Harga

Update Harga Excavator Baru 2023 Di Indonesia

Harga Excavator di Indonesia – Setiap pekerjaan kontruksi tentu selalu berkaitan dengan tanah yang meliputi galian, pengangkutan dan timbunan. Nah, agar pekerjaan tersebut dapat selesai dengan cepat maka di butuhkan lah sebuah alat berat seperti dump truck hingga excavator.

Excavator biasanya di khususkan memang untuk menggali tanah dalam proyek kontruksi dibandingkan dengan alat berat jenis lain karena alat berat tersebut akan lebih mengoptimalkan semua proses penggalian dengan cepat.

Pengertian Excavator

Excavator
Alat berat excavator

Menurut pendapat beberapa orang, excavator merupakan alat berat dengan bentuk seperti lengan yang memiliki ujung seperti sekop dengan fungsi sebagai alat keruk serta tenaga penggerak hidrolik.

Pekerjaan utama dari alat ini ialah untuk menggali, mengangkat material dan memindahkannya ke tempat lain serta dapat memecahkan batu atau breaker.

Perlu kamu ketahui bahwa alat excavator sendiri digerakkan oleh mesin diesel yang ada di bagian atas rantai rodanya sehingga memungkinkan untuk bergerak dengan cepat.

Sedangkan untuk harga excavator beserta jenis dan fungsinya akan kita ulas di bawah ini.

Fungsi Excavator

Alat berat excavator tidak hanya memiliki fungsi untuk menggali tanah dan melakukan pekerjaan berat lainnya melainkan masih terdapat beberapa fungsi lainnya.

Sehingga sebelum memastikan tipe dan harga excavator ada baiknya kamu menyesuaikan nya dengan fungsi excavator itu sendiri

  • Excavator dapat menciptakan lubang besar untuk menancapkan pondasi bangunan atau tiang
  • Excavator dapat mengangkat berbagai macam material seperti batu, lumpur dan tanah
  • Excavator dapat mengeruk lumpur di sungai dan daerah tepian lainnya
  • Excavator dapat menghancurkan berbagai jenis material yang berbahan keras
  • Excavator dapat membantu pekerjaan pembangunan proyek besar termasuk aktivitas pertambangan
  • Excavator dapat menggali saluran air besar dengan cepat

Beberapa kegunaan excavator diatas hanya bisa di lakukan pada pekerjaan yang tidak dapat di kerjakan oleh manusia melainkan alat berat seperti proyek, pertambangan dan lainnya karena tidak semua pekerjaan dapat mendukung penggunaan excavator.

Jenis-Jenis Excavator

Jenis excavator
Gambar 7 jenis excavator

Excavator merupakan alat berat yang memiliki jenis karena proses pengerjaan di lapangan akan disesuaikan dengan fungsi dari setiap jenis excavator ini.

Nah, uraian harga excavator nantinya akan disesuaikan dengan jenisnya seperti gambar diatas. Sehingga penjelasan seputar jenis-jenis excavator nantinya dapat menjadi penyesuaian dalam penggunaan excavator seperti apa yang kalian butuhkan.

  • Crawler Excavator

Dari ke 6 jenis excavator lainnya, crawler excavator yang paling sering di temukan dan tergolong dalam excavator standar karena alat berat ini dapat di operasikan pada permukaan yang tidak rata atau bergelombang.

Sehingga bagi kamu yang ingin melakukan proses penggalian parit, penataan lanskap hingga proyek tambang maka sebaiknya menggunakan crawler excavator ini.

  • Hydraulic Shovel Excavator

Jenis excavator berikunya ialah hydraulic shovel excavator. Sebenarnya jenis kedua ini hampir mirip dengan crawler excavator namun yang membedakannya ialah jenis hydraulic dilengkapi dengan kapasitas bucket dan mesin yang lebih besar sehingga sering di gunakan pada proyek besar yang membutuhkan penggalian dengan ukuran yang besar.

  • Wheeled Excavator

Jika crawled dapat digunakan pada permukaan yang tidak rata maka itu tidak berlaku dengan wheeled excavator karena jenis excavator ketiga ini hanya dapat digunakan pada permukaan yang datar dan keras.

Selain itu, wheeled juga identik dengan roda penggerak yang terbuat dari karet yang berfungsi untuk memaksimalkan kerja alat berat ini pada permukaan yang datar.

Lalu, wheeled biasanya digunakan pada pembangunan untuk permukaan datar seperti pembangunan jalan dan lainnya. Sehingga cocok untuk kamu yang bekerja untuk proyek pengerjaan perbaikan atau pembangunan jalan.

  • Suction Excavator

Suction excavator atau vacum excavator merupakan alat berat yang dapat membersihkan puing-puing bangunan yang hancur dan dapat membantu pengerjaan proyek di bawah tanah.

Hal ini dikarenakan alat ini mampu mengurangi potensi kerusakan pada daerah yang mudah retak sehingga sangat cocok digunakan dalam penggalian daerah yang mudah retak.

Namun suction excavator hanya dapat digunakan pada proyek dengan skala sedang karena pipa penyedot alat ini hanya berukuran 40 meter saja

  • Long Reach Excavator

Memiliki lengan excavator dan boom yang sangat panjang merupakan julukan yang sesuai dengan nama excavator jenis ini. Sehingga long reach excavator sering dimanfaatkan untuk pengerjaan dengan kapasitas yang cukup besar seperti pengerukan pesisir pantai, saluran irigasi, sungai, bendungan dan lainnya.

Excavator jenis ini juga tidak dapat bekerja di lahan atau lapangan proyek yang sempit jadi usahakan lengan excavator menyentuh tempat penggalian tersebut ya.

  • Dragline Excavator

Excavator tipe ke enam ini merupakan excavator terbesar diantara excavator-excavator sebelumnya karena dragline mampu menggali hingga kedalaman 65 meter.

Oleh karena itu jenis dragline excavator sering digunakan untuk proses penggalian pelabuhan, pembuatan jalan raya, penggalian bawah air dan lainnya.

Nah, jika long reach excavator membutuhkan ruang yang luas dalam melakukan pekerjaannya maka dragline excavator jauh lebih membutuhkannya.

  • Skid Steer Excavator

Jenis excavator terakhir ialah skid steer. Skid steer excavator merupakan jenis excavator yang lebih fleksibel daripada yang lainnya karena ukurannya yang tidak terlalu besar sehingga bisa digunakan pada ruang terbatas atau sempit.

Kemudian skid steer excavator juga dapat digunakan untuk membersihkan sampah dan puing-puing material yang berserakan namun tidak disarankan untuk di operasikan pada tempat yang tidak rata termasuk berlumpur ya

Karena skid steer memiliki ban seperti roda penggerak sehingga tidak di perbolehkan bekerja pada kondisi tempat tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun dan Anime Terbaik di Android dan iPhone

Tabel Harga Excavator Terbaru Dan Terlengkap

Buat kalian yang penasaran dengan harga excavator saat ini, berikut kami uraikan harga excavator lengkap dengan jenisnya

Harga excavator
Harga lengkap excavator
Jenis Excavator Harga (Rp)
Crawler Excavator Rp. 100 Juta – 400 Juta
Hydraulic Shovel Excavator Rp. 286 Juta – 874 Juta
Wheeled Excavator Rp. 500 Juta – 1,3 Milyar
Suction Excavator Rp. 750 Juta – 1,7 Milyar
Long Reach Excavator Rp. 945 Juta – 1,6 Milyar
Dragline Excavator Rp. 2 Milyar – 6,1 Milyar
Skid Steer Excavator Rp. 3 Milyar – 8 Milyar

Harga excavator diatas merupakan  daftar harga excavator saat ini yang diambil dari berbagai lapak jualan online seperti tokopedia, olx dan lainnya. Sehingga bisa dipastikan akurat untuk di jadikan referensi ya.

Informasi lainnya : Penanganan masalah pada excavator

Penyebab Excavator Lemah & Solusinya

Usai melihat daftar harga excavator ada baiknya kamu cek penyebab excavator lemah beserta solusinya. Supaya penanganan bisa dilakukan apabila terjadi kerusakan pada excavator milikmu

  • Penyebabnya

Beberapa penyebab excavator lemah ialah :

  1. Kebocoran oli
  2. Kekurangan oli
  3. Kerusakan pompa hidrolik
  4. Rendahnya pengaturan pada bagian valve
  5. Tekanan pilot yang rendah
  6. Saringan buntu
  7. Pengaturan sudut pompa yang tidak tepat
  • Solusinya

Dari penyebab diatas, solusi yang kamu butuhkan ialah :

  1. Perbaiki sistem pembakaran
  2. Perbaiki pilot hydraulic
  3. Perbaiki kerusakan fuel sistem
  4. Cek semua sistem elektrik
  5. Perbaiki kerusakan main hydraulic

Kesimpulan

Harga Excavator Baru di Indonesia
Harga Excavator Baru di Indonesia

Melalui urutan harga excavator pada penjelasan di atas dapat kita simak bahwa harga excavator bisa mencapai 8 Milyar rupiah. Sungguh harga fantastis untuk sebuah alat berat bukan? Nah jika menurut kamu tabel harga diatas membantu maka silahkan baca informasi harga lainnya hanya pada halaman mocipay. Terimakasih

Back to top button