Tutorial

8 Cara Mengaktifkan Akun DANA yang Sudah Lama Tidak Aktif

Tak sedikit pengguna Dana yang belum tau cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif, mungkin anda juga termasuk sebagai salah satu diantaranya. Oleh karena itu, anda berkunjung ke halaman ini bukan?

Nah, anda tidak perlu khawatir jika anda sedang mengalami kendala seperti yang telah disebutkan diatas. Karena, dalam artikel ini kami akan menunjukkan cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif. Untuk kamu yang penasaran dengan bagaimana cara yang dimaksud, silahkan simak penjelasan berikut ini!

Seputar mengenai Dana

Cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif/ kompasiana.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai “cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif” terlebih dahulu kami akan mengenalkan anda dengan salah satu E-Wallet yaitu aplikasi Dana.

  • Apa itu Dana

DANA adalah sebuah aplikasi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk dapat menyimpan uang secara digital serta dapat melakukan berbagai transaksi secara online dengan mudah dan aman.

Dilansir dari Wikipedia menyatakan bahwa Dana merupakan layanan keuangan digital yang berperan sebagai pembayaran digital untuk menggantikan dompet konvensional.

Dengan kehadiran Dana, kini anda tidak perlu lagi membawa uang cash kemana-mana, semua urusan yang berkaitan dengan keuangan sudah dapat anda selesaikan melalui telepon genggam anda.

  • Cara daftar akun Dana

  1. Dapatkan dan install aplikasi Dana melalui google play store/ App store
  2. Jika aplikasinya sudah terpasang, langkah berikutnya silahkan buka aplikasi Dana-nya
  3. Masukkan nomor telepon anda yang masih aktif
  4. Anda akan menerima kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor telepon yang anda masukkan sebelumnya
  5. Masukkan kode OTP dengan benar
  6. Masukkan nama lengkap anda
  7. Upload foto anda. Lalu klik daftar
  8. Masukkan 6 digit yang akan menjadi PIN akun Dana anda (buatlah PIN yang aman, hindari PIN dengan menggunakan tanggal lahir). Lalu klik “Lanjut” dan tunggu beberapa saat
  9. Selesai! Registrasi akun berhasil dilakukan
  • Keuntungan menggunakan Dana

  1. Dapat menjadi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah hanya melalui ponsel
  2. Memiliki limit gratis transfer bank sebanyak 10 kali dalam sebulan
  3. Selain digunakan untuk bertransaksi, aplikasi Dana juga memungkinkan untuk anda gunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang
  4. Menjadi salah satu alat pembayaran digital yang aman dan terpercaya
  5. Top Up saldo dana dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti: melalui Alfamart/ Alfamidi, Top Up melalui Bank, berbagai E-wallet lainnya, dll)
  6. Memungkinkan juga digunakan untuk melakukan penarikan uang melalui Alfamart/ Alfamidi dan pegadaian.
  • Apakah Dana aman?

Mengingat uang merupakan sebuah hal yang sensitif, ketika mendengar adanya aplikasi DANA sebagai dompet digital, tentu hal pertama yang anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi Dana adalah memastikan apakah Dana aman atau tidak!

Baca Juga :  4 Cara Menambah Salah Satu Foto Slide Di Instagram

Nah, anda tidak perlu khawatir karena Dana sudah memiliki sertifikat keamanan dan jaminan yaitu PCI-DSS ( The Payment Card Industry Data Security Standard) serta DANA protection yang akan menjamin 100% keamanan  dana dan data yang tersimpan dalam aplikasi Dana anda.

Penyebab Dana Gagal Login

Cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif
Penyebab DANA Gagal Login Solusi
✅ Jaringan internet error Cek jaringan anda dan pastikan data seluler aktif serta paket internet anda tersedia, lalu login kembali
✅ Akun Dana yang sudah lama tidak aktif Aktifkan kembali akun Dana anda
✅ Kesalahan memasukkan nomor HP dan PIN Dana Pastikan anda memasukkan nomor HP yang sebelumnya anda tautkan ke Dana. Hindari kesalahan memasukkan PIN sampai 3 kali berturut-turut
✅ Dana sedang dalam pemeliharaan/ Server maintenance Tunggu sampai server maintenance Dana selesai dilakukan
✅ Akun Dana anda dibekukan/ Diblokir Ajukan pemulihan akun
✅ Cache dalam Aplikasi Dana penuh Hapus cache aplikasi Dana yang sudah menumpuk
✅ Double login akun Dana Pastikan akun Dana anda tidak terhubung di ponsel lain

Selain memahami beberapa informasi terkait aplikasi Dana, mencari tau penyebab gagal login Dana juga merupakan salah satu hal yang harus anda pahami terlebih dahulu sebelum mengetahui cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif!

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab dari gagal login akun Dana:

  • Jaringan internet error

Cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif/ blogspot.com

Dana merupakan sebuah aplikasi mobile yang bergantung pada koneksi jaringan internet yang stabil. Oleh karena itu, ketika anda akan login aplikasi Dana pastikanlah terlebih dahulu ponsel anda terhubung dengan jaringan internet yang mendukung.

  • Akun Dana yang sudah lama tidak aktif

Nah, seperti hal nya yang sedang kita bahas dalam artikel ini, akun Dana yang sudah lama tidak aktif juga dapat menjadi sebagai salah satu pemicu gagal login aplikasi Dana. Apabila anda tidak melakukan login aplikasi Dana dalam jangka waktu yang lama, maka secara otomatis pihak Dana akan menganggap akun anda sudah tidak aktif lagi dan akan menonaktifkannya. Untuk dapat masuk kembali ke akun Dana anda, maka anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Kesalahan memasukkan nomor HP dan PIN Dana

Kesalahan saat memasukkan nomor HP dan PIN Dana juga termasuk sebagai salah satu penyebab gagal login aplikasi Dana. Terutama kesalahan memasukkan PIN Dana memiliki batas hanya sampai 3 kali secara berturut-turut. Apabila lebih dari itu, akun Dana anda akan diblokir otomatis.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat 10GB: Mudah dan Praktis Banget!

Oleh karena itu, pastikan anda membuat cadangan atau notes untuk menyimpan PIN Dana anda yang dapat anda gunakan jika sewaktu-waktu anda lupa PIN.

  • Dana sedang dalam pemeliharaan/ Server maintenance

Cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif/ mahirtransaksi.com

Setiap aplikasi termasuk Dana akan melakukan pemeliharaan/ server maintenance pada waktu-waktu tertentu, guna untuk melakukan berbagai pembaruan fitur dan meningkatkan kualitas atau keandalan sistem keamanan untuk menghindari beberapa kemungkinan yang tidak diinginkan.

Dengan demikian aplikasi Dana dapat berjalan dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi para penggunanya. Namun, pada saat pemeliharaan dilakukan semua fungsi fitur termasuk untuk login aplikasi akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

  • Akun Dana anda dibekukan/ Diblokir

Terdapat beberapa hal yang menjadi pemicu akun Dana dibekukan atau diblokir untuk sementara waktu atau bahkan permanen. Selain kesalahan memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut, akun Dana anda juga bisa diblokir apabila terdapat aktivitas mencurigakan pada akun Dana anda.

Karena dengan adanya aktivitas mencurigakan tersebut, pihak Dana akan meng-klaim bahwa akun anda sedang di bobol. Oleh karena itu, dilakukan penindakan untuk menghindari kemungkinan masalah besar terjadi yaitu dengan memblokir akun anda.

  • Cache dalam Aplikasi Dana penuh

Setiap aplikasi memiliki fitur cache yang dapat membantu mempercepat loading sistem aplikasi tersebut. Namun apabila cache telah penuh, maka akan dapat mempengaruhi sistem atau kinerja dari sebuah aplikasi menjadi bermasalah, termasuk pada aplikasi Dana yang kerap menjadi salah satu penyebab gagal login.

  • Double login akun Dana

Penyebab yang terakhir disebabkan karena double login akun Dana. Sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan bahwa 1 akun Dana hanya bisa diakses dalam satu perangkat. Sehingga jika anda melakukan login Dana dengan kondisi akun Dana anda juga terhubung di perangkat lain, maka tentu saja akan gagal.

Baca Juga :  7 Cara Mematikan HP Oppo Tanpa Tombol Power

Cara Mengaktifkan Akun Dana yang Sudah Lama Tidak Aktif

Cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif
Cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif/ mediakonsumen.com

Anda telah melihat beberapa penyebab dari gagal login akun Dana, termasuk salah satunya disebabkan karena akun Dana yang sudah lama tidak aktif.

Nah, apabila anda mengalami hal yang sama (tidak bisa login Dana karena sudah lama tidak aktif), untuk bisa login kembali ke akun Dana, tentu saja anda harus mengetahui cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif.

Bagaimanakah cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif? Jangan khawatir! Berikut kami tampilkan caranya melalui beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama, pastikanlah terlebih dahulu anda mengingat nomor HP yang tertaut ke akun Dana beserta Password/ PIN Dana anda
  2. Kemudian, silahkan hapus data dan cache aplikasi Dana anda.
    Caranya: Tekan lama pada logo aplikasi dana anda pada menu Home > klik pada Info aplikasi > Tekan pada menu “Hapus data” > klik pada bersihkan Cache dan hapus semua data
  3. Langkah selanjutnya, bukalah aplikasi Dana anda
  4. Masukkan Nomor HP anda yang sebelumnya anda tautkan ke akun Dana anda
  5. Anda akan menerima kode OTP sebagai verifikasi data. Silahkan masukkan kode OTP dengan benar
  6. Lalu masukkan PIN Dana anda
  7. Lakukan perekaman wajah sebagai langkah terakhir. Usahakan anda berada di ruangan dengan pencahayaan yang terang supaya wajah anda dapat terverifikasi dengan mudah
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses verifikasi berhasil diselesaikan. Jika akun Dana anda telah berhasil diaktifkan, maka tampilan awal dari aplikasi Dana akan terlihat dilayar ponsel anda.

Apakah saldo Dana akan Hangus setelah akun Dana berhasil diaktifkan?

Mengingat cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif dilakukan dengan menghapus “data & cache” pada aplikasi Dana, hal yang sangat wajar jika anda khawatir dan bertanya “apakah saldo Dana akan hangus setelah Dana berhasil diaktifkan”

Nah, anda tidak perlu khawatir, karena setelah akun Dana anda berhasil diaktifkan saldo yang anda miliki sebelumnya pada akun Dana anda akan tetap aman/ tidak akan hangus atau berkurang sepeser pun.

Simpulan dari Cara Mengaktifkan Akun Dana yang Sudah Lama Tidak Aktif

Cara Mengaktifkan Akun Dana yang Sudah Lama Tidak Aktif
Cara Mengaktifkan Akun Dana yang Sudah Lama Tidak Aktif

Itulah beberapa langkah-langkah dalam cara mengaktifkan akun Dana yang sudah lama tidak aktif. Dengan penjelasan dan cara yang telah kami sajikan diatas, kini anda tidak perlu lagi khawatir ketika sedang mengalami kendala terkait gagal login akun Dana karena sudah lama tidak aktif.

Back to top button