Tips

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi F02

Akhir-akhir ini banyak pengguna shopee mengalami situasi yang mungkin tidak asing lagi, seperti akun shopee dibatasi F02. Pembatasan ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari masalah keamanan dan pelanggaran kebijakan platform.

Di tengah kenyamanan berbelanja online, ada momen ketika pengguna mendapati akun mereka mengalami pembatasan akses. Tentu saja hal ini akan menyulitkan anda, mengingat banyaknya fitur shopee yang teramat dibutuhkan pengguna diluar belanja, seperti layanan SPinjam.

Penting bagi pengguna untuk memahami mengapa pembatasan akun terjadi dan bagaimana langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengembalikan akun ke kondisi normal. Dalam paparan ini, Mocipay akan membahas secara rinci tentang akun shopee dibatasi F02 dan solusi terefektif.

Sekilas Tentang Shopee

Shopee salah satu platform marketplace populer di Indonesia dengan peringkat pengunjung tertinggi mengalahkan Tokopedia dan Lazada.

Shopee
Shopee

Aplikasi ini memuat beragam kebutuhan pengguna, mulai dari pakaian, perlengkapan rumah tangga, peralatan olahraga, kecantikan dan gadget.

Beberapa tahun belakangan shopee memantapkan layanan dengan fitur beli sekarang bayar nanti (SpayLater) dan pinjaman uang tunai tanpa kartu kredit (SPinjam). Tidak hanya membantu mereka sebagai pengguna lama, tidak sedikit yang menggunakan aplikasi ini setelah menyadari keuntungan SpayLater dan shopee pinjam tersebut.

Kenapa shopee teramat didambakan masyarakat Indonesia? Hal ini memang perlu anda ketahui sebelum membahas lebih lanjut penyebab dan solusi akun shopee dibatasi F02 nantinya. Sebagai bahan pertimbangan, mari lihat kelebihan dan kekurangan aplikasi shopee.

Kelebihan Kekurangan
Fitur shopee lengkap dan mudah dipahami. Dilengkapi fitur chat langsung dengan penjual sehingga anda bisa menanyakan dahulu tentang ketersediaan barang maupun pengiriman. Kuota gratis ongkir terbatas, jika anda cukup intens berbelanja di shopee pasti mengetahui bahwa kuota ini terbatas. Biasanya muncul ketika hari besar atau tanggal kembar.
Metode pembayaran sangat beragam. Tersedia pembayaran via bank, shopeepay, spaylater dan COD. Beberapa pengguna yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan platform ini untuk menjual produk dengan harga miring, tetapi kualitas barang jauh dari yang diharapkan.
Ada shopee paylater yang memungkinkan pengguna membeli barang dengan sistem pelunasan di akhir (proses cicil) dan SPinjam untuk meminjam uang tunai tanpa kartu kredit. Pada awalnya shopee memang dielukan sebab menawarkan voucher dan cashback yang menarik, namun belakangan ini transaksi pembelian di shopee sudah dikenakan biaya penanganan dan layanan.
Memiliki subsidi gratis ongkir, setiap berbelanja pengguna mendapat keringanan ongkos kirim. Tidak itu saja, anda bisa menjual barang tanpa stok yang dikenal dengan sebutan dropshipper. Karena kepopuleranya shopee lemot diakses kerap terjadi. Hal ini karena overload server atau banyaknya pengguna yang membuka shopee setiap hari
Baca Juga :  10 Merek Mie Instan Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Akun Shopee Dibatasi F02

Akun shopee dibatasi F02
Akun shopee dibatasi F02

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, shopee adalah platform e-commerce yang populer di Asia Tenggara. Dengan beragam produk dan fitur pembayaran, shopee menjadi destinasi belanja online yang sangat dicari jutaan pengguna.

Dalam pelayanannya shopee menjaga ketat akses dan kenyamanan anda, mereka berupaya melindungi data pribadi dan tujuan platform ini didiirikan.

Pengguna harus extra menjaga aktivitas karena shopee tidak segan-segan membatasi akun jika mendeteksi kecurangan transaksi dan penggunaan akun. Akun shopee dibatasi F02 salah satu tindakan serius yang diberikan shopee pada penggunanya.

Jadi, munculnya pesan peringatan akun shopee dibatasi F02 dikarenakan akun yang anda kelola terdeteksi melakukan pelanggaran komunitas, sehingga shopee mengecualikan fitur dan akses sementara sampai proses peninjauan dan perbaikan selesai.

Penyebab Akun Shopee Dibatasi F02

Untuk membahas solusi akun shopee dibatasi F02, anda harus mengetahui syarat dan penyebab akun dibatasi. Akun shopee pengguna dapat dibatasi karena beberapa alasan yang berkaitan dengan keamanan, kebijakan dan aktivitas yang mencurigakan.

Berikut beberapa alasan umum pembatasan akun shopee:

  • Pemesanan Tidak Wajar

Penyebab utama akun shopee dibatasi F02 karena pembeli melakukan pemesanan tidak wajar. Maksudnya, anda membeli barang secara berulang-ulang di toko yang sama dengan waktu singkat.

Jika demikian, shopee akan mendeteksi dan membatasi akun anda karena berspekulasi bahwa pembeli dan penjual telah bekerjasama untuk meningkatkan transaksi pembelian toko tersebut.

  • Membuat Pesanan Palsu

Pesanan palsu (fake order)
Pesanan palsu (fake order)

Membuat pesanan palsu/fake order di shopee adalah tindakan tidak etis dan melanggar ketentuan platform. Jika anda bekerjasama dengan penjual membuat pesanan secara berkala dapat mengakibatkan sanksi seperti pembatasan akun.

Agar toko dan akun shopee anda awet, disarankan untuk menggunakan akun shopee dengan jujur dan bertanggung jawab. Karena aktivitas ini akan merugikan diri sendiri dan pihak lain.

  • Klik Link atau Kontak ke Luar Aplikasi Shopee

Pelanggaran kebijakan atau aktivitas jual beli tidak wajar akan terdeteksi oleh shopee, salah satunya adalah klik link atau kontak ke luar aplikasi. Cukup banyak seller yang berupaya menjual produk di luar shopee dengan iming-iming harga miring, alhasil mereka mengirimkan link atau kontak di room chat.

Perlu anda pahami, baik penjual atau pembeli dilarang keras mengirimkan nomor telepon atau link penjualan di luar aplikasi shopee, jika terdeteksi shopee akan membatasi akun kedua belah pihak.

  • Memanfaatkan Bug Shopee

Tidak hanya ketiga opsi diatas, akun shopee dibatasi F02 bisa dikarenakan pengguna memanfaatkan bug untuk mendapatkan voucher dan gratis ongkir shopee. Adakanya shopee mengalami error karena overload server, pada saat seperti ini tidak sedikit pengguna beraksi mencari keuntungan.

Baca Juga :  5+ Ciri Ciri WA Dibisukan Notifikasi Oleh Orang Lain Paling Akurat

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi F02

Terkunci dari halaman shopee bisa menjadi pengalaman yang buruk, tetapi dengan beberapa langkah tepat anda dapat mengatasi pembatasan dan mendapatkan kembali akses ke akun anda.

Jika anda menemui kendala akun shopee dibatasi F02, jangan khawatir! Dalam pembahasan ini Mocipay akan memaparkan langkah-langkah yang benar sehingga anda dapat melanjutkan pengalaman berbelanja online dengan nyaman.

  • Mengajukan Banding Melalui Form

Mengajukan banding melalui form salah satu upaya mengembalikan akun shopee ke kondisi semula. Hal ini sangat perlu anda lakukan agar shopee lebih cepat meninjau dan membereskanya.

Form pengaktifan akun Shopee
Form pengaktifan akun shopee

Shopee mempunyai form pengajuan untuk mengatasi masalah akun. Buka form pengajuan shopee atau klik disini. Selanjutnya isi data-data yang dibutukan, diantaranya:

  1. Nama lengkap anda
  2. Username akun shopee, pastikan username dan nama lengkap yang terdaftar sesuai
  3. Alamat email yang terdaftar di akun shopee
  4. Nomor handphone yang bisa dihubungi, menggunakan nomor hp yang terdaftar di shopee lebih baik
  5. Kendala yang dihadapi, jelaskan secara singkat kendala akun dan faktor penyebabnya
  6. Bukti screenshoot, lampirkan tangkapan layar halaman utama gagal login akun
  7. Alasan logis mengapa akun harus diaktifkan kembali
  8. Masukkan dokumen pendukung (KTP), kartu identitas yang anda masukkan harus sesuai dengan nama lengkap yang dimasukkan di awal banding.
  9. Dokumen pendukung lainya (Kartu Keluarga) yang dapat terbaca dan tidak terpotong
  10. Masukkan username shopee lain yang terhubung dengan akun anda jika ada.

Periksa kembali data yang anda masukkan, pastikan tidak ada kesalahan menginputnya terkhusus informasi pribadi anda seperti KTP, Kartu Keluarga, nomor handphone dan alamat email. Jika sudah klik kirim untuk mengirim formulir banding pada pihak shopee.

Jangan lewatkan 5 Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula

  • Mengirim Email kepada Pihak Shopee

Cara mengatasi akun shopee dibatasi F02 yang dapat anda lakukan dengan menghubungi pihak terkait via email. Disini anda bisa menuangkan masalah terkait gagal login karena akun sudah dibatasi.

Baca Juga :  4 Cara Melihat Riwayat Panggilan Telepon Yang Sudah Dihapus

Namun sebelum mengirimkan pesan pengajuan melalui email support@shopee.co.id, anda perlu menyiapkan beberapa hal termasuk username dan nomor hp yang terdaftar di akun shopee. Pengajuan ini harus anda lakukan via email yang tertaut di akun shopee anda.

Siapkan bukti pendukung supaya pengajuan anda lebih cepat ditanggapi, gunakan tangkapan layar akun shopee dibatasi F02 diatas. Gunakan subjek email yang sama, yaitu pembatasan akun. Jelaskan secara singkat terkait akun yang sudah dibatasi.

Biasanya tim shopee akan merespon pesan anda dalam kurun waktu 1×24 jam, ikuti panduan sampai shopee dapat digunakan kembali.

  • Menghubungi Call Center Shopee

Call center shopee
Call center shopee

Solusi mengatasi akun shopee dibatasi F02 selanjutnya dengan pengaduan via telepon (call center) di nomor 1500702 atau kontak nomor (021) 39500300. Namun sebelum itu, siapkan saldo karena percakapan ini memotong pulsa sesuai durasi bicara.

Setelah terhubung dengan call center yang melayani, ceritakan kronologi masalah yakni akun shopee yang sudah dibatasi. Ikuti panduan tahapan yang tersedia di ponsel seluler, seperti menekan angka-angka sesuai kendala akun shopee anda.

  • Ikuti Panduan dan Instruksi

Selanjutnya, lakukan cara mengatasi akun shopee dibatasi F02 dengan mengikuti panduan ataupun instruksi pada pesan error. Jika anda disuruh menunggu sampai pihak shopee berhasil mendeteksi dan mendapatkan kesalahan akun silahkan menunggu sampai proses tersebut selesai.

  • Membuat Akun Baru

Apabila ketiga opsi diatas tidak membantu atau pengajuan anda ditolak oleh shopee, anda bisa membuat akun baru dengan email dan nomor telepon baru.

Sayangnya, fitur dan layanan akun baru tidak sesempurna akun lama yang anda kelola. Seperti SPinjam dan SpayLater yang diklaim muncul bagi pengguna yang sudah menggunakan dan aktif berbelanja minimal 3 bulan sejak aktivasi.

Tips Menghindari Akun Shopee Dibatasi

Tips Menghindari Akun Shopee Dibatasi
Tips Menghindari Akun Shopee Dibatasi

Untuk menghindari akun shopee dibatasi, berikut beberapa tips yang dapat pengguna terapkan pada akun yang dikelola:

Tips Deskripsi Singkat
Jaga kerahasiaan data akun Pastikan anda menjaga keamanan data yang ditautkan pada aplikasi shopee, seperti password, kode OTP dan nomor telepon
Hindari kegiatan mencurigakan Jangan terlibat dalam aktivitas yang mencurigakan seperti pembelian berulang pada produk yang tidak wajar, pembatalan pesanan dan penggunaan kupon yang tidak wajar.
Hindari bertransaksi di luar aplikasi shopee Pastikan tidak ada komunikasi dengan penjual yang mengarah pada pemesanan dan pembelian di luar aplikasi shopee.
Kendalikan komentar dan ulasan Hindari mengirimkan komentar atau ulasan yang merugikan.
Baca dan patuhi aturan shopee Baik pengguna baru dan lama aplikasi shopee anda wajib memahami dan mematuhi semua aturan yang ditetapkan oleh shopee.

Akhir Kata

Akun Shopee Dibatasi F02
Akun Shopee Dibatasi F02

Pembatasan akun shopee mungkin membuat perasaan anda tidak nyaman, tetapi perlu diingat bahwa langkah-langkah ini dilakukan untuk menjaga keamanan platform.

Mengatasi akun shopee dibatasi F02 sebagai peluang untuk memeriksa kembali keseimbangan antara aktivitas akun dan kebijakan shopee. Semoga informasi yang kami paparkan bermanfaat, sekian.

Back to top button