2 Cara Reset Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Ristauli Sianturi

Kamu mempunyai printer epsonL3110? Terus tiba tiba printer eror dan tidak dapat beroperasi? Mari kita bahas Cara Reset Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip. Karena keluhan semua printer yang harga standar pasti pernah mengalami ini.

Kemudian tidak tau caranya dan akhirnya bawa langsung ke servis dan mengeluarkan uang yang sangat lumayan namun cara memperbaiki nya sangat gampang sekali. Jadi dibawah ini akan bahas juga mengapa hal itu dapat terjadi.

Tidak hanya cara reset printer epson L3110 kita juga harus paham mengapa hal itu dapat terjadi sehingga kita tau juga cara menanggulangi dan bagaimana sih tanda nya kalau mesin printer itu sehingga harus di reset.

Baca Juga: 10 Aplikasi untuk Membuat Struk Belanja Terbaik dan Gratis

Apa Penyebab Mesin Printer Sehingga Harus di Reset?

1. Munculnya pesan error pada Epson Status Monitor: Service Requiered atau Layanan Diperlukan

Printer yang sudah melewati usia pakai atau dengan kata lain lain sudah lama di pakai ada juga penyebab eror juga karena terlalu banyak print secara terus menerus tanpa henti. Dan sudah menampilkan pesan tersebut dan itu tandanya bahwa printer perlu direset.

2. Paper Jam

Kertas yang terperangkap di dalam printer karena adanya kesalahan dalam memasukkan kertas juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Saat kita nge print ada kertas yang nyangkut dan ternyata kita terlalu kuat menarik sehingga membuat mesin eror.

3. Tinta sudah habis

Ini kasus paling sering terjai. Kita tidak memperhatikan mesin printer kita ternyata tinta sudah habis namun printer masih berjalan untuk nge print. Hal itu menyebabkan printer mengalami error sehingga harus direset agar bisa digunakan kembali.

4. Permasalahan pada Cartridge

Penempatan cartridge yang salah, tidak tepat, atau bahkan rusak karena tertutup tinta atau penyebab lainnya, menyebabkan kinerja printer terganggu sehingga mengharuskan kita untuk melakukan reset printer agar bisa kembali normal.

5. Masalah lain yang menyebabkan lampu indikator tombol power dan tombol stop berkedip bersamaan

Terkadang kita tidak tahu pasti penyebabnya tiba-tiba muncul pesan dengan kode angka pada Epson ditandai dengan lampu indikator pada tombol stop dan power printer yang berkedip secara bersamaan.

Kalau misalnya sudah muncul lampu berkedip printer tidak akan bisa dipakai. Jadi lampu berkedip pada printer menadakan ada yang salah atau ada kerusakan pada printer tersebut.

Cara Reset Printer Epson L3110 Lampu Tinta dan Kertas Berkedip

Salah satu cara reset printer epson L3110 jika printer ini mengalami error adalah adanya lampu indikator yang berkedip berwarna orange, tetapi tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen sama sekali.
Jika sudah seperti ini, maka harus diperbaiki dengan cara reset. Terdapat dua pilihan untuk melakukan reset, yaitu secara manual atau menggunakan software.

1. Cara Reset Printer Epson L3110 Manual

Cara Reset Printer Epson L3110. Foto: Pexels

Cara reset printer epson L3110 pertama. Saat kamu ingin mencetak dokumen yang printer kamu mengeluarkan pesan error jika nearly time to reset ink levels atau ink runs out.Maka ini merupakan waktu yang tepat .
Untuk kamu melakukan reset printer epson yang kamu gunakan untuk mencetak dokumen. Cara reset printer epson tanpa software ini cukup mudah untuk kita dan basa di lakukan oleh orang yang belum pernah mengenal teknologi sekalipun.
Kamu bisa melakukannya tanpa perlu mengunduh software khusus resetter printer epson L3110 online. Cara reset printer Epson L3110 secara manual dapat dilakukan secara mudah, pertama adalah dengan mencabut kabel power yang terhubung pada printer Epson L3110.
Setelah itu berikan jeda selama kurang lebih 5 menit dan setelah itu kabel power dapat dihubungkan kembali. Pastikan untuk menghubungkan kabel power secara benar agar printer dapat dihidupkan.
Untuk langkah-langkah cara reset printer epson L3110 tanpa software bisa kamu lakukan di bawah ini
  1. Buka jendela epson status monitor yang biasanya muncul saat kita mengalami suatu masalah pada saat melakukan print dokumen.
  2. Klik pada tombol Antrian Cetak yang ada di sebelalh kiri bawah jendela EPSON Status Monitor.
  3. Klik kanan pada Document name atau di aktivitas printer yang muncul.
  4. Pilih Cancel untuk membatalkan aktivitas printer yang sedang berjalan.
  5. Klik Yes jika muncul pesan berisi konfirmasi untuk membatalkan pencetakan dokumen.
  6. Tutup jendela aktivitas printer dan pastikan sudah kosong atau tidak ada aktivitas printer lagi yang sedang berjalan.
  7. Klik tombol Ok yang ada pada jendela Status monitor, maka jendela tersebut akan menutup.
  8. Tekan dan tahan tombol Power dan Stop yang ada di printer secara bersamaan menggunakan dua jari.
  9. Tahan hingga lampu pada tombol Power dan lampu indikator tombol Stop yang bewarna merah menjadi mati.
  10. Lepaskan jika lampu indikator keduanya sudah mati.
  11. Tekan kembali tombol Power untuk menyalakan printer kembali, maka lampu indikator pada tombol stop tidak akan muncul kembali yang menandakan bahwa printer sudah berhasil direset dan menjadi normal kembali.
  12. Gunakan printer seperti biasa untuk mengeprint dokumen.
Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas kamu bisa mencoba kembali untuk mencetak dokumen kamu kembali.
Jika langkah reset printer epson L3110 tanpa software tidak berhasil. Kamu bisa melakukan langkah-langkah reset printer epson selanjutnya.
Pastikan untuk memeriksa komponen pada printer terlebih dahulu. Sebab, mungkin saja bukan dari sistemnya yang rusak, melainkan tinta printer yang habis, kabel printer putus, atau lainnya. Jika seluruh komponen aman, maka bisa melakukan cara reset berikut ini:

2. Cara Reset Printer Epson L3110 dengan Software

Cara Reset Printer Epson L3110. Foto: Pexels

Cara reset printer epson L3110 Selain dapat direset secara manual, printer Epson L3110 juga dapat direset dengan menggunakan software.  Penggunaan reset dengan software ini bisa dilakukan secara mudah dengan beberapa tahapan,
Langkah pertama adalah dengan mengunduh software untuk reset Epson L3110. Cara ini harus dilakukan agar proses reset dapat berjalan dengan baik.
  • Buka software  tersebut di laptop atau PC yang kamu gunakan. Kemudian, akan muncul kotak dialog bar ‘EPSON Adjustment Program’, lalu klik ‘Select’.
  • Setelah itu, klik ‘Model Name’ dan pilih salah satu model printer tersebut, yaitu ‘L3110’.
  • Jika sudah, klik ‘OK’, dan klik ‘Particular Adjustment Mode’. Nantinya, akan ada banyak perintah yang bisa digunakan untuk menjalankan printer. Kamu bisa scroll ke bawah dan lanjut ke kolom ‘Maintenance’, kemudian pilih ‘Waste Ink Pad Counter’ dan lalu klik ‘OK’.
  • Lalu, akan muncul dialog bar tersebut pada menu ‘Check & Initialization’. Klik centang pada ‘Main Pad Counter’ dan ‘Platen Pad Counter’, lalu klik ‘Check’.
  • Kemudian, tunggu proses hingga selesai. Setelah selesai, klik dan centang ‘Main Pad Counter’ kembali dan pilih ‘Initialization’.
  • Terakhir, matikan printer beberapa saat dan diamkan. Lalu, nyalakan kembali printer tersebut

Tips Menggunakan Printer Agar Awet Pemakaian

Tips  Deskripsi
Jaga Kebersihan Printer Pastikan untuk membersihkan printer secara berkala, terutama area penarikan kertas dan area tinta. Gunakan lap kering dan lembut.
Ganti Tinta Sesuai Petunjuk Ikuti petunjuk penggantian tinta yang diberikan oleh Epson. Jangan memasukkan tinta yang tidak sesuai atau asing ke dalam printer.
Matikan Dengan Benar Selalu matikan printer dengan benar menggunakan tombol daya yang disediakan. Jangan menarik kabel daya secara paksa.
Jaga Kelembapan Jauhkan printer dari lingkungan yang terlalu lembap atau terlalu kering, karena ini dapat memengaruhi kinerja printer.
Hindari Overload Jangan mencetak terlalu banyak halaman secara bersamaan. Printer memiliki batasan beban kerja, jadi jaga agar tidak terlalu dimanfaatkan.
Simpan Printer dengan Baik Jika Anda menyimpan printer untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk melindunginya dari debu dan gangguan lingkungan lainnya.
Kesimpulan
Cara Reset Printer Epson L3110
Cara Reset Printer Epson L3110

Itulah cara reset printer epson L3110 yang bisa diikuti. Jadi jika mengalami hal tersebut bisa diikuti jangan langsung bawa ke service . Namun jika mengikuti cara diatas namun tidak bisa langsung bawa ke tempat service.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay