Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis

Juanda Sidabutar

Tidak perlu bingung, Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis bisa dilakukan dengan mudah. Bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak selengkapnya berikut pada artikel ini.

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang cukup populer dan terbesar di dunia yang digunakan oleh jutaan bahkan milyaran orang untuk berbagi momen, cerita, dan pengalaman mereka.

Biasanya beberapa dari pengguna instagram memulai dengan membuat akun bisnis untuk keperluan pemasaran atau brand mereka. Namun, ada saat-saat ketika seseorang mungkin ingin beralih dari akun bisnis ke akun pribadi untuk alasan privasi atau perubahan fokus. Dengan begitu, pengguna lain yang bukan follower atau pengikut, tidak bisa mengakses apa pun yang di unggah pada akun Instagram tersebut.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas secara rinci mengenai cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah dipahami. Simak panduan lengkapnya dibawah ini!

Sekilas Tentang Instagram

Sekilas Tentang Instagram
Sekilas Tentang Instagram

Sebelum Team Mocipay membahas lebih lanjut mengenai cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis dengan mudah, ada baik kita mengenal lebih dulu sekilas tentang Instagram.

Bagi kamu pegiat atau aktivis media sosial, tentu sudah tidak asing lagi kan dengan platform yang satu ini? Instagram merupakan salah satu platform media, layanan jejaring sosial yang cukup populer di dunia yang dapat digunakan untuk membagikan momen, cerita, dan pengalaman melalui video atau foto.

Melansir dari beberapa sumber bahwa di Indonesia sendiri instagram telah memiliki lebih dari 99,9 juta pengguna aktif dimulai saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Dengan seiring bertambahnya pengguna, Instagram terus berinovasi dan berupaya untuk selalu memenuhi kebutuhan setiap penggunanya.

Jenis-jenis Akun Instagram

Di awal berdirinya Instagram hanya memiliki dua jenis akun, yakni akun pribadi dan akun publik. Namun , seiring dengan perkembangannya Instagram kini memiliki tiga jenis akun yang ditawarkan kepada setiap penggunanya.

Nah, sebelum mengetahui cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis, kita akan membahas sedikit jenis-jenis akun pada Instagram. Pasti kamu penasaran kan apa saja yang membedakan antara akun pribadi (personal account), akun bisnis (business account) dan akun kreator (creator account).

Untuk menjawab rasa penasaran kamu akan hal itu, simaklah perbedaan dari ketiga jenis akun berikut ini.

Akun Pribadi (Personal Account)

Akun Pribadi atau Personal Account adalah akun yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang telah diizinkan oleh pemilik akun tersebut. Konten dan segala aktivitas di akun pribadi tidak dapat diakses oleh orang-rang yang tidak memiliki izin.

Akun pribadi instagram memberikan kontrol privasi dan keamanan yang lebih besar dan akun profil hanya dapat di lihat oleh pengikut yang disetujui. Namun kamu tidak dapat memantau bagaimana kinerja dan statistik postingan kamu atau akses analitik  yang terbatas.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis, ketahuilah terlebih dahulu beberapa fitur-fitur yang ditawarkan akun pribadi seperti pada tabel di bawah ini:

Fitur Akun Pribadi
Kontrol Privasi Memberikan kontrol privasi dan keamanan yang lebih besar. Akun profil hanya dapat di lihat oleh pengikut yang disetujui.
Statistik Terbatas Informasi statistik atau analitik terbatas.
Tujuan Penggunaan Didesain untuk interaksi pribadi dengan teman dan keluarga.

Akun Bisnis (Business Account) atau Akun Profesional

Akun Bisnis atau Business Account adalah jenis akun yang disediakan untuk pengguna yang ingin menggunakan platform untuk keperluan bisnis atau pemasaran. Dengan akun bisnis, kamu dapat mengakses fitur tambahan seperti statistik analitik, tombol hubungi dan promosi berbayar untuk meningkatkan visibilitas produk atau layanan kamu.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis, ketahuilah terlebih dahulu beberapa fitur-fitur yang ditawarkan akun Bisnis seperti pada tabel di bawah ini:

Fitur Akun Bisnis
Kontak Bisnis Memungkinkan pengguna menambahkan informasi bisnis seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional.
Analitik Menyediakan akses ke alat analitik Instagram Insights, memberikan wawasan tentang kinerja konten, audiens, dan promosi.
Iklan Memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola iklan Instagram.
Tautan Ke Situs Web Jika memiliki lebih dari 10.000 pengikut, memungkinkan pengguna menambahkan tautan ke Instagram Stories, yang tidak tersedia untuk akun pribadi.

Akun Kreator (Creator Account)

Akun Kreator atau Creator Account adalah jenis akun yang ditujukan bagi pengguna yang fokus pada pembuatan konten, terutama para kreator seperti selebriti, penggiat konten atau bahkan seniman.

Sama hal dengan akun bisnis, akun kreator juga menyediakan fitur khusus seperti statistik dan analisis kinerja konten, serta adanya opsi untuk menampilkan kategori konten utama di profil. Fitur ini dapat membantu kreator untuk mengelola dan memahami audiens mereka dengan lebih baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis, ketahuilah terlebih dahulu beberapa fitur-fitur yang ditawarkan akun Kreator seperti pada tabel di bawah ini:

Fitur Akun Kreator
Fitur Kolaborasi Memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan kerja sama dengan merek atau pengguna lain.
Statistik Lanjutan Menyediakan statistik yang lebih lanjut tentang pertumbuhan pengikut, wawasan IGTV, dan demografis pengikut.
Filter Pesan Memiliki kemampuan untuk mengelola pesan langsung dengan filter pesan yang ditingkatkan.
Fleksibilitas Memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam menyesuaikan profil dan memanfaatkan fitur-fitur khusus.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Akun Pribadi Instagram

Sebelum memutuskan dan melakukan cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan kamu peroleh di masa yang akan datang.

Hal ini perlu, agar saat beralih ke akun pribadi kamu tidak perlu khawatir lagi dan tidak memiliki kendala. Untuk itu, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan akun pribadi Instagram.

Kelebihan Menggunakan Akun Pribadi Instagram

  • Privasi pengguna akan tetap terjaga.
  • Bebas dari kewajiban promosi.
  • Bebas dari tuntutan komersial atau bisnis.
  • Dapat terhindar dari akun-akun fake (palsu)  yang tidak di kenal.
  • Semua interaksi hanya fokus ke lingkungan sosial, seperti keluarga, teman, pacar, bestie hingga pengikut pribadi lainnya.

Kekurangan Menggunakan Akun Pribadi Instagram

  • Terbatas untuk dapat memasarkan bisnis.
  • Jangkauan konten yang terbatas,
  • Tidak akan mendapatkan akses ke fitur analitik lanjutan.

Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram

Setelah mengetahui perbedaan dari jenis-jenis akun Instagram, tentunya kamu ingin mengetahui cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis kan? Nah, untuk itu simaklah panduan lengkapnya dibawah ini.

Langkah-langkah Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis

Berikut langkah-langkah Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram:

  • Buka Aplikasi Instagram.
  • Setelah itu, Klik Foto Profil Instagram.
  • Ketuk Garis Tiga di sudut pojok kanan atas.
Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis Dan Sebaliknya Dengan Mudah
Klik Icon Gerigi Pengaturan dan privasi
  • Selanjutnya, Klik Icon Gerigi Pengaturan dan privasi seperti gambar di bawah ini.
Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis Dan Sebaliknya Dengan Mudah
Klik Icon Gerigi Pengaturan dan privasi
  • Gulir ke bawah dan Pilih Menu Fitur dan kontrol kreator seperti gambar dibawah.
Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis Dan Sebaliknya Dengan Mudah
Pilih Fitur dan Kontrol kreator
  • Gulir ke bawah lagi dan Pilih Ubah Jenis Akun seperti gambar di bawah ini
Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis Dan Sebaliknya Dengan Mudah
Pilih Ubah Jenis Akun
  • Klik Beralih ke Akun Pribadi seperti gambar di bawah ini
Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis Dan Sebaliknya Dengan Mudah
Klik Beralih ke Akun Pribadi
  • Setelah itu, baca pesan pop up yang ditampilkan pada layar.
  • Jika setuju dengan pernyataan pada pop up tersebut, silahkan Klik Beralih ke Akun Pribadi.
  • Selesai.

FAQ Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram:

Apakah akun profesional IG bisa di privasi?

Sama halnya dengan akun bisnis, Akun Profesional IG tidak bisa di privasi. Jika ingin menjadikan akun kamu menjadi privasi, maka terlebih dahulu beralihlah ke akun pribadi.

Bagaimana cara menghapus akun bisnis di Instagram?

Setelah mengetahui cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis di atas, tentu kamu juga mencari bagaimana cara menghapus akun bisnis di Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Instagram yang ingin kamu hapus.
  • Ketuk foto profil kamu di kanan bawah untuk membuka profil kamu.
  • Ketuk garis tiga di kanan atas, lalu ketuk icon gerigi Pengaturan dan Privasi.
  • Dibagian bawah, ketuk Pusat Akun.
  • Ketuk Hapus di samping profil yang ingin kamu hapus.
  • Ketuk Lanjutkan, lalu ketuk Hapus (nama akun).
  • Selesai.

Perlu diingat, bahwa setelah menghapus akun, semua informasi yang terkait dengan akun tersebut, termasuk foto, video, dan pengikut, akan dihapus secara permanen.

Selain itu, jika kamu memiliki akun bisnis, kamu tidak akan dapat menggunakan fitur bisnis Instagram setelah menghapus akun. Untuk itu, pastikan kamu memikirkan keputusan ini dengan cermat sebelum melanjutkan.

Bagaimana cara mengganti akun di Instagram?

Setelah mengetahui cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis di atas, tentu kamu juga mencari bagaimana cara mengganti akun di Instagram. Berikut langkah-langkahnya:

Untuk mengganti akun di Instagram, kamu dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke akun saat ini, pastikan kamu berada di halaman beranda atau profil akun.
  • Pergi ke halaman profil, ketuk ikon profil di bagian kanan bawah layar.
  • Pada halaman profil, kamu akan melihat foto profil dan nama pengguna kamu di bagian atas. Tekan nama pengguna kamu untuk membuka menu drop-down. Pilih opsi “Switch Account” atau “Ganti Akun” jika menggunakan bahasa Indonesia.
  • Tambahkan akun baru atau pilih akun yang sudah ada.
  • Masukkan informasi masuk (username dan password) untuk akun yang ingin kamu tambahkan.
  • Setelah kamu memasukkan informasi yang diperlukan, kamu akan berhasil beralih ke akun yang baru atau yang sudah ada.
  • Selesai.

Kesimpulan

Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis
Cara Beralih Ke Akun Pribadi Instagram Dari Akun Bisnis

Itulah tadi panduan lengkap cara beralih ke akun pribadi Instagram dari akun bisnis yang bisa kamu coba saat ini. Beralih dari akun bisnis ke akun pribadi di Instagram adalah proses yang sederhana dan dapat membantu kamu mengembalikan pengalaman pengguna yang lebih pribadi dan santai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengelola jenis akun yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Ingatlah untuk selalu memeriksa pembaruan terbaru dari Instagram, karena antarmuka dan opsi pengaturan mungkin mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Instagram: @juandasidabutar09

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay