Tips

3 Penyebab dan Solusi paling Ampuh untuk Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Pernahkah kamu mengalami situasi dimana token sudah diisi tapi masih merah? Gak usah khawatir! Simak penyebab dan solusi untuk masalah token listrik yang masih tetap merah setelah dilakukan pengisian melalui penjelasan dalam artikel ini.

Lantas, bagaimana dengan persoalan akan “token sudah diisi tapi masih merah” Mengapa bisa terjadi demikian? Apa penyebab dan bagaimana solusinya? Tentunya pertanyaan-pertanyaan inilah yang muncul di benak teman-teman sekalian. Namun, gak usah cemas ya gaes. Karena disini ada Mocipay yang akan selalu siap memberikan penjelasan lengkap akan berbagai kendala yang anda hadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Sekilas mengenai Token Listrik

Gambaran Token listrik

Sebelum memaparkan penjelasan terkait “token sudah diisi tapi masih merah” terlebih dahulu kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai token listrik. Terutama untuk sobat yang sedang berencana ingin menggunakan token listrik, pastikan kamu memahami dengan jelas beberapa informasi berikut ini.

Apa itu token listrik?

Token Listrik merupakan sistem penggunaan listrik dengan menggunakan pulsa/token. Token listrik kerap disebut juga sebagai “listrik prabayar” Karena penggunaannya yang mengharuskan pengguna untuk membeli atau mengisi ulang pulsa token terlebih dahulu baru bisa menikmati listrik.

Sama hal nya dengan penggunaan pulsa telepon, apabila kita tidak mengisi pulsa kita maka kita tidak bisa melakukan panggilan telepon kepada orang lain, demikian juga dengan penggunaan listrik prabayar ini sendiri, apabila pulsanya habis (0 kWh) maka kita tidak akan bisa menggunakan semua hal yang berhubungan dengan listrik, seperti menyalakan lampu, kipas, TV, AC, kulkas, mengecas HP, dll.

Perbandingan token listrik dengan meteran listrik

Banyak orang yang masih belum terlalu paham dengan perbandingan antara token listrik dengan meteran listrik. Dengan mengetahui perbandingan antara token listrik dengan meteran listrik dapat membantu anda untuk menentukan mana yang lebih cocok untuk anda gunakan. Oleh karena itu berikut ini kami tampilkan beberapa perbandingan antara token listrik dengan meteran listrik:

Baca Juga :  250+ Link Grup WA Olshop Tangan Pertama
Token listrik VS meteran listrik
Token Listrik (Listrik Prabayar) Meteran Listrik (Listrik Pascabayar)
Bayar diawal dengan menggunakan sistem Pulsa/token Pembayaran dilakukan setelah menggunakan listrik dan sudah memiliki jangka waktu yang telah ditentukan untuk membayar listrik
Memungkinkan pengguna untuk dapat mengontrol sendiri atau menghemat penggunaan listrik Pengguna listrik pascabayar biasanya terlihat lebih boros dalam pemakaian listik
Pengeluaran tergantung pada pulsa token yang diisi. Pengeluaran untuk listrik bisa di stopkan ketika meninggalkan rumah dalam jangka waktu tertentu Pengeluaran tidak dapat dipastikan berapa per bulannya. Selain itu, tagihan listrik juga akan tetap jalan sekalipun rumah itu kosong/ ditinggalkan sementara waktu.
Semua perangkat yang terhubung dengan listrik akan padam jika pulsa telah habis. Hal demikian akan sedikit bermasalah apabila kita memiliki barang yang harus menyala terus seperti kulkas Tidak akan padam listrik kecuali memang sedang terjadi gangguan sistem PLN atau pemadaman listrik secara keseluruhan.
Tidak menimbulkan beban biaya bulanan Menimbulkan beban bulanan bagi penggunanya. Dalam penggunaan meteran listrik sering juga terjadi kasus tagihan listrik yang tiba-tiba membengkak.
Tidak ada sistem listrik dicabut oleh pihak PLN Listrik akan dicabut apabila pembayaran menunggak dan telah melewati batas yang sudah ditentukan
Pemakaian listrik yang terbatas Pemakaian listrik sepuas nya

Lebih untung menggunakan token listrik atau meteran listrik?

Jika anda bertanya “lebih untung menggunakan token listrik atau meteran listrik?” secara umum sebenarnya itu tergantung pada pemakaian listrik masing-masing orangnya. Pemakaian listrik token dengan meteran listrik memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

Namun, jika dibandingkan lebih dalam sebenarnya akan sangat lebih untung menggunakan token listrik dari pada meteran listrik. Mengapa dikatakan demikian? Karena dengan menggunakan token listrik kita bisa mengetahui berapa kira-kira besar pemakaian listrik yang kita butuhkan perbulan nya sehingga dapat mengatur pengeluaran untuk listrik secara rutin pada setiap bulannya.

Berbeda dengan meteran listrik, walaupun memungkinkan pengguna untuk bisa menikmati listrik tanpa batas, namun dibalik hal itu terdapat masalah yang hingga saat ini masih tetap marak terjadi, dimana banyak pelanggan yang mengeluh tiba-tiba mendapat tagihan listrik yang membengkak. Dan yang lebih parahnya lagi nih, tagihan bisa-bisanya membludak padahal rumahnya kosong 😣

Baca Juga :  3 BB Cream Wardah Untuk Pemula, Ringan Dan Mudah Diapliasikan

Token Sudah Diisi tapi Masih Merah

Token sudah diisi tapi masih merah
Token sudah diisi tapi masih merah

Nah, anda mungkin sudah tidak sabar lagi ingin segera melihat penjelasan akan token sudah diisi tapi masih merah. Oleh karena itu, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kami tampilkan dibawah ini penyebab beserta solusi untuk masalah token sudah diisi tapi masih merah.

  • Penyebab Token Sudah Diisi tapi Masih Merah

Yang terlebih dahulu akan kami jelaskan tentu saja adalah penyebabnya! Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari token sudah diisi tapi masih merah. Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

⇒ Kesalahan menginput nomor token

Penyebab yang pertama bisa jadi disebabkan oleh kesalahan sendiri yang salah saat memasukkan nomor token. Saat kamu mengisi ulang pulsa token, tentunya kamu akan memperoleh kode atau nomor token yang akan kamu masukkan ke listrik token agar pulsa token yang baru saja kamu isi bisa masuk sehingga dapat digunakan. Nomor token biasanya terdiri dari 20 digit angka.

Saat memasukkan nomor token tersebut, pastikan kamu menekan angka yang benar. Karena jika salah pada salah satu angka saja, maka pulsa yang kamu isi tidak akan bisa masuk, dan tentu saja lampu token listrik kamu akan tetap berwarna merah. Hindari kesalahan memasukkan nomor token hingga 3 kali, jika tidak token listrik anda akan diblokir secara otomatis.

⇒ Token listrik error

Jika setelah dipastikan ternyata pulsa token sudah berhasil masuk namun lampunya tetap saja merah, maka penyebabnya sudah pasti adalah karena adanya suatu kesalahan sistem atau error pada listrik token anda.

Ada beragam penyebab yang membuat token listrik error, diantaranya seperti instalasi listrik yang buruk, listrik token terblokir, kWh overlimit, sistem PLN sedang bermasalah, adanya suatu masalah pada perangkat dalam maupun luar token listrik, dan yang lainnya.

Baca Juga :  Kenapa Capcut Tidak Ada Template? Ini Penyebab & Solusinya

⇒ Terdapat kerusakan pada token listrik

Kemungkinan penyebab yang terakhir adalah karena adanya suatu kerusakan pada komponen token listrik anda, misalnya seperti pada penghitung kWh meteran maupun pada lampu token listrik. Sehingga saat setelah diisi pun warna lampunya tidak berubah menjadi hijau.

  • Solusi untuk Token Sudah Diisi tapi Masih Merah

token sudah diisi tapi masih merah

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami kendala akan token sudah diisi tapi masih merah, tidak perlu langsung panik. Cobalah ikuti beberapa langkah solusi seperti yang kami tampilkan berikut ini.

Solusi untuk “Token sudah diisi tapi masih merah” Deskripsi singkat
Pastikan nomor token telah dimasukkan dengan benar Saat sedang memasukkan nomor token, pastikanlah dengan benar-benar bahwa anda telah menekan angka yang sesuai dengan nomor token yang tertera pada struk atau bukti pembelian token. Lakukan pemeriksaan sebelum menekan tombol “Enter”. Tapi ingat ya, solusi ini hanya berlaku pada batas hingga ke 3 kali memasukkan nomor token. Lewat dari batas tersebut, token listrik anda akan diblokir.
Reset token listrik Reset Token listrik. Solusi berikutnya untuk token sudah diisi tapi masih merah adalah mereset token listrik. Tindakan ini akan memulihkan kembali token listrik dari berbagai masalah error yang terjadi.

Cara reset token listrik:

  1. Matikanlah token listrik anda
  2. biarkan hingga 15 menit
  3. Setelah 15 menit, hidupkanlah kembali token listrik anda
  4. Masukkan kode reset token listrik yaitu 00
Hubungi petugas PLN Jika dua solusi sebelumnya tidak membantu, maka kemungkinan terdapat masalah serius pada perangkat token listrik anda. Oleh karena itu, solusi terakhir yang dapat kami sarankan adalah menghubungi pihak PLN. Anda dapat dengan mudah menghubungi PLN baik secara online maupun offline.

Secara offline yaitu dengan mendatangi langsung ke kantor cabang PLN. Sedangkan jika anda ingin menghubungi secara online maka anda dapat melakukannya via telepon di nomor layanan PLN yaitu (nomor area/ daerah anda tinggal) 123. Misalnya jika anda tinggal di Medan maka (061) 123.

Simpulan

Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah
Token Sudah Diisi Tapi Masih Merah

Itulah ulasan lengkap terkait dengan permasalahan “token sudah diisi tapi masih merah” Dengan mengikuti solusi dan langkah-langkah yang telah kami tampilkan diatas, kami berharap anda dapat dengan mudah mengatasi kendala yang sedang anda hadapi. Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan. Mudah-mudahan membantu ya sahabat Mocipay, terimakasih.

Back to top button