Tutorial

6 Perbedaan WA Diblokir Dan Tidak Aktif: Ketahui Siapa yang Memblokir Kamu di WA!

Membahas mengenai perbedaan WA diblokir dan tidak aktif merupakan topik yang cukup membingungkan. Mengapa dikatakan demikian? Karena ciri-ciri keduanya yang hampir sama sehingga membuat kita sulit memastikan apakah seseorang telah memblokir WA kita atau memang WA-nya yang tidak aktif.

Namun dengan adanya artikel ini anda tidak perlu khawatir lagi! Karena disini kami akan menampilkan perbedaan WA diblokir dan tidak aktif. Jadi, apabila kamu mencurigai seseorang telah memblokir WA kamu, jangan langsung suudzon ya gaes. Pastikan kesimpulan yang kamu tarik sudah berdasarkan bukti!

Perbedaan WA Diblokir dan Tidak Aktif

Perbedaan WA Diblokir dan Tidak Aktif
Perbedaan WA Diblokir dan Tidak Aktif

Di era digital saat ini, WhatsApp atau yang kerap disingkat dengan WA telah menjadi alat komunikasi terpopuler digunakan yang menghubungkan manusia secara online. WA sebagai aplikasi perpesanan memiliki banyak fitur, seperti salah satunya yaitu fitur blokir yang dapat pengguna gunakan untuk memutuskan tali komunikasi melalui WA dengan orang lain.

Namun, tak sedikit orang yang masih belum memahami tentang bagaimana ciri-ciri apabila WA kita diblokir oleh orang lain. Hal kerap yang membuat mereka kebingungan adalah karena tanda WA diblokir dengan WA tidak tidak aktif yang hampir sama. Biar kamu ga kebingungan lagi, langsung saja kamu perhatikan penjelasan kami berikut ini yang menampilkan beberapa ciri-ciri WA diblokir dan WA tidak aktif.

Pada umumnya, terdapat beberapa perbedaan WA diblokir dan tidak aktif, diantaranya seperti:

Wa Diblokir Wa tidak aktif
Foto profil kosong atau tidak terlihat Foto profil kosong terlihat
Status online dan last seen tidak tampil Info last seen ditampilkan
Pembaruan status tidak terlihat Pembaruan status terlihat
Panggilan suara tidak dapat terhubung Panggilan suara tidak dapat terhubung
Pesan centang satu Pesan tidak terkirim atau centang 1
Dalam waktu yang lama pesan tetap centang 1 Dalam beberapa waktu kedepan pesan akan terkirim (centang 2)
  • Foto profil WA kosong

Perbedaan Wa diblokir dan tidak aktif yang pertama dilihat dari bagian foto profilnya. Ketika seseorang telah memblokir anda di WA, maka foto profil tidak akan terlihat lagi pada anda. Sedangkan jika WA seseorang tidak aktif foto profilnya akan tetap terlihat pada anda. Namun perlu digaris bawahi bahwa hal ini tidak dapat dijadikan sebagai acuan, mengingat dalam aplikasi WA ini tersedia juga fitur untuk mengosongkan foto profil dan juga mengubah privasi siapa saja yang bisa melihat profil kita. Sehingga foto profil orang yang kamu curigai telah memblokir kamu kosong, bisa saja karena di privasi atau sengaja dikosongkan.

  • Status Online tidak terlihat

Jika dilihat dari status online atau last seen-nya, orang yang telah memblokir WA anda, akan ditandai dengan status online dan last seen nya yang tidak terlihat. Sedangkan jika seseorang tidak aktif di WA, info terakhir dilihatnya akan tetap ditampilkan sama kamu. Namun sama seperti poin yang pertama, hal ini juga tidak sepenuhnya bisa kamu jadikan sebagai patokan untuk menarik kesimpulan bahwa teman mu telah memblokirmu. Mengapa demikian? Karena di Whatsapp kita bisa mengatur info online kita terlihat pada orang lain atau tidak. Jadi, bisa saja dia mematikan status online nya, sehingga tidak terlihat di WA mu.

  • Panggilan suara tidak dapat terhubung

Perbedaan WA Diblokir dan Tidak Aktif
Perbedaan WA Diblokir dan Tidak Aktif/ Panggilan suara tidak dapat terhubung

Selanjutnya, perbedaan Wa diblokir dan tidak aktif dapat juga ketahui dengan melakukan panggilan suara kepada orang tersebut. Sebenarnya sama seperti pada poin pesan centang satu yang telah dibahas sebelumnya, ketika seseorang sedang tidak aktif di WA ataupun apabila anda telah diblokir, maka saat anda melakukan panggilan telepon tidak akan dapat terhubung.

Baca Juga :  2 Cara Cairkan Spaylater Dengan Gestun Shopee Paylater

Maka dari itu untuk mendapatkan kebenarannya, cobalah untuk menghubunginya secara berkala. Apabila dalam waktu yang lama atau sampai berhari-hari panggilan anda tidak berhasil juga terhubung, maka besar kemungkinan dugaan anda terhadap seseorang tersebut telah memblokir anda benar.

  • Pembaruan story

Perbedaan Wa diblokir dan tidak aktif dapat juga ditinjau dari pembaruan story atau status WA dari orang tersebut yang anda curigai telah memblokir anda. Jika setelah sekian waktu yang lama pembaruan statusnya tidak terlihat pada anda, padahal sebelum-sebelumnya selalu tampil, maka ada kemungkinan anda benar telah diblokir. Namun hal ini juga tidak sepenuhnya dapat dijadikan sebagai tolak ukur, karena bisa saja orang tersebut memang tidak terlalu suka membagikan ceritanya di media sosial seperti Whatsapp.

  • Pesan tidak dapat terkirim (centang 1)

Bagian yang terakhir perbedaan Wa diblokir dan tidak aktif dapat kita lihat dari pesan yang anda kirimkan tidak berhasil terkirim atau centang satu. Dalam aplikasi WhatsApp, ketika kita mengirim pesan kepada orang lain, maka akan terlihat centang 1 menandakan pesan terkirim, centang 2 menandakan pesan diterima oleh nomor tujuan, dan apabila centang 2 ini berwarna biru, itu menandakan bahwa pesan yang anda kirim telah di baca oleh si penerima.

Sebenarnya, poin ini tertuju pada keduanya. Ketika seseorang tidak aktif di WA maupun ketika anda telah diblokir, apabila anda kirimi pesan maka akan sama-sama menunjukkan centang satu. Namun bedanya dapat kamu lihat setelah beberapa waktu pesan tersebut anda kirimkan. Apabila sampai berhari-hari pesan yang kamu kirim tetap menunjukkan centang satu maka besar kemungkinan anda benar telah diblokir.

Baca Juga :  3 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11

Cara Memastikan WA Kamu Diblokir atau Tidak

Cara Memastikan apakah benar WA Kamu Diblokir
Cara Memastikan apakah benar WA Kamu Diblokir

Setelah anda membaca penjelasan kami diatas tentunya anda akan tetap kebingungan karena tanda-tanda ketika Wa kamu diblokir dengan ketika WA seseorang tersebut tidak aktif hampir sama. Disamping itu, berbagai fitur privasi WA yang bisa menyembunyikan last seen, status online, dan foto profil juga akan membuat kamu semakin sulit memastikan benar atau tidak WA kamu telah diblokir.

Oleh karena itu, disini kami akan menunjukkan cara memastikan apakah benar WA kamu diblokir, yang dapat dilakukan melalui 2 cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Perangkat Orang lain

  1. Carilah orang yang juga merupakan kontak WA dari orang yang kamu curigai telah memblokir WA anda
  2. Mintalah dia untuk melihat: apakah orang yang anda curigai telah memblokir Wa anda memasang foto profil di Wa-nya, status online dan last seen nya terlihat atau tidak. Namun jangan langsung buru-buru mengambil kesimpulan jika kedua hal tersebut tampil di WA orang tersebut, sedangkan di anda tidak. Karena bisa saja info online, terakhir dilihat, dan foto profilnya disembunyikan dari anda.
  3. Kemudian, mintalah pada orang tersebut untuk mengiriminya pesan ataupun melakukan panggilan suara
  4. Lalu lihat, jika pesan yang dikirimkan dari WA teman anda tersebut berhasil terkirim atau jika panggilannya masuk sedangkan pesan yang anda kirimkan dari WA anda menunjukkan centang satu dan panggilan tidak terhubung, maka fix anda benar telah diblokir!
  • Menggunakan WhatsApp Business

  1. Pertama, downloadlah terlebih dahulu Whatsapp Business melalui Google play store
  2. Jika sudah berhasil terpasang, langsung saja buka aplikasinya
  3. Silahkan login dengan menggunakan nomor anda yang baru
  4. Jika sudah berhasil masuk, lakukanlah kembali langkah no 2 sampai 4 pada cara memastikan Wa kamu diblokir dengan menggunakan perangkat orang lain diatas.

Alasan Memblokir Whatsapp

Alasan Memblokir Whatsapp
Alasan Memblokir Whatsapp

Pada umumnya, terdapat beberapa alasan seseorang memblokir orang-orang tertentu di WhatsApp nya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Transfer Gopay Ke Dana Tanpa Upgrade
Alasan  Memblokir WhatsApp Penjelasan
Menjaga Privasi Beberapa orang akan memilih untuk memblokir kontak tertentu untuk menjaga privasi mereka dari orang-orang yang tidak ingin mereka beri akses ke informasi pribadi, misalnya seperti mantan pacar, musuh, orang yang tidak dikenal, atau yang lainnya.
Gangguan atau SPAM Jika seseorang terus-menerus mengirim pesan spam, atau pesan-pesan yang tidak diinginkan, pengguna dapat memutuskan untuk memblokirnya agar terhindar dari gangguan tersebut.
Konflik dan Perselisihan Hal ini merupakan poin yang kerap terjadi. Dalam situasi konflik atau perselisihan, seseorang mungkin memblokir pihak yang terlibat dalam konflik tersebut untuk menghindari perdebatan atau komunikasi yang tidak sehat.
Kontak tidak dikenal Untuk melindungi diri dari penipuan, peretasan, atau pencurian data, pengguna dapat memblokir pesan dari orang yang mencurigakan atau tidak dikenal.
Pelecehan atau Ancaman Jika pengguna merasa dilecehkan, diintimidasi, atau menerima ancaman melalui WhatsApp, mereka mungkin memblokir pengirim pesan tersebut untuk melindungi diri mereka sendiri.

Cara Membuka Blokir Whatsapp Orang yang memblokir Kita

Cara Membuka Blokir Whatsapp Orang yang memblokir Kita
Cara Membuka Blokir Whatsapp Orang yang memblokir Kita

Setelah berhasil memastikan bahwa Wa kamu memang ternyata benar di blokir oleh seseorang, perasaan sedih, marah, kesal ataupun yang lainnya mungkin saja akan terbesit dihati kamu.

Hal tersebut wajar saja kamu rasakan, akan tetapi kamu tidak boleh egois ya sobat. Coba deh tanyakan terlebih dahulu pada diri kamu sendiri, mengapa dia memblokir kamu di WA.

Nah, jika kamu tidak terima diblokir karena suatu alasan tertentu misalnya karena orang yang memblokir kamu lari dari tanggung jawab, jangan khawatir! Karena ada cara untuk membuka blokir WhatsApp orang yang telah memblokir kamu.

Untuk kamu yang sudah tidak sabar lagi ingin mengetahui caranya, langsung saja kami tampilkan berikut ini langkah-langkah untuk membuka blokir Wa orang yang memblokir kita:

  1. Langkah pertama, cadangkanlah terlebih dahulu semua data Whatsapp kamu
  2. Selanjutnya, buka menu “Setelan” melalui ikon titik 3 yang berada pojok kanan atas
  3. Ketuk pada menu “akun
  4. Lalu klik pada opsi “hapus akun saya” dan berikan konfirmasi untuk menghapus akun
  5. Uninstall aplikasi Whatsapp anda
  6. Install ulang kemudian, dan pasang kembali, lalu masuk dengan menggunakan nomor yang sama dengan yang sebelumnya
  7. Coba kirim pesan ke orang yang memblokir anda, pasti akan terkirim dan centang dua.

Kesimpulan

Perbedaan WA Diblokir Dan Tidak Aktif
Perbedaan WA Diblokir Dan Tidak Aktif

Dalam dunia komunikasi digital, yang mana WA menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan, perbedaan Wa diblokir dan tidak aktif menjadi salah satu topik yang cukup ramai dibahas oleh para pengguna WhatsApp.

Nah, itulah beberapa perbedaan Wa diblokir dan tidak aktif yang dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk memastikan keraguan kamu pada seseorang yang kamu rasa telah memblokir kamu di WhatsApp. Demikian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat, terimakasih.

Back to top button