Harga

Daftar Harga Grooming Kucing Serta Jenis dan Manfaatnya

Buat para cat lovers di rumah yang suka memandikan atau grooming kucing kesayangan di pet shop dan salon kucing. Berikut kami hadirkan harga grooming kucing hingga manfaatnya buat anabul kalian.

Tujuan nya agar kamu mengetahui seberapa banyak biaya yang harus kamu persiapkan sebelum grooming kucing kamu di pet shop dan salon kucing.

Sekilas Tentang Grooming

Harga grooming kucing
Salah satu proses grooming pada kucing

Grooming ialah salah satu cara merawat kucing atau hewan berbulu lainnya. Grooming juga dikenal dengan istilah proses pembersihan kuku, telinga hingga pemangkasan bulu kucing.

Alasan mengapa kucing atau hewan berbulu lainnya harus di grooming ialah supaya kulit dan bulu mereka tetap indah dan terawat.

Biasanya hewan yang paling sering di grooming ialah kucing dan anjing ras karena tergolong kedalam hewan yang tidak terlalu berbahaya, jinak, dan rentan terkena penyakit bulu termasuk kulit apabila tidak dirawat.

Sedangkan untuk tempat grooming kucing biasanya para pemilik akan melakukannya di salon atau pet shop khusus kucing. Namun tidak sedikit juga yang melakukannya di rumah dengan alat mandi kucing seadanya karena harga grooming kucing yang cukup menguras kantong.

Manfaat Grooming Pada Kucing

manfaat grooming pada kucing
Efek grooming pada kucing

Grooming pada hewan berbulu khususnya kucing memiliki manfaat buat tubuh kucing. Nah secara garis besarnya akan kami rangkum dibawah ini :

  1. Menghilangkan bau tidak sedap dari tubuh kucing
  2. Membersihkan tubuh termasuk bulu dari virus dan bakteri yang hinggap
  3. Menjaga bulu kucing agar tidak rontok
  4. Mengurangi bulu yang kusut
  5. Dapat mengurangi stres pada kucing
  6. Menjaga gigi serta telinga kucing agar tetap bersih
  7. Mencegah terjadinya iritasi kulit pada daerah tubuh kucing
  8. Dapat menjadi cara untuk mengetahui penyakit kulit yang sedang di derita oleh kucing
  9. Menjadikan kucing lebih sehat dan ber penampilan menarik
  10. Sebagai cara untuk mengetahui apakah ada iritasi pada telinga, kuku dan tubuh kucing

Waktu Yang Tepat Bagi Kucing Untuk Grooming

Waktu yang tepat untuk grooming pada kucing
Waktu grooming yang tepat untuk kucing

Sebelum kita membahas harga grooming kucing, sebaiknya kamu mengetahui waktu yang tepat jika harus melakukan grooming pada kucing.

Alasannya ialah kucing tidak bisa di grooming setiap hari agar tidak menyebabkan kerontokan yang lebih parah pada bulu kucing.

Nah, secara umum kucing harus melakukan grooming setiap 4 sampai 6 minggu sekali. Namun apabila kucing kamu sering bermain di luar rumah maka sebaiknya kamu melakukan grooming 2 minggu sekali.

Selain itu, jika kamu menemui kuku yang panjang dan bulu yang kusut maka kamu juga bisa langsung membawa kucing kesayangmu untuk di grooming.

Jenis Grooming Kucing Dan Manfaatnya

jenis grooming dan manfaatnya
Jenis-jenis grooming untuk kucing

Grooming pada kucing bisa dilakukan jika umur kucing sudah menginjak usia 2 bulan atau lebih. Jika kucing kamu masih berusia dibawah 2 bulan maka bisa melakukan grooming sesuai jenisnya atau hanya potong rambut dan kuku saja.

Sebelum kita bahas mengenai harga grooming kucing ada baiknya kita sajikan informasi mengenai jenis grooming kucing yang bermacam-macam tergantung pada kondisi tubuh dan bulu kucing seperti berikut ini :

1. Grooming Biasa

Jenis yang pertama ialah grooming biasa. Buat kamu yang memiliki kucing dengan kondisi tubuh yang sehat, tidak sedang terkena bakteri atau virus dan sudah berumur 2 bulan keatas maka kamu bisa lakukan grooming biasa sebanyak 4 sampai 6 kali seminggu ya.

2. Grooming Kutu

Jenis yang kedua ini tentu berbeda dengan jenis grooming yang pertama dimana grooming kutu tentu di khususkan bagi anabul yang memiliki kutu di bagian bulunya.

Biasanya hal ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, gatal-gatal dan nafsu makan berkurang. Jika kamu melakukan grooming kutu maka itu bisa mengurangi jumlah kutu dan peralahan bisa menghilangkan kutu pada bulu kucing.

3. Grooming Jamur

Tak jauh berbeda dengan kutu, jamur juga menyebabkan rasa gatal dan iritasi pada kulit kucing yang ditandai dengan adanya pengelupasan kulit kucing dan bisa berakibat kebotakan.

Apabila kamu menemukan gejala seperti ini sebaiknya kamu melakukan grooming jamur di pet shop karena pet shop akan menyediakan shampoo serta obat berupa salep untuk mengurangi penyebaran infeksi jamur keseluruh tubuh kucing.

4. Grooming Kombinasi

Grooming kombinasi ialah jenis grooming yang cocok untuk kucing yang memiliki kutu dan jamur. Kucing bisa mengalami kondisi kedua penyakit kulit ini apabila tidak segera ditangani ya sobat.

Nah, jika kamu melihat adanya kutu dan jamur pada tubuh anabul maka segera lakukan pembersihan dengan grooming kombinasi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya gejala kulit yang lebih parah lagi dan setelah itu barulah kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan.

5. Grooming Kering

Anabul yang berusia dibawah 2 bulan wajib melakukan grooming kering ya. Pada saat grooming kering, kucing akan diberikan bedak anti kutu dan jamur sebagai pengganti shampoo untuk menjaga bulu dan tubuh kucing agar terhindar dari jamur dan bakteri.

List Harga Grooming Kucing

Grooming kucing di pet shop atau salon kucing biasanya lebih efisien, praktis, cepat dan tentu bisa menghilangkan stres pada kucing. Hal ini disebabkan interaksi yang terjadi antara kucing dengan kucing lainnya termasuk dengan orang-orang baru yang tidak pernah mereka jumpai.

Untuk Harga grooming kucing di setiap pet shop maupun salon kucing pada setiap daerah tentu berbeda-beda ya sobat. Nah, berikut kami tampilkan list harga grooming kucing di daerah medan dan sekitarnya secara lengkap dan umum.

Kategori Grooming Ukuran Kucing Harga (Rp)
Gromming Biasa Anakan Rp. 50.000
Dewasa Rp. 100.000
Gromming Kutu Anakan Rp. 65.000
Dewasa Rp. 150.000
Grooming Jamur Anakan Rp. 75.000
Dewasa Rp. 150.000
Grooming Kombinasi Anakan Rp. 100.000
Dewasa Rp. 200.000
Grooming Kering Anakan Rp. 250.000
Dewasa Rp. 325.000

Baca Informasi Harga Terbaru Lainnya : Harga Es Krim McD

Tips Memilih Pet Shop Yang Tepat Untuk Kucing

pet shop medan
salah satu pet shop di medan

Pembahasan terakhir untuk harga grooming kucing ialah tips penting sebelum melakukan grooming pada kucing. Dimana berikut ini merupakan hal yang penting kamu perhatikan ya

  • Perhatikan kondisi kucing

Caranya dengan cek kondisi kulit, telinga, gigi, hingga bulu agar nantinya kamu bisa menetukan jenis grooming yang cocok buat kucing kamu.

  • Pilih tempat grooming¬†

Lakukan pemilihan tempat grooming yang tepat dengan cara cari tahu informasi lebih lanjut melalui website pet shop tersebut atau melalui rating yang di berikan pelanggan.

  • Perhatikan tempramen kucing

Jika kucing kamu sedang mengalami tempramen yang buruk ketika menghadapi orang baru atau bahkan bisa menggigit dan mencakar maka sebaiknya kamu melakukan grooming di rumah saja ya sobat.

  • Perhatikan kondisi pet shop atau salon

Sesampainya kamu di salon atau pet shop maka segera periksa kondisi ruangan perawatan kucing seperti kamar mandi bahkan kandang kucing sebelum dimandikan. Perhatiakan apakah tempatnya bersih, alat-alat grooming yang di miliki lengkap dan bagaimana kondisi kucing lainnya setelah dimandikan.

Baca Juga : Harga Popcorn XXI

Penutup

Harga Grooming Kucing
Harga Grooming Kucing

Sekian daftar harga grooming kucing di pet shop terbaru beserta manfaatnya. Seluruh list harga grooming kucing akan selalu mengalami proses update sesuai dengan pet shopnya masing-masing ya teman-teman. Terimakasih.

Back to top button