Tips

10 Merek Mobil Buatan Indonesia Yang Mendunia

Nama merek mobil buatan Indonesia saat ini sedang menjadi sorotan mancanegara karena tak sedikit dari merek tersebut nyatanya mampu bersaing dan berkembang hingga ke penjuru negara manapun.

Kendati demikian, beberapa merek mobil buatan Indonesia tersebut bahkan juga di mininati para perusahaan otomotif luar.

Apakah anda penasaran dengan nama merek mobil buatan Indonesia yang laris hingga mendunia itu? yuk simak apa saja mereknya disini.

Apa Nama Merek Mobil Buatan Indonesia Yang Laris Di Mancanegara?

nama merek mobil buatan indonesia terlaris 2023
nama merek mobil buatan indonesia terlaris

Perusahaan industri otomotif tanah air memang selalu memberikan kemajuan seiring berjalannya waktu. Hal ini terlihat dari banyaknya nama merek mobil buatan Indonesia terbaru dengan kualitas yang semakin baik saja.

Selain berfokus pada penggunaan bahan bakar minyak, ternyata saat ini Indonesia telah memproduksi mobil-mobil listrik terbaru dengan kualitas yang tentunya tidak kalah menarik dari produksi luar negeri bahkan ada yang sampai tembus ke berbagai mancanegara.

Nah, penasaran dengan nama merek mobil buatan Indonesia tersebut? Berikut daftar lengkapnya:

1. Esemka BIMA

ESEMKA BIMA
tampilan mobil ESEMKA BIMA

Esemka Indonesia merupakan nama merek mobil buatan Indonesia terlaris di urutan pertama yang kami berikan. Mobil esemka ini adalah mobil yang di ciptakan pertama kali di solo, jawa tengah Indonesia.

Hingga saat ini, perusaahaan ESEMKA masih memproduksi 12.000 unit mobil per tahunnya dengan total 10 unit SUV dan mini truck untuk sisanya. Perusahaan ini juga telah di dukung oleh PT. INKA dan Pertamina sehingga mampu menembus dunia pasar saat ini.

Salah satu produk terbaru yang berhasil mereka ciptakan dan memiliki banyak peminat saat ini yaitu ESEMKA BIMA.

Mobil ESEMKA BIMA hadir dengan tipe 1.200 CC dan 1.300 CC. Keduanya di pasarkan dengan harga 95 juta rupiah hingga 101 juta rupiah. Tak hanya memiliki harga yang murah, mobil BIMA ini juga memiliki tampilan seperti pick up Jadi sangat cocok untuk masyarakat yang memiliki usaha kecil sekarang ini.

2. AMMDES

AMMDES Indonesia
tampilan mobil AMMDES Indonesia

Nama merek mobil buatan Indonesia yang berhasil menembus dunia pasaran di urutan berikutnya berasal dari PT. Kiat Mahesa Wintor bernama AMMDES Indonesia.

Baca Juga :  3 Cara Cek Nomor XL Atas Nama Siapa dengan Cepat dan Praktis

AMMDES Indonesia merupakan kendaraan angkut multiguna yang memiliki desain semi offroad dengan bentukan ramping dan ringan yang dimilikinya.

Tak hanya itu, AMMDES juga merupakan mobil pengguna mesin diesel dengan penggerak roda belakang yang differential lock system.

Namun disamping itu, AMMDES hanya masih memiliki daya pada kisaran 14 HP saja dan kapasitas angkut sebesar 700 kg untuk maksimalnya ya. Sehingga memang di khususkan bagi upaya pengangkutan barang-barang pada usaha kecil di pedasaan saja.

Nah untuk harga 1 unit AMMDES Indonesia saat ini masih di angka 70 juta rupiah saja ya.

3. GEA

GEA
tampilan mobil GEA

Mobil imut seperti gambar diatas bernama GEA. GEA adalah salah satu nama merek mobil buatan Indonesia yang lolos seleksi mancanegara hingga dunia.

Mobil GEA ini berasal dari sebuah PT otomotif besar di Indonesia yang bernama PT. INKA BUMN. Yah sesuai dengan namanya, PT ini merupakan PT otomotif resmi milik pemerintah atau Indonesia lebih tepatnya.

Sedangkan untuk spesifikasinya sendiri GEA masih merupakan mobil dengan bahan bakar bensin, kemudian GEA juga menggunakan mesin rusnas (riset unggulan strategis nasional) dengan 2 silinder dan kapasitas sebanyak 640 CC.

Sementara untuk jenisnya, GEA adalah mobil berjenis city car yang dijual dengan harga Rp. 40-45 juta per unitnya dan sangat cocok digunakan pada saat berkeliling di daerah perkotaan.

4. Tucuxi

Tucuxi indonesia
tampilan mobil tucuxi indonesia

Salah satu mobil Indonesia dengan desain mirip mobil sport dan sempat di sorot mata dunia yaitu Tucuxi. Mengapa? penyebabnya karena mobil tucuxi adalah mobil yang memadukan bentuk klasik dan modern pada desainnya seperti gambar tampilan mobil tucuxi diatas.

Selain tampilan nya yang unik, mobil yang mampu menempuh jarak hingga 400 km/jam ini juga merupakan sebuah mobil listrik yang masih mempunyai baterai lithium iron phosphate (LiFEP04) di dalamnya.

Fakta lain dari mobil ini ialah mobil tucuxi tidak memiliki harga jual karena mobil ini tidak sempat di produksi akibat tidak lulus uji coba dan hanya mobil yang di ciptakan oleh mahasiswi alumni ITS Surabaya bernama Danet.

5. Kancil

mobil kancil
tampilan mobil kancil Indonesia

Kancil atau singkatan dari kendaraan niagar irit lincah merupakan nama merek mobil buatan Indonesia yang di desain dan di produksi oleh sebuah PT bernama karunia abadi niaga citra indah lestari.

Mobil kancil ini telah di uji dan memenuhi kelayakan untuk jalan sejak tahun 2012 lalu dan untuk spesifikasinya masih sama seperti sebelumnya dimana

  • mobil kancil memiliki kecepatan hingga 58 km/jam.
  • berat kotor kendaraan 850 kg
  • ukuran panjang 2.800 mm, lebar 1.385 mm dan tinggi 1.720 mm
  • tenaga maksimum sekitar 13,5 hp
  • masih menggunakan bahan bakar bensin
  • torsi maksimum 2.500 rpm
  • telah memiliki double control arm
  • kapasitas penumpang 4 orang
Baca Juga :  Akun DANA Tidak Bisa Login, Hubungi Customer Service Lewat 5 Langkah Berikut ini!

Untuk mendapatkan mobil ini, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 17 juta saja dan anda sudah bisa memilikinya.

6. Timor

mobil timor buatan indonesia
tampilan mobil timor buatan indonesia

Nama merek mobil buatan Indonesia yang mengambil salah satu wilayah Indonesia yaitu Timor. Mobil ini sudah ada sejak tahun 90 an dan masuk dalam kategori mobil terlegendaris yang pernah ada.

Akan tetapi walaupun demikian, mobil timor masih mengalami perombakan sampai sekarang karena pada tahun 2022 lalu PT. timor telah mengeluarkan mobil timor dengan desain terbaru mirip mobil sport juga.

Dengan tampilan terbarunya, banyak orang mengira bahwa mobil timor pasti sudah mengalami kelonjakan harga. Namun pada kenyataannya tidak sobat karena harganya masih stabil di tarif Rp. 22 juta hingga Rp. 28 juta saja.

Sedangkan untuk harga tersebut anda sudah bisa memiliki 1 unit mobil timor dengan spesifikasi mesin 4 silinder, sistem bahan bakar injeksi, mampu bekerja dalam 100 km/jam untuk waktu 14,6 detik, 1.500 cc dan torsi puncak mencapai 119 Nm/2.500 rpm. Jadi ayo buruan beli mobil timor sekarang.

7. Beta 97

mobil beta 97 buatan indonesia
tampilan mobil beta 97 buatan indonesia

Salah satu nama merek mobil buatan Indonesia yang bernasip buruk karena tak kunjung di produksi dalam jumlah banyak ialah beta 97.

Mobil beta 97 hanya berhenti pada 1 unit produksi saja pada tahun 1995 dan sempat viral hingga pada mancanegara di masa itu pula. Padahal awalnya keluarga bakrie berencana ingin menjadikan beta 97 sebagai mobil nasional.

Alasan gagalnya rencana tersebut dikarenakan adanya faktor krisis ekonomi dimasa itu yang membuat mobil beta 97 belum dapat diluncurkan pada saat itu.

Walau demikian untuk spesifikasinya, mobil beta 97 telah lolos uji kendaraan nasional karena mobil beta 97 sangat irit BBM, desainnya timeless dan unik, kapasitas 1.600 cc dan kecepatannya sebesar 90 km/jam.

8. Selo

mobil selo buatan indonesia
tampilan mobil selo buatan indonesia

Mobil buatan Indonesia yang memiliki desain sangat mirip seperti mobil Ferrari atau Lamborghini adalah Selo. Selo pertama kali di rancang oleh seorang pria muda bernama Ricky Nelson.

Adapun tampilan dari mobil selo sendiri sangat menyerupai mobil seram dan menakutkan sehingga banyak orang Indonesia yang menyukai mobil ini.

Baca Juga :  788+ Nama FF Seram dan Artinya Yang Belum Dipakai

Sangking sukanya, masyarakat Indonesia menamai mobil ini dengan sebutan supercar dan tetap dikenang hingga saat ini.

Selain namanya, supercar juga mampu menempuh jarak hingga 250 km/jam, sudah dibekali dengan tenaga penggerak motor listrik dengan waktu pengecasan baterai hanya membutuhkan kurang lebih 4 jam saja.

Nah dikarenakan mobil selo termasuk dalam kategori mobil listrik dan memiliki spesifikasi yang bagus maka mobil ini di perkirakan hanya akan dijual dengan harga mencapai milyaran rupiah ya.

9. Si Elang

mobil si Elang buatan Indonesia
tampilan mobil si Elang buatan Indonesia

Jika sebelumnya kita hanya mengetahui bahwa elang merupakan nama hewan maka kali ini ada sebuah mobil buatan Indonesia yang bernama sama juga yakni Si Elang.

Mobil ini dinamai Si Elang karena bentuknya yang hampir menyerupai elang dengan satu mulut yang runcing di depannya.

Selain menyerupai burung elang, nama merek mobil buatan Indonesia ini juga ternyata merupakan sebuah singkatan dari Electrical Lightweight Automobile Non Gasoline atau di beri makna mobil listrik ramah lingkungan.

Nah, si Elang ini lahir dari buatan tangan mahasiswa Teknik dari Universitas Tidar Indonesia dengan spesifikasi kecepatan sebesar 40 km/jam, berkekuatan listrik hingga 350 watt, tinggi 0,75 meter, ukuran body 2,65 meter dan berat 106 kg saja.

Keunikan terakhir dari mobil si elang ialah memiliki 3 roda layaknya sepeda roda yang tentunya lucu apabila dibawa keluar rumah ya.

10. Tawon

mobil tawon buatan indonesia
tampilan mobil tawon buatan indonesia

Jika sebelumnya kita menjumpai nama merek mobil buatan Indonesia bernama si Elang maka deretan nama berikut ini juga tidak jauh berbeda karena masih sama-sama berasal dari nama hewan ya.

Mobil tawon merupakan mobil buatan Indonesia yang di produksi oleh PT. Super Grasindo Jaya pada tahun 2021 silam. Mobil ini menjadi terkenal hingga sampai ke mancanegara dikarenakan tawon mampu bersaing dengan LCGC atau deretan mobil yang terkenal ramah lingkungan serta murah harganya.

Akan tetapi jika dilihat dari desainnya, mobil tawon tidak mirip sama sekali dengan tawon dan hanya memiliki kapasitas mesin 650 cc, muat hingga 4 orang, mesin bensin 500 cc dan harga hanya sekitar Rp. 54 juta saja.

Kesimpulan

Merek Mobil Buatan Indonesia
Merek Mobil Buatan Indonesia

Dari penjelasan nama merek mobil buatan Indonesia diatas dapat kita simpul kan bahwa kebanyakan mobil buatan Indonesia tidak di produksi lagi hingga saat ini dan faktor yang mendasari nya ialah faktor ekonomi negara yang masih terbilang minim.

Untuk itu apabila anda pernah memiliki satu dari nama merek mobil buatan Indonesia diatas jangan lupa untuk selalu merawatnya seperti melakukan service spooring balancing dan lainnya agar kekuatannya tetap terjaga.

Back to top button