa bertahan hingga seminggu jika diolah dengan benar.

Sambal Cumi Asin

Cumi asin juga menjadi pilihan menu makanan yang tahan lama tanpa kulkas. Bahkan karena maraknya penyuka menu ini, sudah banyak pedagang yang menjadikan sambal cumi asin dalam kemasan kalengan atau kemasan kecil sebagai produk jualan utama.

Kamu juga dapat buat sendiri dengan porsi yang lebih banyak sebagai stok makanan di rumah. Sambal cumi asin adalah makanan yang bisa dipadukan dengan berbagai sayuran sehingga lauk ini sangat jarang menimbulkan rasa bosan.

Abon

Menu makanan yang tahan lama tanpa kulkas berikutnya terbuat dari serat daging atau ikan. Abon merupakan makanan yang cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Untuk membuat abon daging di rumah kamu perlu memilih daging yang memiliki banyak serat dan rendah lemak seperti bagian gandik.  Sedangkan untuk pembuatan abon ikan kamu bisa menggunakan ikan tuna/tongkol yang memiliki daging tebal dan banyak serat. Hal demikian perlu dilakukan agar ikan/ daging dalam pembuatan abon kamu lebih mudah untuk disuwir halus.

Sambal Tempe Kacang

Sambal tempe kacang merupakan masakan rumahan yang cocok dengan semua lidah orang Indonesia. Selain mudah, biaya membuat menu makanan ini juga cukup murah. Kamu hanya memerlukan tempe dan kacang sebagai bahan utama kemudian menyiapkan bumbu sambal seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah, gula, dan garam.

Makanan Kalengan

Makanan kalengan sudah pasti memiliki ketahanan yang lebih lama dari jenis makanan olahan rumahan. Kamu dapat membeli makanan kalengan seperti sup kaleng, ikan, atau pasta yang dapat dimakan setelah memanaskan makanan tersebut.

Mie Instant

Tidak diragukan lagi bahwa mie instant merupakan stok makanan yang jarang kosong disetiap rumah. Selain harganya murah, penyajian mie instant juga sangat mudah dan cepat.

Mie Instan termasuk jenis makanan yang cepat dalam perputaran penjualannya. Meskipun demikian, setiap pembelian mie instan kamu wajib mengecek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa produk tersebut.

Cara Mengawetkan Makanan Tanpa Kulkas

Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas
Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Cara mengawetkan makanan tanpa kulkas perlu diketahui. Tidak hanya tahan lama, cara ini juga dianggap dapat menyegarkan makanan. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengawetkan makanan tanpa kulkas.

Dikeringkan

Cara mudah mengawetkan makanan tanpa kulkas berikutnya adalah dengan dikeringkan. Pengeringan makanan dapat dilakukan pada berbagai bahan baku seperti daging, ikan, dan buah-buahan.

Cara ini bisa kamu lakukan menggunakan alat atau dengan cara mengeringkan makanan dalam plastik di bawah sinar matahari, kemudian simpan pada tempat dengan suhu ruangan.

Bungkus Dengan Kertas

Membungkus makanan dengan kertas juga termasuk cara efektif untuk mengawetkan makanan. Jenis makanan yang bisa diawetkan dengan bungkusan kertas seperti jamur.

Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan kertas bersih atau tidak bertulisan. Hal ini untuk menghindari jamur/ makanan terkontaminasi bahan kimia. Jika membungkus dengan kertas kamu cukup melapisi penuh jamur tersebut tanpa mengikat dengan karet gelang supaya tektur dari jamur tersebut tetap terjaga.

Mangkuk Isi Air

Metode mengisi mangkuk dengan air juga dapat mengawetkan makanan misalnya sayur-sayuran. Jika kamu meletakkan batang sayur dan menutup dengan plastik, maka kamu akan mendapatkan sayur yang tetap hijau walau sudah beberapa hari. Contoh sayur yang dapat kamu awetkan menggunakan trik ini yaitu kangkung, bayam, dan daun bawang.

Letakkan di Ruang Gelap

Cara mengawetkan makanan dengan meletakkan di ruang gelap cukup ampuh dilakukan pada jenis makanan tertentu seperti kentang. Untuk mengawetkan kentang kamu dapat membentangkan kentang pada kertas atau jala yang terbuat dari nilon kemudian menyimpan pada ruang gelap dengan suhu 7-11 derajat celcius.

Rendam Dengan Air Garam

Merendam dengan air garam dapat membantu mengawetkan makanan agar tahan lebih lama. Sebagai contoh adalah tahu. Tahu merupakan bahan pokok yang dapat dijadikan berbagai menu makanan.

Jika kamu ingin mengawetkan tahu, maka langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu mencuci tahu degan air bersih kemudian rendam dengan air garam selama 1 jam. Setelah itu siapkan wadah bersih yang diisi air matang, lalu pindahkan tahu yang sudah direndam kedalam wadah tersebut dan tutup rapat. Cara ini mampu membuat tahu bertahan hingga 5 hari.

Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas
Sumber : theasianparent.com

Pengasapan

Pengasapan merupakan cara terakhir pengawetan makanan tanpa kulkas yang bisa kamu coba. Teknik pengasapan berikut dapat dilakukan dengan mencuci bersih daging atau ikan yang akan diasapi lalu digarami agar makanan bertahan lama.

Teknik pengasapan sebaiknya dilakukan menggunakan kayu keras atau batok kelapa. Hal ini dapat membuat makanan lebih gurih dan memiliki aroma khas. Lakukan proses pengasapan hingga terjadi perubahan warna dan tekstur.

Tips Mengawetkan Makanan Penjelasan
Keringkan Makanan – Mengeringkan makanan dengan cara dijemur atau diangin-anginkan dapat mengurangi kadar air dan memperlambat kerusakan.
Asinasi atau Garam – Penggunaan garam sebagai pengawet adalah metode tradisional yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengawetkan daging dan ikan.
Garam Pengawet – Garam pengawet, seperti garam nitrit atau nitrat, digunakan untuk mengawetkan makanan daging, terutama daging olahan seperti bacon.
Asapkan Makanan – Mengasapkan makanan seperti ikan atau daging dapat memberikan rasa khas sambil memperlambat pembusukan.
Fermentasi – Fermentasi menggunakan bakteri baik untuk mengawetkan makanan. Contoh produk fermentasi termasuk kimchi dan sauerkraut.

 

Penutup

Menu Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas
Menu Makanan Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Itulah menu makanan yang tahan lama tanpa kulkas dan cara mengawetkannya. Jika kamu memiliki jam kerja yang padat, kamu dapat menyediakan stok makanan seperti di atas untuk mempersingkat waktu kamu dalam urusan makanan setiap hari.

Related Post

Tinggalkan komentar