Ragam

9 Susunan Acara Ulang Tahun Anak Paling Umum Digunakan!

Ulang tahun anak merupakan momen yang sangat berharga dan membahagiakan. Memikirkan tentang susunan acara ulang tahun anak yang tepat dapat membuat pesat menjadi lebih seru, menyenangkan dan berkesan.

Artikel ini akan memberikan panduan dan ide untuk menyusun acara ulang tahun anak yang dapat menciptakan momen indah yang akan dikenang sepanjang hidup. Berikut silahkan diperhatikan!

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun Anak

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun Anak
Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun Anak

Sebelum mencari tau tentang susunan acara ulang tahun anak yang benar, tentu saja anda harus berangkat dari mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk acara ulang tahun anak.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk acara ulang tahun anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tema acara

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah memilih tema acara. Pilihlah tema sesuai dengan kesukaan si kecil yang akan berulang tahun, misalanya prinses, karakter animal atau kartun favorit.

  • Tempat acara diselenggarakan

Tentukan lokasi acara akan diselenggarakan, apakah dirumah? ditaman? atau di tempat khusus. Pastikan tempat acara sesuai dengan jumlah tamu yang akan diundang.

  • Undangan

Selanjutnya membuat kartu undangan. Biar terlihat lebih menarik, anda bisa membuat desain undangan menyesuaikan dengan tema yang dipilih.

Pastikan anda membagikan undangan dalam waktu yang cukup (beberapa hari sebelum hari H), agar para undangan dapat mengatur waktu dan merencanakan kehadirannnya.

  • Dekorasi

Lanjut ke bagian berikutnya yaitu mendesain dekorasi. Biar tampak lebih serasi, sebaiknya dekorasi disesuaikan dengan tema acara. Sertakan aksesori ulang tahun misalnya seperti balon, pita, lampu-lampu hias/ tumbler dan sebagainya.

  • Kue ulang tahun

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun Anak
Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Acara Ulang Tahun Anak

Selanjutnya menyediakan keperluan untuk acara inti, yaitu kue ulang tahun. Dalam beberapa hari sebelum hari H, pesanlah kue ulang tahun sesuai dengan tema acara yang dipilih. Hal demikian akan memberikan kesan menarik, menggambarkan keserasian, dan membuat anak senang.

  • Hidangan untuk para tamu undangan

Dalam menyediakan hidangan untuk para tamu undangan, tak perlu harus makanan yang mahal. Anda cukup menyediakan makanan yang biasanya disukai anak-anak.

Baca Juga :  Ukuran Sepatu 41 Berapa Cm? Berikut Penjelasannya!

Disamping hidangan utama, anda juga bisa menambahkan makanan ringan dan minuman agar tamu undangan dapat menikmati acara dengan hati yang bersukaria.

  • Hiburan

Selanjutnya adalah merencanakan permainan atau hiburan yang sesuai dengan usia anak-anak. Ini merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan.

Karena dengan adanya hiburan, maka suasana acara akan semakin seru, menyenangkan dan berkesan, baik untuk anak maupun tamu undangan yang hadir. Apabila parents punya budget berlebih, boleh juga menyewa jasa penghibur seperti badut, penari atau pertunjukan sesuai dengan tema.

  • Souvenir

Siapkan juga souvenir yang akan dibagikan kepada para tamu undangan sebagai kenang-kenangan dan bentuk ungkapan terimakasih pada mereka karena telah berkenan meramaikan acara. Souvenir dapat berupa permen, mainan atau barang-barang kecil lainnya.

  • Fotografer

Untuk dapat mengabadikan momen ulang tahun anak yang hanya sekali dalam setahun, pastikan dalam acara nanti tersedia jasa fotografer. Atau jika parents punya budget yang terbatas, maka bisa juga meminta bantuan pada anggota keluarga yang lain untuk bertugas mengambil foto dan video selama acara.

  • Musik dan peralatan suara

Biar suasana acara ulang tahun meriah, tentunya harus didukung oleh musik dan peralatan suara (microfon) yang memadai dong. Siapkan playlist  musik yang sesuai dengan tema acara. Dengan adanya musik ini, suasana saat bermain game juga akan terasa lebih seru dan menyenangkan!

  • Hadiah untuk anak yang ulang tahun

Jika semua hal diatas telah dipersiapkan, maka hal terakhir yang perlu parents pikirkan adalah hadiah untuk anak yang akan berulang tahun. Pilihlah hadiah sesuai dengan kesukaan anak, agar acara ulang tahunnya dapat menjadi pengalaman yang berkesan dalam hidupnya.

Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Susunan Acara Ulang Tahun Anak
Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Untuk parents yang kebingungan dalam membuat susunan acara ulang tahun anak, cobalah ikuti berikut adalah susunan acara ulang tahun anak yang umum digunakan.

Baca Juga :  11 Supplier Online Shop Tangan Pertama di Indonesia

1. Sambutan dan pembukaan dari MC

Urutan pertama dari susunan acara ulang tahun anak tentunya diawali dengan MC menyambut para tamu undangan yang hadir dalam acara. Ini sekaligus menjadi tahap pembuka acara.

2. Doa dan kata sambutan dari orang tua

Setelah kata sambutan dan pembuka dari MC, yang selanjutnya adalah doa dan kata sambutan dari orang tua atau keluarga anak yang berulang tahun. Sambutan ini biasanya berisi ucapan terimakasih kepada semua tamu undangan yang hadir, serta doa dan harapan untuk anak yang bertambah usia.

3. Tiup lilin dan potong kue

Lanjut ke susunan acara ulang tahun anak yang berikutnya yaitu sesi tiup lilin dan potong kue. Ini merupakan bagian dari acara inti dan yang paling dinanti-nantikan. Tuntun anak untuk memotong kue, terutama untuk anak yang masih balita.

Sebelum meniup lilin, orang tua bisa menuntun anak untuk mengucapkan doa dan harapan di umurnya yang sudah bertambah. Jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengabadikan momen yang membahagiakan ini.

4. Acara makan bersama

Setelah selesai acara tiup lilin dan potong kue, susunan acara ulang tahun anak yang selanjutnya adalah acara makan bersama. Pada tahap ini pembuat acara dapat membagi-bagikan potongan kue ulang tahun bersamaan dengan hidangan yang telah disiapkan.

Pastikan semua tamu undangan kebagian agar semua orang yang menghadiri acara ulang tahun anak anda ikut menikmati suasana dengan penuh sukacita.

5. Pemberian hadiah atau kejutan dari orang tua

Sembari tamu undangan sedang menikmati hidangan, orang tua bisa menggunakan waktu ini untuk memberikan kejutan atau hadiah yang telah disiapkan.

Momen ini tentu akan memberikan kesan yang mendalam bagi anak anda yang berulang tahun dan untuk semua para tamu undangan. Tidak perlu harus mewah, anda bisa memberikan hadiah yang seadanya sesuai dengan kesukaan anak.

Baca Juga :  Insta Followers Pro: Naikkan Jumlah Likes dan Followers Instagram Dengan Cepat

6. Games dan hiburan

Susunan acara ulang tahun anak yang berikutnya adalah games dan hiburan. Agar suasana ulang tahun anak semakin meriah, sebaiknya anda sebagai orang tua yang membuat acara menyediakan waktu bagi anak-anak untuk bermain bersama.

Ini akan menjadi waktu yang sangat menyenangkan dan berkesan bagi mereka, sekaligus menjadi sarana untuk bersosialisasi. Buatlah games sesuai dengan tema dan minat anak-anak.

7. Sesi foto bersama

Setelah puas bermain bersama, masuk ke acara selanjutnya yaitu sesi foto bersama dengan para tamu undangan untuk mengabadikan momen ulang tahun anak.

Dalam kegiatan ini, anda bisa menggunakan jasa fotografer atau bisa juga dengan meminta bantu foto oleh orang-orang yang hadir dalam acara.

8. Penutupan dan Doa

Susunan acara ulang tahun anak pada tahap akhir adalah penutupan dan doa. Disini orang tua bisa mengucapkan sepatah dua kata sebagai ungkapan terimakasih pada tamu-tamu undangan yang sudah berkenan hadir di acara ulang tahun anak anda.

Selanjutnya, serahkan pada MC yang akan menutup acara. Jika acara diawali dengan doa, maka sebaiknya ditutup juga dengan doa. Doa dapat dipimpin oleh MC atau salah satu dari anggota keluarga.

9. Bersalaman dan pembagian souvenir

Setelah semua momen dilalui, saatnya penyelenggara acara dan para tamu undangan untuk saling bersalaman. Tebarkan senyuman yang hangat pada semua tamu undangan sebagai tanda rasa berterimakasih atas kehadiran mereka.

Sambil bersalaman, orang tua sebagai penyelenggara acara dapat membagikan souvenir yang telah disiapkan sebelumnya sebagai kenang-kenangan untuk para tamu undangan.

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak
Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak/ momjunction.com

Selain membagikan tentang susunan acara ulang tahun anak, dalam artikel ini kami juga akan membagikan beberapa rekomendasi hadiah ulang tahun anak.

Ada banyak rekomendasi hadiah ulang tahun anak yang sederhana namun berkesan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Anak
Hadiah sepeda Robot kecil atau mainan pintar
Set lukis hadiah mainan remote control
Kado skuter mini Kado peralatan sekolah
Tablet edukatif atau permainan elektronik Skateboard
Jam tangan anak Kado alat mewarnai
Kado sepatu anak Alat musik sederhana
Seri buku favorit anak-anak seperti buku bergambar dengan cerita menarik Kado dapur mainan/ alat masak anak-anak
Tas dengan gambar karakter favorit Set alat olahraga anak
Set permainan konstruksi Kado pakaian anak dengan gambar karakter favorit
Mainan balok susun Kado boneka untuk anak perempuan

Kesimpulan

Susunan Acara Ulang Tahun Anak
Susunan Acara Ulang Tahun Anak

Susunan acara ulang tahun anak yang tepat dapat menciptakan pengalaman yang penuh kebahagiaan dan memastikan anak merasa istimewa di hari spesial mereka. Hal sederhana ini dapat menciptakan momen berharga yang akan membekas dalam ingatan anak-anak dan melahirkan senyum kebahagiaan di wajah mereka.

Back to top button