11 Cara Make Up Natural Tapi Cantik untuk Pemula

Rohma Dearni

Untuk menunjang penampilan sehari-hari, memang sebaiknya kita mengetahui cara make up natural tapi cantik. Ini merupakan tren make up yang digendrungi belakangan ini.

Terlebih jika anda memiliki jadwal padat sehari-hari namun enggan menggunakan riasan yang menonjol, maka cara make up natural tapi cantik ini patut dicoba.

Make up dengan riasan tipis juga digunakan agar tetap tampil segar di berbagai situasi. Ini juga berguna jika anda yang memiliki kulit bersih, terawat dan ingin memerkannya pada khalayak ramai.

Cara Make Up Natural Tapi Cantik untuk Pemula

Cara Make Up Natural Tapi Cantik
Cara Make Up Natural Tapi Cantik

Make up adalah suatu hal yang biasa dilakukan wanita ketika melakukan aktivitas di luar rumah termasuk bekerja dan menghadiri pesta. Dalam hal make up, sebenarnya wanita memiliki selera masing-masing namun riasan wajah natural menjadi tren belakangan ini.

Make up natural merupakan teknik merias wajah untuk meningkatan kecantikan tanpa terlihat berlebihan atau mencolok. Biasanya make up ringan dilakukan untuk menutupi noda-noda kecil di wajah yang dianggap menggangu penampilan.

Pada saat merias wajah anda bisa menambah sentuhan alat make up seperti eyeshadow, blush on dan lipstik untuk memberikan kesan segar namun tetap alami.

Meski demikian banyak diantara kita sudah mencoba cara make up natural tapi cantik versi masing-masing, namun hasil akhir riasan masih jauh dari kualitas yang diharapkan. Oleh karena itu, sobat Mocipay dapat mencoba cara make up natural tapi cantik dibawah ini:

  • Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Membersihkan wajah
Membersihkan wajah (Sumber: lottemart.co.id)

Sebelum memulai make up, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah membersihkan wajah dari sisa riasan terakhir, debu, minyak dan kotoran yang menempel. Lakukan double cleansing untuk membersihkanya.

Langkah pertama bisa dilakukan dengan membersihkan wajah dari sisa make up dan sunscreen. Adapun langkah selanjutnya untuk mengoptimalkan pembersihan yakni mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih.

Produk pertama dalam double cleansing adalah produk pembersih wajah berbasis minyak seperti micelar water dan cleansing oil. Aplikasikan ke wajah menggunakan kapas maupun tissu khusus.

Setelah itu bersihkan secara optimal menggunakan facial wash yang umumnya digosok ke wajah dan dibersihkan dengan air. Setelah bersih, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan kulit wajah lalu aplikasikan toner yang sesuai dengan kulit anda.

  • Gunakan Pelembab

Menggunakan Pelembab
Menggunakan Pelembab (Sumber: ms-glow.store)

Cara make up natural tapi cantik berikutnya menggunakan pelembab wajah yang sesuai kulit anda. Pelembab berfungsi untuk menjaga kelembapan, elastisitas dan menutrisi wajah supaya siap dioleskan produk make up.

Pakailah pelembab setelah menggunakan toner, gunakan secukupnya agar tidak menimbulkan minyak berlebih. Tunggu beberapa saat sampai krim benar-benar meresap pada kulit.

Bacaan menarik untuk anda 14 Distributor Kosmetik Murah Tangan Pertama Tahun 2023

  • Aplikasikan Sunscreen

Setelah pelembab, cara make up natural tapi cantik selanjutnya dengan mengaplikasikan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari, UV dan radikal bebas.

Pilihlah produk dengan SPF (sun protector factor) yang mampuni, setidaknya gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30. Berikan jeda sekitar 5 menit untuk mengaplikasikan produk make up yang lain.

  • Pakai Foundation Ringan & Concealer

Menggunakan Foundation dan concealer
Menggunakan Foundation dan concealer (Sumber: vradiofm.com)

Apabila sunscreen sudah meresap di kulit wajah, lakukan cara make up natural tapi cantik dengan memakai foundation yang ringan. Pertama-tama ketahuilah jenis kulitmu ya sobat, apakah kulitmu normal, berminyak ataupun kering.

Inti make up alami adalah memilih foundation yang sesuai tone wajah anda. Foundation yang cocok dengan tone kulit akan membantu anda menciptakan riasan yang lebih merata dan menyatu dengan warna kulit.

Penggunaan Foundation yang tidak sesuai dengan tone kulit bisa membuat wajah terlihat pucat atau gelap. Ini akan mengurangi kesan alami pada make up anda.

Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan concealer di titik wajah tertentu. Concealer berfungsi menutup kekurangan yang tidak bisa di cover foundation, seperti area mata, bekas jerawat dan sel-sel kulit mati.

Anda bisa gunakan concealer dengan warna dua kali lebih cerah dari warna kulit wajah. Jika sudah mengoleskan concealer pada titik tersebut, ratakan dengan beauty blend.

  • Gunakan Bedak

Untuk mengunci foundation dan concealer, gunakan bedak dengan tone yang senada. Kamu bisa menggunakan bedak padat ataupun tabur, sesuaikan dengan jenis kulit wajah.

Selain mengunci riasan yang sudah dibuat, bedak penting digunakan untuk menetralkan foundation dan concealer yang terlalu mencolok. Dengan demikian, hasil akhir riasan akan tampak alami.

  • Menggunakan Pensil Alis

Menggambar alis
Menggambar alis (Sumber: cewekbanget.grid.id)

Cara make up natural tapi cantik selanjutnya yaitu menggunakan pensil alis. Untuk menciptakan tampilan yang alami dengan pensil alis, pastikan warna pensil alis sesuai dengan warna alismu.

Gunakan gerakan ringan untuk mengisi area alis dengan garis-garis pendek menyerupai rambut alami. Hindari menggambar alis terlalu panjang, tebal dan tajam.

  • Gunakan Eyeshadow Menambah Kesan Segar

Eyeshadow adalah kunci agar make up terlihat menyala. Eyeshadow dapat membantu mengubah bentuk kelopak mata, memberikan warna agar serangkaian make up lebih hidup.

Memilih eyeshadow dengan warna dominan cokelat salah satu cara make up natural tapi cantik. Namun jika ingin memberikan kesan segar tetapi tampak alami, gunakan warna sedikit lebih cerah seperti dusty pink, ungu tipis-tipis atau menggabungkan dua warna pada kelopak mata.

  • Gunakan Eyeliner dan Mascara

Menggunakan Eyeliner dan Mascara
Menggunakan Eyeliner dan Mascara (Sumber: review.bukalapak.com)

Tahap selanjutnya dalam make up yaitu mengaplikasikan eyeliner dan maskara. Untuk menghasilkan riasan alami, sobat Mocipay bisa membuatnya dengan atau tanpa eyeliner dan mascara.

Cara make up natural tapi cantik dengan maskara bisa anda lakukan dengan mengaplikasikan eyeliner diantara bulu mata, sehingga menciptakan ilusi bulu mata yang lebih tebal.

Begitupun dengan mascara, pilihlah produk yang akan memberikan efek alami. Aplikasikan mascara dari akar bulu mata hingga ujungnya. Cukup gunakan satu atau dua lapisan mascara saja agar hasil akhir lebih natural.

  • Tambahkan Blush On dan Highlighter

Tidak kalah penting, menambahkan blush on dan highlighter salah satu cara make up natural tapi cantik. Dengan kuas sapukan blush on peach dan merah muda untuk menambah rona di wajah.

Ratakan blush on pada kulit wajah dengan mengikuti tulang pipi anda. Gunakan blush on secukupnya saja ya, dengan begitu wajah anda akan memacarkan kesan segar tetapi tetap alami.

Untuk make up pesta dan acara lain, tambahkan sedikit higlighter di area tulang pipi, hidung, bagian atas bibir dan area kening.

  • Gunakan Lipstik dengan Warna Nude

Menggunakan Lisptik berwarna nude
Menggunakan Lisptik berwarna nude (Sumber: pickybest.id)

Menyempurnakan make up yang sudah dibuat, gunakan lipstik berwarna nude atau natural yang mendekati warna bibir alami. Ini akan membantu tampilanmu segar dan tidak terlalu mencolok.

Sangat perlu juga memilih lipstik yang sesuai sub tone kulit anda. Jika tone kulit anda lebih gelap, pilihlah lipstik berwarna nude pink namun masih dalam konteks natural. Begitupun sebaliknya, jika warna kulit putih maka nude brown adalah pilihan yang tepat.

  • Semprotkan Setting Spray

Menyempotkan setting spray cara make up natural tapi cantik dalam pembahasan ini. Seeting spray bertujuan agar make up mu tidak mudah luntur dan tahan seharian. Semprotkan secara merata di permukaan wajah dengan jarak kurang lebih 20 cm.

Tunggu sejenak sampai setting spray merata dan menyerap di kulit wajah. Jika sudah, serangkaian cara make up natural tapi cantik berhasil dilakukan.

Cara Memilih dan Menggunakan Produk Make Up Agar Tampil Alami

Untuk tampil alami, tidak hanya memerlukan cara make up natural tapi cantik pada pembahasan ini. Ternyata, anda juga perlu memerhatikan produk make up dan memilih yang sesuai.

Berikut cara memilih produk make up agar tampil alami:

Cara Memilih Deskripsi Singkat
Pilih tone yang mendekati warna kulitmu Pilihlah foundation, concelaer dan bedak yang mendekati warna kulitmu agar hasil make up terlihat natural
Gunakan produk bertekstur ringan Untuk acara santai, anda bisa mengganti fungsi foundation menjadi BB cream karena memiliki tekstur yang lebih ringan. Pastikan produk yang anda pilih untuk make up natural memiliki tekstur yang ringan.
Jangan menggunakan make up berlebihan Sesuai konsep natural, hindari overdoing atau pengaplikasian produk make up yang berlebihan. Pastikan untuk menggunakanya secara bertahap, dengan begitu anda dapat menambah penggunaan pada titik tertentu secara berkala.
Fokus pada area yang ingin ditonjolkan Biarkan beberapa area alami tanpa sentuhan jika anda ingin menonjolkanya seperti mata dan alis.
Pilih warna netral Pilih warna eyeshadow, blush on dan lisptik yang netral dan mendekati warna kulit anda untuk memberikan kesan alami.

Tips Merawat Wajah Agar Make Up Natural Lebih Sempurna

Tips merawat wajah
(Sumber: shutterstock.com)

Selain cara make up alami tapi cantik, anda juga perlu merawat kulit dengan baik untuk penyempurnakan wajah saat berdandan. Dengan dan tanpa adanya make up, tidak sedikit wanita Indonesia yang percaya diri karena kulit glowing dan ternutrisi sempurna.

Di acara tertentu, mereka hanya perlu menambah sedikit polesan untuk menambah kesegaran dan menonjolkan beberapa area saja. Oleh karena itu, anda bisa menerapkan beberapa tips merawat wajah agar make up natural lebih sempurna:

  1. Lakukan double cleansing untuk mencegah penyebaran minyak, debu dan sisa make up setiap selesai beraktivitas
  2. Menggunakan pelembab yang sesuai dengan kulit, baik itu kulit wajah yang normal, berminyak, berjerawat ataupun kering.
  3. Rutin menggunakan tabir surya (sunscreen) untuk mencegah munculnya radikal bebas
  4. Lakukan perawatan kulit secara rutin
  5. Minum air yang cukup untuk menghidrasi kulit
  6. Tidur yang cukup agar kulit mampu memproduksi kolagen yang cukup
  7. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi

Akhir Kata

Cara Make Up Natural Tapi Cantik
Cara Make Up Natural Tapi Cantik

Make up natural adalah cara yang sempurna untuk menonjolkan kecantikan alami anda tanpa terlihat berlebihan. Dengan mengikuti tips dan cara make up natural tapi cantik diatas, semoga anda lebih siap untuk tampil memukau setiap hari sesuai konsep sederhana dan alami.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir, nantikan Mocipay di pembahasan selanjutnya.

Related Post

Tinggalkan komentar