Tutorial

4 Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi

Tahu bagaimana cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi, bisa menjadi opsi terbaik yang dilakukan oleh pihak penerima dalam mengetahui keberadaan barang yang dikirimkan.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimanakah cara mudah dalam melacak kiriman barang lewat jasa Pos Indonesia tersebut? Apabila Anda di rumah mungkin saja penasaran dan ingin tahu lebih jelasnya, maka bisa menyimak detail informasi selengkapnya di artikel berikut.

Bagaimana Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi?

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi
Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi

Pos Indonesia, dikenal sebagai salah satu penyedia jasa layanan ekspedisi tertua di Indonesia dan hingga kini dikatakan masih dapat bersaing dengan banyaknya perusahaan ekspedisi lainnya di pasaran. Dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya, Pos Indonesia hadir dengan menawarkan banyak sekali layanan pengiriman yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Yang mana dalam hal ini, Pos Indonesia tetap mengutamakan pelayanan terbaik dengan tarif ongkos kirim (ongkir) yang terbilang terjangkau. Beberapa layanan pengiriman yang bisa Anda temukan di Pos Indonesia, yakni seperti Pos Express, Q9 Sameday Service, Jumbo Ekonomi dan masih banyak lagi layanan lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Adapun salah satu layanan yang bisa digunakan konsumen untuk melacak pengiriman barang, yakni dengan menerapkan cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi. Namun sebelum kita mengulas mengenai cara pelacakan kiriman barang di Pos Indonesia, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari jasa ekspedisi Pos Indonesia di bawah ini.

Kelebihan Jasa Pos Indonesia Kekurangan Jasa Pos Indonesia
Memiliki kantor cabang paling banyak, yang mana sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Waktu pengiriman barang terkadang tidak tepat waktu alias molor, bisa disebabkan karena kendala kurir atau faktor lain.
Menawarkan biaya ongkos kirim (ongkir) yang terjangkau untuk semua kalangan. Pos Indonesia menetapkan hari libur dan tanggal merah, sehingga konsumen hanya bisa mengirimkan barang di hari kerja saja.
Memberikan asuransi dan jaminan kepada konsumen, jika paket barang mengalami kerusakan atau hilang. Pos Indonesia tidak bisa ditemukan di semua marketplace.
Tersedia layanan pickup service, yang mana berguna untuk pengambilan barang agar lebih hemat waktu dan tenaga.
Proses perhitungan paket barang akan dihitung secara spesifik menggunakan ukuran gram, sehingga tidak akan ada biaya pembulatan.
Baca Juga :  12+ Cara Cek Nomor Pesanan Shopee Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah dan Cepat

Dengan dukungan teknologi yang sudah semakin berkembang, menjadikan layanan Pos Indonesia semakin meningkat, termasuk dalam proses pelacakan kiriman barang konsumen. Yang mana dalam hal ini, konsumen tidak perlu lagi harus repot-repot mendatangi kantor Pos Indonesia untuk mengecek status pengiriman barang.

Hal ini dikarenakan, konsumen sudah bisa menggunakan cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi secara online. Adapun mengenai cara pelacakan kiriman paket di Pos Indonesia bisa dilakukan dengan 4 cara, yakni lewat situs website, aplikasi mobile, call center maupun dengan menggunakan media sosial.

Agar Anda lebih jelas mengenai tata cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Via Website

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Via Website
Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Via Website

Seperti yang sudah sempat disinggung di pembahasan sebelumnya, bahwa cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi bisa dilakukan dengan menggunakan situs website resmi Pos Indonesia. Dimana, cara ini terbilang cukup mudah dilakukan oleh para konsumen layanan ekspedisi Pos Indonesia.

Pasalnya dalam hal ini, para konsumen hanya perlu menyiapkan perangkat pendukung seperti ponsel, PC ataupun laptop dan koneksi internet saja. Baru setelah itu, Anda tinggal mengakses situs resmi dari Pos Indonesia untuk mulai melacak keberadaan kiriman barang yang diinginkan.

Apabila Anda masih bingung mengenai tata cara pelacakan kiriman barang Pos Indonesia melalui website, maka bisa mengikuti beberapa langkah mudah seperti berikut ini.

  • Tips melacak kiriman barang di Pos Indonesia melalui website yang pertama, yakni silahkan Anda buka situs browser di perangkat ponsel atau PC yang Anda miliki.
  • Setelah itu, Anda tinggal kunjungi situs website resmi dari Pos Indonesia di https://www.posindonesia.co.id.
  • Apabila halaman website Pos Indonesia sudah terbuka, maka selanjutnya Anda tinggal klik bagian menu “Layanan” yang terletak di bagian atas halaman.
  • Jika sudah selesai, lanjutkan saja dengan memilih opsi “Tracking & Trace”.
  • Kemudian, Anda hanya perlu memasukkan saja nomor seri pengiriman di bagian kolom yang sudah disediakan di website Pos Indonesia tersebut.
  • Langkah berikutnya, Anda hanya perlu klik bagian tombol “Cari” untuk memulai pencarian status pengiriman barang di Pos Indonesia.
  • Terakhir, Anda akan melihat informasi status pengiriman barang di Pos Indonesia secara lengkap. Dalam informasi yang ditampilkan tersebut, biasanya akan tertera informasi lengkap mengenai tanggal pengiriman barang, lokasi pengiriman barang dan status pengiriman barang tersebut.
Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Hilang Hari Ini 2024

Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Lewat Aplikasi Mobile

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Lewat Aplikasi Mobile
Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Lewat Aplikasi Mobile

Tidak hanya bisa dilakukan melalui situs website resmi Pos Indonesia saja, Anda juga bisa melacak kiriman barang Pos Indonesia dengan menggunakan aplikasi mobile yang dimiliki. Dalam menerapkan cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi melalui aplikasi mobile ini, Anda diharuskan untuk mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi Pos Indonesia.

Yang mana, aplikasi mobile tersebut bisa dengan mudah di unduh di layanan Google Play Store (perangkat Android) dan layanan App Store (perangkat iOS). Mengenai tata cara pelacakan kiriman barang di Pos Indonesia melalui aplikasi mobile sendiri, umumnya hampir sama seperti di situs website resmi Pos Indonesia. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam proses pelacakan kiriman barang di Pos Indonesia melalui aplikasi mobile, yakni sebagai berikut.

  • Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi PosAja! Indonesia terlebih dahulu di perangkat yang Anda miliki. Untuk perangkat Android, bisa mengunduh di layanan Google Play Store. Sementara untuk perangkat iOS, bisa mengunduh di layanan App Store.
  • Setelah aplikasi mobile PosAja! Indonesia terpasang di perangkat ponsel, silahkan Anda buka aplikasi tersebut.
  • Kemudian, Anda tinggal pilih opsi “Registrasi Sekarang” atau bisa juga langsung mengecek kiriman di kolom resi tanpa perlu melakukan proses registrasi pengguna.
  • Jika Anda ingin mengecek kiriman barang tanpa proses registrasi, maka bisa langsung mengisi bagian cek resi Pos Indonesia.
  • Langkah berikutnya, Anda hanya perlu mengetikkan saja nomor resi Pos Indonesia.
  • Nantinya, Anda akan melihat informasi yang muncul di layar perangkat ponsel Anda mengenai keberadaan paket Pos Indonesia.
  • Sebagai catatan, keuntungan mengunduh aplikasi mobile PosAja! Indonesia dan melakukan registrasi pengguna, yakni Anda bisa menyimpan nomor resi Pos Indonesia yang sudah dicari sebelumnya.

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Via Call Center

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Via Call Center
Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Via Call Center

Cara lain yang bisa Anda pilih untuk mengetahui keberadaan paket kiriman barang Pos Indonesia, selain melalui situs website resmi dan aplikasi mobile di atas, yakni dengan menggunakan layanan call center Pos Indonesia. Dalam menerapkan cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi melalui call center ini, pastikan Anda sudah tahu nomor resi paket Pos Indonesia terlebih dahulu.

Baca Juga :  12+ Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Video Tiktok Tanpa Aplikasi

Sebab jika Anda tidak tahu nomor resi paket Pos Indonesia, proses pelacakan kiriman barang di Pos Indonesia akan sulit dilakukan. Untuk mengetahui nomor resi kiriman barang Pos Indonesia, Anda bisa melihat dan mengecek terlebih dahulu di bukti pengiriman yang didapatkan setelah mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui nomor resi pengiriman barang tersebut, maka Anda bisa langsung menghubungi pihak call center Pos Indonesia. Mengenai tata cara menghubungi pihak call center Pos Indonesia sendiri, bisa Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan Anda hubungi nomor layanan call center Pos Indonesia (Halo Pos) di nomor 1500161 menggunakan perangkat telepon yang digunakan.
  • Apabila panggilan telepon sudah terhubung ke pihak layanan call center, maka Anda tinggal katakan saja mengenai pelacakan kiriman barang di Pos Indonesia.
  • Setelah itu, Anda tinggal ikuti saja arahan dan petunjuk dari pihak customer service, agar nantinya memperoleh informasi mengenai status keberadaan paket kiriman.
  • Dengan menggunakan layanan call center Halo Pos ini, maka Anda akan tahu dimana posisi kiriman barang Pos Indonesia tersebut berada.

Selain menghubungi pihak call center melalui layanan Halo Pos di atas, Anda juga bisa melacak kiriman barang di Pos Indonesia dengan cara lain yang juga cukup mudah dilakukan. Dimana dalam hal ini, Anda bisa menghubungi pihak customer service Pos Indonesia dengan beberapa cara sebagai berikut.

  • Mengirimkan email ke alamat halopos@posindonesia.co.id.
  • Menghubungi pihak customer service via live chat di VIDAPOS.
  • Menghubungi pihak customer service di aplikasi LINE di @posindonesia.
  • Menghubungi langsung melalui webchat Pos Indonesia di posindonesia.co.id.

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Lewat Media Sosial

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Lewat Media Sosial
Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima dan Nomor Resi Lewat Media Sosial

Selain menggunakan tiga cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi di atas, Anda juga bisa mengetahui posisi keberadaan kiriman barang Pos Indonesia dengan menggunakan media sosial. Yang mana, media sosial ini menjadi salah satu cara alternatif yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan oleh para konsumen Pos Indonesia.

Terlebih lagi, saat ini hampir semua kalangan masyarakat sudah memiliki yang namanya akun media sosial untuk berselancar di dunia maya. Bagi Anda yang memiliki akun media sosial, maka bisa langsung menghubungi pihak Pos Indonesia lewat media sosial resminya.

Akan tetapi sebelum menerapkan cara ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui akun media sosial resmi milik Pos Indonesia. Mengenai beberapa akun media sosial resmi milik Pos Indonesia, yakni seperti Facebook (@PosIndonesia) dan Twitter (@PosIndonesia) dan Instagram (@PosIndonesia).

Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima
Cara Lacak Kiriman Pos Dengan Nama Penerima

Setelah mengetahui beberapa cara lacak kiriman Pos dengan nama penerima dan nomor resi di atas, tentunya bukan menjadi kendala lagi bagi Anda untuk mengetahui keberadaan kiriman barang di Pos Indonesia, bukan? Dimana dari keempat cara pelacakan kiriman yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memilih salah satu yang sekiranya paling mudah untuk dilakukan.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button