7 Cara Mengatasi AC Mati Sendiri Tanpa Panggil Teknisi

Ristauli Sianturi

Kamu memakai AC dirumah terus tiba tiba mati sendiri? Mari kita bahas cara mengatasi AC mati sendiri. Jika unit ini ada di kamar tidur, biasanya kamar akan terasa gerah dan tidur menjadi tidak nyaman jika unit ini mati.

Ketika pendingin udara ini ada di ruangan kerja, dan tidak berfungsi, tentu produktifitas menjadi menurun, dan mengganggu aktifitas bekerja. Hal ini tentu harus ada solusi segera agar aktifitas bisa berjalan dengan lancar.

AC yang mati bisa diperbaiki dengan banyak cara, mulai dari membersihkan filter indoor, membersihkan tutup body indoor, melakukan service bulanan, hingga melakukan pembersihan bagian outdoor.
Dengan mengikuti cara tersebut, Anda bisa menjaga AC tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Mari kita bahas cara mengatasi AC mati sendiri secara detail.

Apa Itu AC?

Sebelum kita bahas lebih detail lagi cara mengatasi AC mati sendiri. Kita harus paham dulu AC itu apa? AC adalah sebuah mesin yang diciptakan untuk mengatur suhu dan kelembapan udara dalam sebuah ruangan.

Mesin ini dapat digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan ruangan, tergantung pada kebutuhan penggunanya.

Meskipun AC sering disebut sebagai pendingin udara karena kebanyakan digunakan untuk menyejukkan ruangan, sebenarnya fungsi utama AC adalah untuk menstabilkan suhu dan kelembapan udara.

Penyebab dan Cara Mengatasi Ac Mati Sendiri

Sebenarnya masalah AC mati sendiri bisa menjadi tanda bahwa perangkat atau unit pendingin udara pada ruangan Anda memiliki masalah.

Bisa dikatakan unit yang Anda miliki mengalami kerusakan. Namun ada juga karena hal sepele ternyata bisa menyebabkan AC mati sendiri. Ini penjelasannya !

1. Pemasangan Tutup Tidak Tepat

Ada kalanya unit AC bisa mati sendiri disebabkan karena hal yang sangat sepele, yakni pemasangan tutup atau cover unit indoor yang tidak pas.

Tutup yang tidak pas akan mengganggu kerja tombol power pada unit AC. Penutup unit AC yang tidak terpasang dengan benar pada beberapa model AC.

Menjadikan menjepit komponen power, sehingga unit AC bisa mati sendiri karena terjepit. Solusinya cara mengatasi Ac mati sendiri adalah dengan menutup cover indoor unit dengan benar.

 

Cara Mengatasi Ac Mati Sendiri
Pemasangan tutup tidak tepat__ Sumber: Kompas.com

2. Kurangnya Tekanan Freon

Masalah freon yang bocor juga berkaitan dengan evaporator yang bisa membeku. Ketika freon bocor, ada kemungkinan evaporator akan membeku.

Jika hal seperti itu terjadi, terkadang unit AC outdoor akan mati selama es mencair dan kemudian menyala lagi. Masalah kebocoran pada evaporator, pipa instalasi, atau kondensor AC bisa menyebabkan tekanan gas freon pada AC bisa berkurang.

Freon AC umumnya dikenal sebagai zat pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan rumah dan mengeluarkan udara panas.

Tekanan freon yang berkurang bisa menjadikan unit AC tidak lekas dingin dan bahkan bisa mati sendiri. Biasanya ketika gas freon mengalami kekurangan tekanan.

Maka cara mengatasi Ac mati sendiri ini tinggal diisi saja dengan gas freon baru, Anda bisa menghubungi teknisi untuk pengisian freon.

Kurangnya Tekanan Freon
Kurangnya tekanan freon__ Sumber: Indojaya

 

3. Unit Outdoor Rusak

Kendala AC mati sendiri terkadang disebabkan oleh unit outdoor yang mengalami kerusakan. Segera periksa tekanan freon, kinerja kompresor, dan blower kipas pada alat masih berfungsi normal atau tidak.

Untuk masalah seperti ini Anda mungkin belum berpengalaman dalam menanganinya. Karena itu langkah tepat adalah dengan menghubungi teknisi AC berpengalaman.

