Kenapa Pesan WA Tidak Masuk Padahal Online, Ini 13 Solusinya!

Sanra Hutagalung

Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online merupakan permasalah yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu dari aplikasi Wa itu sendiri atau dari perangkat yang digunakan.

Status online di Whatsapp sebuah indikasi yang menyatakan bahwa seorang pengguna Whatsapp sedang aktif dan terhubung ke aplikasi tersebut.

Secara umum, status online ini ditandai dengan tulisan “online” yang muncul dibawah nama pengguna atau nomor telepon pengguna yang ada di dalam percakapan.

Akan tetapi sampai sekarang, status online yang muncul ini membuat banyak pengguna Whatsapp berprasangka buruk karena pesan yang sebelumnya dibuat justru tidak terkirim atau ceklis 1 ke nomor Wa orang yang telah dituju.

Biasanya ini disebabkan oleh beberapa hal, dimana faktor penyebab yang paling umum membuat ini bisa terjadi yaitu koneksi internet yang digunakan lambat atau lemah atau perangkat yang tidak kompetibel.

Sekilas Tentang Status Online di Wa

Status online di Whatsapp adalah indikasi yang menyatakan bahwa pengguna sedang aktif dan siap untuk berkomunikasi dengan siapa saja.

Saat seseorang terlihat online, itu berarti mereka saat ini terhubung ke aplikasi Whatsapp dan dapat menerima serta mengirim pesan secara real-time.

Status online biasanya ditampilkan pada bagian bawah nama pengguna atau nomor telepon di dalam percakapan. Status ini memberikan informasi berharga kepada kontak kamu, karena memungkinkan mereka tahu kapan saat yang tepat untuk mengirimkan pesan dan mendapatkan tanggapan.

Lantas kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online dalam waktu yang lama? Untuk mendapatkan infromasi yang lebih lengkap, ikuti pembahasan dibawah ini.

Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online

Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online
Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online

Mengetahui kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah menghindari kebingungan dan memastikan pesan-pesan yang dikirim dapat diterima dengan baik.

Selain itu, mengetahui faktor penyebab kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online juga akan membantu kamu dalam mengambil tindakan untuk memperbaikinya dengan cepat dan menjaga komunikasi agar tetap lancar.

Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online Solusinya 
Masalah pada Aplikasi Whatsapp Hapus cache aplikasi Whatsapp
Koneksi Internet Lemah Ganti opsi koneksi ke wifi atau Hotspot portable
Keterlambatan Pengriman Tunggu hingga orang tersebut kembali online
Masalah Server Whatsapp Kamu hanya bisa menunggu hingga masa pemeliharaan/ maintenance berakhir.
Ponsel tidak Kompetibel Restart perangkat ponsel.

Untuk mengetahui penyebab lain kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online secara umum, yakni diantaranya sebagai berikut.

Masalah pada Aplikasi Whatsapp

Ketika kamu mengirimkan pesan pada orang lain di Wa dengan status pemilik nya online, akan tetapi chat yang kamu kirim tidak masuk, ini bisa terjadi akibat masalah yang terjadi pada aplikasi Whatsapp.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada aplikasi Whatsapp yaitu bug atau gangguan perangkat lunak yang menyebabkan perilaku yang tidak diharapkan, seperti pengiriman pesan yang tidak masuk.

Koneksi Internet Lemah

Koneksi Internet Lemah
Koneksi Internet Lemah

Faktor permasalahan yang membuat pesann wa tidak masuk padahal statusnya online yaitu koneksi internet yang lemah atau lambat.

Secara umum, agar dapat terhubung ke Whatsapp maka setiap pengguna harus memiliki koneksi internet yang mencukupi. Namun ada kalanya jaringan internet yang dimiliki tidak stabil sehingga pesan yang dikirimkan oleh pengguna lain tidak masuk.

Keterlambatan Pengiriman

Penyebab keterlambatan pengiriman pesan ke wa bisa bervariasi, salah satunya adalah koneksi internet yang tidak stabil sehingga menyebabkan pesan terjebak dalam proses pengiriman.

Biasanya orang yang baru saja online dan tiba-tiba mematikan data selulernya statusnya akan tetap online beberapa saat.

Oleh sebab itu, ketika kamu mengirimkan pesan ke Wa maka pesan tersebut sudah tidak tersampaikan lagi pada orang yang akan kamu tuju.

Masalah Server Whatsapp

Masalah server adalah penyebab umum mengapa pesan Whatsapp mungkin tidak masuk padahal kamu terlihat online. Server Whatsapp merupakan infrastruktur yang mengelola pengiriman pesan di seluruh dunia.

Maka ketika server Whatsapp mengalami masalah, hal ini dapat mempengaruhi pegiriman pesan kamu bahkan jika kamu terhubung secara online.

Masalah server ini bisa terjadi akibat adanya lonjakan penggunaan Wa secara bersamaan atau aktivitas yang tinggi sehingga server menjadi terbebani dan mengakibatkan penundaan dalam pengiriman pesan.

Ponsel Tidak Kompatibel

Ketika kamu mengalami masalah pesan Wa yang tidak masuk padahal terlihat online, masalah kompatibilitas ponsel termasuk faktor penyebab yang paling umum.

Hal ini bisa terjadi ketika ponsel yang digunakan tidak memenuhi persyaratan teknis Whatsapp yang terbaru. Pasalnya, Whatsapp secara teratur menghentikan dukungan untuk sistem operasi yang lebih lama.

Jadi, jika ponsel kamu menjalankan sistem operasi yang tidak didukung oleh Whatsapp, kemungkinan dampak yang akan kamu dapatkan adalah pesan Wa tidak masuk padahal online.

Cara Mengatasi Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online

Untuk mengatasi masalah diatas, tentunya kamu harus tahu dulu penyebab kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online. Jika masalahnya karena Whatsapp sedang gangguan, maka kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai server kembali pulih lagi.

Selain itu, berikut beberapa solusi jika pesan Whatsapp tidak masuk padahal online yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Seperti kendala yang banyak dialami pengguna terutama penulis sendiri, solusinya adalah mengganti opsi data/ koneksi internet ponsel ke Wifi atau gunakan provider lain.

Berikut beberapa opsi yang bida kamu pilih untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih lancar agar kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online dapat teratasi.

  • Ganti Opsi Koneksi – Gunakan Wifi atau Hotspot portable untuk mendapatkan kualitas koneksi internet yang lebih baik.
  • Switch Data – Restart data dengan melakukan pertukaran antara Data Seluler ke Mode Pesawat atau sebaliknya.
  • On Off Data/ Wifi – Matikan dan hidupkan kembali data seluler / Wifi atau restart pada router wifi.

Setelah memastian jaringan internet sudah lancar, cobalah untuk mengirimkan pesan di Whatsapp kepada orang lain.

2. Restart Ponsel

Restart Perangkat
Restart Perangkat

Mematikan dan menyalakan kembali perangkat adalah solusi untuk membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan koneksi internet, seperti pesan Wa tidak masuk padahal online.

Berikut adalah cara restart ponsel :

  • Tekan tombol power hingga muncul beberapa menu pada layar.
  • Pilih opsi menu Restart atau muat ulang.
  • Tunggu hinga perangkat hidup kembali.

Tindakan ini sangat penting dilakukan untuk membantu mereset koneksi pada perangkat yang sedang digunakan ke jaringan internet, sehingga dapat memperbaharui masalah koneksi.

3. Cek Pengaturan Notifikasi Whatsapp

Umumnya, ketika pengaturan pada notifikasi Whatsapp dinonaktifkan maka pesan yang dikirim tidak akan tersampaikan hingga orang tersebut mengaktifkan kembali notifikasi WA nya.

Pasalnya, notifikasi wa yang dinonaktifkan dapat mempengaruhi cara pesan ditampilan dan diterima. Untuk memastikan apakah notifikasi Whatsapp aktif atau dinonaktifkan, ikuti panduan dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan di perangkat ponsel kamu.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Klik Manajemen Aplikasi.
  • Cari dan klik Whatsapp.
  • Klik Kelola Notifikasi, kemudian cek apakah izinkan notifikasi di Whatsapp aktif atau nonaktifkan.
  • Jika dalam keadaan nonaktif, klik ikon hingga berwarna biru untuk mengaktifkannya.

4. Menonaktifkan Mode Hemat Data

Menonaktifkan Mode Hemat Data
Menonaktifkan Mode Hemat Data

Menonaktifkan hemat data menjadi solusi terbaik untuk mengatasi penyebab kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online yang bisa kamu coba.

Mode hemat data adalah fitur yang membatasi penggunaan data seluler oleh Whatsapp untuk mengurangi pemakaian data saat berkomunikasi. Dalam beberapa kasus hal ini juga bisa memengaruhi kinerja aplikasi.

Berikut adalah cara menonaktifkan mode hemat data agar kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online bisa teratasi.

  • Masuk ke Pengaturan atau Setelan.
  • Pilih menu Jaringan Seluler.
  • Lalu klik Penggunaan Data.
  • Jika mode hemat data sedang aktif, klik menu Hemat Data.
  • Klik ikon Hemat data untuk menonaktifkannya.

Perlu dicatat, menonaktifkan mode hemat data akan membuat kamu lebih banyak menggunakan data seluler apabila tidak terhubung ke Wifi.

5. Aktifkan Data Latar Belakang Wa

Memastikan data internet untuk background atau latar belakang Whatsapp aktif akan membantu kamu mengatasi masalah kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online.

Hal ini dikarenakan jika data di latar belakang tidak aktif akan membuat kamu merasa kesulitan menerima notifikasi masuk dari orang yang lain yang telah mengirimkan pesan.

Ikuti panduan ini untuk mengeceknya :

  • Akses menu pengaturan di ponsel kamu.
  • Pilih Aplikasi dan Notifikasi.
  • Klik opsi menu Whatsapp.
  • Pastikan data seluler. WiFi, dan Data latar Belakang dalam keadaan aktif.

Setelah opsi diatas sudah diatur, cobalah minta teman atau keluarga mengirimkan pesan ke Whatsapp kamu untuk memastikan pesan tersampaikan dengan baik.

6. Bersihkan Cache Whatsapp

Bersihkan Cache Whatsapp
Bersihkan Cache Whatsapp

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses. Namun terkadang cache yang korup atau menumpuk dapat memengaruhi kinerja aplikasi, termasuk pengiriman dan penerimaan pesan.

Selain menghapus cache juga membantu mengurangi penggunaan data dan memperbaiki kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online terus.

7. Update Aplikasi Whatsapp

Pembaharuan aplikasi secara teratur adalah praktik yang disarankan untuk beberapa alasan, salah satunya adalah untuk memperbaiki bug atau masalah teknis yang mungkin mempengaruhi kinerja aplikasi.

Selain mengatasi permasalahan kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online, menngupdate Wa juga dilakukan untuk mendapatkan pembaharuan fitur-fitur baru yang lebih canggih atau fungsionalitas.

Berikut adalah cara mengupdate aplikasi Whatsapp agar pesan Wa tidak masuk padahal online tidak terjadi lagi.

  • Buka Play Store atau App Store di perangkat posel kamu.
  • Ketikan Whatsapp di kolom pencarian.
  • Klik Update.
  • Tunggu hingga proses update selesai dilakukan.
  • Whatsapp berhasil diperbaharui.

8. Keluar dari Whatsapp Web

Keluar dari Whatsapp Web
Keluar dari Whatsapp Web

Cara mengatasi kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online terakhir yaitu keluar dari mode Whatsapp web yang sedang terhubung saat ini.

Pasalnya, pihak Wa sendiri menyarankan setiap yang menggunakan mode ini dan sudah tidak menggunakannya sebaiknya Wa nya di logout saja agar tidak menghambat kinerja aplikasi tersebut untuk mengakses pesan masuk yang je Whatsapp mobile.

Cara keluar dari mode Whatsapp Web di laptop atau PC.

  • Buka Whatsapp Web.
  • Dihalaman utama, klik ikon titik tiga sejajar dengan menu profil.
  • Pilih menu Keluar.
  • Konfirmasi persetujuan dengan mengklik Keluar.

Postingan Menarik Lainnya : 2 Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Whatsapp Kita Tanpa Aplikasi

Akhir Kata

Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online
Kenapa Pesan Wa Tidak Masuk Padahal Online

Itulah beberapa faktor penyebab kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online secara umum yang wajib kamu ketahui jika sedang mengalami hal tersebut.

Agar hal ini tidak terjadi lagi, silahkan perhatikan beberapa cara mengatasi diatas dengan benar.

Semoga informasi kenapa pesan Wa tidak masuk padahal online ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay