Tutorial

8 Cara Kirim Foto Sekali Lihat Di Telegram: Mudah Banget Ternyata!

Ada banyak orang yang mencari tau bagaimana cara kirim foto sekali lihat di Telegram. Telegram, sebagai salah satu aplikasi pesan instan terkemuka, terus berinovasi dengan berbagai fitur yang mendukung keamanan dan privasi penggunanya.

Salah satu fitur tersebut adalah ‘Kirim Foto Sekali Lihat‘ yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim gambar yang hanya bisa dilihat satu kali oleh penerima sebelum otomatis terhapus. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin berbagi gambar pribadi atau informasi sensitif tanpa khawatir akan penyalahgunaan atau penyimpanan yang tidak diinginkan.

Namun tak sedikit orang yang masih bingung terkait cara kirim foto sekali lihat di Telegram. Tapi sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan terkait cara kirim foto sekali lihat di Telegram dengan mudah!

Sekilas mengenai Telegram

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara kirim foto sekali lihat di Telegram, kami akan membahas sekilas terlebih dahulu tentang aplikasi sosial media Telegram.

Telegram adalah salah satu aplikasi sosial media, yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan teks, foto, video maupun file atau dokumen. Pada aplikasi ini, pengguna dapat melakukan panggilan suara dan video dengan satu maupun beberapa orang. Selain itu, tersedia juga fitur grup yang memungkinkan pengguna bisa terhubung dengan banyak orang.

Terdapat beberapa kelebihan aplikasi Telegram dibandingkan dengan platform sosmed lainnya, diantaranya adalah:

  1. Semua pesan maupun file yang dikirim maupun diterima dalam Telegram tersimpan di cloud. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses akun Telegram nya tanpa harus membackup secara manual,
  2. Multiplatform, yang artinya mendukung untuk digunakan pada berbagai perangkat, termasuk Android, iOS, Windows, macOS, dan Linux, serta bisa juga dibuka lewat browser.
  3. Telegram juga memungkinkan penggunaan bot.
  4. Platform Telegram mendukung grup hingga 200.000 anggota.
  5. Pada aplikasi Telegram, kamu juga bisa menikmati media hiburan berupa tontonan film dengan berbagai genre yang lengkap.
  6. Mudah dan andal digunakan pada kondisi jaringan yang lambat sekalipun.
Baca Juga :  7 Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung dengan Mudah dan Praktis

Apakah di Telegram Ada Fitur Kirim Foto Sekali Lihat?

Layaknya seperti WhatsApp, aplikasi sosial media Telegram juga memiliki fitur kirim foto sekali lihat, yang memungkinkan pengguna untuk bisa berkirim pesan berisi foto, yang mana hanya bisa dilihat satu kali oleh penerima sebelum terhapus secara otomatis.

Umumnya fitur foto sekali lihat di Telegram berfungsi untuk menjaga privasi para pengguna Telegram. Pesan atau foto sekali lihat yang dikirim lewat Telegram tidak dapat di Screenshot, disimpan, maupun diteruskan, kecuali  anda menggunakan bantuan kamera dari perangkat lain.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin berbagi gambar pribadi atau informasi sensitif tanpa khawatir akan penyalahgunaan atau penyimpanan yang tidak diinginkan.

Manfaat Fitur Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram

Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram

Ada beberapa manfaat dari fitur kirim foto sekali lihat di Telegram. Diantaranya kami jelaskan dibawah ini:

  • Menjaga keamanan dan privasi pengguna

Fitur ini memastikan bahwa foto yang dikirim hanya bisa dilihat satu kali oleh penerima, sehingga informasi pribadi atau sensitif tidak akan disimpan atau dilihat berulang kali. Ini sangat berguna untuk mengirim gambar yang mengandung data pribadi atau informasi penting.

Selain itu, fitur ini juga memberikan lapisan keamanan tambahan bagi pengguna yang perlu berbagi gambar sensitif. Misalnya, dalam konteks profesional atau bisnis, di mana kerahasiaan informasi sangat penting.

  • Mengurangi risiko penyalahgunaan

Manfaatnya yang kedua adalah dapat mengurangi risiko penyalahgunaan. Dengan membatasi akses gambar hanya sekali lihat, fitur ini mengurangi risiko penyalahgunaan gambar seperti penyimpanan tanpa izin atau penyebaran tanpa sepengetahuan pengirim.

  • Pencegahan screenshot

Meskipun tidak sepenuhnya mencegah, namun fitur ini dapat meminimalisir kesempatan penerima untuk mengambil screenshot, karena pada fitur ini alat penangkap layar/ screenshot pada ponsel akan dinonaktifkan secara otomatis oleh sistem Telegram itu sendiri.

  • Mengontrol jejak digital

Dalam era teknologi saat ini, jejak digital yang terlalu banyak bisa menjadi masalah. Fitur ini membantu mengontrol jejak digital dengan memastikan gambar yang dibagikan tidak akan terus ada di perangkat penerima setelah dilihat.

  • Memberikan pengalaman berbagai yang lebih aman

Pengguna dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berbagi gambar melalui Telegram, mengetahui bahwa gambar tersebut tidak akan terus ada atau digunakan di luar kendali mereka.

Baca Juga :  9 Cara Mengubah PDF ke Word Di HP Tanpa Aplikasi

Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram

Setelah mengulas beberapa informasi diatas, selanjutnya kami akan menjelaskan inti pembahasan kita dalam artikel ini yaitu cara kirim foto sekali lihat di Telegram.

Cara kirim foto sekali lihat di Telegram dapat dilakukan melalui beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram di ponsel anda.
  2. Pilih kontak atau grup yang ingin anda kirimkan foto sekali lihat.
  3. Klik ikon ‘Lampiran‘ yang berada di pojok kanan bawah, di dalam kolom teks.
    Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
    Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
  4. Selanjutnya, pilih foto yang ingin anda kirimkan dengan menggunakan fitur sekali lihat.
  5. Lalu kliklah ikon bulatan yang ada angka 1 didalamnya (terletak di bagian pojok kanan bawah, disamping tulisan ‘Add a Caption’)
    Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
    Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
  6. Pilih opsi ‘View Once‘ agar foto yang dikirimkan hanya bisa dilihat sekali oleh penerima.
    Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
    Cara Kirim Foto Sekali Lihat di Telegram
  7. Atau bisa juga kamu pilih waktu berapa lama media yang kamu kirimkan bisa dilihat setelah dibuka oleh penerima (Pilihannya mulai dari 3, 10 hingga 30 detik).
  8. Terakhir, tinggal kamu ketuk saja tombol ‘Kirim‘ maka foto tersebut akan sampai ke penerima dan akan hilang secara otomatis setelah dilihat sekali.

Kenapa Fitur Kirim Foto Sekali Lihat Tidak Muncul di Telegram?

Setelah mengetahui cara kirim foto sekali lihat di Telegram, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai alasan atau penyebab kenapa fitur kirim foto sekali lihat tidak muncul di Telegram, mengingat ada banyak orang yang kerap mengalami kendala ini.

Ada beberapa penyebab kenapa fitur kirim foto sekali lihat tidak muncul di Telegram, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Versi aplikasi yang sudah kadaluwarsa. Upaya mengatasinya cukup anda update saja aplikasi Telegram anda ke versi yang terbaru lewat layanan penyedia aplikasi dalam perangkat yang anda gunakan.
  2. Penumpukan cache aplikasi. Atasi kendala seperti ini dengan cara menghapus cache aplikasi. Bila masalah tetap berlanjut, anda bisa menghapus data dan login ulang ke akun Telegram anda.
  3. Masalah koneksi internet tidak stabil. Periksa kuota anda masih tersedia, serta pastikan sinyal dalam perangkat stabil.
  4. Masalah teknis atau bug. Terkadang aplikasi Telegram juga bisa mengalami bug. Anda bisa atasi kendala seperti ini dengan cara menginstal ulang aplikasi.
  5. Langkah yang salah. Pastikan anda telah melakukan langkah yang sama seperti yang kami tampilkan dalam cara kirim foto sekali lihat di Telegram diatas.
Baca Juga :  3 Cara Bayar Tagihan Kartu Halo Lewat Indomaret, Tokopedia hingga MyTelkomsel

Akhir Kata

Cara Kirim Foto Sekali Lihat Di Telegram
Cara Kirim Foto Sekali Lihat Di Telegram

Dengan mengikuti langkah dari cara kirim foto sekali lihat di Telegram diatas, sekarang anda bisa mengirim foto sekali lihat di Telegram dengan mudah.

Dengan demikian anda tidak perlu lagi merasa ragu untuk berbagi momen pribadi atau informasi sensitif, karena dengan fitur sekali lihat ini memastikan bahwa gambar anda tidak dapat diakses setelah dilihat.

Back to top button