Tutorial

4 Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir satu langkah yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan jejak nomor pengguna yang lain karena beberapa alasan.

Pada umumnya pengguna whatsapp memang memanfaatkan menu blokir untuk membatasi pesan, panggilan dan info dari pengguna yang lain. Ternyata memblokir saja tidak cukup, kini mereka melakukan upaya untuk menghapus nomor tersebut.

Jika anda ingin menghapus sebuah nomor yang diklaim tidak perlu lagi berada dalam daftar kontak, silahkan lihat toutorial menghapus nomor WA yang sudah diblokir berikut ini.

Fitur Blokir Whatsapp

Fitur Blokir Whatsapp
Fitur Blokir Whatsapp

Whatsapp berperan sebagai aplikasi messenger online yang digunakan untuk berbagai kepentingan, baik untuk chat personal dan komunitas.

Secara sederhana whatsapp merupakan aplikasi chating instan yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan dan panggilan tanpa pulsa, melainkan koneksi internet.

Hingga saat ini whatsapp masih menjadi aplikasi perpesan yang mendominasi, hampir seluruh pengguna ponsel pintar memanfaatkan WA untuk menunjang aktivitas sehari-seharinya. Lantas apa itu fitur blokir pada aplikasi whatsapp?

Sebenarnya pengguna whatsapp sudah familiar dengan fitur ini. Blokir whatsapp salah satu fitur yang disediakan pengembang yang memungkinkan pengguna membatasi akses chat, panggilan dan info dari pengguna lain yang diklaim menggangu.

Dengan memasukkan nomor whatsapp mereka kedalam daftar hitam/blokir, anda tidak lagi menerima pesan dan panggilan masuk. Begitupun sebaliknya, anda tidak dapat menghubungi pengguna tersebut sebelum membuka pemblokiran.

Adapun cara blokir pengguna whatsapp sangat mudah, anda bisa memblokir pengguna yang belum atau sudah didaftarkan pada kontak handphone. Berikut langkah-langkah yang dapat anda terapkan.

  1. Masuk kedalam aplikasi whatsapp
  2. Buka obrolan dengan teman yang ingin anda blokir
  3. Selanjutnya klik titik tiga di sudut kanan atas, pilih lainya
  4. Klik opsi blokir untuk membatasi pengguna tersebut terhubung denganmu.
Baca Juga :  5 Cara Melihat Info WA yang Disembunyikan

Alasan Ingin Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Membahas lanjut cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir, mungkin ada beberapa alasan yang mendasari kenapa anda tertarik menghapus nomor yang bahkan sudah dihapus di whatsapp.

Walaupun sudah dijelaskan bahwa pengguna tersebut tidak lagi bisa menghubungi anda via whatsapp, namun tetap saja jika ingin menghapus jejaknya cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir patut dilakukan.

Pada dasarnya pengguna yang memblokir kontak whatsapp didasarkan rasa kesal. Mengingat aplikasi whatsapp bisa digunakan secara personal dan bisnis, maka tidak heran jika anda sering mendapat broadcast dan pesan kurang pantas yang dianggap menggangu.

Cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir dilakukan semata-mata untuk membersihkan daftar blokir dan tidak ingin memulai berkomunikasi lagi.

Apakah Nomor Whatsapp yang Sudah Diblokir Bisa Dihapus?

Sebelum lebih dalam membahas cara menghapus nomor whatsapp yang sudah diblokir, anda harus memahami bisa atau tidaknya sebuah nomor dihapus dari daftar blokir whatsapp.

Perlu dicatat bahwa nomor tersebut tidak bisa dihapus dari daftar blokir. Jadi cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir akan merujuk pada kontak yang sudah didaftarkan sebelumnya ya sobat.

Jadi, nomor tersebut tidak akan pernah hilang melainkan nama kontak akan dihapus, atau hanya nomor pengguna yang ditampilkan.

Bacaan menarik lainya 2 Cara Membuat Info WhatsApp Kosong Tanpa Aplikasi

Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya, cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir yang Mocipay jabarkan dalam pembahasan ini merujuk pada nomor yang sudah ditambahkan ke kontak dahulu.

Cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir
Cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir

Pengguna tentu mengetahui semua nomor whatsapp dapat kita blokir dengan mudah, jadi tidak ada aturan apakah nomor tersebut harus kita simpan terlebih dahulu untuk diblokir. Setiap menerima pesan dari nomor wa yang baru, anda bisa langsung memblokirnya jika merasa terganggu.

Baca Juga :  3 Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Via Web Secara Online

Begitupun dengan nomor yang sudah anda blokir, ketika memblokir sebuah kontak di whatsapp perlu anda pahami bahwa kontak tersebut masih bisa melakukan panggilan seluler dan SMS. Jika ingin membatasi diri dari pemilik nomor tersebut, silahkan blokir melalui kontak dan whatsapp.

Jadi sudah jelas ya, cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir hanya bisa dilakukan pada nomor yang sudah disimpan sebagai kontak. Adapun nomor tersebut tidak akan hilang dari daftar blokir, nomor tetap ditampilkan tanpa nama. Berikut cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir yang dapat anda terapkan:

1. Buka Aplikasi Whatsapp dan Masuk Kedalam Menu Pengaturan

Pertama, lakukan cara menghapus nomor WA yang sudah diblokir dengan membuka dan menjalankan aplikasi whatsapp. Setelah terbuka klik titik tiga pada pojok kanan atas, lalu klik setelan.

Masuk kedalam menu pengaturan Whatsapp
Masuk kedalam menu pengaturan Whatsapp

2. Pilih Menu Privasi dan Temukan Daftar Kontak yang Diblokir

Pada menu setelan pilih privasi, disini akan ditampilkan semua daftar privasi last seen, foto profil, info, status dan laporan dibaca yang sudah anda atur sebelumnya.

Pilih menu privasi dan temukan daftar kontak yang diblokir
Pilih menu privasi dan temukan daftar kontak yang diblokir

Sekarang gulir kebawah untuk menemukan opsi kontak diblokir. Klik dan buka daftar kontak yang sudah anda blokir sebelumnya.

3. Tampilkan Nama Kontak yang Diblokir

Disini anda bisa melihat daftar nama kontak yang sudah diblokir dan akan dihapus. Cari nama kontak yang akan dihapus namanya.

Tampilkan nama dan hapus kontak
Tampilkan nama dan hapus kontak

Setelah itu anda diarahkan untuk keluar dari aplikasi whatsapp lalu pilih kontak, silahkan cari nama kontak tersebut. Pada kontak yang akan dihapus, klik titik tiga dipojok kanan atas dan klik hapus kontak. Konfirmasi penghapusan kontak, dengan begitu nomor tidak lagi terdaftar pada kontak handphone.

4. Selesai

Cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir selesai dilakukan. Anda bisa masuk kedalam aplikasi whatsapp dan lakukan cara yang sama untuk melihat daftar blokir. Disini tidak akan ditampilkan lagi nama kontak, hanya nomor saja.

Cara Menghapus Kontak Secara Permanen Via Web Google Contact

Setelah anda mempraktikkan cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir diatas, mungkin anda berharap bahwa nomor tersebut akan hilang. Itu pemikiran yang salah, karena kontak yang diblokir sebelumnya sudah tersimpan di google contact.

Untuk menghapus nomor secara permanen anda bisa masuk kedalam google contact dan lakukan secara manual.

Baca Juga :  5 Urutan Langkah Cara Pakai Yuzu Moisturizer Ms Glow
Cara Menghapus Kontak Secara Permanen Via Web Google Contact
Cara Menghapus Kontak Secara Permanen Via Web Google Contact

Google contact merupakan layanan manajemen kontak yang dikembangkan google, pengguna dapat mengaksesnya dalam mode aplikasi ataupun web. Jika anda ingin menghapus kontak secara permanen, lakukan saja via web google contact dengan langkah berikut:

  • Pertama buka browser di HP maupun PC anda, selanjutnya masukkan kata kunci “google contact”, akan ditampilkan hasil yang relevan
  • Selanjutnya login pada akun gmail yang anda gunakan untuk menyimpan kontak
  • Setelah berhasil masuk akan ditampilkan seluruh daftar kontak yang tersimpan di gmail tersebut
  • Cari dan hapus kontak yang sudah anda blokir, dengan demikian seluruh kontak pemilik nomor tersebut resmi dihapus.

Cara menghapus nomor kontak secara permanen ternyata sangat mudah ya. Sekarang anda lebih nyaman menggunakan aplikasi whatsapp, karena secara resmi kontak tersebut akan dihapus dari daftar ponsel.

FAQ Tentang Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Selain uraian yang sudah Mocipay jabarkan diatas, berikut beberapa informasi yang perlu anda ketahui terkait blokir whatsapp.

  • Apakah Menghapus Riwayat Chat dapat Menghapus Blokir Watsapp?

Tidak, pada dasarnya menghapus riwayat chat dilakukan untuk membersihkan obrolan chat. Anda hanya bisa menghapus blokir whatsapp dengan opsi buka blokir yang ada pada menu privasi.

  • Apakah Pengguna yang Diblokir Masih Bisa Menghubungi Ketika Diblokir?

Memblokir whatsapp berarti anda membatasi hubungan dengan nomor tertentu, sehingga kedua belah pihak tidak bisa melakukan percakapan seperti biasanya. Akan tetapi pengguna tersebut masih bisa terhubung denganmu melalui panggilan seluler dan SMS.

  • Bagaimana Cara Melihat Orang yang Memblokir Kita?

Untuk memastikan seorang pengguna sudah memblokir anda, silahkan periksa beberapa tanda-tanda berikut:

Tanda-Tanda Deskripsi Singkat
Tidak Ada Update “Terakhir Dilihat” Jika Anda tidak dapat melihat informasi “terakhir dilihat” pada kontak yang dicurigai, kemungkinan Anda telah diblokir.
Status Tak Terlihat Jika status WhatsApp dari kontak tersebut tidak terlihat oleh Anda, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda telah diblokir.
Tidak Ada Perubahan Foto Profil Jika foto profil kontak tidak pernah berubah, mungkin Anda telah diblokir.
Pesan Hanya Tertanda Check Satu Jika pesan yang Anda kirim hanya menampilkan satu tanda centang (pesan terkirim) dan tidak pernah berubah menjadi dua tanda centang (pesan diterima), kemungkinan Anda telah diblokir.
Panggilan Tidak Berhasil Jika Anda mencoba menelepon orang tersebut melalui WhatsApp dan panggilan Anda tidak pernah berhasil, ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda telah diblokir.

Untuk selengkapnya silahkan lihat disini 5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Paling Mudah

Akhir Kata

Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir
Cara Menghapus Nomor WA yang Sudah Diblokir

Cara menghapus nomor wa yang sudah diblokir diatas merujuk kepada nomor yang sudah tersimpan sebelumnya. Dapat disimpulkan bahwa tidak opsi untuk menghapus nomor tersebut dari daftar blokir whatsapp, anda hanya bisa melakukan upaya untuk menghapus nama kontak.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk pembaca, sampai bertemu dipembahasan selanjutnya!

Back to top button