Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tutorial

Produk Shopee Tidak Muncul di Pencarian? Ini 6 Penyebab dan Solusinya

Meskipun shopee merupakan marketplace yang populer dikalangan masyarakat, penjual tetap menemukan kendala dimana produk shopee tidak muncul karena satu hal yang tidak dipahami.

Sebagai seseorang yang membangun usaha di shopee, kamu tentu menikmati keutungan yang berganda karena aplikasi ini ramai pengguna yang memungkinkan tokomu mendapat orderan setiap harinya. Namun adanya kendala produk yang tidak muncul saat diunggah seringkali memperlambat perkembangan bisnis yang menimbulkan keluhan bagi setiap penjual.

Sebenarnya apa saja penyebab produk shopee tidak muncul? lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk menjawab pertanyaan ini silahkan ikuti pembahasan berikut!

Penyebab Produk Shopee tidak Muncul

Disaat produk yang sudah diinput tidak muncul pastinya membuat kamu kesal, ini bisa saja karena waktu yang dihabiskan untuk memasukkanya sampai rasa khawatir pada akun sellermu.

Produk Shopee tidak Muncul
Produk Shopee tidak Muncul

Ada beberapa alasan penyebab produk kamu tidak muncul di shopee, adapun alasan yang biasanya menyebabkan produk tidak muncul sebagai berikut:

Produk Sedang Ditinjau

Sebagai seller kamu harus mengetahui bahwa sistem shopee memiliki aturan yang ketat, ini juga berlaku untuk setiap produk yang kamu unggah.

Setiap produk yang kamu unggah harus melewati proses peninjauan quality control terlebih dahulu untuk menentukan apakah produk layak jual ataupun sebaliknya.

Berapa lama proses peninjauan ini? umumnya proses ini memakan waktu 1 x 24 jam, sebab itu ketika produk shopee tidak muncul kamu bisa menunggu sesuai dengan waktu yang kami sebutkan, karena saat itu pihak shopee sedang meninjau kelayakan produk.

Produk Diarsipkan

Produk diarsipkan merupakan salah satu penyebab produk shopee tidak muncul.

Tahukah kamu penyebab produk shopee diarsipkan? ternyata penyebabnya karena tokomu tidak melakukan interaksi dalam jangka panjang. Jadi kamu bisa membangun kembali interaksi di room chat dengan membalas pertanyaan pembeli seputar produk toko yang sudah tampil sebelumnya.

Ada juga cara lain yang bisa kamu coba dengan membuat game toko, voucher ikuti toko, dan shopee live sampai sistem melihat akunmu memiliki interaksi yang baik.

Produk Gagal Dimuat

penyebab paling umum produk shopee tidak muncul karna gagal dimuat. Apabila kamu sudah lulus dari dua poin diatas namun produk tak kunjung muncul, bisa saja produk gagal dimuat karena beberapa alasan yang tidak terduga.

 produk gagal muncul di shopee

Mengingat pengguna shopee yang tidak sedikit akan berpengaruh pada total akses perharinya, ada banyak kepentingan yang harus mereka selesaikan disini entah untuk berbelanja, melakukan pinjaman dan SpayLater bahkan seller yang sedang mengoperasikan toko.

Ini besar pengaruhnya yang membuat server down, apalagi disaat event dan big day yang membuat pengunjung lebih banyak dari biasanya.

Disamping itu koneksi internet yang buruk juga membuat produk gagal dimuat, penting sekali memperhatikan koneksi internet agar tidak melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang.

Produk Sudah Diblokir Karena Melanggar Ketentuan Sistem

Produk shope tak kunjung muncul? mungkin saja produk sudah diblokir karena beberapa alasan. Karena itu shopee sudah menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengecek status produk yang diunggah.

Produk kamu terhapus karena produk masuk dalam daftar barang yang melanggar kebijakan shopee, untuk memberikan pengalaman berbelanja yang baik shopee mengambil tindakan untuk pelanggaran produk berikut.

  1. Produk terlarang
  2. Produk yang memerlukan surat izin usaha perdagangan
  3. Produk imitasi dan melanggar hak kekayaan intelektual (HKI)

Jadi kamu bisa pastikan kenapa produk shopee tidak muncul setelah melihat daftar produk yang diblokir, kamu tetap bisa memperbaiki kesalahan pada produk karena shopee tidak langsung memblokir produkmu, bisa saja sistem hanya menurunkan produk tergantung dengan jenis pelanggaran yang dibuat.

Produk Tidak relevan atau Spam

Salah satu penyebab produk shopee tidak muncul karena terdeteksi spam dan duplikat oleh sistem. Apa saja kategori spam yangmengakibatkan produk shopee tidak muncul? berikut penjelasanya:

  1. Produk diupload berulang kali menggunakan username dan kategori yang berbeda
  2. Produk diupload menggunakan sedikit perubahan baik pada nama maupaun deskripsi produk
  3. Spam harga dimana penjual memisahkan produk yang harusnya dijual satu produk utuh
  4. Spam kata pencarian dan atribut dimana merek tidak sesuai dan tidak menggunakan nama produk yang seharusnya.

Produk Menampilkan Informasi Kontak Penjual

Terakhir penyebab produk shopee tidak muncul karena adanya informasi kontak penjual yang melanggar ketentuan shopee.

Terdapat aturan dalam mengunggah produk di shopee, diantaranya kamu tidak boleh mencantumkan informasi
kontak yang mengarah ke proses transaksi yang dilakukan di luar shopee.

Jadi kamu mengunggah produk yang memuat informasi kontak penjual, besar kemungkinan produkmu tidak ditampilkan. Apalagi jika kamu ketahuan melakukan transaksi diluar shopee maka tokomu tidak bisa mengikuti event yang diselenggarakan aplikasi.

Cara Mengatasi Produk yang tidak Muncul di Shopee

Diatas kita sudah bahas apa saja penyebab utama produk shopee tidak muncul, Sebenarnya kamu bisa melihat produk yang diblokir shopee di menu pelanggaran saya pada akun shopeemu. Jadi fitur pengelolaan akan menampilkan produk beserta alasan produk diblokir.

Setelah mengetahui permasalahan produk kamu bisa segera mengatasinya, disamping itu ada opsi lain yang mengarahkan kamu pada customer service dan call center untuk mengetahui detail masalah serta cara praktis untuk mengatasinya.

Lapor Melalui Layanan Live Chat

Cara pertama dengan menghubungi pihak terkait melalui layanan live chat yang ada di shopee, untungnya layanan ini tersedia 24 jam.

Sampaikan keluhan tentang produk shoppee yang tidak muncul, kamu akan mendapat balasan otomatis. Ikuti panduan berikut untuk masuk kedalam layanan live chat akun shopee:

  1. Masuk ke tab saya
  2. Klik toko saya
  3. Klik pusat bantuan lalu klik chat dengan shopee
  4. Terakhir pilih chat dengan CS shopee

Hubungi Call Center Shopee

Call center shopee
Call center shopee – sumber: istockphoto.com

 

Menggunakan layanan call center shopee adalah salah satu cara yang bisa kamu coba, namun sebelum membuat permohonan pastikan anda sudah:

  1. Mengaktifkan jasa kirim yang didukung shopee pada produk yang di-upload
  2. Verifikasi No handphone via aplikasi

Saat menyampaikan keluhan pelapor wajib melampirkan/menyiapkan data berikut:

  1. Username
  2. No. ID produk
  3. Nama produk
  4. Kata pencarian yang digunakan

Persiapkan pulsa saat melakukan opsi ini, jika sudah kamu bisa menghubungi call center shopee. Setelah terhubung kamu akan ditanyai seputar produk shopee yang tidak muncul, sampaikan data produk yang sudah kamu rangkum lalu call center akan memberikan jeda untuk menemukan kesalahan pada produk dan menyampaikan kepadamu.

Kirim Keluhan Melalui Email Shopee

Mengatasi produk shopee tidak muncul bisa dilakukan dengan mengirim keluhan melalui email shopee, dimana prosedur laporan sesuai dengan call center diatas.

Untuk terhubung pada email shopee kamu bisa akses formulir pertanyaan di aplikasi dengan cara berikut:

  1. Masuk ke tab saya
  2. klik toko saya
  3. Pilih pusat bantuan > pusat edukasi penjual lalu klik email

Apabila sudah masuk ke email, sampaikan keluhan sekaligus melampirkan data produk seperti yang kita bahas diatas. Kamu juga dapat mengakses formulir pertanyaan email melalui pusat edukasi penjual pada browser.

Kesimpulan

Penyebab Produk ShopeeTidak Muncul di Pencarian
Penyebab Produk Shopee
Tidak Muncul di Pencarian

Ketelitianmu dalam mengatasi produk shopee yang tidak muncul sangat penting untuk mendukung performa toko online.

Kini kamu sudah mengetahui penyebab produk shopee tidak muncul lengkap dengan cara mengatasinya.
Disamping itu perhatikan setiap produk yang diunggah, pastikan produk lulus ketentuan sistem lalu perluas interaksi agar produk naik dan masuk dalam pencarian teratas.

Back to top button