Tutorial

10 Cara Menghemat Baterai HP Oppo Agar Lebih Awet

Cara menghemat baterai HP Oppo sangat perlu dipahami dan diterapkan semua orang untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dengan menghemat baterai, anda juga nyaman menggunakan HP tanpa mencari sumber daya listrik.

Seperti pengguna ponsel pintar lain nya, Oppo user kerap mengeluh karena daya ponsel tidak begitu awet. Hal ini mengharuskan mereka beristirahat dengan ponsel pintar sementara waktu atau menggunakan powerbank untuk menambah daya.

Ketahuilah, menggunakan powerbank akan merusak kesehatan baterai ponsel meskipun dikatakan sangat membantu penggunannya. Hal ini karena powerbank memiliki tegangan listrik yang tidak sesuai dengan batas yang seharusnya.

Lalu bagaimana cara aman menghemat baterai ponsel pintar anda khusus nya pengguna android Oppo? Tenang saja, Mocipay sudah merangkum cara menghemat baterai HP oppo didalam pembahasan ini.

Alasan Baterai HP Oppo Cepat Habis

Baterai ponsel bisa dikatakan sebagai komponen penting untuk menghidupkan ponsel dan menjalankan fitur-fitur didalamnya, maka banyak orang yang memastikan baterai terisi penuh sebelum memulai aktivitas.

Alasan Baterai HP Oppo Cepat Habis
Alasan Baterai HP Oppo Cepat Habis

Baterai ponsel cepat habis satu hal yang menyebalkan, terlebih disaat kita menggunakan ponsel untuk bekerja, belajar dan di dalam perjalanan. Saat kondisi seperti ini, mungkin anda bertanya-tanya kenapa daya cepat habis dan bagaimana cara menghemat baterai HP oppo?

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa baterai hp oppo lebih cepat terkuras daripada biasanya, ini bisa terjadi karena pengaturan dan perawatan ponsel yang tidak sesuai. Sebelum lebih jauh membahas cara menghemat baterai HP oppo, ini beberapa alasan baterai HP Oppo anda lebih cepat habis.

  • Kesehatan Baterai Menurun

Seiring bertambahnya umur sebuah smartphone maka kinerja baterai pun semakin menurun. Memang, semua orang bisa menjaga kesehatan baterai namun terkadang dorongan untuk bermain ponsel meningkat dan tak terkendali.

Ada beberapa tanda yang mengidentifikasi bahwa baterai HP Oppo anda sudah menurun, diantaranya adalah persentase baterai berkurang tidak bertahap, baterai terisi penuh lebih cepat dari biasanya dan kondisi fisik baterai berubah.

  • Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Aplikasi yang berjalan di belakang layar akan menaikkan konsumsi baterai. Ini terkadang kurang disadari pengguna ponsel lalu melontarkan kenapa baterai ponsel lebih cepat habis daripada biasanya. Jadi, semakin banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar maka semakin cepat baterai HP anda terkuras.

  • Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Selain umur baterai dan aplikasi yang sedang berjalan, kecerahan layar menyebabkan baterai lebih cepat habis. Saat berada di luar ruangan, secara otomatis ponsel kita menambah kecerahan layar atau anda menambahnya secara otomatis.

Baca Juga :  13 Daftar Distributor Roti Aoka Terdekat dan Terlengkap

Ternyata, kecerahan layar yang terlalu tinggi memaksa kinerja handphone. Jadi, semakin tinggi kecerahan layar maka baterai HP oppo anda juga semakin cepat habis.

  • Wifi dan GPS Terus Menyala

Selain aplikasi yang berjalan di latar belakang, GPS dan Wifi yang menyala membuat baterai lebih cepat hangus. Hal ini biasa terjadi disaat anda menggunakan Wifi publik dan tidak mematikan GPS yang sudah selesai.

  • Aplikasi yang Menguras Daya Baterai

Apakah ada aplikasi yang menguras baterai? jawaban nya adalah iya. Biasanya, semakin banyak fitur sebuah aplikasi maka semakin tinggi pula persentase daya yang dibutuhkan. Ada banyak aplikasi yang cukup menguras daya baterai ponsel, seperti facebook, Instagram, Youtube dan Telegram.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo

Meskipun hp oppo anda memiliki daya baterai yang besar, seiring berjalan nya waktu kekuatan dan ketahanan baterai HP semakin berkurang. Bahkan, beberapa pengguna oppo berpendapat baterai yang terisi full tidak cukup digunakan seharian penuh.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo
Cara Menghemat Baterai HP Oppo

Bagaimana cara menghemat baterai HP Oppo? dapatkah hal ini dilakukan? tentu saja, suatu masalah selalu dilengkapi solusi untuk memecahkan nya. Seiring dengan penyebabnya, cara menghemat baterai hp oppo dapat anda lakukan meskipun performa dan kesehatan baterai menurun seiring bertambahnya umur HP.

Mocipay sudah merangkum beberapa cara menghemat baterai HP Oppo, anda bisa menggunakan semua opsi dibawah.

1. Atur Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai HP oppo yang pertama dengan cara mengatur kecerahan layar hp anda. Dengan meredupkan kecerahan layar hp, baterai ponsel semakin awet.

Selain meredupkan kecerahan layar hp, hindari pemborosan baterai ponsel dengan cara mematikan kecerahan otomatis. Biasanya, fitur ini aktif ketika ponsel berada di ruang terbuka dan bekerja memberikan kecerahan maksimal.

2. Gunakan Tema Gelap

Menggunakan tema gelap salah satu cara menghemat baterai HP oppo sahabat. Ini salah satu opsi yang paling mudah dilakukan siapa saja, tinggal cari tema maupun wallpaper yang sudah tersimpan rapi di perpustakaan tema lalu aktifkan segera.

Baca Juga :  8 Cara Setor Tunai BSI Tanpa Kartu ATM

3. Aktifkan Mode Super Hemat Daya

Aktifkan Mode Super Hemat Daya
Aktifkan Mode Super Hemat Daya

Handphone mati karena kehabisan daya tentu sangat menyebalkan ya, terutama jika dalam perjalanan yang membutuhkan HP sebagai media komunikasi dan hiburan.

Selain kedua opsi diatas, Oppo menyediakan fitur super hemat daya yang bisa kamu aktifkan untuk mengatur konsumsi baterai. Ketika mode super hemat daya aktif, beberapa fitur di ponsel tidak bisa dioperasikan sementara sampai diatur atau di nonaktifkan pengguna.

Berikut cara mengatur mode duper hemat daya HP oppo:

  1. Buka pengaturan di HP Oppo anda
  2. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi baterai
  3. Pada menu baterai tersebut silahkan klik mode hemat baterai
  4. Klik toggle di menu hemat daya, dengan demikian mode hemat baterai berhasil digunakan.

4. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Belakangan ini banyak pengguna ponsel pintar yang menggunakan wallpaper statis beralih menggunakan wallpaper bergerak agar tampilan ponsel mereka lebih menarik.

Sayangnya, wallpaper bergerak membebani dan membuat kinerja perangkat lebih banyak. Karena tugas perangkat semakin banyak, maka penggunaan baterai ponsel semakin banyak pula. Oleh karena itu, Mocipay menyimpulkan salah satu cara menghemat baterai hp oppo anda dengan mengganti dan menggunakan wallpaper statis saja.

5. Bersihkan Recent Apps

Bersihkan Recent Apps
Bersihkan Recent Apps

Membersihkan recent apps ialah cara menghemat baterai hp oppo yang wajib anda lakukan. Recent apps ialah daftar aplikasi yang anda buka sebelumnya dan sedang berjalan di latar belakang.

Untuk menghapus recent app HP Oppo sangat mudah, silahkan klik tombol recent app di pojok kiri bawah, klik tanda x atau geser daftar tab yang terbuka untuk menghapusnya.

6. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Di sebuah ponsel pintar akan selalu tertanam berbagai macam aplikasi untuk kebutuhan tertentu, seperti aplikasi pesan instan whatsapp. Banyak diantara kita mengandalkan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan developer tersebut untuk hiburan, hobby, dan urusan pekerjaan.

Mungkin beberapa daftar aplikasi di hp oppo anda tidak dibutuhkan selalu. Nah, kamu bisa menonaktifkan aplikasi saat tidak memerlukan nya. Bagaimana cara menonaktifkan aplikasi di HP oppo sahabat? Ini tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan.

  1. Buka menu pengaturan HP oppo anda
  2. Lanjutkan dengan mengakses aplikasi setting lalu klik apps
  3. Cari dan tentukan aplikasi yang akan di nonaktifkan sementara
  4. Tekan tombol nonaktifkan lalu konfirmasi menonaktifkan aplikasi.

Setelah di nonaktifkan, anda tidak akan menerima pemberitahuan dari aplikasi tersebut. Untuk mengaktifkan aplikasi kembali, lakukan langkah yang sama lalu klik untuk mematikan tanda nonaktif aplikasi.

7. Kurangi Widget Aplikasi

Masih dengan cara menghemat baterai HP oppo, sahabat bisa menghapus atau mengurangi pemakaian widget berlebihan. Menggunakan widget memang memberikan kita kemudahan untuk mengakses informasi dan aplikasi tertentu, namun ketahuilah menggunakan widget secara berlebihan akan menguras daya hp.

Baca Juga :  2 Cara Membuat Info WhatsApp Kosong Tanpa Aplikasi

Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan widget seperlunya saja atau pada aplikasi-aplikasi tertentu jika selama ini anda bermasalah dengan penggunaan baterai ponsel.

8. Matikan GPS dan Wifi

Mematikan GPS atau Wifi salah satu cara menghemat baterai hp oppo anda. Seperti yang kami paparkan sebelumnya, GPS dan Wifi aktif mengkonsumsi baterai secara berlebih. Untuk mengantisipasi hal tersebut, disarankan untuk mematikan GPS dan Wifi bilamana anda tidak membutuhkan nya lagi.

9. Manfaatkan Fitur Optimasi Baterai di ColorOS

Seperti yang kita ketahui, semakin canggih sebuah ponsel, maka baterai nya pun semakin rentan terkuras. Di beberapa ponsel pintar Oppo yang terbaru, ada sistem operasi colorOS yang memiliki fitur untuk memaksimalkan penggunaan baterai.

Untuk masuk dan menggunakan fitur optimasi colorOS, ini tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan:

  1. Pergi ke menu setting Oppo anda
  2. Pilih menu baterai lalu klik opsi save power
  3. Secara otomatis fitur ini akan mendeteksi aplikasi yang boros baterai, anda bisa menonaktifkan nya.

10. Optimalisasi Perangkat dengan Aplikasi Greenify

Optimalisasi Perangkat dengan Aplikasi Greenify
Optimalisasi Perangkat dengan Aplikasi Greenify

Cara menghemat baterai hp oppo yang terakhir yaitu menggunakan aplikasi greenify untuk mengoptimalisasi perangkat ponsel pintar.

Apa itu aplikasi greenify dan mengapa menginstall aplikasi ini disebut-sebut akan mengurangi konsumsi baterai? Greenify adalah aplikasi yang dapat mengoptimalisasi perangkat dengan cara menempatkan aplikasi yang menguras baterai dalam mode hibernasi dan secara langsung menghemat baterai ponsel anda.

Greenify akan menampilkan rekomendasi aplikasi-aplikasi perangkat ponsel mana yang sebaiknya di nonaktifkan untuk menghemat baterai. Jadi, tidak hanya menghemat baterai aplikasi ini akan melegakan ponsel anda karena mematikan sejumlah aplikasi.

Tips untuk Menjaga Kesehatan Baterai Oppo

Bagaimana cara menjaga kesehatan baterai HP Oppo? konon katanya semakin canggih ponsel maka baterai nya semakin rentan habis. Oleh sebab itu, kamu bisa menghemat baterai hp oppo dengan tips-tips berikut ini.

Tips Deskripsi
Gunakan pengisi daya bawaan Saat mengisi baterai hp oppo, pastikan anda menggunakan kabel pengisian dan adaptor charger asli untuk menjaga arus pengisian baterai.
Hindari over charging Banyak orang mengisi daya baterai semalaman agar baterai hp oppo terisi penuh dan bisa digunakan keesokan harinya. Nyatanya kebiasaan ini menyebabkan baterai lebih cepat rusak.
Hindari menguras baterai sampai 0% Jangan biarkan daya ponsel terkuras sampai 0% karena akan mengurangi kesehatan baterai. Sebaiknya anda mengisi daya ketika baterai di rentang 20%.
Hindari suhu extrem Overheating akan mempengaruhi konsumsi baterai. Karena itu, pastikan anda menyimpan ponsel di suhu ruangan 20-25 derajat celcius.
Matikan fitur yang tidak diperlukan. Untuk menjaga baterai ponsel awet seharian, Matikan fitur yang tidak diperlukan seperti bluetooth, wifi dan GPS.

Akhir Kata

Cara Menghemat Baterai HP Oppo
Cara Menghemat Baterai HP Oppo

Menghemat baterai HP Oppo bukan hal yang sulit dilakukan, dengan memanfaatkan fitur super hemat daya yang tertanam di perangkat dan opsi lainnya, maka pengguna dapat mengoperasikan ponsel pintar seharian tanpa bergantung pada kabel pengisi daya.

Kami harapkan cara menghemat baterai hp oppo diatas dapat membantu pembaca. Sampai bertemu di topik yang berbeda, terima kasih.

Back to top button