Cara Mengatasi Aplikasi DANA Tidak Bisa Dibuka

Iusnar Sinaga

Apakah saat ini anda sedang mengalami kendala terkait aplikasi DANA tidak bisa dibuka? Tidak perlu cemas! Temukan solusi dan cara mengatasi masalah dengan aplikasi Dana yang tidak dapat diakses melalui penjelasan kami dalam artikel ini!

Dana sebagai salah satu aplikasi dompet digital saat ini telah memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi orang-orang dalam hal bertransaksi. Dengan adanya aplikasi Dana, semua hal sudah terasa lebih gampang dan dapat dikendalikan cukup dengan menggeser-geser layar HP yang ada pada genggaman kita.

Namun, pernahkah kamu mengalami masalah terkait aplikasi Dana tidak bisa dibuka? Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan dan membuat keperluan bertransaksi kita menjadi tertunda. Tapi gak usah khawatir sobat Dana! Berikut kami bantu anda untuk mengatasi masalah anda yang tidak bisa membuka aplikasi Dana.

Sekilas tentang Dana

DANA merupakan dompet digital yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kegunaan dan fungsi, seperti diantaranya yaitu:

› Menyimpan uang elektronik

› menyelesaikan berbagai pembayaran dari berbagai tagihan seperti tagihan PDAM, PLN, cicilan, aplikasi berbayar, BPJS, kartu kredit  dan masih banyak lagi

› Melakukan berbagai pembelian, seperti pembelian pulsa dan paket data dengan harga yang terjangkau

› Melakukan transfer ke Bank maupun antar E-wallet yang lain dengan mudah. Menariknya lagi setiap pengguna dari DANA akan mendapatkan limit gratis transfer ke semua Bank sebanyak 10x dalam satu bulan dengan minimal transaksi sebesar Rp 50.000.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan dari penggunaan aplikasi DANA ini, maka tak heran jika pengguna aktifnya mencapai hingga ratusan juta. Dompet digital DANA menjadi salah satu solusi untuk kamu yang tidak memiliki kartu ATM maupun mobile banking atau ketika Kartu ATM milik anda sedang rusak sehingga anda anda tidak perlu pusing lagi ketika memiliki keperluan yang berhubungan dengan transaksi.

Selain itu, aplikasi DANA ini juga dapat menjadi salah satu solusi terbaik untuk kamu yang tidak memiliki akun mobile banking karena kamu tidak harus keluar rumah lagi ketika ingin melakukan sesuatu yang berhubungan dengan transaksi seperti misalnya transfer uang yang biasanya dilakukan lewat mobile banking maupun ATM.

Mengapa Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Sebelum menampilkan solusi untuk masalah pada aplikasi Dana tidak bisa dibuka,terlebih dahulu kami akan menampilkan beberapa penyebab dari mengapa aplikasi Dana tidak bisa dibuka yang perlu untuk kamu ketahui.

Berikut ini beberapa penyebab paling umum terjadi yang membuat aplikasi Dana tidak bisa dibuka:

Penyebab Dana tidak bisa dibuka Solusi
Koneksi internet buruk Periksa Jaringan dan ketersediaan kuota internet anda
Dana sedang dalam pemeliharaan sistem atau Maintenance Cek secara berkala dan tunggu sampai perbaikan sistem selesai
Aplikasi Dana kadaluarsa Perbarui aplikasi Dana anda
Penumpukan cache pada aplikasi Dana Bersihkan penumpukan sampah cache
  • Koneksi internet buruk

Sumber: tipspintar.com

Penyebab pertama yang membuat aplikasi Dana tidak bisa dibuka adalah koneksi internet yang tidak stabil. Dana merupakan sebuah aplikasi yang bergantung pada konektivitas jaringan internet, sehingga ketika anda hendak membuka aplikasi Dana, pastikanlah terlebih dahulu kuota internet anda tersedia dan jaringan anda stabil. Jika memungkinkan, anda bisa mengganti data seluler menjadi menggunakan WiFi sebagai solusi apabila jaringan internet anda sedang bermasalah.

  • Dana sedang dalam pemeliharaan sistem atau Maintenance

Penyebab yang berikutnya adalah karena Dana sedang dalam pemeliharaan sistem atau yang biasa disebut dengan Maintenance. Pemeliharaan ini biasanya rutin dilakukan dengan tujuan untuk memastikan aplikasi bisa berjalan dengan baik, lancar, dan aman sehingga memberikan pengalaman yang memuaskan bagi para pengguna Dana.

Adapun beberapa hal yang biasanya dilakukan saat Dana sedang dalam pemeliharaan sistem, adalah sebagai berikut:

  1. Perbaikan Bug
    Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan stabilitas aplikasi Dana. Bug sistem merupakan kesalahan atau keerroran yang terjadi pada sistem dan menyebabkan program menjadi tidak berfungsi sesuai dengan yang seharusnya. Bug sistem dapat mengakibatkan beberapa hal buruk seperti: keamanan akun pengguna menjadi terancam, kinerja aplikasi yang buruk, Aplikasi keluar sendiri, dll. Maka untuk mengantisipasi semua hal tersebut, perlu dilakukan perbaikan Bug.
  2. Penambahan Fitur
    Tak melulu hanya melakukan perbaikan sistem, pemeliharaan sistem kadang-kadang terjadi ketika adanya penambahan fitur pada aplikasi. Demi meningkatkan fungsionalitas dan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan, tentu saja Dana akan melakukan berbagai inovasi atau pembaharuan termasuk salah satunya yaitu dengan menambahkan fitur-fitur pada aplikasi Dana.
  3. Peningkatan Keamanan
    Secara umum, semua aplikasi yang terkait dengan keuangan tentunya perlu melakukan peningkatan keamanan guna untuk melindungi data dan transaksi pengguna dan untuk mencegah kemungkinan akun pengguna bisa dibobol.
  4. Untuk Mengoptimalisasi Kinerja Dana
    Selain beberapa hal diatas, pemeliharaan sistem pada aplikasi Dana juga kerap dilakukan untuk meningkatkan kinerja aplikasinya, seperti untuk mengoptimalkan kecepatan respon, waktu memuat, dll. Hal ini akan sangat mempengaruhi kepuasan dan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan aplikasi Dana.
  • Aplikasi Dana kadaluarsa

Aplikasi Dana tidak bisa dibuka juga bisa disebabkan oleh kondisi pada aplikasi Dana anda yang sudah kadaluarsa. Apabila Dana melakukan perbaikan sistem, terutama dalam menambahkan fitur-fitur maka akan mengakibatkan aplikasi Dana pada setiap pengguna butuh untuk di upgrade atau dilakukan pembaharuan aplikasi.
Tujuannya tentu saja adalah supaya pembaharuan-pembaharuan sistem yang ditambahkan tersebut dapat diterapkan dan berjalan dengan lancar pada aplikasi Dana setiap pengguna.

  • Penumpukan cache pada aplikasi Dana

Penyebab umum yang terakhir adalah karena adanya penumpukan cache pada aplikasi Dana. Taukah anda apa itu cache pada aplikasi? Anda mungkin pernah melihat ini pada ponsel anda, namun tidak memahami apa itu sebenarnya cache.

Cache pada aplikasi adalah sebuah ruang untuk menyimpan riwayat data maupun informasi yang sering diakses pada aplikasi. Tujuannya cache ini adalah untuk mempercepat loading aplikasi ketika sedang diakses karena tidak lagi memakan waktu untuk mengambil data dari server aslinya. Dengan demikian, adanya cache ini memang sangat berguna untuk setiap pengguna smartphone.

Namun lama kelamaan ruang cache akan banyak dan menumpuk. Penumpukan ini menyebabkan kinerja aplikasi menjadi lambat dan terkadang bisa juga menjadi error seperti pada aplikasi Dana yang tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Anda telah mengetahui beberapa penyebab umum yang membuat aplikasi Dana tidak bisa dibuka. Selanjutnya, berikut kami tampilkan beberapa cara mengatasi aplikasi Dana tidak bisa dibuka.

  • Periksa koneksi internet

Sama halnya seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, bahwa DANA adalah aplikasi yang bergantung pada jaringan internet. Sehingga apabila aplikasi Dana anda tidak bisa dibuka, cobalah untuk memeriksa ketersediaan/ kestabilan jaringan internet anda.

  • Memperbarui aplikasi Dana

Cara yang berikutnya untuk mengatasi kendala pada aplikasi Dana tidak bisa dibuka yaitu dengan melakukan pembaharuan pada aplikasi Dana melalui play store atau dari pengelolaan file. Memperbarui aplikasi akan membuat kinerja aplikasi anda menjadi berfungsi dengan optimal.

  • Membersihkan aplikasi Dana dari cache yang menumpuk

Selanjutnya adalah membersihkan aplikasi Dana dari cache yang menumpuk. Ketika anda mengalami kendala terkait aplikasi dana tidak bisa dibuka cobalah untuk memeriksa cache aplikasi Dana anda yang dapat diakses melalui info aplikasi. Namun, apabila tidak berhasil juga, cobalah untuk ikut juga menghapus data pada aplikasi. Menghapus data pada aplikasi memiliki peluang yang lebih besar untuk mengatasi kendala aplikasi Dana anda yang tidak dapat dibuka. Pastikan kamu mengingat password Dana anda sebelum melakukan penghapusan data.

  • Restart Perangkat

Restart perangkat juga bisa mengatasi masalah terkait aplikasi Dana tidak bisa dibuka. Banyaknya aplikasi yang berjalan serta penyimpanan ruang yang penuh dapat membuat perangkat anda menjadi error sehingga mempengaruhi kinerja aplikasi lain. Cobalah mulai ulang perangkat dengan melakukan restart. Me-restart HP dapat dilakukan dengan menekan tombol power beberapa saat lalu menekan pada pilihan “mulai ulang”

  • Lakukan cek berkala

Sesuai dengan apa yang telah kami jelaskan sebelumnya pada penyebab aplikasi Dana tidak bisa dibuka, salah satunya adalah karena adanya pemeliharaan sistem/ maintenance. Pada saat kondisi ini terjadi, tidak ada yang dapat anda lakukan sebagai solusi selain hanya menunggu sampai perbaikan sistem selesai dilakukan oleh pihak Dana. Lakukanlah pengecekan secara berkala, agar anda langsung dapat menyelesaikan kegiatan anda pada aplikasi Dana yang sebelumnya tertunda.

  • Hubungi layanan customer service Dana

Apabila beberapa cara diatas tidak berhasil mengatasi masalah pada aplikasi Dana anda yang tidak bisa dibuka, maka cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah menghubungi layanan customer service Dana yang dapat mendiagnosis masalah anda dan memberikan solusi yang tepat agar dapat membuka kembali aplikasi Dana anda. Anda dapat menghubungi CS Dana melalui call center DANA 1500 445 atau email help@dana.id

Simpulan

Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi Dana Tidak Bisa Dibuka

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi Dana tidak bisa dibuka. Apabila anda mengalami masalah terkait, anda bisa menggunakan cara-cara diatas sebagai langkah penanganan yang cepat dan tepat. Sekian yang dapat kami bagikan. Semoga penjelasan diatas dapat membantu. Terimakasih telah berkunjung.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay