Ragam

13 Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

Masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Oleh karena itu, saat ingin pergi memakai transportasi ini jangan sampai salah membawanya. Terlebih ada banyak jenis barang yang tidak boleh dibawa nantinya.

Apa Saja Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat?

Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat
Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

Banyak orang sering bertanya-tanya apa saja barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Hal ini karena memang transportasi ini memiliki ketentuan tersendiri terkait barang bawaan penumpangnya agar lebih aman saat diletakkan di bagasi. Di bawah ini diantaranya:

  • Benda Tajam dan Replikanya

    Benda Tajam dan Replikanya
    Benda Tajam dan Replikanya

Setiap penumpang tidak boleh membawa benda-benda tajam di koper mereka. Tentu saja sangat penting untuk menaati seluruh peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak penyedia transportasi udara satu ini. Adapun jenis-jenis barang yang tajam tersebut cukup banyak seperti berikut:

Jenis Barang Contoh
Benda tajam Pisau
Gunting
Silet
Pistol
Alat penghancur es
Ketapel
Panah
Mainan bersenjata tajam
Replika senjata dan lainnya
  •  Bahan Kimia yang Beracun

Jenis barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat lainnya adalah bahan kimia yang beracun. Tentu saja hal ini sangat dilarang keras untuk dibawa. Jika memang Anda membawanya maka tentu saja pihak petugas bandara akan meminta untuk mengeluarkannya seperti berikut:

Jenis Barang Contoh
Bahan kimia beracun Sianida
Zat korosif
Pestisida
Insektisida
Peroksida
Material virus hidup dan lain sebagainya
  • Cairan yang Mudah Terbakar

Tidak hanya dilarang untuk membawa benda padat yang berbahaya dan beracun, Anda sebagai penumpang pesawat juga tidak boleh membawa cairan yang mudah terbakar. Tentu saja hal ini akan membahayakan seluruh keselamatan para penumpang dan krunya. Berikut contohnya:

Jenis Barang Contoh
Cairan mudah terbakar Alkohol
Bahan bakar
Cairan pemantik api
Cat
Thinner dan lainnya

Baca Juga: 5 Cara Melihat Orang Yang Menonton Reels Kita di Instagram

  • Barang yang Mudah Meledak

    Barang yang Mudah Meledak
    Barang yang Mudah Meledak

Terdapat pula jenis barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat lainnya. Tidak lain yaitu barang yang mudah untuk meledak. Tentu saja hal ini karena sangat membahayakan. Langsung saja ketahui beberapa contoh barang yang tidak boleh dibawa tersebut pada tabel di bawah ini:

Baca Juga :  10 HP Gaming 2 Jutaan RAM 8GB Terbaik 2024
Jenis Barang Contoh
Barang mudah meledak Sumbu
Korek api
Detonator
Tabung asap
Granat semua tipe
Kembang api
Tabung gas dan lainnya
  • Alat yang Bisa Melumpuhkan

    Alat yang Bisa Melumpuhkan
    Alat yang Bisa Melumpuhkan

Ada banyak barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satunya yaitu benda atau alat yang dapat melumpuhkan seseorang sehingga tentu tidak boleh membawanya. Di bawah ini beberapa contoh barangnya:

Jenis Barang Contoh
Alat pelumpuh Jarum suntik
Benda tumpul
Tongkat pemukul
Alat pelumpuh hewan
Alat kejut listrik dan lainnya
  • Cairan, Aerosol, dan Gel

Sebenarnya untuk jenis barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat ini tidak sepenuhnya mutlak dilarang. Terutama jika membawa obat-obatan, kosmetik, peralatan mandi, hingga minuman. Hanya saja terdapat batasan yang ditentukan yaitu sebesar 100 ml.

Kemudian barang-barang tersebut perlu dimasukkan ke dalam kantong plastik khusus yang sudah disediakan oleh pihak bandara. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan batas barang bawaan yang Anda bawa. Pastikan tidak melebihi angka yang sudah ditentukan tersebut.

  • Powerbank

    Powerbank
    Powerbank

Jenis barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat selanjutnya adalah powerbank. Akan tetapi, sebenarnya pihak bandara membatasinya sehingga tidak sepenuhnya dilarang. Adapun penumpang dapat membawa powerbank mereka dengan batasan kapasitas 20.000 mAh.

Atau setara dengan 5V  dan 100 Watt saja. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak membawa powerbank jika melebihi batas kapasitas yang sudah ditentukan tersebut. Perhatikan juga bahwa setiap penumpang tidak boleh melakukan pengisian melalui powerbank saat terbang nantinya.

  • Makanan dengan Bau Menyengat

Selain beberapa barang di atas, masih ada jenis barang lain yang tidak boleh Anda bawa. Tidak hanya pesawat, beberapa jenis transportasi lainnya juga kerap tidak membolehkan penumpang untuk membawanya. Tidak lain yaitu makanan berbau menyengat seperti berikut:

Jenis Barang Contoh
Makanan bau menyengat Buah durian
Petis
Terasi dan lainnya
  • Tanaman Hidup

Untuk barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat lainnya yaitu tanaman hidup. Hal ini termasuk tanaman-tanaman yang bahkan sudah mendapatkan sertifikasi sekalipun. Oleh sebab itu, usahakan Anda tetap memperhatikan aturan tersebut agar lebih aman dan nyaman.

Terlebih, jika hal ini hanya akan merepotkan diri sendiri nantinya. Apabila ingin membawanya maka manfaatkan saja jasa ekspedisi pengiriman yang sudah ada banyak di tanah air. Hal ini bahkan termasuk saat ingin mengirim benih maupun akarnya.

  • Produk Hewani

Tidak banyak orang mengetahui bahwa produk hewani atau dairy juga tidak boleh dibawa di dalam bagasi pesawat. Oleh karenanya jangan sampai Anda membawa produk-produk tersebut karena sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri. Di bawah ini beberapa contohnya:

Baca Juga :  Suku Bunga Pinjaman Bank BRI Terbaru 2024
Jenis Barang Contoh
Produk hewani Keju
Susu
Bahan segar atau mentah dan lainnya
  •  Barang Elektronik

Masih ada jenis barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat lain yang mungkin belum Anda ketahui. Salah satunya yaitu barang-barang elektronik sehingga mudah rusak apabila disimpan di dalam bagasi pesawat. Di bawah ini selengkapnya:

Jenis Barang Contoh
Barang elektronik Handphone
Kamera
Laptop dan lainnya
  • Perhiasan

Barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat lainnya yaitu perhiasan. Pasalnya, bisa saja mengalami kerusakan walaupun sudah menyimpannya di dalam travel bag. Padahal, barang-barang tersebut sangatlah berharga seperti berikut:

Jenis Barang Contoh
Perhiasan Kalung
Cincin
Anting
Gelang
  • Barang yang Mudah Pecah

Walaupun cukup jarang terjadi, Anda juga tidak boleh membawa barang-barang yang mudah pecah ke dalam bagasi pesawat. Tentu saja hal ini hanya akan membahayakan kru pesawat dan penumpang. Terlebih barang-barang ini juga berpotensi merusak barang lainnya seperti berikut:

Jenis Barang Contoh
Barang mudah pecah Keramik
Kaca dan lain sebagainya

Beberapa Tips Membawa Barang Bawaan di Bagasi Pesawat

Saat Anda ingin pergi ke suatu tempat menggunakan pesawat, maka perhatikan beberapa tips untuk membawa barang bawaan. Pasalnya, ada banyak barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat seperti di atas. Ketahui berbagai tipsnya di bawah ini:

1. Membuat Daftar Barang Bawaan

Agar Anda tidak kelebihan bagasi pesawat, maka pastikan untuk membuat daftar barang bawaan terlebih dahulu. Walaupun terkesan sangat sepele dan jarang dilakukan, akan tetapi tips satu ini sangat berguna agar tidak ada lagi barang-barang penting yang tertinggal nantinya.

Selain itu, saat Anda membuat daftar barang bawaan juga dapat membantu menentukan mana saja barang-barang yang tidak terlalu penting untuk dibawa. Seseorang juga tidak akan membawa barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat karena sudah dicek sebelumnya.

2. Terapkan Teknik Menggulung Baju

Saat Anda merasa koper terlalu kecil sehingga kapasitas nya kurang maka atasi hal ini dengan menggulung baju. Teknik ini tentu saja cukup efektif dalam memaksimalkan penggunaan ruang di dalam koper. Akan tetapi, pastikan pakaian yang ingin digulung tersebut tidak mudah kusut.

Baca Juga :  50+ Pasar Terdekat Dari Lokasi Saya Sekarang Di Semua Kota

Tidak hanya menggulung baju, Anda juga dapat memakai kantong plastik yang dapat di vakum. Tentu saja semakin maksimal dalam menghemat ruangan sehingga tidak perlu khawatir apabila ingin membawa barang lebih banyak. Pasalnya, udara akan dikeluarkan secara efektif.

3. Pilih Koper dengan Tepat

Tips selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah pastikan memilih koper dengan tepat. Usahakan untuk mempertimbangkan waktu bepergian tersebut apakah hanya sebentar atau justru dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi barang bawaan nantinya.

Jika waktunya cukup lama, pastikan memilih koper yang memang dapat membawa banyak barang. Dengan begitu, setiap barang yang dibutuhkan tersebut dapat dibawa dengan aman dan nyaman nantinya. Pilih juga koper dengan ukuran dan berat sesuai agar tidak kelebihan bagasi pesawat.

4. Memakai Tas Kecil

Untuk menyimpan benda-benda penting, maka Anda bisa menggunakan tas yang lebih kecil. Mulai dari kunci, tiket, dompet, ponsel, perhiasan, dokumen penting, dan lainnya. Dengan begitu, penumpang tidak akan menyimpannya ke dalam bagasi pesawat karena rentan rusak.

Selain itu, Anda juga tidak perlu kerepotan saat ingin mengambilnya nanti karena lebih praktis. Perhatikan juga berbagai barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat agar nantinya tidak ikut terbawa. Tentu perjalanan naik pesawat akan semakin nyaman dan menyenangkan.

5. Packing Berdasarkan Prioritas

Langkah selanjutnya yaitu dengan menyusun barang bawaan berdasarkan prioritasnya. Hal ini sangat penting agar barang-barang tersebut dapat tertata dengan rapi pada tempatnya. Oleh karena itu, cek dahulu prioritas barang bawaan tersebut saat ingin melakukan packing di dalam koper.

Contohnya saja untuk barang bawaan seperti baju dan peralatan mandi. Ada baiknya Anda menaruh barang-barang ini di bagian paling bawah pada koper. Kemudian pilih barang-barang lainnya yang menjadi prioritas untuk disimpan di bagian atasnya sehingga lebih tepat.

6. Cek Berat Barang Bawaan Anda

Tahukah Anda, bahwa pesawat akan menetapkan bagasi gratis jika berat koper yang penumpang bawa memenuhi aturannya. Jika tidak, maka seseorang perlu membayar biaya tambahan untuk bagasi tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya mengecek berat barang bawaan terlebih dahulu.

Hal ini agar Anda tidak kerepotan harus melakukan packing ulang hanya untuk mengurangi berat barang bawaan tersebut karena tidak mau membayar biaya bagasi tambahan. Selain itu, penumpang juga lebih hemat waktu tanpa perlu membongkar koper milik mereka.

7. Bawa Barang yang Paling Diperlukan Saja

Sangat penting untuk mempertimbangkan apa saja barang yang ingin dibawa di dalam bagasi pesawat. Usahakan untuk memilih barang yang benar-benar perlu saja sehingga jangan membawa barang tidak penting. Hal ini juga untuk menghindari berat berlebih pada muatan koper nya.

Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat
Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa di Bagasi Pesawat

Tentunya Anda juga akan terhindar dari membayar biaya bagasi tambahan. Selain itu, cek kembali lagi jangan sampai membawa barang-barang yang tidak boleh dibawa di dalam bagasi. Tentu saja hal ini hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga saja apabila perlu mengeluarkannya.

Kini Anda sudah memahami apa saja barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat. Pastikan untuk mengecek kembali barang bawaan yang ingin dibawa sehingga dapat menaati aturan pihak bandara tersebut. Tentu melakukan perjalanan dengan pesawat semakin nyaman.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button