Kebocoran refrigeran jelas sangat berbahaya bagi banyak orang yang menggunakan AC. Jika Anda melihat kebocoran refrigeran atau AC yang bocor, Anda harus memanggil teknisi untuk memperbaikinya.

Refrigeran dan freon tentunya dapat berguna bagi manusia, masalah ini harus diselesaikan oleh teknisi.

Unit Outdoor Rusak
Unit outdoor rusak__ Sumbeer: Abangbenerin

4. PCB Modul Mengalami Masalah

Konsleting listrik, sambaran petir maupun arus listrik bisa menyebabkan kerusakan perangkat elektronik, termasuk pada unit AC.

Ketika hal tersebut terjadi tidak ada cara mengatasi Ac mati sendiri sebaiknya percayakan perbaikannya kepada teknisi AC berpengalaman.

PCB Modul Mengalami Masalah
Pcb modul mengalami masalah__ Sumber: Rochmad

5. Thermistor Mengalami Malfungsi

Yang bisa menyebabkan AC mati mendadak adalah gangguan dari thermistor AC. Thermistor adalah alat yang mengatur suhu AC, sehingga jika sampai rusak maka keseluruhan AC juga ikut rusak.

Cara mengatasi Ac mati sendiri dengan menjauhkan komponen thermistor dari evaporator AC. Jika bingung, ada baiknya Anda memanggil layanan CA agar perangkat dapat diperbaiki dengan baik.

Untuk cara mengatasi Ac mati sendiri kedua anda perlu memastikan bahwa baterai di thermostat anda tidak bermasalah, jika sudah mati atau lemah anda bisa mengganti baterainya terlebih dahulu.

Kalian dapat juga mencegahnya dengan memasang stabilizer untuk AC tersebut agar tegangan listrik stabil di angka 220V.

Thermistor Mengalami Malfungsi
Thermistor mengalami malfungsi__ Sumber: Okecoll

 

6. Bersihkan filter udara

Seperti yang kita ketahui, AC yang sudah lama tidak dibersihkan akan banyak kotorannya, kerusakan AC yang terbilang agak parah ternyata dapat dipicu hal kecil, misalnya AC jarang dibersihkan.

Kotoran yang menumpuk pada kondensor dan komponen AC lainnya membuat risiko kerusakan semakin besartidak jarang filter udaranya mampet. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membuka dan membersihkan filter udara secara perlahan.

Dengan kompresor udara atau sikat. Namun, jika Anda menemukan ada masalah dengan filter, Anda disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Oleh karena itu, Anda patut meluangkan waktu untuk membersihkan AC secara rutin. Idealnya, AC dicuci setiap tiga bulan sekali sehingga kebersihan setiap komponennya terjaga dengan baik.

Bersihkan filter udara
Bersihkan filter udara__ Sumber: kompas.com

7. Matikan Timer AC

Anda harus tahu bahwa setiap merek AC memiliki cara yang berbeda untuk menyalakan atau mematikan fungsi pengatur waktu. Jika AC Anda sering mati sendirian, itu bisa disebabkan oleh fakta bahwa.

Fungsi timer berada dalam posisi aktif dan harus mematikannya. Untuk mematikan timer AC dapat dilakukan dengan menggunakan remote control.

Cara mudah berikutnya untuk jika anda tidak ingin menggunakan timer, maka bergegaslah menonaktifkan fitur tersebut. Sebaliknya, Anda bisa membuat pengaturan baru berdasarkan waktu yang Anda inginkan agar AC bisa mati dan hidup secara otomatis pada momen yang tepat.

Contohnya, Anda mengatur AC supaya menyala menjelang malam hari sebelum tidur dan mati menjelang pagi hari sesaat sebelum Anda bangun tidur.

Matikan Timer AC
Matikan timer ac__ Sumber: Blibli

 

Penutup

Cara Mengatasi AC Mati Sendir
Cara Mengatasi AC Mati Sendir

Begitulah beberapa cara mengatasi AC mati sendiri. Jadi jika suatu saat AC kalian mati tiba tiba kalian sudah bisa tau cara mengatasi AC mati sendiri dari artikel ini.

Semoga dengan mengetahui cara mengatasi AC mati sendiri tidak teburu buru langsung bawa ke servis namun apabila cara mengatasi AC mati sendiri diatas tidak bisa baru antar ke tempat service.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay