Review Tunaikita Pinjaman Online: Apakah Sudah Ditutup?

Soni Aman

Review TunaiKita – TunaiKita adalah sebuah aplikasi pinjaman online yang cukup populer di Indonesia dan dioperasikan oleh PT Digital Tunai Kita. Aplikasi ini merupakan perusahaan peer-to-peer lending yang mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman. Sejak tahun 2017, TunaiKita telah resmi terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor terdaftar S-3973/NB.111/2017. Sayangnya, tahun 2022 OJK resmi mencabut ijin platform pendanaan TunaiKita karena dianggap melanggar beberapa ketentuan.

Review Tunaikita memiliki tampilan yang sederhana dan minimalis, dengan fokus hanya pada layanan pinjaman online tunai cepat cair tanpa jaminan. Dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya, TunaiKita menawarkan pengalaman yang lebih sederhana dan tidak membingungkan.

Privasi pengguna juga menjadi perhatian di TunaiKita. Jumlah informasi pribadi yang diminta oleh aplikasi ini relatif sedikit dibandingkan dengan platform pinjaman online lainnya. Selain itu, review Tunaikita juga memungkinkan pengguna untuk mengedit semua informasi pribadi yang sudah disubmit, fitur ini jarang ditemukan di aplikasi pinjaman online lainnya.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh TunaiKita adalah “bayar pinjaman sebagian“. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membayar sebagian dari pinjaman yang jarang ditemui di aplikasi pinjaman online legal lainnya.

Review Tunaikita dan Berbagai Keunggulan dibandingkan Platform Lain

Review Tunaikita dan Berbagai Keunggulan dibandingkan Platform Lain
Review Tunaikita dan Berbagai Keunggulan dibandingkan Platform Lain

Meskipun review Tunaikita sudah tidak lagi memiliki ijin resmi dari OJK, namun terdapat beberapa keunggulan yang mungkin bisa dipertimbangkan. Hal ini mungkin bisa menjadi keuntungan bagi calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Beberapa keunggulan TunaiKita yang yang bisa diperhitungkan seperti:

Tampilan Minimalis

Dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya, review Tunaikita memiliki tampilan yang sederhana dan minimalis. Aplikasi ini tidak memiliki fitur tambahan yang berlebihan, sehingga pengguna dapat dengan mudah memahami dan menggunakan layanan yang disediakan.

Privasi Pengguna

Review Tunaikita mengutamakan privasi pengguna. Aplikasi ini hanya meminta jumlah informasi pribadi yang relatif sedikit dibandingkan dengan platform pinjaman online lainnya. Hal ini memberikan rasa aman bagi pengguna terkait penggunaan data pribadi.

Edit Data Pribadi

Salah satu keunggulan yang jarang ditemui di aplikasi pinjaman online lainnya adalah kemampuan pengguna untuk mengedit semua informasi pribadi yang sudah disubmit. Fitur ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk mengubah atau memperbarui informasi yang terkait dengan pinjaman.

Pembayaran Sebagian/Parsial

Review Tunaikita menawarkan fitur pembayaran sebagian/parsial yang jarang ditemukan di aplikasi pinjaman online legal lainnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran sebagian dari tagihan pinjaman, meskipun sebaiknya pengguna menghindari penggunaan fitur ini karena dapat meningkatkan total biaya tagihan.

Proses Pendaftaran dan Pengajuan Cepat

Review Tunaikita menyediakan proses pendaftaran dan pengajuan pinjaman yang mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi, mendaftar, mengisi formulir data pribadi dan rekening bank, serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Setelah proses verifikasi selesai, pinjaman dapat segera diajukan dan dicairkan dalam waktu kurang dari 24 jam.

Wilayah Layanan yang Luas

Review Tunaikita melayani peminjam dari seluruh wilayah Indonesia. Hal ini memungkinkan siapa pun yang memenuhi syarat dapat mengajukan pinjaman melalui aplikasi ini, asalkan memiliki KTP dan rekening pribadi.

Baca Juga : Review SolusiKita Pinjaman Online Terbaru 2023

Rincian Nominal Pinjaman dan Tenor TunaiKita

Review Tunaikita memiliki beberapa jenis pinjamain yang bisa diperhitungkan bagi para calon nasabah. Masing-masing jenis pinjaman menerapkan perhitungan nominal, bunga hingga tenor. Berikut rincian nominal pinjaman hingga tenor pinjaman TunaiKita seperti:

