9 Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar HP Tanpa Perlu Service

Sanra Hutagalung

Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp tanpa perlu mengunjungi pusat service merupakan tujuan yang sering dicari tahu oleh banyak pengguna smartphone.

Salah satu komponen yang paling sensitif di perangkat Android adalah layar. Ketika layar mengalami kerusakan seperti terjatuh atau tertindih maka akan menimbulkan garis kuning vertikal atau horizontal.

Garis kuning yang muncul di layar adalah permasalahan yang mengganggu dan mengetahui cara mengatasinya sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengalaman menggunakan perangkat. Dalam banyak kasus, garis kuning yang terdapat pada layar hp ini bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu software atau hardware.

Apabila kamu ingin mengetahui apa saja cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu membawa ke ahli sevice, ikuti pembahasan pada artikel ini sampai selesai ya.

Cara Cek Kerusakan Layar Hp yang Bergaris

Sebelum membahas faktor penyebab dan cara menghilangkan garis kuning di layar, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah kerusakan layar disebabkan oleh software atau hardware.

Untuk cara mengecek kerusakan pada layar hp dapat dilakukan dengan mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Screenshot layar di hp kamu.
  • Kirim gambar yang telah di screenshot kepada orang lain, baik teman atau keluarga.
  • Minta mereka untuk mengecek apakah ada garis kuning atau tidak pada gambar yang telah kamu kirim.
  • Jika terdapat garis kuning, maka kerusakan ada pada software.
  • Namun jika tidak ada gari kuning, berarti kerusakan terdapat pada hardware.

Penyebab Garis Kuning di Layar

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab garis kuning di layar muncul, salah satunya yang paling umum adalah Hp tertindih benda berat tanpa disadari.

Namun ada indikasi faktor penyebab lain yang membuat layar Hp menjadi kuning, untuk mengetahui apa saja penyebabnya perhatikan ulasan dibawah ini.

  • Hp Tertindih Benda Berat – Ketika Hp mengalami tekanan yang kuat atau tertindih benda berat, maka akan mengakibatkan layar menjadi kuning atau putih. Apabila hal ini terjadi secara berulang, justru akan membuat layar menjadi berkedip-kedip.
  • Hp Pernah jatuh – Pada saat Hp terjatuh tepat pada permukaan layar, besar kemungkinan layar akan mengalami kerusakan seperti munculnya garis kuning. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa menggunakan metode screenshot.
  • Socket layar Bermasalah – Kerusakan pada soket layar dapat memicu munculnya garis horizontal, vertikal, kuning, maupun garis ganda pada Hp. Umumnya ini bisa terjadi akibat adanya cacat pada saat produksi. Bukan hanya itu saja, soket layar bermasalah juga bisa disebabkan
  • Masalah Perangkat Lunak – Terkadang garis kuning pada layar hp disebabkan oleh maslaah perangkat lunak, seperti glitch atau bug dalam sistem operasi. Ini dapat diatasi dengan pembaharuan perangkat lunak pada perangkat yang digunakan.

Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp

Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp
Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp

Setelah memahami faktor penyebab diatas, tentu kamu juga penasaran dan ingin mencari tahu bagaimana cara menghilangkan garis kuning di layar Hp tanpa perlu melakukan service terlebih dahulu.

Biasanya, penanganan pertama untuk cara menghilangkan garis kuning di layar hp yang paling sering dilakukan yaitu menekan permukaan layar sesuai dengan bagian layar yang menimbulkan garis kuning.

Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp Keterangan 
Restar dan Gunakan Safe Mode Hp Restart perangkat dan aktifkan fitur safe mode
Tekan Permukaan Layar Tekan permukaan layar bagian atas atau bawah beberapa kali secara perlahan.
Menggunakan Aplikasi LCD Fixer Install atau unduh aplikasi Dead Pixels Test and Fix
Update OS Terbaru Perbaharui sistem terbaru OS untuk meningkatkan kinerja perangkat
Nonaktifkan Mode Layar Warna Buka menu pengaturan dan nonaktifkan mode layar warna
Cek Soket Layar Smartphone Cek kesehatan soket layar
Setting Touchscreen di Developer Nonaktifkan pengaturan Show Pointer Location.
Factory Reset Pengaturan pabrik ini akan menghapus potensi masalah yang terjadi pada layar

Nah, untuk mengetahui cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu service lainnya yang bisa kamu coba yaitu sebagai berikut.

1. Restart Hp dan Gunakan Safe Mode

Cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu melakukan service yang pertama adalah dengan melakukan restart Hp selanjutnya mengaktifkan penggunaan safe mode.

Penggunaan safe mode ini berfungsi untuk melacak kinerja sistem operasi serta menemukan permasalahan jika terjadi trouble pada sistem operasi tersebut. Berikut adalah langkah-lagkah mengaktifkan fitur safe mode :

  • Tekan tombol power pada Hp hingga muncul menu pop up di layar.
  • Klik dan tahan tombol power off sampai muncul pop up lain.
  • Klik OK untuk me-reboot Hp ke fitur Safe Mode.
  • Maka secara otomatis perangkat Hp akan berada dalam mode aman.

Perlu dicatat, setiap perangkat memiliki panduan yang berbeda-beda untuk mengaktifkan fitur Safe Mode. Jika terjadi perbedaan untuk mengaktifkannya, silahkan mencari cara yang sesuai dengan versi Hp yang dimiliki.

2. Tekan Permukaan Layar

Tekan Permukaan Layar Hp
Tekan Permukaan Layar Hp

Jika metode diatas tidak dapat mengatasi munculnya garis kuning pada layar, kamu bisa menekan permukaan layar kebawah atau keatas sesuai dengan bagian layar yang muncul garis kuning.

Cara menghilangkan garis kuning di layar hp ini dapat dilakukan apabila diagnosa menunjukkan bahwa kerusakan atau malfungsi pada layar disebabkan oleh faktor eksternal atau hardware.

Sebaiknya ulangi langkah ini hingga beberapa kali agar garis kuning yang muncul di perangkat ponsel kamu bisa hilang secara perlahan.

3. Menggunakan Aplikasi LCD Fixer

Di beberapa perangkat Android sudah terdapat aplikasi yang sengaja dikembangkan untuk mengatasi terjadinya kerusakan pada layar terlebih jika muncul garis kuning pada layar.

Jika peristiwa ini terjadi, aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memperbaiki LDC kamu yaitu LCD Fixer atau Dead Pixels Test and Fix. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis.

Aplikasi Dead Pixels Test and Fix
Aplikasi Dead Pixels Test and Fix

Aplikasi ini bekerja dengan sistem pendeteksi dan menghilangkan titik-titik yang menjadi garis pada layar sehingga akan berangsur-angsur layar yang menguning akan menghilang.

Cara menjalankan atau menggunakan aplikasi LCD Fixer di perangat Hp.

  • Setelah aplikasi Dead Pixels Test and Fix berhasil terpasang, aktifkan aplikasi dengan membuka dan menyetujui terms dan conditionnya.
  • Klik Periksa Mati dan Perbaiki Piksel Nati untuk memulai perbaikan.
  • Klik Ok atau Iya.
  • Tunggu hingga hasilnya keluar.

4. Update OS Terbaru

Cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu membawa ke service selanjutnya adalah dengan mengupdate OS terbaru di perangkat ponsel kamu.

Faktanya, versi OS yang ketinggalan zaman dapat mempengaruhi kinerja perangkat dan mendapatkan banyak masalah seperti bug atau masalah garis vertikal yang muncul pada layar Android kamu.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, kamu bisa perbaharui sistem terbaru OS pada perangkat dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka menu pengaturan di ponsel kamu.
  • Cari dan pilih menu Pembaruan Sistem.
  • Klik periksa pembaruan.
  • Secara otomatis ponsel akan mengunduh dan menginstal versi Android terbaru.

5. Menonaktifkan Mode Layar Warna

Menonaktifkan Mode Layar Warna
Menonaktifkan Mode Layar Warna

Jika sebelumnya garis kuning dilayar hp muncul akibat permasalahan seperti jatuh atau tertindih, akan tetapi garis kuning dilayar juga bisa terjadi karena pengaturan mode layar ponsel.

Mode layar warna seringkali digunakan untuk mengubah tampilan warna layar dan terkadang pengaturan yang salah atau glitch dalam mode ini bsa menyebabkan garis kuning atau masalah lainnya.

Jika garis kuning di layar hp kamu muncul tiba-tiba tanpa sebab kamu bisa menonaktifkan mode layar warna apabila tersedia diperangkat dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan atau Settingan.
  • Pilih menu Layar atau Kecerahan.
  • Klik Mode Layar Warna atau yang serupa.
  • Terakhir, ubah pengaturannya menjadi mode standar atau mode warna alami.

6. Cek Soket Layar Smartphone

Alternatif lain untuk cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu membawa ke service dengan mudah yaitu dengan mengecek kesehatan soket layar pada perangkat ponsel.

Untuk melakukan metode ini kamu harus memiliki pengetahuan khusus tentang elektronika agar soket layar tidak rusak atau terjadi faktor yang tidak diinginkan.

7. Setting Touchscreen di Developer

Setting Touchscreen di Developer 
Setting Touchscreen di Developer

Opsi pengembangan atau developer adalah sebuah halaman dimana kamu bisa mengatur settingan Android secara lengkap dan lebih mendalam lagi.

Pada halaman tersebut adalah pengaturan Show Pointer Location yang harus dinonaktifkan untuk cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu membawa ke service.

  • Akses menu Pengaturan atau Setelan di ponsel.
  • Masuk ke Tentang HP.
  • Cari kolom Nomor Bentukan dan klik beberapa kali hingga muncul pesan “Anda telah jadi pengembang”.
  • Ketuk ikon Kembali dan buka menu Opsi Pengembang.
  • Lalu nonatifkan Tampilan Petunjuk.
  • Secara otomatis garis pada layar akan menghilang.

8. Factory Reset

Factory reset (pengaturan ulang pabrik) adalah salah satu cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu ke service. Dengan melakukan metode ini, akan mengembalikan Hp ke pengaturan awal, karena menghapus semua data dan mengatasi masalah perangkat lunak yang menjadi penyebab munculnya garis kuning.

Namun, sebelum melakukan metode ini ada baiknya kamu mencadangkan semua data penting yang ada di dalam perangkat. Setelah semua data sudah dicadangkan, kamu bisa menggunakan cara ini dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di Hp kamu.
  • Cari dan pilih opsi Sistem atau Pengaturan Tambahan.
  • Klik Pengaturan pabrik.
  • Ikuti semua petunjuk untuk melakukan factory reset.
  • Kemungkinan kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau PIN perangkat sebagai tindakan keamanan.

Setelah factory reset berhasil, perangkat akan kembali ke pengaturan pabrik dan ini akan menghapus potensi masalah yang terjadi pada layar ponsel kamu.

Postingan Menarik Lainnya : 8 Cara Menyalakan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp
Cara Menghilangkan Garis Kuning di Layar Hp

Munculnya garis kuning pada layar bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu kerusakan layar disebabkan oleh software atau hardware.

Beberapa cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu membawa ke service diatas bisa kamu coba untuk mengatasi kerusakan yang terdapat di layar ponsel.

Semoga informasi cara menghilangkan garis kuning di layar hp tanpa perlu membawa ke service ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay