Tutorial

10 Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu merupakan salah satu hal yang banyak dicari oleh semua orang, terutama anak kost dan ibu rumah tangga. Siapa sih yang tidak ingin berhemat dan hanya menghabiskan uang belanja 100 ribu untuk seminggu?

Tentunya semua orang menginginkan bisa menghemat uang belanja agar bisa menghemat pengeluaran dan bisa menabung sebagian uang yang dipunya. Untuk itulah banyak orang yang ingin menghemat uang belanjanya.

Jika Kamu merupakan orang yang boros dan ingin mengetahui bagaimana Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu, Kamu dapat membaca artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lengkap. Simak penjelasannya!

Apa Yang Dimaksud Dengan Uang Belanja Seminggu?

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu3
Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu / Sumber : Ruang meNYALA

Sama halnya dengan belanja bulanan, ada juga orang yang menetapkan belanja seminggu. Hal ini dilakukan untuk menghemat pengeluaran dan mengatur keuangan. Biasanya dengan menetapkan budget uang belanja, orang-orang akan lebih hemat dan memiliki keuangan yang teratur.

Hal ini tentu menjadi hal penting karena mengingat harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat. Untuk itu, penting sekali mengatur pengeluaran dan tentunya penting untuk mengetahui cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu.

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu1
Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu / Sumber : DuniaFintech.com

 

Tentunya tidak semua orang memiliki uang belanja yang banyak dan cukup. Selalu saja ada pengeluaran tak terduga yang membuat seseorang terpaksa menghabiskan uang. Untuk itu penting sekali untuk mengatur keuangan agar bisa hemat.

Apalagi jika Kamu merupakan Mahasiswa yang tinggal di kost atau kontrak rumah, pastinya sangat penting untuk mengatur budget pengeluaran agar bisa bertahan hingga akhir bulan.

Untuk itu, berikut ini cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu yang dapat Kamu lakukan, antara lain :

1. Buat Daftar Belanja Mingguan

Agar bisa mengikuti cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu, Kamu bisa membuat daftar belanja mingguan. Hal ini berguna untuk memudahkan Kamu dalam mengatur keuangan dan terhindar dari pembelian barang yang tidak penting di luar daftar belanja mingguan yang telah dibuat.

Baca Juga :  2 Cara Pinjam Uang di Home Credit Secara Online dan Offline Bagi Pemula

2. Masak Sendiri

Untuk bisa hemat dan bisa mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu, Kamu lebih baik masak sendiri dibandingkan dengan beli makan di luar. Karena dengan masak sendiri, Kamu bisa lebih hemat dan makanannya juga pastinya terjamin sehat. Untuk itu, hindari beli makan di luar agar bisa lebih hemat biaya.

3. Cuci Baju Sendiri dan Hindari Laundry Baju

Tidak semua orang ada waktu untuk mencuci pakaian sendiri dan memilih untuk laundry baju. Jika Kamu ingin berhemat dan ingin mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu, maka sebaiknya untuk menahan diri untuk tidak laundry baju. Karena dengan laundry pakaian, Kamu bisa boros dan menambah pengeluaran.

4. Kurangi Jajan Berlebihan

Cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu bisa dengan mengurangi jajan berlebihan. Jika Kamu hobby beli snack atau beli jajanan, Kamu dapat mengurangi hal tersebut agar bisa mengatur pengeluaran dan bisa menghemat pengeluaran sehingga bisa mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu.

5. Jangan Membeli Barang Yang Tidak Perlu

Saat ingin menghemat pengeluaran, sebaiknya hindari membeli barang yang tidak perlu agar Kamu bisa mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu. Karena saat Kamu membeli barang yang tidak perlu, maka sama saja dengan menghamburkan uang dengan keperluan yang tidak terlalu penting. Untuk itu, utamakan kebutuhan yang lebih penting dibandingkan dengan membeli barang yang tidak perlu.

Baca Juga : Pasti Bisa! Begini Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

6. Hemat Listrik & Air

Salah satu cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu adalah dengan menghemat pemakaian listrik dan air. Apalagi jika Kamu menggunakan listrik prabayar, maka Kamu bisa lebih mudah membatasi pemakaian listrik karena listrik prabayar bisa diisi pulsa minimal Rp 20 ribu. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat pengeluaran dan bisa mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu.

7. Membawa Makan dan Minum Dari Rumah

Jika Kamu merupakan seorang mahasiswa, Kamu bisa melakukan cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu dengan membawa makanan dan minuman dari rumah. Hal ini tentu bisa membantu menghemat pengeluaran karena dengan membawa makanan dan minuman dari rumah, Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli makanan di luar.

8. Hindari Belanja Online

Banyaknya aplikasi belanja online saat ini membuat kita tergoda untuk belanja secara terus menerus. Bagaimana tidak? Karena aplikasi belanja online tersebut juga banyak memberikan penawaran promo sehingga penggunanya pun tertarik untuk belanja secara terus menerus.

Baca Juga :  9 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

Tapi tahukah Kamu jika terlalu sering belanja online bisa membuat Kamu lebih boros dan menjadi tidak bisa mengatur keuangan dengan baik? Apalagi jika yang dibelanjakan adalah barang yang tidak terlalu penting akan membuat banyak pengeluaran tetapi tidak ada kegunaannya. Untuk itu, Kamu bisa mengurangi belanja online agar bisa mengikuti cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu.

9. Gunakan Fasilitas Wifi

Cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu selanjutnya yang bisa Kamu coba adalah dengan menggunakan fasilitas wifi. Saat ini sudah banyak yang menyediakan wifi baik itu cafe, kantor, termasuk kampus. Jika Kamu seorang mahasiswa, Kamu bisa memanfaatkan wifi kampus untuk menghemat paket data. Dengan begitu, Kamu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli paket data dan pastinya hal ini bisa membantu dalam mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu.

10. Gunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum bisa sebagai cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu. Saat ini sudah banyak aplikasi ojek online yang bisa Kamu pakai untuk berpergian. Tetapi ongkos yang ditawarkan oleh ojek online biasanya lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum seperti angkot, bus, atau becak. Agar Kamu bisa lebih hemat pengeluaran, Kamu bisa menggunakan transportasi umum.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros?

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu
Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu / Sumber : Katadata

 

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu, disini juga akan diberikan penjelasan bagaimana cara mengatur keuangan agar tidak boros. Hal ini tentu penting agar Kamu bisa mengatur keuangan dan tahu untuk membuat perencanaan keuangan agar tidak boros.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatur keuangan agar tidak boros, antara lain :

  • Buat Perencanaan Keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin mengatur keuangan agar tidak boros adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Dengan begitu, Kamu bisa membuat daftar keperluan apa saja yang harus dipenuhi dan jangan lupa untuk menghitung dan menyiapkan biaya tak terduga lainnya.

Dengan membuat perencanaan keuangan, tentunya Kamu akan lebih mudah mengatur keuangan agar tidak boros karena Kamu sudah membuat daftar keperluan sehingga Kamu bisa lebih mengutamakan kebutuhan yang telah di buat dalam daftar tersebut dibandingkan dengan menghabiskan uang dengan hal yang tidak terlalu penting.

  • Menentukan Tujuan Keuangan

Setelah membuat perencanaan keuangan, tentunya Kamu harus menentukan tujuan keuangan agar perencanaan keuangan yang telah Kamu buat terlaksana dengan baik. Saat Kamu telah membuat rencana keuangan, Kamu akan lebih mudah untuk merealisasikannya karena Kamu akan fokus pada tujuan yang telah dibuat di daftar keperluan yang telah dibuat pada perencanaan keuangan.

Artikel Menarik Lainnya : 7 Rekomendasi Aplikasi Belanja Luar Negeri Gratis Ongkir, Terpercaya dan Aman

  • Mengurangi Gaya Hidup Boros

Jika Kamu merupakan seseorang yang memiliki gaya hidup yang boros, Kamu dapat mengurangi hal tersebut untuk bisa mengatur keuangan agar lebih hemat. Contohnya, Kamu bisa mengurangi nongkrong di cafe, mengurangi membeli makan di luar, mengurangi belanja online, dan mengurangi membeli barang yang tidak perlu. Dengan begitu, Kamu bisa lebih hemat dan bisa mengatur keuangan agar tidak boros.

  • Membuat Rekening Terpisah

Cara mengatur keuangan agar tidak boros selanjutnya adalah dengan membuat rekening terpisah. Hal ini berguna untuk memisahkan antara tabungan dengan uang yang akan dibelanjakan. Dengan memiliki lebih dari satu rekening, Kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

  • Membuat Catatan Pengeluaran Keuangan

Hal penting untuk mengatur keuangan agar tidak boros adalah dengan membuat catatan pengeluaran Keuangan. Hal ini diperlukan agar Kamu dapat mengetahui berapa pengeluaran yang telah Kamu belanjakan dan kemana saja uang yang telah Kamu belanjakan tersebut.

Baca Juga :  5 Cara Beli Paket by.U Tanpa Aplikasi Mudah dan Cepat

Dengan membuat catatan pengeluaran keuangan, Kamu bisa membandingkan pengeluaran bulan sebelumnya dengan bulan yang akan datang. Dengan begitu, Kamu bisa tahu pengeluaran apa saja yang tidak terlalu penting berikutnya agar kedepannya tidak terulang kembali dan bisa lebih mengatur keuangan agar tidak boros.

Bagaimana Cara Mengembangkan Uang 100 ribu?

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu2
Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu / Sumber : Amartha Blog

 

Selain mengetahui cara mengatur uang belanja 100 ribu untuk seminggu dan cara mengatur keuangan agar tidak boros, artikel ini juga akan memberikan tips untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan uang 100 ribu.

Banyak yang tidak tahu, ternyata dengan uang 100 ribu Kamu bisa mengembangkannya menjadi lebih besar loh. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini beberapa cara mengembangkan uang 100 ribu yang dapat Kamu coba :

1. Buka Usaha Kecil-Kecilan

Cara yang pertama yang dapat Kamu coba untuk mengembangkan uang 100 ribu adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan. Usaha yang dapat Kamu coba adalah dengan berjualan gorengan, kue kering, dan berbagai jenis kuliner lainnya. Selain itu, Kamu juga bisa menjual makanan yang Kamu buat sendiri.

Dalam melakukan hal ini, biasanya tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar. Untuk itu, Kamu bisa coba tips ini untuk mengembangkan uang 100 ribu agar bisa mendapatkan penghasilan dan keuntungan.

2. Investasi

Selain dengan membuka usaha kecil-kecilan, cara mengembangkan uang 100 ribu selanjutnya yang dapat Kamu coba adalah dengan berinvestasi. Saat ini sudah banyak orang yang memilih untuk menginvestasikan uangnya agar uang bisa lebih cepat meningkat.

Untuk itu, Kamu bisa menginvestasikan uang 100 ribu dengan melakukan berbagai investasi seperti investasi saham, investasi emas, investasi reksa dana, dan sebagainya. Karena saat ini sudah banyak investasi yang terjangkau di semua kalangan, sehingga Kamu juga bisa berinvestasi untuk mengembangkan uang 100 ribu.

Kesimpulan

Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu
Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu

Memiliki uang yang tidak terlalu banyak memang mengharuskan kita untuk berhemat dan mengurangi biaya pengeluaran untuk beberapa hal. Apalagi jika sudah memasuki tanggal tua, pastinya semakin sedikit uang pegangan yang kita punya. Keadaan seperti inilah yang mengharuskan kita untuk lebih berhemat dan tidak boros.

Untuk itu diperlukan perencanaan keuangan yang matang agar uang tetap mecukupi. Dengan begitu, Kamu bisa membaca artikel di atas agar lebih mengetahui bagaimana Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button