Tutorial

6 Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Sedang mengalami layar HP blank hitam dan ingin tahu Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam ? Masalah yang meresahkan pengguna smartphone ini terjadi karena berbagai alasan. Salah satu penyebab layar hp menjadi blank hitam ini karena kerusakan fisik. 

Layar merupakan bagian penting dari ponsel yang berfungsi sebagai jendela utama untuk berinteraksi dengan perangkat. Layar HP menjadi blank atau Hitam pastinya merupakan kejadian yang tidak ingin dialami oleh setiap orang. 

Nah bagi kamu yang penasaran ingin mengetahui Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam, Pada artikel ini akan dijabarkan solusinya. Simak terus ya..

Beberapa Penyebab Layar HP Blank Hitam

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Sebelum membahas Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam, ada baiknya kita mengetahui penyebab layar Hp menjadi Blank atau Hitam.

Berikut beberapa penyebab yang mungkin terjadi ketika layar menjadi blank atau hitam :

  • Masalah Software

Layar HP blank atau hitam bisa disebabkan karena masalah software. Sering kali ketika melakukan pembaruan sistem atau aplikasi tertentu mungkin mengandung bug yang dapat menyebabkan masalah pada layar.

Bisa juga disebabkan aplikasi yang rusak atau tidak kompatibel dengan versi OS tertentu mungkin menyebabkan masalah pada layar HP.

  • Masalah Hardware

Penyebab Layar HP blank atau hitam yang kedua yaitu bisa disebabkan karena masalah hardware. Seperti jatuh, terbentur, terkena cairan atau tekanan berlebihan bisa merusak layar, baik LCD maupun komponen lainnya.

Bisa juga disebabkan oleh konektor yang menghubungkan layar dengan motherboard ponsel mungkin longgar atau rusak.

  • Faktor Lainnya

Penyebab Layar HP blank atau hitam yang lainnya bisa disebabkan karena faktor eksternal seperti paparan air dan temperatur ekstrim.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Kulkas Es Krim Walls Gratis Tanpa Biaya

Ponsel yang terkena cairan atau kelembapan bisa mengalami masalah pada layar atau komponen internal lainnya. Terlalu panas atau dingin bisa mempengaruhi kinerja ponsel, termasuk layarnya.

Baca Juga : Berbagai Macam Cara Aktifkan Hotspot Di Iphone 15 Series

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Setelah mengetahui beberapa penyebab layar HP menjadi blank atau Hitam. Solusi yang dapat diambil juga dibagi menjadi dua yaitu Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam yang disebabkan masalah software dan dan masalah hardware.

Solusi Layar Hp Hitam karena Masalah Software

Berikut beberapa solusi yang dapat kamu lakukan ketika layar HP kamu menjadi blank atau Hitam yang disebabkan masalah software :

  1. Lakukan Restart Paksa

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Restart HP

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam yang pertama dilakukan adalah dengan merestart Paksa HP.

Ketika HP mengalami layar Hitam, coba untuk menekan dan tahan tombol power hingga HP tersebut melakukan restart. Cara ini kemungkinan dapat membantu mengatasi masalah software yang menyebabkan layar HP mati.

  1.  Hapus Cache Sistem

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Hapus Cache Sistem

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam yang kedua yaitu dengan menghapus cache sistem. Sebelum melakukan hapus cache sistem, kamu diharuskan masuk ke menu safe mode. Safe mode bisa di lakukan meskipun tanpa layar hp menyala.

Berikut Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam dengan menghapus cache sistem :

  • Pastikan HP dalam keadaan mati.
  • Selanjutnya tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.
  • Kemudian tunggu sampai masuk ke menu safe mode.
  • Jika sudah masuk ke menu tersebut pilih opsi wipe > wipe cache.
  • Gunakan tombol volume untuk mengarahkan dan tombol power untuk konfirmasi.
  • Setelah itu tunggu proses hingga selesai.
  1. Lakukan Factory Reset

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Factory Reset

Jika dengan menghapus cache sistem layar HP masih blank atau hitam, coba laukan Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam selanjutnya yaitu dengan melakukan factory reset.

Baca Juga :  Cocok Untuk Pemula! 15 Cara Edit Warna Baju Di Canva

Factory Reset akan mengembalikan HP Anda ke pengaturan pabrik. Hal ini akan menghapus semua data Anda, jadi pastikan Anda sudah membackup data Anda sebelum melakukan Factory Reset.

Berikut Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam dengan melakukan factory reset :

  • Pastikan HP dalam keadaan mati.
  • Selanjutnya tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan.
  • Kemudian tunggu sampai masuk ke menu recovery.
  • Jika sudah masuk ke menu tersebut pilih opsi factory reset.
  • Gunakan tombol volume untuk mengarahkan dan tombol power untuk konfirmasi.
  • Setelah itu tunggu proses hingga selesai.
  1. Melakukan Flashing

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Flashing HP

Kemungkinan beberapa Hp tidak mau masuk ke menu safe mode untuk melakukan factory reset. Nah Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam yang dapat dilakukan adalah dengan Flashing.

Namun dikarenakan cara flashing cukup ribet dekarenakan harus menggunakan laptop dan juga setiap tipe Hp itu berbeda cara dan softwarenya, maka dari itu kamu dapat mencari turorialnya sendiri di google atau youtube yang sesuai dengan tipe HP yang kamu miliki.

Solusi Layar Hp Hitam karena Masalah Hardware

Berikut beberapa solusi yang dapat kamu lakukan ketika layar HP kamu menjadi blank atau Hitam yang disebabkan masalah hardware :

  1. Periksa Koneksi Layar

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Periksa Konektor Layar

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam berikutnya yaitu dengan memeriksa koneksi pada Layar. Konektor pada layar Hp kemungkinan bisa saja lepas atau putus dikarenakan benturan yang keras. 

Berikut cara untuk meriksa koneksi layar HP yang blank atau Hitam :

  • Pastikan HP dalam keadaan mati.
  • Lepaskan casing HP dengan hati-hati (cari tahu cara membuka casing HP kamu di google atau youtube)
  • Cari fleksibel kabel yang menghubungkan layar dan motherboard
  • Pastikan kabel terpasang dengan benar dan tidak ada kerusakan
  • Jika kabel lepas, coba pasang kembali dengan hati-hati
  • Jika kabel putus, Anda perlu menggantinya dengan yang baru
  1. Periksa LCD pada Hp

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Periksa LCD pada HP

Jika Hp mengalami masalah hardware seperti jatuh, terbentur atau tertekan benda berat. Periksa LCD yang terdapat pada HP, apakah di LCD tersebut terdapat retak atau pecah.

Baca Juga :  9 Cara Dapat Nomor Kosong Gratis Tanpa Aplikasi

Jika mengalami retak atau pecah kemungkinan besar terjadi kerusakan pada LCD Hp, solusinya kamu harus mengganti dengan LCD yang baru agar layar HP kamu berfungsi kembali.

Untuk penggantian LCD kamu bisa cari tutorialnya di google atau youtube yang sesuai dengan tipe HP kamu. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa mengunjungi tempat service HP terdekat untuk mengganti LCD.

Baca Juga : 7 Aplikasi ON/OFF Otomatis HP Android Terbaru 2024

Tips Menjaga Layar HP agar tetap Awet

Tips Penjelasan
Gunakan Tempered Glass yang tepat Pastikan tempered glass yang terpasang pada HP kamu memiliki kualitas yang baik agar dapat melindungi layar HP dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diinginkan. Jangan tergiur dengan tempered glass yang murah dengan kualitas yang buruk.
Jangan Menekan Layar Terlalu Keras Pada saat menggunakan smartphone cukup sentuh layar dengan pelan saja, jangan ditekan dengan keras, karena HP sekarang sudah memiliki sensitivitas yang tinggi.
Hindari Paparan Sinar Matahari Pastikan tidak menggunakan HP saat matahari sedang terik karena Pada layar sentuh terdapat gel sebagai perantara layar dengan body HP, paparan sinar matahari dapat merusak lapisan gel tersebut.
Bersihkan Layar menggunakan kain Microfiber Kain microfiber memiliki permukan yang halus yang tidak akan merusak layar. Kain microfiber ini biasanya digunakan untuk mengelap kacamata

Akhir Kata

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam
Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam

Layar merupakan bagian penting dari ponsel yang berfungsi sebagai jendela utama untuk berinteraksi dengan perangkat. Namun, ada saat-saat di mana layar ini mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya, terutama mengalami keadaan blank hitam.

Demikian Artike ini, semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala Baterai Tanam. Sampai Jumpa lagi pada artikel lainnya.

Back to top button