  • Pinjaman jangka pendek

  1. Nominal mulai dari Rp.500 ribu sampai Rp.5 juta.
  2. Tenor : Fleksibel antara 10 – 30 hari.
  • Cicilan dana tunai

  1. Nominal pinjaman: Mulai dari Rp.4 juta sampai 20 juta.
  2. Tenor : 3 – 6 bulan.

Syarat Pengajuan Pinjaman TunaiKita

Syarat Pengajuan Pinjaman TunaiKita
Syarat Pengajuan Pinjaman TunaiKita

Syarat pengajuan pinjaman TunaiKita dapat dibagi menjadi beberapa kategori, termasuk syarat personal, syarat dokumen, dan syarat lainnya. Berikut adalah penjelasan mengenai syarat-syarat tersebut:

  • Syarat Personal

  1. Peminjam harus merupakan Warga Negara Indonesia.
  2. Usia peminjam minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  3. Peminjam harus memiliki identitas resmi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Syarat Dokumen

  1. Peminjam harus memiliki rekening bank atas nama sendiri. Biasanya, TunaiKita menerima rekening dari bank-bank besar di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BNI, dan CIMB Niaga.
  2. Peminjam harus memiliki nomor telepon yang aktif dan valid yang akan digunakan sebagai kontak selama proses pengajuan pinjaman.
  3. Dokumen tambahan seperti foto selfie dan foto KTP mungkin diperlukan untuk verifikasi identitas.
  • Syarat Lainnya

  1. Peminjam harus mengunduh aplikasi TunaiKita dari Playstore dan melakukan pendaftaran melalui aplikasi tersebut. Saat ini, pengajuan pinjaman TunaiKita hanya bisa dilakukan melalui aplikasi, tidak melalui website.
  2. Peminjam harus tinggal di daerah yang dilayani oleh TunaiKita. Saat ini, TunaiKita melayani hampir semua provinsi dan kota di seluruh Indonesia.

Hal Penting yang Diperhatikan Sebelum Pengajuan Pinjaman

Hal Penting yang Diperhatikan Sebelum Pengajuan Pinjaman
Hal Penting yang Diperhatikan Sebelum Pengajuan Pinjaman

Tentu saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan bagi calon nasabah sebelum pengajuan pinjaman. Beberapa hal itu seperti:

Keperluan Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, pertimbangkan dengan matang keperluan Anda. Pastikan Anda benar-benar membutuhkan pinjaman tersebut dan memiliki rencana yang jelas untuk penggunaan dana pinjaman. Hindari mengajukan pinjaman hanya untuk keperluan konsumtif atau hal-hal yang tidak penting.

Jumlah Pinjaman

Tentukan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari mengajukan jumlah pinjaman yang lebih besar dari kebutuhan sebenarnya, karena hal ini dapat meningkatkan beban pembayaran bunga dan mengakibatkan kesulitan dalam membayar pinjaman.

Perhitungan Bunga

Ketahui dengan jelas perhitungan bunga yang diterapkan oleh TunaiKita. Bunga pada pinjaman TunaiKita biasanya dikenakan dalam bentuk persentase harian. Pastikan Anda memahami berapa persentase bunga yang akan diterapkan pada pinjaman Anda dan bagaimana perhitungan bunga tersebut.

Tenor Pinjaman

Pilih tenor pinjaman yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. TunaiKita menawarkan berbagai tenor pinjaman, mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Pertimbangkan dengan matang kemampuan Anda untuk membayar pinjaman dalam jangka waktu tersebut. Pilih tenor yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu tanpa mengalami kesulitan keuangan.

Biaya dan Denda

Selain bunga, pastikan Anda memahami biaya lain yang mungkin dikenakan oleh TunaiKita, seperti biaya administrasi atau biaya lainnya. Periksa juga kebijakan denda keterlambatan pembayaran tagihan. Denda keterlambatan di TunaiKita dapat tinggi, sehingga penting untuk membayar tagihan tepat waktu dan menghindari keterlambatan pembayaran.

Proses Verifikasi

Review Tunaikita akan melakukan proses verifikasi terhadap data pribadi dan informasi yang Anda berikan. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan valid saat mengisi formulir pendaftaran. Verifikasi yang sukses akan mempercepat proses persetujuan pinjaman.

Kemampuan Pembayaran

Sebelum mengajukan pinjaman, pertimbangkan kemampuan Anda untuk membayar pinjaman tersebut. Tinjau keuangan pribadi Anda, sumber pendapatan, dan biaya rutin yang harus ditanggung setiap bulannya. Pastikan Anda memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar pinjaman secara tepat waktu tanpa mengorbankan kebutuhan lainnya.

Pembayaran Pinjaman

Pastikan Anda memahami proses pembayaran pinjaman di TunaiKita. TunaiKita menyediakan beragam metode pembayaran, seperti transfer bank, virtual account, dan pembayaran melalui gerai Indomaret atau Alfamart. Pastikan Anda memahami instruksi pembayaran yang diberikan dan melakukannya tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Penggunaan Aplikasi

Penggunaan Aplikasi
Penggunaan Aplikasi

Sebelum mengajukan pinjaman di TunaiKita, pastikan Anda memahami dan menguasai penggunaan aplikasi TunaiKita dengan baik. Aplikasi tersebut akan menjadi platform utama untuk mengajukan pinjaman, memantau saldo pinjaman, dan melakukan pembayaran. Pelajari fitur-fitur aplikasi tersebut agar Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Baca dan Pahami Syarat dan Ketentuan

Jangan lupa untuk membaca dengan teliti dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku di TunaiKita. Syarat dan ketentuan akan menjelaskan lebih detail mengenai hak dan kewajiban Anda sebagai peminjam. Pastikan Anda memahami semua ketentuan yang tercantum sebelum mengajukan pinjaman.

Panduan Pengajuan Pinjaman TunaiKita

Sama seperti platform lainnya, TunaiKita menerapkan panduan pengajuan pinjaman yang sangat mudah. Pada review Tunaikita ini terdapat langkah mudah yang bisa dilakukan para calon nasabah, seperti:

Unduh Aplikasi

Pertama, unduh aplikasi TunaiKita dari App Store atau Google Play Store dan instal di perangkat ponsel Anda.

Daftar dan Verifikasi

Buka aplikasi TunaiKita dan daftar dengan memasukkan nomor telepon seluler Anda. Setelah itu, Anda akan menerima kode verifikasi OTP (One-Time Password) melalui SMS. Masukkan kode tersebut untuk melakukan verifikasi akun Anda.

Isi Formulir Data Pribadi

Setelah verifikasi, Anda perlu mengisi formulir dengan data pribadi, termasuk informasi KTP, alamat, pendidikan terakhir, pekerjaan, dan penghasilan. TunaiKita meminta sedikit informasi pribadi dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online lainnya.

Unggah Dokumen Pendukung

Selanjutnya, unggah dokumen-dokumen pendukung yang diminta, seperti foto KTP, dan informasi kontak darurat. Pastikan dokumen yang diunggah memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Verifikasi Data

Setelah mengunggah dokumen, Anda perlu menunggu proses verifikasi data oleh Tim TunaiKita. Biasanya, proses verifikasi ini membutuhkan waktu beberapa jam.

Ajukan Pinjaman

Ajukan Pinjaman
Ajukan Pinjaman

Setelah data Anda diverifikasi, Anda dapat mengajukan pinjaman sesuai dengan limit yang tersedia di aplikasi. Pilih jumlah pinjaman dan tenor yang diinginkan, kemudian ajukan permohonan pinjaman.

Tinjau Penawaran Pinjaman

Setelah mengajukan pinjaman, Anda akan menerima penawaran pinjaman berdasarkan hasil evaluasi kredit skor Anda. Tinjau dengan seksama persyaratan dan rincian pinjaman, termasuk suku bunga dan biaya-biaya lainnya.

Terima Pencairan Pinjaman

Jika Anda menerima penawaran pinjaman, Anda perlu menyetujui persyaratan yang ditentukan sebelum pencairan pinjaman dilakukan. Jika persetujuan Anda diterima, dana pinjaman akan segera ditransfer ke rekening pribadi Anda dalam waktu kurang dari 24 jam.

Pembayaran Pinjaman

Review Tunaikita menyediakan berbagai metode pembayaran untuk tagihan pinjaman, termasuk melalui transfer bank, virtual account, atau pembayaran di Indomaret atau Alfamart. Pilih metode pembayaran yang paling nyaman bagi Anda dan pastikan untuk melakukan pembayaran tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Pantau Pinjaman

Setelah pinjaman cair, Anda dapat memantau saldo pinjaman dan jadwal pembayaran melalui aplikasi TunaiKita. Pastikan untuk memeriksa secara berkala saldo Anda dan melakukan pembayaran tepat waktu.

Pengeditan Informasi Pribadi

Review Tunaikita memungkinkan pengguna untuk mengedit informasi pribadi yang telah disubmit sebelumnya. Anda dapat mengubah atau memperbarui data pribadi Anda jika diperlukan.

Pelunasan Pinjaman

Setelah mencapai akhir tenor pinjaman, pastikan untuk melunasi pinjaman sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika Anda memiliki kemampuan, Anda juga dapat melunasi pinjaman lebih awal untuk menghindari bunga tambahan.

Kesimpulan

Review Tunaikita
Review Tunaikita

Review Tunaikita bisa menjadi pilihan bagi calon nasabah yang membutuhkan pinjaman cepat. Namun, pertimbangkan kembali pengajuan pinjaman karena ijin dari platform ini baru saja dicabut OJK.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay