7 Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Air sumur bau besi tidak nyaman digunakan ?? Maka Kalian wajib tahu cara menghilangkan bau besi air sumur berikut ini. Air merupakan kebutuhan pokok setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya untuk membersihkan kotoran, air juga memiliki fungsi utama dalam memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Oleh sebab itu, memiliki air yang bersih adalah keinginan setiap orang.

Lalu bagaimana jika air berbau besi ? Disinilah kita akan membahas cara menghilangkan bau besi pada air sumur. Air yang berbau tentu tidak bisa dikatakan bersih karena pada dasarnya air akan mengeluarkan bau jika sudah terkontaminasi dengan bakteri.

Sebelum mengulas cara menghilangkan bau besi air sumur, mari kenali penyebab air sumur mengeluarkan bau besi.

Kenapa Air Sumur Bau Besi ?

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Air sumur yang mengeluarkan bau besi biasanya karena sumur memiliki kandungan zat besi (Fe) yang berlebihan. Sehingga air yang keluar dari sumur akan memiliki aroma besi. Selain itu, penyebab air berbau besi adalah pH air yang rendah. Air yang bercampur dengan gas korosif dapat meningkatkan kadar Fe dalam air menjadi lebih tinggi.

Penyebab lainnya adalah akibat kontaminasi dari limbah rumah tangga atau industri yang mengandung zat Fe. Bau besi bisa muncul karena adanya bakteri seperti callitonellaleptothrixcrenothrix dan siderocapsa yang membutuhkan besi untuk bertahan hidup. Mereka akan mengoksidasi Fe sebagai makanan mereka.

Untuk mengetahui air telah terkontaminasi dan memiliki Zat  besi (Fe) yang tinggi bisa dilihat dari ciri-ciri berikut ini :

  • Menimbulkan bau besi yang sangat menyengat
  • Air mengalami perubahan warna menjadi kekuning-kuningan
  • Tidak enak saat dikonsumsi
  • Menimbulkan kerak pada baju
  • Terasa licin saat digunakan

Untuk penggunaan sehari-hari, batas derajat keasaman atau Ph yang aman digunakan yaitu antara 6,5 sampai 8,5. Air dengan derajat keasaman tersebut dapat melarutkan semua jenis mineral termasuk zat Fe sehingga aman digunakan.

Bahaya Menggunakan Air Yang Telah Tekontaminasi

Cara menghilangkan bau besi air sumur penting diketahui untuk menghindari bahaya yang bisa terjadi pada tubuh. Selain memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, air juga sangat diperlukan untuk membersihkan tubuh.

Air sumur yang berbau besi jika dikonsumsi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan seperti diare, muntah, sakit kepala, demam, hingga gejala gagal ginjal. Sedangkan jika menggunakan air sumur yang berbau besi untuk membersihkan anggota tubuh juga dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal pada kulit, rambut menjadi kering dan gersang, serta menimbulkan jerawat.

Tidak menutup kemungkinan jika mengghunakan air sumur yang berbau besi dalam waktu yang lama akan membulkan masalah kesehatan jangka panjang juga. Untuk itu, agar pemakaian air sumur bau besi tidak berlanjut segerta atasi dengan cara menghilangkan bau besi air sumur dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Setelah mengetahui bahaya menggunakan air yang sudah terkontaminasi, sudah seharusnya kalian mencari tahu cara menghilangkan bau besi air sumur. Beberapa cara menghilangkan bau besi air sumur yang bisa dicoba untuk mengatasi sumur yang berbau ialah sebagai berikut :

Taburkan Garam

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur
Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Garam diketahui memiliki fungsi dalam menyerap zat-zat yang menyebabkan timbulnya bau pada air. Dengan begitu, garam juga bisa dicoba sebagai cara menghilangkan bau besi air sumur. Mungkin cara ini terlihat aneh, tapi garam telah terbukti efektif menjadi solusi penghilang bau pada air sumur.

Berikut cara menghilangkan bau besi air sumur menggunakan garam :

  • Siapkan sebungkus garam dapur
  • Kemudian sediakan air bersih dan letakkana di dalam wadah atau ember.
  • Masukkan setengah bungkus dari garam tersebut ke dalam wadah yang berisi air, lalu aduk hingga merata.
  • Tuangkan larutan tersebut ke dalam sumur lalu tunggu hingga beberapa jam
  • Jika air masih berbau, ulangi lagi cara ini dengan garam yang tersisa.

Larutan air garam tidak dapat menghilangkan bau selamanya. Untuk itu, pastikan mengecekkembali keadaan sumur lalu cari cara menghilangkan bau besi air sumur secara permanen.

Beri Kaporit atau Tawas

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur
Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Selanjutnya, cara menghilangkan bau besi air sumur bisa diterapkan dengan menggunakan kaporit atau tawas. Tak hanya menghilangklan bau, kaporit juga bisa menjernihkan air sekaligus. Untuk menggunakan cara ini, hanya bisa dilakukan sedikit demi sedikit pada wadah tertentu.

Berikut aturan penggunaan kaporit untuk menghilangkan bau air sumur:

  • Siapkan wadah yang berisi air sumur yang telah ditampung sebelumnya
  • Kemudian campurkan kaporit pada air tersebut dengan takaran 1 sendok takar untuk 100 liter air
  • Campurkan hingga larut, lalu masukkan ke dalam sumur.
  • Untuk kadar kaporit yang rendah, butuh seharian hingga baunya hilang. Namun jika ingin lebih cepat, kalian bisa menambahkan takaran kaporit tersebut, pastikan jangan berlebihan agar air tidak berubah jadi bau kaporit.

Secara perlahan, bau besi akan hilang dengan membunuh bakteri. Setelah diberikan kaporit, sebaiknya jangan langsung konsumsi supaya tidak berdampak pada kesehatan. Silahkan tunggu beberapa hari hingga bau besi hilang dan air bisa digunakan.

Gunakan Manganese Greensand

Cara menghilangkan bau besi air sumur berikutnya bisa dengan menggunakan manganese greensand. Dimana manganese greensand (Pasir mangan hijau) dapat bereaksi dengan zat besi, mangan, dan hidrogen sulfida. Cara menghilangkan bau besi air sumur menggunakan bahan ini dimulai dengan menuangkan pasir sekitar seperempat tangki filter air atau secukupnya sesuai ukuran dari filter yang digunakan.

Pasir pangan hijau bisa ditemukan pada toko bangunan. Jika manganese greensand (Pasir mangan hijau) sudah dituangkan ke dalam sumur, air sumur perlahan akan membaik dan tidak berbau lagi. Namun sebelum menggunakannya, pastikan untuk membersihkan filter air. Sebab, terdapat endapan dari kotoran yang mengandung zat besi.

Lakukan Penyaringan Berulang

Pada tahap ini bisa dilakukan secara perlahan karena memerlukan waktu yang cukup lama karena dilakukan dengan proses penampungan berulang. Berikut cara menghilangkan bau besi air sumur melalui penyaringan berulang :

  • Tampung air dari sumur pada wadah yang besar
  • Kemudian siapkan wadah yang besar berisi pasir putih
  • Buat saluran air yang dilapisi kain bersih pada wadah yang berisi pasir tersebut
  • Kemudian salurkan air dari tampungan pertama ke wadah yang berisi pasir
  • Selanjutnya salurkan kembali air dari wadah yang berisi pasir ke wadah kosong yang untuk mendapatkan air yang jernih dan bersih.

Cara menghilangkan bau besi air sumur termasuk efektif untuk mendapatklan air bersih, hanya saja perlu banyak penyaringan dan proses yang cukup lambat.

Menambah Kedalaman umur

Sumur yang dangkal juga bisa menyebabkan air sumur yang dihasilkan berbau besi atau berwarna kuning. Untuk mendapatkan mata air yang jernih dan tidak berbau, sebaiknya tambah kedalaman sumur.

Tingkat kedalaman sumur yang bagus sebenarnya sekitar 4-10 meter atau sampai menemukan mata air yang memiliki pasir sumur. Untuk menambah kedalaman sumur ini tentunya kalian akan membutuhkan bantuan tenaga ahli atau tukang gali untuk memperdalam sumur.

Gunakan filter air

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur
Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Menggunakan filter air sebelum mengambil air sumur termasuk cara menghilangkan bau besi air sumur yang bisa dipertimbangkan. Karena filter air akan menyaring air yang berbau menjadi

Jika ingin menggunakan atau memasang filter air pada keran, jangan asal memilih. Sebaiknya pilih filter air yang mengandung karbon aktif dan berbahan saringan keramik agar bisa menyaring polutan dengan optimal. Seperti air bau karat bisa di atasi dengan filter karbon aktif.

Sedangkan fitler berbahan keramik dapat menurunkan Fe dan Ma penyebab bau karat. Filter Air Keramik mempunyai tiga tahap penyaringan meliputi, keramik, karbon aktif, dan polypropylene. Dengan demikian, Filter Air Keramik 99% dapat menghalau pencemaran air seperti bau karat, endapan, lumut, sisa klorin, bahkan partikel terlarut berukuran 0,5 micron.

Gunakan Batok Kelapa

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur
Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Selanjutnya, batok kalepa tenyata dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan bau besi air sumur. Hal ini merupakan salah satu cara menghilangkan bau air sumur secara alami. Arang dari batok kelapa mengandung karbon aktif yang ampuh mengikat zat logam termasuk yang larut dalam air. Selain itu, arang juga bisa membantu mengikat kotoran, sehingga air jadi lebih jernih.

Berikut cara menghilangkan bau air sumur menggunakan arang batok kelapa :

  • Siapkan 2 kg arang batok kelapa untuk kedalaman sumur kurang dari 10 meter. Jika sumur memiliki kedalaman lebih dari 10 meter, kalian bisa menambah jumlah batok kelapa untuk menyesuaikannya
  • Bungkus batok kelapa menggunakan kain, lalu ikat menggunakan tali.
  • Masukkan bungkusan arang tersebut ke dalam sumur.

Diamkan bungkusan batok kelapa tersebut didalam semur dalam beberapa hari hingga bau air sumur hilang.

Tips Agar Air Sumur Tidak Bau

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Meskipun ada cara menghilangkan bau besi air sumur, tidak membuat air tersebut sepenuhnya aman dikonsumsi. Maka, dalam situasi ini Semboyan “mencegah lebih baik daripada mengobati” cocok diterapkan. Jika kalian termasuk masyarakat yang menggunakan air sumur untuk memenuhi kebutuhan, sebaiknya pertimbangkan beberapa tips berikut ini.

Menggali Sumur Berjarak Jauh Dari Septic Tank

Air sumur yang bau mungkin saja karena terletak dekat dari lokasi pembuangan sampah atau sejenisnya. Untuk itu, Pilihlah lokasi penggalian sumur yang memiliki jarak jauh dari lokasi pembuangan tersebut agar aliran air lain tidak bisa mencemari air sumur.

Melapisi Dinding Sumur

Untuk mencegah kontaminasi dari air tanah yang kotor, maka kalian bisa melapisi dinding sumur dengan semen atau beton. Dengan begitu, bocoran yang terjadi pada lapisan dinding akan menahan cairan yang masuk seperti air comberan dari tanah sekitar.

Pemeliharaan Sumur Secara Rutin

Untuk mendapatkan air yang selalu jernih dan bersih sebaiknya lakukan pemeliharaan sumur secara rutin. Tahap pemeliharaan sumur bisa diterapkan dengan melakukan penggalian ulang dalam waktu tertentu kemudian memberikan disinfektan.

Akhir Kata

Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur
Cara Menghilangkan Bau Besi Air Sumur

Air bersih telah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Oleh sebab itu, mendapatkan air bersih adalah hal penting yang harus diupayakan.

Selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, menggunakan air yang berbau besi atau karat sangatlah tidak nyaman. Dengan demikian, untuk mendapatkan air bersih kalian perlu menerapkan berbagai cara menghilangkan bau besi air sumur yang telah dijelaskan diatas.

Semoga dari pembahasan diatas, dapat membantu sobat sekalian untuk mendapatkan air bersih sebagai bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Related Post

Tinggalkan komentar