Tutorial

10 Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu Terbaru

Di era pembayaran digital saat ini terutama jika menggunakan sistem transfer bank seperti Bank BRI kamu wajib tahu Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu.

Cara ini sangat penting, pasalnya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab kerap kali memalsukan bukti transfer BRI saat melakukan pembayaran atau sejenisnya.

Dengan mengetahui Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu, kamu sudah melindungi diri kamu dari kerugian dengan modus penipuan seperti ini.

Lantas bagaimana Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu, mimin telah ulas selengkapnya di artikel di bawah ini!

Apa Itu Struk BRI Asli dan Palsu

Sebelum mengetahui cara membedakan struk BRI asli dan palsu, mungkin banyak dari mereka yang belum paham istilah struk ini terutama yang masih awam atau yang belum familiar, berikut mimin jelaskan sekilas.

Struk sendiri merupakan Bukti fisik atau non fisik yang berisi detail transaksi pengiriman uang, tidak hanya Bank BRI hampir semua bank memiliki keunikan struk mereka sendiri begitu juga untuk struk belanja atau semacamnya.

Namun untuk pembahasan kali ini kita akan membahas cara membedakan struk BRI asli dan palsu serta ciri-cirinya :

Ciri-Ciri Bukti Transfer BRI Palsu

Cara membedakan struk BRI yang asli dan palsu dapat dengan mudah kita ketahui jika sudah mengenali ciri-cirinya, berikut mimin paparkan Ciri-ciri bukti transfer BRI Palsu :

1.  Kesalahan Tata Bahasa Atau Ejaan

Ciri Struk BRI Palsu yang pertama dapat kita temui pada penggunaan bahasa atau ejaan. Pada struk asli ejaan atau tata bahasa yang digunakan pastinya rapi dengan bahasa yang benar.

Baca Juga :  2 Cara Withdraw Tokocrypto Dijamin Berhasil

Sedangkan pada struk palsu sering kali dijumpai terdapat kesalahan pada kata ataupun bahasa yang digunakan, karena biasanya penipu yang menggunakan struk palsu BRI menggunakan aplikasi edit foto atau sejenisnya saat membuat struk palsu tersebut.

Perhatikan juga tanda kata ataupun huruf kapital serta penempatan tanda baca yang tidak semestinya atau tidak rapi sudah menjadi salah satu ciri-ciri struk BRI palsu.

2. Perbedaan Jenis Huruf dan Ukuran

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Perbedaan Jenis Huruf dan Ukuran

Ciri yang kedua biasanya mudah diketahui jika kamu sudah hapal benar dengan jenis huruf serta ukuran dari bukti struk BRI asli, karena pada bukti struk palsu kedua indikator ini sering tidak sama.

Karena pada dasarnya struk BRI Palsu pastinya di edit sedemikian rupa namun pastinya hasilnya tidak akan sama persis dengan asli terutama di bagian jenis huruf dan ukurannya.

Jika kita membandingkan struk BRI asli dan palsu, maka perbedaannya akan muncul seperti huruf yang lebih besar/kecil, warna yang gelap atau terang dan jenis tinta yang lebih tebal atau tipis.

3. Warna dan Kualitas Gambar

Mengetahui seperti apa Warna dan kualitas struk BRI yang asli juga dapat digunakan sebagai cara membedakan struk BRI asli dan palsu, pasalnya jika seseorang mengirim foto struk BRI palsu pastikan kamu melakukan pengecekan warna dan kualitas gambar.

Tidak hanya ketika bukti struk tersebut dicek dalam bentuk foto, jika dalam bentuk cetak biasa juga pasti akan mudah mengetahui struk BRI palsu atau tidak.

Sering kali hasil bukti struk palsu kualitas gambarnya buram, kemudian warnanya gelap atau terang, pudar dan tidak merata begitu juga nuansa struk tersebut.

4. Logo atau Simbol Bank BRI tidak Sesuai

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu dari ciri-cirinya juga bisa kita temui pada penggunaan Simbol dan Logo Bank BRI yang tidak sesuai.

Biasanya pada bukti struk palsu penggunaan simbol maupun logo Bank BRI penempatannya tidak sesuai, atau bahkan simbol atau logo Bank BRI tidak disertakan dalam Struk tersebut.

Logo dan simbol Bank BRI yang tertera pada struk tersebut sudah menjadi salah satu acuan bahwsanya struk tersebut asli atau tidak jadi jika kamu menemukan sedikit ketidaksesuaian kamu boleh mengecek ciri lainnya secara keseluruhan.

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa dan Gambar Tangan

Ciri-Ciri Bukti Transfer BRI Asli

Setelah mengetahui ciri-ciri bukti transfer BRI Palsu maka kamu bisa membandingkannya dengan ciri-ciri bukti yang asli, di bawah ini penjelasannya :

1. Ukuran Kertas Persegi Panjang

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Ukuran Kertas Persegi Panjang

Struk BRI asli sendiri jika dicetak maupun difoto memiliki ukuran persegi panjang dengan ukuran yang simetris. Jadi jika kamu dikirimi bukti struk yang tidak sesuai ukuran tersebut, bukti tersebut dapat kamu cek ulang.

2. Detail Huruf dan Nomor Rapi

Jenis huruf yang digunakan juga sama begitu juga dengan ukurannya, detail angka juga terlihat rapi tanpa ada tumpang tindih pada warna maupun kesalahan seperti kelebihan angka dan sejenisnya.

Penempatan angka dan huruf pada struk asli juga kelihatan menggunakan jarak yang simetris sedangkan pada bukti struk palsu biasanya jarak dan spasi terlalu dekat.

3. Kualitas Gambar Jelas dan Rapi

Sering kali kita temukan atau dikirimi Struk BRI dengan kualitas buruk atau gambar pecah, ini menjadi indikator bahwa struk tersebut tidak asli karena pada bukti Struk yang asli kualitas gambar jelas dan rapi.

Begitu juga dengan warna dari struk BRI asli adalah berlatar putih dengan tinta hitam dan logo bank BRI pada bagian samping berwarna biru.

Baca Juga : 8 Modus Penipuan Shopee Paruh Waktu yang Sedang Viral Serta Cara Menghindarinya

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Lantas bagaimana cara membedakan struk BRI asli dan palsu, caranya sangat mudah kamu cukup memperhatikan setiap ciri-ciri yang sudah di paparkan di atas sebelumnya.

Sebagai rangkuman agar kamu makin paham Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu, berikut mimin berikan rangkumannya :

Bukti Struk BRI Asli Bukti Struk BRI Palsu
Detail Font dan ukuran huruf Rapi dan Sesuai Font dan ukuran huruf tidak sesuai
Tidak Terdapat Kesalahan Penulisan Terdapat Kesalahan Penulisan huruf dan angka
Jarak Spasi dan Tulisan Sesuai Jarak Spasi terlalu jauh atau rapat
Jenis Font Huruf Baku Jenis Font Huruf Tidak Baku
Kualitas Gambar Jelas Kualitas Gambar buram atau tidak Jelas

Keuntungan Mengetahui Perbedaan Struk BRI Asli Dan Palsu

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat setelah mengetahui bagaimana membedakan struk BRI asli dan palsu, salah satunya :

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Ulang Kabar Beranda

1. Terhindar dari Penipuan

Tujuan utama banyak orang mencari cara membedakan struk BRI asli dan palsu sejatinya adalah menghindari dari tindak kejahatan atau penipuan menggunakan struk BRI palsu.

Dengan menghindari penipuan sejenis ini kita terhindar dari kerugian uang dan tentunya makin sensitif terhadap modus yang sama.

2. Memastikan Pembayaran Sepenuhnya Aman

Bukti Struk BRI sendiri dibuat sebagai bukti pembayaran yang sah saat melakukan transaksi, maka dari itu mengetahui cara membedakan struk BRI asli dan palsu membantu kamu memastikan pembayaran sepenuhnya aman.

Bukan tanpa alasan, sering kali kita transaksi baik itu jual dan beli sehingga bukti Struk BRI ini menjadi hal yang penting memastikan uang sudah terkirim atau diterima.

3. Mengetahui Modus dan Identitas Penipu

Berbagai modus penipuan menggunakan struk BRI palsu kini makin marak dijumpai, seperti kesalahan transfer, kelebihan transfer bahkan pembeli yang berniat membeli barang kamu mengirimkan bukti transfer palsu.

Dengan mengetahui cara membedakan struk BRI asli dan palsu kamu dapat melacak dan mengidentifikasi penipu dengan modus tersebut.

Cara Menghindari Penipuan Bukti Struk BRI Palsu

Setelah mengetahui cara membedakan struk BRI asli dan palsu, pastikan kamu juga tahu bagaimana menghindari penipuan dengan modus Bukti Struk BRI Palsu. Berikut ulasannya :

1. Memiliki M-Banking BRImo

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Memiliki M-Banking BRImo

Cara menghindari Penipuan dengan Bukti Struk BRI Palsu yang pertama adalah dengan mendaftar M-Banking BRImo. BRImo sendiri memiliki banyak kegunaan tidak hanya untuk transaksi digital via ponsel.

Melakukan pengecekan uang masuk dan keluar dengan detail juga bisa dilakukan dengan BRImo, cukup pastikan uang sudah masuk atau tidak di M-Banking kamu melalui Mutasi BRImo jika kamu di kirimi uang dengan bukti Struk BRI.

Jika uang belum masuk dan kamu sudah dikirim struk maka disini kamu wajib curiga dan melakukan verifikasi dan pengecekan ulang.

2. Cek Kesesuaian Nomor dan Nama Rekening

Modus penipuan dengan Bukti struk BRI palsu sering kali nomor dan nama rekening, dengan menggunakan M-banking kamu mengecek ulang nomor rekening transaksi.

Begitu juga dengan nomor HP si pengirim kamu mengeceknya melalui Getcontact atau sejenisnya.

3. Melaporkan Penipuan

Apabila kamu sudah verifikasi dan menemukan bahwasanya transaksi atau kamu di kirimi bukti transfer palsu, kamu bisa ambil pencegahan dengan melakukan pelaporan melalui kontak bantuan BRI.

Di bawah ini adalah kontak bantuan BRI yang dapat kamu hubungi sebagai pencegahan.

  • Contact BRI : 1500 017
  • Email: callbri@bri.co.id
  • FB Messenger : BANK BRI
  • Whatsapp: 08121214017

Penutup

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Dengan mengetahui cara membedakan struk BRI yang asli dan palsu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, terutama kamu bisa mencegah penipuan dan menyelamatkan kamu dari kerugian.

Tidak hanya bukti struk BRI, membedakan struk BRI asli dan palsu di atas juga hampir sama untuk bank lain terutama pada bagian ciri-cirinya.

Itulah beberapa cara yang wajib kamu perhatikan dalam membedakan struk BRI asli dan palsu yang bisa kami paparkan semoga menjawab rasa penasaran kamu.

Back to top button