Wajib Tahu! 5 Efek Samping Pemakaian Hot In Cream Berlebihan

Ona Saragih

Sudah kamu tahu efek samping pemakaian hot in cream berlebihan ? Pemakaian produk atau obat yang berlebihan adalah hal yang berbahaya. Setiap obat termasuk hot in cream sudah membuat aturan pakai yang benar agar tidak menyebabkan iritasi atau peradangan pada kulit yang dioles.

Sebelum menggunakan hot in cream penting untuk mengetahui dan memahami kemungkinan efek samping apa yang mungkin muncul. Berikut ini ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan untuk memastikan penggunaan hot in cream yang aman.

Apa Itu Hot In Cream ?

Hot in cream adalah obat pereda nyeri yang biasa di gunakan untuk mengatasi pegal, capek, masuk angin, perut kembung, sakit kepala dan mengobati nyeri otot saat beraktivitas.

Hot in cream mengandung mentol, camphora, methyl salicylate, eucalyptus oil, Diclofenac Diethylamine, Pine oil dan lainnya. Kandungan masing-masing jenis hot in cream berbeda-beda karena disesuaikan dengan manfaat dan kegunaanya.

Berikut ini beberapa jenis dan manfaatnya masing-masing agar kalian tidak salah untuk menggunakanya.

Jenis-Jenis Hot In Cream dan Manfaatnya

Sebelum membahas efek samping pemakaian hot in cream sebaiknya kalian mengenal jenis dan manfaat dari hot in cream agar bisa disesuaikan dan digunakan sesuai keluhan yang sedang kalian alami.

1. Hot In Cream Original

Hot in cream original atau Hot in DCL 60 g merupakan obat pereda nyeri yang mengandung Diclofenac Diethylamine. Hot in cream jenis ini biasanya digunakan untuk mengobati keseleo, terkilir, memar dan rematik seperti tendovaginitis, sindrom bahu atau tangan, bursitis dan jenis rematik lainnya.

Golongan Obat bebas terbatas
Produksi Ultrasakti
Komposisi Diclofenac Diethylamine 11.6 mg (setara dengan Diclofenac Sodium 10 mg)
Dosis 3 hingga 4 kali sehari

Hot in cream hanya digunakan untuk pemakaian luar dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Untuk jangka pengobatan itu tergantung reaksi dan kecocokan pada sakit yang kamu rasakan. Ada juga beberapa orang yang tidak cocok dengan penggunaan ini karena penyakit yang dialami kemungkinan harus dengan pengobatan serius.

Hot In Cream Original

Penggunaan obat ini juga tidak cocok untuk kulit yang sensitif karena bisa mengakibatkan peradangan pada kulit seperti memerah dan panas yang berlebihan, kulit gatal.

Untuk cara pemakaian cukup oleskan secukupnya sesuai kebutuhan area yang sakit dan gosok secara perlahan hingga merata. Kamu juga bisa memijat sedikit di area yang sakit.

2. Hot In Cream Aromatherapy

Hot in cream aromatherapy adalah obat analgesik topikal yang dimanfaatkan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri. Hot in cream aromatherapy mengandung mentol, camphora, methyl salicylate, eucalyptus oil yang bisa mengatasi rasa capek, nyeri otot dan pegal di badan.

Jenis kemasan Hot In Cream Aromatherapy

Ada jenis kemasan dari hot in cream aromatherapy yaitu sebagai berikut:

  • Tube Hot In Cream Aromatherapy

Tube Hot In Cream Aromatherapy

Golongan Obat bebas
Kelas terapi Analgesik topikal
Kandungan Menthol 3.2%, methyl salicylate 4.0%, camphora 4.0%, eucalyptus oil 0.5%
Kemasan Dus, tube @60 gram & 120 gram
Produksi  Ultrasakti
  • Botol Hot In Cream Aromatherapy

Efek Samping Pemakaian Hot In Cream

Golongan Obat bebas
Kelas terapi Analgesik topikal
Kandungan Menthol 3.2%, methyl salicylate 4.0%, camphora 4.0%, eucalyptus oil 0.5%
Kemasan  Dus, botol @60 ml &120 ml
Produksi Ultrasakti
  • Botol Pump Hot In Cream Aromatherapy

Botol Pump Hot In Cream Aromatherapy

Golongan Obat bebas
Kelas terapi Analgesik topika
Kandungan Menthol 3.2%, methyl salicylate 4.0%, camphora 4.0%, eucalyptus oil 0.5%
Kemasan Dus, Botol @120 ml
Produksi Ultrasakti

Untuk cara pemakaian bisa kamu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Yang pertama baca terlebih dahulu cara atau aturan pemakaian pada botol/kemasan hot in cream yang kamu gunakan
  • Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum mengoleskan hot in cream ke bagian badan yang pegal/nyeri
  • Oleskan secara merata dan gunakan secukupnya sesuai aturan yang sudah di arahkan
  • Cuci kembali tangan setelah mengoleskan agar telapak tangan tidak panas

Jauhkan dari jangkauan anak-anak karena ini sangat berbahaya pada anak terlebih pada balita yang tidak mengerti produk tersebut.

Untuk penggunaan hot in cream aromatherapy tidak di sarankan pada oran yang hipersensitivitas terhadap kandungan hot in cream dan pasien dengan gangguan ginjal yang berat. Karena akan mengakibatkan efek samping yang buruk.

Baca juga: 4 Efek Samping Facial Glowing Peeling Gel Aloe Vera

3. Hot In Cream Strong

Hot in cream strong merupakan salah satu jenis hot in cream berguna untuk mengatasi pegal-pegal dan nyeri yang mengganggu aktifitas sehari-hari. Ini sama saja dengan hot in cream lain tetapi jenis ini lebih terasa panas dari yang lainnya.

Golongan Obat bebas
Kelas terapi Analgesik topika
Kandungan Menthol 70 Mg, Metil Salisilat 25 Mg, Eucalyptus Oil 1 Mg, Sereh Oil 1 Mg, Pine Oil 2,5 Mg.
Kemasan Botol @120 ml
Produksi Ultrasakti

Perbedaan nya dari jenis hot in cream lainnya bisa dilihat dari kandungan yang di miliki hot in cream strong ini. Karena hot in cream strong ini lebih terasa panas jadi sangat berhati-hati dalam pemakaian agar tidak menimbulkan panas yang berlebih yang bisa terjadi peradangan pada kulit.

Efek Samping Pemakaian Hot In Cream

Sebelum menggunakan hot in cream strong ini, baca terlebih dahulu aturan pakai pada kemasan dan gunakan secukupnya saja pada bagian yang terasa pegal atau sakit.

Selain manfaat nya yang sangat berguna bagi kita , kalian perlu tahu ada beberapa efek samping pemakaian hot in cream jika tidak digunakan sesuai dosis yang normal. Simak dan baca selengkapnya dibawah ini

Efek Samping Pemakaian Hot In Cream

Sebenarnya belum ada efek samping pemakaian hot in cream yang dilihat secara spesifik tetapi efek samping akan muncul jika tidak memakai hot in cream sesuai aturan yang sudah di tentukan. Berikut ini efek samping pemakaian hot in cream jika tidak digunakan sesuai intruksi.

1. Iritasi

Efek samping pemakaian hot in cream dengan overdosis akan menimbulkan iritasi pada kulit, gatal dan akan terasa panas yang tidak terkendalikan. Jika hal ini sedang kamu alami, segera hubungi atau konsultasi langsung ke bagian medis untuk di tindak lanjuti.

2. Ruam Kemerahan Pada Kulit Sensitif

Efek samping pemakaian hot in cream pada kulit normal memang belum di temukan tetapi untuk penggunaan pada kulit sensitf memiliki efek yaitu seperti rasa panas dan terbakar. Selain itu, efek samping pemakaian hot in cream pada kulit sensitif bisa terasa gatal, ruam dan kemerahan.

Untuk kulit sensistif, disarankan sebelum memakainya ada baiknya konsultasi kepada dokter atau pihak medis terdekat.

3. Reaksi Alergi

Dikarenakan jenis kulit yang berbeda-beda maka tidak semua orang cocok menggunakan obat krim dan sebabnya akan menyebabkan alergi pada kulit mereka

4. Mengeringkan Kulit

Efek samping pemakaian hot in cream bisa mengeringkan kulit karena hot in cream mengandng bahan-bahan panas yang bisa membuat area kulit yang di oleskan menjadi kering. Tetapi tidak semua kulit yang mengalami hal tersebut.

Perlu sekali untuk konsultasi terlebih dahulu ke medis setiap mengonsumsi obat. Jika kalian menggunakan obat secara normal dan sesuai arahan tidak akan menyebabkan efek samping yang buruk.

Selain efek samping pemakaian hot in cream perlu juga diketahui harga dari produk tersebut. Berikut ini harga umum dari hot in cream.

Harga Hot In Cream

Untuk harga hot in cream bervariasi sesuai jenis dan ukuran kemasan. Perlu diketahui juga harga hot in cream ini tidak menjadi patokan karna harga bisa berubah-ubah sesuai pasaran produk.

Jenis Hot In Cream Harga
Tube Hot In Cream Aromatherapy 60gram Rp20.396
Tube Hot In Cream Aromatherapy 120gram Rp33.994
Botol Hot In Cream Aromatherapy 60ml Rp16.095
Botol Hot In Cream Aromatherapy 120ml Rp30.525
Botol Pump Hot In Cream Aromatherapy 120ml Rp33.994
Hot In Cream Strong 120ml Rp30.500
Hot In Cream Original 100g Rp24.500

Penutup

Efek Samping Pemakaian Hot In Cream
Efek Samping Pemakaian Hot In Cream

Apabila kamu mengalami efek samping pemakaian hot in cream segera hentikan pemakaian dan konsultasi kepada medis yang profesional. Mengingat respon tubuh berbeda-beda terdapat penggunaan suatu obat maka penting untuk mengikuti aturan pakai dan intruksi dari dokter sebelum memakainya.

Jika sudah mengikuti intruksi pemakaian tetapi masih ada efek yang buruk yang dirasakan segera hentikan pemakaian untuk mencegah hal- hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah efek samping pemakaian hot in cream semoga ini membantu dan bermanfaat bagi kamu dalam penggunaan hot in cream dengan baik.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay