Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login? Pertanyaan yang cukup sering dilontarkan oleh nasabah Mandiri saat akan mengakses Livin Mandiri namun gagal masuk.

Seperti yang diketahui Livin Mandiri sangat memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi online dengan mudah seperti transfer uang, pengisian dompet digital, serta pembayaran transaksi online lainnya tanpa harus keluar rumah.

Terlepas dari kemudahannya, Livin Mandiri juga pernah mengalami gangguan/eror yang membuat nasabah tidak bisa mengaksesnya. Untuk itu, disini kami akan menjelaskan sedikit yang menjadi penyebab kenapa Livin Mandiri tidak bisa login serta cara mengatasi jika terjadi kendala gagal login.

Sekilas Tentang Livin Mandiri

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login
Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login

Livin by Mandiri merupakan sebuah aplikasi perbankan yang ditawarkan oleh bank Mandiri. Sama dengan perbankan lainnya, aplikasi mobile banking ini dihadirkan untuk membantu nasabah Mandiri melakukan transaksi secara online.

Ada banyak manfaat yang bisa diterima nasabah Mandiri dengan menggunakan Livin Mandiri seperti dapat melakukan pembayaran secara online, melakukan pengiriman hanya dari aplikasi dan berbagai kemudahan lainnya seperti dibawah ini.

Keuntungan Menggunakan Livin Mandiri

Livin Mandiri dihadirkan untuk mempermudah nasabah Mandiri mengakses layanan secara online. Lantas, apa saja keuntungan menggunakan Livin Mandiri ?

Akses Lebih Mudah

Pernah merasa kesulitan login ke aplikasi karena harus memasukkan username dan password? Berbeda dengan Livin Mandiri, saat ini sudah tersedia fitur Biometric Login yang berfungsi untuk masuk ke aplikasi hanya menggunakan sidik jari.

Selain itu, Livin Mandiri juga menyediakan fitur Quick Pick yang dapat membentuk jalan pintas pada halaman Home di aplikasi Livin Mandiri. Jalan pintas ini berisi layanan transaksi yang sering digunakan, sehingga akan mempermudah jika ingin melakukan transaksi yang sama dikemudian hari. kemudahan ini tentu sangat membantu nasabah dalam mengakses aplikasi Livin Mandiri.

Penarikan Tunai Tanpa kartu

Dengan memiliki Livin Mandiri, Nasabah Mandiri dapat melakukan tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu. Layanan terbaru ini cukup membantu nasabah dalam keaadaan darurat apabila sedang membutuhkan dana namun tidak membawa kartu ATM.

Berikut cara menggunakan fitur tarik tunai tanpa kartu:

  • Silahkan kunjungi ATM Mandiri
  • Kemudian Masukkan Pin ATM
  • Lalu Pilih Tarik Tunai
  • Selanjutnya masukkan kode verifikasi dan nomor Hp ke mesin ATM
  • Masukkan nominal yang akan di tarik
  • Terakhir tarik uang dari mesin ATM

Dapat Digunakan di Luar Negeri

Keunggulan berikut ini merupakan salah satu upgrade yang dihadirkan oleh aplikasi resmi dari Bank Mandiri. Saat ini diketahui bahwa aplikasi Livin Mandiri dapat digunakan di 118 negara diantaranya Siangapur, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serika, Australia, dan negara lainnya.

Bisa Mengajukan Kartu Kredit

Saat ini telah banyak toko yang menyediakan metode pembayaran melalui kartu kredit. Nah, jika kamu nasabah Mandiri yang ingin membuat kartu kredit sangat mudah karena bisa dilakukan melalui aplikasi Livin Mandiri.

Kamu hanya perlu melengkapi dokumen yang diwajibkan untuk pengajuan, kemudian ajukan permintaan melalui aplikasi. Selanjutnya selesaikan proses pengajuan dengan mengikuti intruksi dari aplikasi. Jika permintaan sudah berhasil, maka kartu kredit yang telah diajukan akan diantar langsung ke alamat nasabah.

Cakupan Integrasi Lebih Luas

Aplikasi Livin Mandiri dilengkapi dengan berbagai layanan menarik. Selain itu, Livin mandiri juga telah memiliki cakupan integrasi yang cukup luas ke berbagai platform ewallet seperti DANA, OVO, Gopay, dan Link Aja.

Melalui aplikasi Mandiri, nasabah dapat melakukan berbagai pembayaran transaksi digital seperti pengisian pulsa dan paket internet, pembayaran tagihan listrik, hingga PDAM.

Cara Daftar Livin Mandiri

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login
Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login

Melihat keutungan tersebut, tentu sangat menarik jika bisa menikmati kemudahan dari layanan tersebut bukan? Nah, bagi kamu yang ingin mendaftaftarkan aplikasi Livin Mandiri, mari simak langkah-langkah dibawah ini :

  • Download aplikasi Livin by Mandiri dari plastore ataupun Appstore
  • Pada halaman awal silahkan pilih opsi “Punya kartu debit/kredit Mandiri
  • Kamu akan melihat syarat dan ketentuan menggunakan aplikasi, silahkan baca sampai akhir kemudian klik setuju pada bagian akhir
  • Langkah berikutnya masukkan data kartu kredit/debit Mandiri
  • Lalu masukkan nomor Hp yang sesuai dengan nomor yang hp yang digunakan saat membuka rekening
  • Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat, sistem akan mengirimkan kode OTP kenomor yang telah dimasukkan sebelumnya, lalu input kode OTP ke kolom “Masukkan OTP
  • Kemudian silahkan buat password dan juga PIN yang akan digunakan untuk melakukan transaksi
  • Pendaftaran berhasil, aplikasi sudah bisa digunakan.

Pendaftaran Livin Mandiri dapat dilakukan jika kamu sudah memiliki rekening Mandiri. Namun jika belum memiliki rekening Mandiri, silahkan buat terlebih dahulu pada kantor cabang terdekat.

Jika memang hendak membuka rekening Mandiri ke kantor cabang, maka nasabah juga bisa langsung mendaftarkan Livin Mandiri dengan mengikuti petunjuk dari petugas bank Mandiri.

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login
Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa Livin Mandiri tidak bisa login, diantaranya :

Salah Masukkan Username dan Password

Penyebab utama yang menyebabkan kenapa Livin Mandiri tidak bisa login ialah salah memasukkan username dan Password. Salah username ataupun password tidak akan bisa meloginkan Livin Mandiri, Untuk itu pastikan kembali kamu memasukkan akun yang sesuai.

Nomor Hp Tidak terdeteksi

Saat mendaftarkan Livin Mandiri, nasabah diminta untuk memasukkan nomor hp sebagai verifikasi akun Livin Mandiri. Sehingga jika kartu nomor yang terdaftar dicabut dari slot SIM hp, maka akan menyebabkan aplikasi yang sudah terdaftar sebelumnya tidak bisa login.

Posisi kartu pada slot SIM HP juga mempengaruhi aplikasi saat di akses. Untuk kartu yang digunakan mendaftar Livin Mandiri sebaiknya diletakkan pada slot SIM 1.

Perangkat Eror

Perangkat atau smartphone yang digunakan untuk mengakses Livin Mandiri juga dapat mempengaruhi penggunaan aplikasi. Jika smartphone yang digunakan mengalami kendala atau eror, maka aplikasi yang terdapat dalam smartphone juga akan sulit digunakan.

Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan sangat berpengaruh terhadap pembukaan aplikasi. Saat ingin mengakses aplikasi mobile banking, yang wajib dipastikan dahulu ialah koneksi jaringan. Jika semua perangkat aman namun perangkat kamu tidak terhubung pada jaringan maka Livin Mandiri juga tidak akan terbuka.

Maintence Aplikasi

Penyebab berikutnya kenapa Livin Mandiri tidak bisa login ialah sedang pemeliharaan aplikasi atau sering disebut “Mobile App Maintence“. Hal ini sering terjadi pada sistem aplikasi saat pihak platform melakukan kontrol aplikasi.

Saat pemeliharaan aplikasi biasanya sistem akan melakukan pembaharuan serta melakukan peningkatan layanan secara berkala. Umumnya maintence hanya terjadi beberapa bulan sekali.

Cache Menumpuk

Cache menumpuk menjadi salah satu penyebab kenapa Livin Mandiri tidak bisa login. Tidak hanya Livin Mandiri, aplikasi lain juga akan sulit login jika cache pada aplikasi telah menumpuk. Karena banyaknya pemakaian ruang pada aplikasi dapat memperlambat kinerja aplikasi bahkan akan kesulitan untuk mendapatkan koneksi jaringan ke aplikasi.

Cara Mengatasi Livin Mandiri Yang Tidak Bisa Login

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login
Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa Livin Mandiri tidak bisa login, maka topik selanjutnya adalah membahas solusi untuk mengatasi masalah terbut.

Masalah Livin Mandiri yang tidak bisa login bukanlah masalah yang serius, karena masalah ini memangsering terjadi bahkan di aplikasi mobile banking lainnya. Namun jika kamu mengalami salah satu dari penyebab Livin Mandiri tidak bisa login diatas, mari terapkan beberapa solusi berikut ini :

Restart Perangkat

Merestart perangkat merupakan cara untuk menyegarkan kembali smartphone. Beberapa aplikasi sulit dibuka karena perangkat yang berat atau bahkan terlalu sering digunakan.

Bersihkan Cache

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan membersihkan Cache. Cache yang terlalu menumpuk dapat menyebabkan beberapa masalah pada perangkat diantaranya sering eror, aktivitas lambat, dan sulit untuk mendapatkan koneksi jaringan.

Cara menghapus Cache pada aplikasi Livin Mandiri dengan cara login ke menu setting, pilih App  Management, klik App list, lalu cari aplikasi Livin by Mandiri. Setelah itu, klik penyimpanan, dan hapus data. Dengan cara tersebut maka ruang pada aplikasi Livin Mandiri akan menjadi lebih ringan.

Update Aplikasi Livin Mandiri

Aplikasi Livin Mandiri versi lama juga bisa menjadi penyebab Livin Mandiri tidak bisa login. Update aplikasi biasanya dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan layanan aplikasi.

Jika memang perangkat kamu tidak memasang pengaturan update otomatis, silahkan coba update manual aplikasi Livin Mandiri tersebut.

Periksa Jaringan Internet

Koneksi jaringan juga menjadi salah satu penyebab kenapa Livin Mandiri tidak bisa login. Untuk itu, cara mengatasinya juga dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi jaringan yang sedang digunakan.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti jaringan dengan layanan lainnya untuk memastikan bahwa kendala tidak sebabkan oleh masalah jaringan.

Buka Aplikasi Secara Berkala

Setelah melakukan beberapa cara diatas Livin Mandiri masih belum terbuka, mungkin saja kesalahan memang bukan dari perangkat kamu. Maka solusi yang bisa dicoba ialah dengan membuka aplikasi secara berkala.

Nasabah mungkin saja tidak tahu jika pihak Mandiri sedang terjadi maintence, dan sampai kapan maintence selesai. Untuk itu, dengan membuka aplikasi secara perlahan, akan ada kemungkinan aplikasi bisa digunakan.

Hubungi Customer Service

Cara terakhir untuk mengatasi kendala kenapa Livin Mandiri tidak bisa login ialah dengan menghubungi Customer Service Mandiri. Untuk menghubungi customers service juga bisa dilakukan secara online tanpa harus kekantor cabang.

Berikut kontak Customer Service Mandiri yang bisa kamu hubungi untuk menanyakan kendala kenapa Livin Mandiri tidak bisa login :

Telepon 14000 dan (021) 52997777
Email mandiricare@bankmandiri.co.id
Forum Mandiri Bantuan Bank Mandiri
USSD *141*6#
Twitter @mandiricare

 

Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login
Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Login ?

Semoga cara diatas dapat membantu teman-teman dalam mengatasi kendala kenapa Livin Mandiri tidak bisa login. Berbagai cara diatas juga dapat dijadikan referensi bagi pembaca untuk mengatasi gangguan pada aplikasi Livin Mandiri.

Related Post

Tinggalkan komentar